Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Raditya Shinta Hanifati
"Praktik akuntan di Indonesia mayoritas masih berkonsep traditional accounting firms di tengah tuntutan lingkungan bisnis untuk meningkatkan pemberdayaan akuntan berpraktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses transformasi praktik yang dilakukan oleh KJA X serta pengaruhnya terhadap kinerja KJA. Penelitian ini meggunakan pendekatan studi kasus dengan melalui wawancara dan analisis dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa proses transformasi praktik yang terjadi pada KJA X terdiri dari beberapa tahap penting yang mengarah pada praktik professional service firms. Pertama, mengidentifikasi faktor pendorong transformasi yang berasal dari aspek internal dan eksternal. Kedua, menyusun strategi transformasi praktik KJA yang mencakup strategi sumberdaya manusia, strategi pemasaran dan branding, strategi diversifikasi jasa, dan strategi penetapan harga. Ketiga, mengimplementasikan strategi transformasi tersebut dengan pendekatan top-down change. Penelitian ini juga menemukan bahwa upaya transformasi dan inovasi praktik KJA X mampu meningkatkan kinerja KJA X yang ditandai dengan adanya peningkatan pertumbuhan pendapatan dan peningkatan tingkat retensi klien KJA X selama 3 tahun beroperasi. Hasil penelitian ini dapat menyediakan literasi tambahan bagi akuntan berpraktik yang memiliki KJA berbentuk perseorangan dalam mengembangkan manajemen praktiknya.
The majority of accountants practice in Indonesia still has the concept of traditional accounting firms in the midst of the business demands to increase the empowerment of practicing accountants. This study aims to determine how the process of practice transformation carried out by small accounting firm (KJA) and its influence on the performance of KJA. This study uses a case study approach through interviews and documentation analysis. This study found that the process of practice transformation that occurred at KJA X consisted of several important stages that led to the practice of professional service firms. First, it identified the motivating factors originating from internal and external aspects. Second, it develop a practice transformation strategies that includes human resource strategy, marketing and branding strategy, service diversification strategy, and pricing strategy. Third, it implemented the transformation strategy with a top-down change approach. This study also found that the efforts in transforming and innovating its practice were able to improve KJA X's performance which was marked by an increase in revenue growth and an increase in client retention rates for 3 years of operation. The results of this study can provide additional literacy for practicing accountants who have an individual firm in developing their management practices."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Shafira Alyssa Leadi
"
ABSTRAKTingkat pertumbuhan industri di Indonesia yang cenderung tinggi menuntut setiap industri untuk memiliki performa yang baik sehingga mampu bersaing secara kompetitif. Performa perusahaan yang baik dipengaruhi oleh produktivitas pekerja yang dipengaruhi oleh tingkat Job Satisfaction yang dimiliki oleh setiap pegawai. Secara langsung maupun tidak langsung Job Satisfaction dapat mempengaruhi banyak aspek bagi suatu perusahaan termasuk Customer Satisfaction yang merupakan focus utama bagi perusahan yang bergerak di bidang service. Ada banyak teori yang mendukung mengenai pentingnya meningkatkan Job Satisfaction bagi suatu perusahaan. Salah satunya Herzberg‟s Two Factors Theory yang menekankan bahwa terdapat 2 faktor utama yang dapat mempengaruhi Job Satisfaction pegawai yaitu Motivators dan Hygiene Factors. Pada penelitian ini, penulis melakukan pengujian Herzberg‟s Two Factors Theory pada salah satu Professional Service Firm di Indonesia. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap 156 responden melalui kusioner Job Descriptive Index dan kuisioner berlandaskan Herzberg‟s Two Factors Theory.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat Job Satisfaction pegawai dan mencari faktor dominan yang mempengaruhi Job Satisfaction pegawai. Setelah itu penelitian ini juga dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan System Analysis Tools (SAT) guna meningkatkan Job Satisfaction pegawai di Professional Service Firm tersebut.
ABSTRACTThe growth rate of Industries in Indonesia has grown so significance that made this country has to increase its industrial performance that influence industrial competiveness. Industrial performance influenced by workers' productivity. Many aspects that influence workers' productivity organization commitment, work engagement and Job Satisfaction. Job Satisfaction has a big impact for a company espescially for service company since Job Satisfaction affects Customer Sarisfaction. There are many theories that support the importance of improve Job Satisfaction for company. Herzberg?s Two Factors theory explained about the factors that affecting Employee Job Satisfaction. They are Motivator Factors and Hygiene Factors. This research examined Herzberg?s Two Factors Theory in Professional Service Firm in Indonesia. There are about 156 respondends that participate in this research. The dominant factors were found through Job Descriptive Index and questionnaire that related with Herzberg‟s Two Factors Theory were used in this research. At the end, based on the results, researchers was trying to make a strategy to imptove Job Satisfaction Level in Professional Service Firm"
Lengkap +
2016
S63915
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library