Perkembangan lanskap digital mendorong terjadinya perubahan massif diberbagai
aspek kehidupan manusia khusus perilaku konsumsi. Hal ini mendorong banyak usaha
masuk kedalam lanskap digital dengan pendekatan yang berbeda dalam
mengkomunikasikan produk yang dijual. Keberadaan pandemic Covid-19 mendorong
banyak masyarakat mulai menggunakan platform perdagangan elektronik seperti tiktok
live dalam pemenuhan kebutuhannya salah satunya adalah suplemen Kesehatan seperti
obat herbal. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam lanskap komunikasi digital diperlukan
dalam mengkomunikasikan produk obat herbal tersebut kepada para pembeli. Salah satu
bentuk strategi komunikasi digital itu adalah melalui Social Presence, dimana para penjual
memberikan rasa kehadiran bagi para pembelinya dalam mengkomunikasikan produk obat
herbal yang diperjual-belikan. Penulisan ini akan berfokus pada pembentukkan strategi
komunikasi Social Presence dalam komunikasi yang termediasi oleh komputer, yang salah
satunya terlihat dalam transaksi jual-beli obat herbal dalam aplikasi tiktok live. Penulisan
ini bertujuan untuk untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran social presence
dalam live commercial shopping produk obat herbal bio insuleaf. Teori kehadiran
(Presence theory) menunjukkan bahwa ketika orang merasakan kehadiran yang kuat di
lingkungan atau situasi tertentu (dalam hal ini lingkungan virtual), mereka lebih mungkin
untuk terlibat dan dipengaruhi oleh lingkungan atau situasi itu (dalam hal ini adalah live
commercial shopping). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan
paradigma penelitian deskriptif untuk menjelaskan dan menganalisis kasus yang muncul
yaitu penjual-belian obat herbal melalui tiktok live.
The development of the digital landscape encourages massive changes in various aspectsof human life, especially consumption behavior. This has driven many businesses into thedigital landscape with different approaches to communicating the commodities they sell.The existence of the Covid-19 pandemic has encouraged many people to start usingelectronic trading platforms such as tiktok live to fulfill their needs, one of which is healthsupplements such as herbal medicines. Integrated Marketing Communications in thedigital communication landscape is needed in communicating these herbal medicinalproducts to buyers. One form of digital communication strategy is through social presence,where sellers provide a sense of presence for their buyers in communicating the herbalmedicinal commodities being traded. This paper will focus on establishing acommunication strategy for social presence in computer-mediated communication, one ofwhich can be seen in the buying and selling of herbal medicines in the tiktok liveapplication. This writing aims to analyze the social presence marketing communicationstrategy in live commercial shopping for bio insuleaf herbal medicinal commodities.Presence theory suggests that when people feel a strong presence in a particularenvironment or situation (in this case a virtual environment), they are more likely to beinvolved in and influenced by that environment or situation (in this case is live commercialshopping). This study uses a qualitative approach, with a descriptive research paradigm toexplain and analyze cases that arise, namely the sale and purchase of herbal medicinesthrough live tiktok.