Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nimas Warda Nafisya
"Isu ketidakadilan sosial masih sering terjadi di Indonesia. Mahasiswa, sebagai kelompok intelektual, diharapkan dapat bersikap kritis terhadap ketidakadilan. HAM merupakan bagian penting dari keadilan sosial. Mahasiswa saintek memiliki keterbatasan paparan terhadap materi isu sosial dalam kurikulum mereka, sehingga pemahaman terhadap isu ketidakadilan mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran fondasi moral terhadap sikap keadilan sosial pada mahasiswa rumpun saintek Generasi-Z di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis statistik melalui regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) dan Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). Partisipan penelitian berjumlah 140 mahasiswa saintek Generasi-Z (Perempuan = 70,7% , mean usia = 20,56). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fondasi moral memiliki peran positif yang signifikan dan dapat menjelaskan 42,1% variabilitas dalam sikap keadilan sosial (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421). Fondasi yang berperan adalah Care dan Proportionality, yang keduanya memiliki pengaruh positif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menekankan pentingnya fondasi moral dalam membentuk sikap keadilan sosial di kalangan mahasiswa saintek Generasi-Z.
The issue of social injustice remains prevalent in Indonesia. College students, as intellectuals, are expected to critically address such injustice. Human rights are a key component of social justice. STEM students have limited exposure to social issues in their curriculum, so understanding of social injustice issues may be influenced by factors outside of formal education. This study aims to examine the role of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students in Indonesia. This research adopts a quantitative approach and applies statistical techniques, specifically multiple regression analysis. The measuring instruments used were the Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) and the Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). The study participants consisted of 140 Generation-Z STEM students (Female = 70.7%, mean age = 20.56). The results revealed that moral foundations had a significant positive impact and could explain 42.1% of the variability in social justice attitudes (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421), with Care and Proportionality are the only foundations with a significant positive influence. Overall, the findings underscore the importance of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Justin Luis Hartono
"Penelitian ini menguji peran fondasi moral terhadap sikap keadilan sosial pada mahasiswa Generasi-Z rumpun sosial humaniora di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda, penelitian ini mengukur fondasi moral melalui Moral Foundation Questionnaire 2 (MFQ-2) dan sikap keadilan sosial dengan Attitudes towards Social Justice Scale. Hasilnya menunjukkan bahwa fondasi moral, khususnya Care dan Proportionality, memiliki peran positif signifikan dan dapat menjelaskan 35,9% variabilitas dalam sikap keadilan sosial mahasiswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan fondasi moral Care dan Proportionality di kalangan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pengabdian masyarakat dalam mewujudkan keadilan sosial. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi dapat mendorong mahasiswa Generasi-Z rumpun sosial humaniora mengembangkan fondasi moral Care dan Proportionality, dengan harapan mahasiswa dapat membangun sikap keadilan sosial dan menjalankan kewajiban Tridharma perguruan tinggi dengan lebih efektif.
This research examines the role of moral foundations on social justice attitudes among Generation Z social sciences and humanities students in Indonesia. Employing a quantitative method with multiple regression analysis, the study measures moral foundations using the Moral Foundation Questionnaire 2 (MFQ-2) and social justice attitudes with the Attitudes towards Social Justice Scale. The results indicate that moral foundations, particularly Care and Proportionality, have a significant positive role and can explain 35.9% of the variability in students' social justice attitudes. This research emphasizes the importance of developing the moral foundations of Care and Proportionality among students to enhance the effectiveness of community service in achieving social justice. The implications of these findings suggest that universities can encourage Generation Z social sciences and humanities students to develop Care and Proportionality moral foundations, with the expectation that students will cultivate social justice attitudes and thus be able to fulfill the Tridharma of higher education more effectively."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library