Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 209 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Liza Sri Kusuma Devi
"Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya keluhan perawat tentang terlalu tingginya beban kerja yang kemungkinan disebabkan oleh kurangnya tenaga perawat. Kondisi tersebut dapat mengurangi mutu pelayanan dan menurunkan citra rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kebutuhan tenaga perawat inap melalui observasi langsung, wawancara mendalam, penyebaran kuesiner dan telaah dokumen.
Hasil penelitian didapatkan beban kerja perawat yang melebihi kapasitas, klasifikasi pasien yang mayoritas moderate care, seringnya perawat melakukan tugas terus menerus yang diakibatkan oleh kekurangan tenaga. Pada penelitian didapatkan hasil perhitungan rata-rata antara formula Gillies dan Standard Ketenangan Di Rumah Sakit menurut Depkes, dan alternative mengatasi kekurangan tenaga di rawat inap.

The research focuses on more nurse's complain about the raising task not counterbalanced with amount of nurse. This condition can reduce service quality and image of Karimun Hospital. The research is descriptive research in qualitative and quantitative approach which purpose to know amount of nurse in off name room description through direct observation, in-depth interview, survey using questionnaire and document learning.
The Result of research is found nurse's task over capacity, patient classification majority is moderate care, nurse usually do to be continue caused by lack of nurse. This research found average counting result between Gillies formula and Hospital Rest Standard of Healthy Department and overcame alternative lack of nurse in off name room.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
T29373
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sulastri
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26688
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Sistem pemberian perawatan kesehatan adalah pelayanan yang diatur oleh staf
profesional yang memberikan cara yang bervariasi untuk membantu klien ke arah
perbaikan tingkat kesehatan. Kemampuan klien untuk pindah melalui sistem
pelayanan kesehatan dan agar kebutuhan mereka terpenuhi secara holistik ini tergantung
pada rentang perawatan yang terkoordinasi dengan baik."
Lengkap +
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
TK-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Irfan Kurnia
"Rumah Sakit "X" sebagai suatu unit yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dituntut untuk senantiasa meningkatkan dan mengembangkan pelayanannya baik secara kuantitas maupun secara kualitas. Peningkatan kuantitas pelayanan antara lain dilakukannya penambahan jumlah tempat tidur, kamar perawatan maupun unit-unit pelayanan baru. Sedangkan peningkatan kualitas dilakukan melalui program pendidikan dokter, paramedis, penambahan peralatan kedokteran dan lain sebagainya. Konsekuensi dari tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan tersebut adalah bahwa Rumah Sakit "X" memerlukan dana operasional yang besar. Kenyataannya sebagai rumah sakit swasta tentu dituntut untuk swadana dalam arti harus mampu untuk membiayai sendiri semua biaya operasionalnya, sehingga menjadikan tarif yang dibebankan kepada pasien menjadi sumber dana utama untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Mengingat masalah rumah sakit menyangkut kepentingan rakyat banyak, maka tidaklah mengherankan apabila pemerintah masih memberikan pembatasan dalam hal penentuan tarif. Sebagai akibatnya Rumah Sakit "X" tidak dapat semaunya dalam menentukan tarif yang dibebankan kepada pasien untuk masing-masing kelas, yaitu untuk kelas I, II dan kelas III. Untuk kelas-kelas tersebut Kanwil Departemen Kesehatan DKI Jakarta telah menentukan plafon tarif atas dasar masukkan dari IRSJAM. Dari sini nampak adanya tantangan yang dihadapai oleh rumah sakit-rumah sakit swasta khususnya Rumah Sakit "X" , yaitu keterbatasan dana untuk menjalankan usahanya. Menghadapi tantangan dana tersebut, pihak manajemen rumah sakit harus pandai-pandai mencari dan memperbanyak alternatif sumber pendapatan, mengelola dana yang didapat, melakukan perencanaan dan pengendalian secermat mungkin dalam hal pengeluaran baik yang sifatnya investasi maupun yang bersifat operasional. Salah satu upaya yang selama ini dilakukan oleh Rumah Sakit "X" untuk mengatasi keterbatasan sumber pendapatan karena adanya pembatasan tarif dari pemerintah tersebut adalah pihak manajemen telah membebankan tarif yang relatif tinggi kepada pasien yang mampu, yaitu pasien yang dirawat dikelas VIP dan kelas Utama. Tujuannya adalah untuk mensubsidi kepada kelas-kelas yang tarifnya telah ditentukan oleh pemerintah. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas tentu saja Rumah Sakit II XI, memerlukan perangkat manajemen yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian, sehingga pihak manajemen akan dapat menentukan tarif minimum yang harus dibebankan kepada pasien atau sebagai alat pengendalian biaya, sehingga diharapkan Rumah Sakit "X" dapat berkembang atau minimal mempertahankan kelangsungan operasionalnya."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18889
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Kusumo
"Tesis ini membahas proses pemulangan pasien rawat inap di Rumah Sakit Awal Bros Batam dalam rangka mencari penyebab ketidaklancaran proses yang setiap harinya telah dilaksanakan di rumah sakit ini melalui sudut pandang sistim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan untuk memperbaiki sistem pemulangan pasien rawat inap yang terintegrasi, melakukan rapat koordinasi berkala dengan unit-unit terkait, dan menggunakan teknologi terbaru untuk efisiensi waktu dan SDM.

This thesis focus is about Inpatient Discharge Process at the Awal Bros Hospital Batam in order to find the bottle-neck process in implemented everyday in the hospital from hospital's systems perspective. The study was a research with descriptive qualitative design. The results suggest for improving the repatriation system of inpatient, conduct regular coordination meetings with relevant units, and use the latest technology for efficiency of time and human resources."
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
T31712
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Fitrianti
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26494
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ririk Rikmaya
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26760
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Tri Santoso
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26789
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>