Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Johanes Bosco Widhi Wicaksono
Abstrak :
ABSTRAK Saat ini televisi Indonesia sangat minim menayangkan program anak. Jumlah program anak yang ada tidak bisa memenuhi kebutuhan waktu harian anak menonton, sehingga besar kemungkinan anak menonton tayangan dengan klasifikasi remaja atau dewasa. Selain itu saat ini program anak yang ada didominasi oleh tayangan serial animasi atau kartun yang ternyata belum sepenuhnya aman bagi anak Untuk itu program Jagoan Cilik hadir sebagai altenatif program anak di industri televisi nasional melalui format edutainment yang merupakan program televisi hiburan berbasis edukasi. Program ini memiliki tujuan sosial untuk menambah jumlah tayangan yang aman bagi anak. Untuk pembuatan prototype dilakukan riset khalayak terhadap 30 anak usia 5-8 tahun sebagai target khalayak program. Jagoan Cilik mengajak anak-anak untuk melakukan aksi menyelesaikan misi seputar keahlian unik serta memberi kesempatan penonton untuk terlibat langsung dalam program, yakni dengan mengirimkan karya atau video keahlian tertentu dan yang terpilih berhak menjadi Kapten Cilik (bintang tamu).
ABSTRACT The number of existing children's programs is very few and can not meet the needs of children's daily TV watching, so it is probable that a child watches teen or adult's programs. Besides, existing children's programs are dominated by animated series or cartoons which apparently are not entirely safe for children. Therefore Jagoan Cilik comes as an alternative to children?s programs through edutainment format which is educating yet entertaining at the same time. Social purpose of this program is to increase the number of programs that are safe for children. To create the prototype audience research is conducted to 30 children aged 5-8 as the program's target audience. Jagoan Cilik encourages children to take action completing the mission about unique skills and give the audience an opportunity to be directly involved in the program by submitting a video work or other specific skill works, and the elected one is entitled Kapten Cilik.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Puput Tripeni Juniman
Abstrak :
ABSTRAK BAGIAN 1 Analisis Situasi Olahraga, media, dan masyarakat sudah tak dapat dipisahkan lagi. Kebutuhan terhadap informasi olahraga menjadi penting. Namun, media belum sepenuhnya mengakomodasi hal ini. Informasi dunia olahraga didominasi sepak bola. Informasi antara olahraga populer dan nonpopuler olahraga terkesan tidak berimbang. Padahal informasi olahraga lain juga dinantikan oleh masyarakat. BAGIAN 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype Manfaat bagi khalayak: pelayanan informasi dan pendidikan dalam bidang olahraga, hiburan bagi publik. Manfaat bagi pengelola: kredibilitas secara sosial dan kultural, penjalanan misi organisasi, serta dari segi ekonomi. Tujuan sosial: menciptakan keluarga cinta olahraga, meningkatkan apresiasi dan inspirasi. Tujuan ekonomi: memberikan keuntungan, sponsorship dan kerjasama. BAGIAN 3 Prototype yang Dikembangkan Program berita olahraga berformat TV Magazine ini, bernama ?All Sport?. Berdurasi 30 menit dan berisikan informasi olahraga dalam dan luar negeri, yang menyajikan berita olahraga populer dan memberikan ruang bagi olahraga nonpopuler. Program ini berisi diskusi dan juga mengedepankan interaktivitas dengan penonton. Rencana penayangan di KOMPAS TV pada hari Sabtu dan Minggu dalam rentang prime time (19.00 ? 22.00 WIB). Target khalayak usia 18-40 tahun, SES A, B, dan C. BAGIAN 4 Evaluasi - Media pre-test dilakukan menyebar kuisioner secara online kepada 50 responden setelah menyaksikan prototype yang diunggah ke YouTube secara terbatas. - Evalusi media, berupa rapat redaksi (internal), survey dan data Nielsen (eksternal) BAGIAN 5 Anggaran: - Anggaran pembuatan prototype: Rp 1.680.000 - Rencana anggaran produksi program per bulan: Rp 193.650.000 - Perkiraan laba maksimal per bulan: Rp 1.836.350.000 - Rencana anggaran evaluasi Rp 2.000.000;PART 1
ABSTRACT PART 1 Situation Analysis Sport, media, and citizen is a non-separatable unity. The needs of sport information become important, but can not be fully accommodated by the media. Sport information is dominated by football news that seems not accommodating whole fields of sport. Whereas, the public expects information from another kind of sport. PART 2 Benefit and Purpose of Prototype Development Benefit for audience: information services and education in sport fields, entertainment for public. Benefit for managers: social and cultural credibility, the execution of organization mission, and economic sector. Social purpose attaching the family into sport, increasing the appreciation and inspiration. Economic purpose: gaining profit, sponsorship and cooperation. PART 3 Prototype Developed TV-formatted Sport News Program named ?All Sport?. Consisting information from any fields of sport that serves both popular and non-popular sport news with 30 minutes duration. This program engages discussion and puts forward the interactivity with the audiences. Broadcast planning is on Kompas TV, every Saturday and Sunday at primetime (19.00-22.00 WIB). Audience target is within 18-40 years old, SES A, B, and C. PART 4 Evaluation - Pre-test media will be conducted by distributing online questionnaires to 50 participants after watching the prototype via YouTube. - The form of media evaluation are editorial board internal meeting, survey, and Nielsen data (external). PART 5 Budget - Prototype making budget : Rp 1.680.000 - Production budget plan per month : Rp 193.650.000 - Maximum profit estimation : Rp 1.836.350.000 - Evaluation budget plan : Rp 2.000.000.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library