Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Filipi
Abstrak :
Seiring laju digitalisasi telekomunikasi yang semakin meningkat, hampir semua sektor ekonomi, termasuk industri perkebunan, akan membutuhkan penerapan teknologi. Saat ini sistem pelaporan data produksi perkebunan kelapa sawit masih dibuat secara manual yang memiliki banyak kekurangan yang berdampak negatif terhadap keuangan perusahaan seperti human error dan inefisiensi waktu kerja. Studi ini meneruskan penelitian sebelumnya dengan membuat desain sistem pelaporan berbasis digital untuk siklus panen kelapa sawit dengan menerapkan teknologi dari Internet of Things (IoT) dengan berbagai fitur yang mengakomodasi seluruh pekerjaan kerani buah dan mandor panen. Penelitian dilanjutkan menganalisis dampak aplikasi terhadap optimalisasi waktu dan gaji pegawai serta dampaknya bagi nilai arus kas bersih perusahaan. Hasil analisis ekonomi dari metode NPV,Payback Period (PP), dan analisis sensitivitas menghasilkan nilai positif serta efisiensi waktu sebesar 2619 jam pada tiga fungsi proses pemanenan dan optimalisasi sebesar 11.33% terhadap gaji pekerja. ......As the rate of digitalization of telecommunications increases, almost all economic sectors, including the plantation industry, will require the implementation of technology. Currently, the production data report on palm oil plantations is still generated manually, which has many flaws that negatively impact the company's finances, such as human error and inefficiency of working time. This study continues previous research by designing a digital-based reporting system for the oil palm harvesting cycle by implementing technologies from Internet of Things (IoT) with various features that accommodate all the jobdesks from clerks and harvest foreman. The research continued to analyze the impact of the application on the optimization of employee time and salaries and its impact on the value of the company's net cash flow. The results of the economic analysis of the NPV method, Payback Period (PP), and sensitivity analysis show positive values ??and time efficiency of 2619 hours on the three harvesting process functions and optimization of 11.33% of workers' salaries.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rita Endang
Abstrak :
Selama ini yang menjadi masalah pada Direktorat Penilaian Alkes, Produk Diagnostik dan PKRT adalah Iambatnya registrasi produk untuk mengeluarkan nomor izin edar agar produk dapat beredar di pasaran. Walaupun sudah ada aplikasi registrasi DERAP kelambatan masih terjadi. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kontrol baik secara internal dari direktorat maupun eksternal dari industri farmasi. Selain itu pemantauan yang dilakukan selama ini menggunakan cara konvensional dari pencatatan. Demikian juga rnekanisme pelaporan belum seluruhnya otomatis sehingga laporan yang diberikan tidak akurat dan penyajiannya memakan waktu lama. Dengan adanya alat bantu aplikasi versi pengembangan ini maka masalah kelambatan registrasi produk dapat diketahui secara dini sehingga dapat diupayakan mempercepat proses registrasi. Kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi yang lama karena aplikasi ini mempunyai sistem pemantauan baik untuk internal direktorat maupun untuk eksternal industri farmasi. Selain itu pada aplikasi ini tersedia sistem pelaporan yang memonitor periode waktu mingguan, bulanan, triwulanan serta tahunan. Aplikasi versi pengembangan ini dapat menampilkan indikator keberhasilan yaitu persentase produk per kelas terapi yang dievaluasi tepat waktu, bahkan yang dievaluasi lebih cepat dari waktu yang disepakati. Dengan adanya indikator keberhasilan direktur dapat meningkatkan kinerja direktorat. Manfaat pengembangan ini terutama bagi direktur penilaian untuk mempercepat registrasi dan menyajikan indikator keberhasilan; bagi kepala subdit penilaian dan manajer registrasi industri farmasi untuk memantau waktu registrasi produk; bagi kepala seksi rata operasional untuk menyajikan informasi yang akurat dalam waktu singkat.
Up to now one problem in the Directorate of Equipment and Product Assessment is the slow process of product registration to obtain distribution permit number as to distribute the product in the market. Despite the application of DERAP, delay is still happening. This is caused by lack of internal and external controls from the directorate and the pharmacy industries. Besides, the monitoring system at the present is using conventional method of reporting. The reporting system itself is not fully automatic and thus the report is sometimes inaccurate and time consuming in presentation. The revised version application helper detects the delay problem of registration early and therefore could accelerate the registration process. One advantage of this application is that this new application has directorate internal and industries external monitoring system in it. This application also has a reporting system which monitor periodically n the period of weekly, monthly, three monthly, and yearly basis. This revised application could show success indicators i.e. percentage of product by class that have been evaluated timely (in-time and on-time). This indicator could improve the performance of directorate. The main benefits of this application for Director of Assessment is to accelerate registration process and present success indicator, for Head of Sub directorate of Assessment and Registrar Manager of pharmacy industries is that they are able to monitor the time of product registration, while for Head of Operational Management Section is the presentation of accurate information in short time.
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T13083
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Al Basil
Abstrak :
Selain menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara medis rumah sakit juga sebagai sumber informasi kesehatan. Salah satu sistem informasi kesehatan yang ada di rumah sakit adalah sistem pelaporan penderita Demam Berdarah Dengue (DBD), sistem ini mempunyai peranan membantu pihak manajemen dalam mengatasi masalah penyakit DBD. Untuk menjamin ketersediaan sistem informasi yang baik, maka sistem pelaporan penderita DBD sebagai saran penghasil laporan perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana pengembangan sistem pelaporan penderita DBD, berdasarkan data dan sistem yang sedang berjalan dengan menggunakan kaidah pengembangan sistem informasi yang memenuhi syarat, sehingga akan dihasilkan sistem pelaporan yang akurat, relevan dan tepat waktu. Metodologi yang digunakan adalah operational research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada saat sistem masih beroperasi, yang akan mengidentifikasi masalah operasional, mengevaluasi beroperasinya sistem lama dan memberikan alternatif pemecahan masalah. Dengan menerapkan metode ini dalam penelitian di RSMH Palembang, diperoleh data untuk menentukan identifikasi masalah, peluang pengembangan dan penetapan kebutuhan informasi. Dari hasil penelitian diketahui permasalahan yang terjadi pada sistem pelaporan penderita DBD, yang salah satu penyebabnya adalah mekanisme penyampaian laporan masih dilakukan secara manual (konvensional). Dengan pertimbangan mekanisme laporan tersebut maka dibuatlah suatu rancangan sistem dengan menggunakan pendekatan metode SDLC (system development life cycle). Dengan menerapkan metode ini diperoleh keunggulan dari sistem yang dikembangkan yaitu, mempercepat proses pembuatan laporan dan ketepatan informasi. ......Development of Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) Reporting System in Dr. Mohamad Hoesin Hospital (RSMH) Palembang Year 2003Besides implementing medical health care, hospital also serves as source of health information. One type of health information system in hospital is DHF reporting system. This system helps management to overcome DHF cases. To ensure the availability of good information system, there is a need to develop DHF reporting system as base for report. This study aims to obtain description on the development of DHF reporting system based on data and existing system using the principles of good development of information system, thus it will produce an accurate, relevant, and timely reporting system. Method used in this study was operational research through qualitative approach. Study was conducted at the time when the system was still operating, to identify operational problems, to evaluate the operation of old system, and to provide problem solution alternatives. By implementing this method in the study at RSMH Palembang, data was obtained to further identify the problem, opportunity for development, and to determine information needs. The study results shows that there were problems identified in DGF reporting system, one of the causes was manual report mechanism (conventional). Considering the problem, a system design was developed through SDLC (system development life cycle) method. By applying this method the making of report several benefits could be obtained, such as process and information accuracy were improved.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2004
T13098
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Miftachul Jannah
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang proses business coaching yang dilaksanakan oleh coach dan PT. Hudiya Hayat Hanif, yaitu UMKM yang bergerak di industri pembentukan logam dengan metode stamping. Kegiatan business coaching ini berfokus pada fungsi anggaran dan divisi keuangan yang bertanggung jawab untuk melaksanakan proses anggaran yang reliabel dan menyusun laporan keuangan yang akuntabel. Tujuan dari tesis ini adalah membantu perusahaan untuk membangun sistem penganggaran dan sistem pelaporan keuangan. Data yang dikumpulkan dari interviu dan observasi dianalisis menggunakan analisis internal, analisis balanced scorecard, analisa Porter rsquo;s five forces, analisis SWOT, analisis segmenting, targeting, positioning STP, dan analisis kesenjangan. Sistem dibangun dengan menggunakan pendekatan System Development Life Cycle. Selain pembangunan sistem coach juga memberikan pengetahuan dasar berupa pelatihan mengenai anggaran, laporan keuangan, pengoperasian aplikasi anggaran dan pengoperasian aplikasi pelaporan keuangan. Hasil dari kegiatan business coaching ini adalah perusahaan telah dapat menyusun anggaran laba rugi dan menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi yang dibangun. ......The thesis discusses about business coaching process conducted by the coach and PT. Hudiya Hayat Hanif, MSME that engaged in metal forming industry particularly stamping. The business coaching focus mainly on budgeting function and finance division which have duties to conduct reliable budgeting process and produce accountable financial statements. The goal of this thesis is to help the company to develop budgeting system and financial reporting system. The data gathered from interviews and observation are analized using company rsquo s internal analysis, balanced scorecard analysis, Porter rsquo s five forces analysis, SWOT analysis, segmenting, targeting, positioning analysis STP , and gap analysis. The systems are developed using System Development Life Cycle approach. In addition to system development the coach also shares basic knowledge in the form of training on budgeting, on financial reporting, on operating the budgeting system application and on operating the financial reporting system application. The result of these business coaching activities are the company has been able to prepare budgeted income statement and prepare the financial report using the applications.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidia Rusvita
Abstrak :
Tujuan dari penelitian in adalah merancang intervensi pada sistem pelaporan pengetahuan pelanggan dalam meningkatkan kinerja pada tenaga penjulan lini terdepan di PT. X BUF. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang sangat mempengaruhi Medical Representative pada PT. X BUF dalam berbagi pengetahuan pelanggannya adalah proses kerja, peran dan fungsi atasan yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja Medical Representative secara khusus dan organisasi secara umum. ...... This research is aimed at designing an intervention on customer knowledge reporting system to improve the work performance of Medical Representative, frontline sales person, at PT. X BUF. The research applied quantitative methodology by collecting data from a set of questionnaires. The finding of the study shows that work process as well as manager role and function have significant impact on willingness of Medical Representative in sharing their customer's knowledge which eventually impact their work performance in particular and company performance in general.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42587
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Guguk Setyagar
Abstrak :
Sistem informasi rumah sakit adalah salah satu sarana untuk menjalankan suatu sisem manajemen rumah sakit. Dalam sistem manajemen, sistem informasi mempunyai peran dalam perencanaan dan penetapan sasaran, baik yang bersifat strategis maupun teknis. Salah satu sistem informasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sistem informasi rekam medik yang dimanfaatkan untuk pembuatan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana pengembangan sistem pelaporan rumah sakit, berdasarkan data rekam medik dengan menggunakan kaidah pengembangan sistem informasi yang memenuhi syarat. Metodologi yang digunakan adalah operational research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada saat sistem masih beroperasi, yang akan mengidentifikasi masalah operasional, mengevaluasi beroperasinya sistem lama dan memberikan alternative pemecahan masalah. Dengan menerapkan metode ini dalam penelitian di rumah sakit PMI Bogor, telah didapatkan hasil penelitian bahwa subsistem yang sedang berjalan adalah subsistem manajemen, subsistem personalia, subsistem sarana & prasarana, subsistem pelayanan kesehatan rawat inap/rawat jalan/penunjang, subsistem keuangan,, subsistem rekam medik. Pada subsistem rekam medik telah diidentifikasi tiga komponen yang digunakan untuk penyusunan sistem informasi. Tiga komponen tersebut adalah basis data & informasi, prosedur, dan sarana prasarana. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa tiga komponen tersebut telah memenuhi syarat untuk pengembangan sistem pelaporan rumah sakit berdasarkan rekam medik. Dengan pertimbangan tiga komponen pokok tersebut maka dibuatlah suatu rancangan sistem dengan memakai pendekatan metode SDLC (system development life cycle). Dengan menerapkan metode ini diperoleh keunggulan dari sistem yang dikembangkan yaitu, mempercepat proses pembuatan laporan eksternal/internal dan ketepatan informasi, serta dapat dipakai untuk mengoreksi silang data masukan (antara laporan dari ruang dan dari berkas rekam medik). Daftar bacaan : 8 (1992-2000)
The Development of Hospital Management Reporting System Based on the Medical Record Data at General Hospital of Indonesia Red-cross, Bogor, 2002Hospital information system is one of .the means to run a hospital management system. In management system, information system has role on planning and target decision, both strategically and technically. One of information system that developed in this study is medical record information system that utilized in making report. The objective of this study is to obtain the description on how the development of hospital reporting system, based on medical record by using rule of information system that meets with the standard. The methodology used operational research; the data is collected by qualitative approach. The study is conducted when the system is still operated, to identify operational problem, to evaluate the old operational system and gives alternative problem solving. By applying this method in this study at General Hospital of Indonesia Red-cross, Bogor, it obtained that the sub-system that currently operated are management sub-system, personnel sub-system, means and infrastructure sub-system, inpatient/outpatient health services sub-system, financial system, and medical record sub-system. On the medical record sub-system, it was found three components that used to arrange the information system. Those are basic data and information, procedure, and means and infrastructure. Based on this study it can be identified that the three components have met with the development of hospital reporting system based on medical record. By considering the three main components, it is made a system design by using System Development Life Cycle (SDLC). By applying this method, it is obtained the superiority of the system that developed. Those are to speed up the process in making external/ internal reports and the accurateness of information, and it can be used to revise cross data entry (between the report from room and from medical report sheet). References: 8 (1992-2000).
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T 8630
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library