Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mochammad Bugi Hidayat
Abstrak :
Komunikasi pemasaran adalah salah satu elemen penting dalam bisnis, betapapun bagusnya suatu produk atau jasa, tanpa usaha dan strategi marketing yang tepat produk atau jasa tersebut tidak akan dapat dijual atau tidak dapat mengenai sasaran seperti yang diinginkan. Prinsip 4 P atau bahkan 7 P untuk produk jasa seperti Radio Republik Indonesia ( RRI ) hendaknya sangat tepat bila diaplikasikan. Tanpa mengurangi unsur-unsur yang lain faktor promosi tampaknya juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Sebuah produk atau jasa harusnya di promosikan. Untuk menjalankan strategi promosi yang tepat, beberapa hal harus diperhatikan oleh perusahaan tersebut. Promosi yang baik dapat memberikan brand image yang kuat serta positioning yang baik di konsumen/masyarakat. Dalam berpromosi hendaknya harus lebih dulu diketahui apa dan bagaimana keadaan dan target audience, hal ini memang tidaklah mudah apalagi jika harus mengetahui kebutuhan dan keinginan dari target audience. Namun hal itu bukantah sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan, oleh sebab itulah perlu diadakan penelitian terhadap audience sehingga diharapkan dapat diketahui apa yang dibutuhkan atau diperlukan oleh audience. Tesis ini adalah sebuah penelitian tentang bagaimana keadaan RRI sekarang di tengah masyarakat setelah RRI berubah status Dari UPT (Unit Pelaksana Teknis) Departemen Penerangan menjadi perusahaan jawatan dan sekarang sedang dalam proses menjadi sebuah 'Radio Publik (Public Service Broadcasting). RRI selama ini mempunyai Brand Image yang kuat, namun Positioning dari RRI adalah sebagai radio pemerintah yang nota bene adalah suara pemerintah yang dianggap selalu membela- kepentingan pemerintah atau dengan kata lain hampir 80% siaran RR1 adalah untuk kepentingan pemerintah. Perubahan status RRI dan kenginannya menjadi radio publik nampaknya harus disosialisasikan kepada masyarakat terutama untuk merubah anggapan masyarakat tentang RRI dimasa lampau dengan RRI sekarang. Dengan dilakukan penelitian diharapkan dapat diketahui persepsi masyarakat terhadap RRI dan jugs dapat diajukannya sebuah rekomendasi terhadap RRI dalam melakukan langkah-langkah strategis dalam memasarkan produknya (jasa siaran) sehingga apa yang di harapkan oleh RRI untuk menjadi radio publik dapat tercapai.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12067
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Indah Suryaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Menurunnya jumlah pendengar radio dari tahun ke tahun menggeser tren kebiasaan mendengarkan radio melalui saluran analog ke digital. Perkembangan teknologi ini, membawa dampak bahwa persoalan saluran radio menjadi semakin tak terbatas lagi daya jangkauannya. Potensi ini perlu diimbangi dengan kualitas konten yang dapat memenuhi harapan pendengar. Melalui pendekatan model expectancy values, penelitian ini dilakukan untuk memahami nilai–nilai harapan pendengar melalui analisis hubungan variabel–variabel yang terdapat dalam model tersebut. Studi ini dilakukan dengan metode survei kepada 105 pendengar aktif Suara Edukasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Melalui teknik quota sampling, sampel terbagi dalam 3 kategori yaitu Remaja, Muda, dan Dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa keyakinan dan penilaiannya terhadap radio pendidikan adalah baik dan bermanfaat. Responden memiliki seperangkat harapan yang terbagi dalam 5 dimensi kebutuhan yaitu kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelarian/pengalihan masalah. Penggunaan media radio pendidikan mengikuti pola kebiasaan yang beragam dilihat dari frekuensi, waktu, jenis program acara dan saluran yang digunakan dalam mendengarkan radio. Kepuasan khalayak pendengar terhadap penggunaan media radio pendidikan secara umum dikategorikan puas. Variabel–variabel dalam model expectancy values memiliki pengaruh hubungan langsung maupun tak langsung terhadap variabel satu dengan lainnya. Melalui analisis path, penelitian ini juga menghasilkan 4 model yaitu: model expectancy values remaja, model expectancy values muda, model expectancy values dewasa, dan model expectancy values gabungan.
ABSTRAK
The reduced number of radio listeners shift listening trends from analog to digital channels. Because of technology evolution, radio channel has more power range to be infinite. It should be balanced with quality content of radio broadcasting that meet the expectations of the listeners. By using expectancy values model, this study aimed to understand the value of listeners expectation, and analyze the correlation of the variables in this models. The study was applied by survey to 105 active listeners of Suara Edukasi in the Greater Jakarta area. Quota sampling technique was chosen to set the research sample. Then, respondents were divided into 3 categories: Adolescent, Young, and Adult. The result of the research showed that most respondents have beliefs and evaluations that the educational radio is nice and helpful. Respondents have a set of expectations that are cognitive, affective, personal integration, social integration, and tension release needs. They have a habit patterns of media consumption, such as frequency, time, type of programs and radio channels that used. Generally, the gratifications obtained of educational radio listeners are satisfied. The variables in the model expectancy values have an direct and indirect correlations influence with each other. Through path analysis, this study also resulted in 4 models: expectancy values model of adolescent, expectancy values model of young, expectancy values model of adult, and the combined expectancy values model.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41534
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library