Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fariz Fadhillah
Abstrak :
Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti apakah innovation attributes dan consumer costs memiliki dampak terhadap consumer acceptance dan yang pada akhirnya mempengaruhi product adoption dari produk yang inovatif. Data untuk riset ini diperoleh dengan menggunakan teknik sample convenience sampling dimana warga Jabodetabek dan pengguna Mandiri E-toll card yang menjadi sample nya. Tes hipotesis dilakukan menggunakan structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan software LISREL 8.50. Hasil dari riset ini menunjukan bahwa complexity memiliki pengaruh positif terhadap procedural costs, financial costs dan relational costs, lain halnya dengan compatibility yang memiliki pengaruh negatif terhadap relational costs dan relational costs yang menunjukan efek negatif yang signifikan terhadap product adoption. Di sisi lain, relative advantage dan compatibility tidak menunjukan hubungan positif yang signifikan terhadap product adoption sementara procedural costs, financial costs dan complexity tidak menunjukan efek negatif yang signifikan terhadap product adoption dari Mandiri E-toll card.
......The purpose of this study is to recognize how innovation attributes, and consumer costs impact the consumer acceptance, which eventually impacts of product adoption of innovative products. Convenience sampling was used, residents of the Greater Jakarta (Jabodetabek) and Mandiri E-toll card users are used as the samples for this research. The hypothesis were tested using structural equation models (SEM) using LISREL 8.50. The results show that complexity positively influence procedural costs, financial costs, and relational costs while compatibility negative influence relational costs and relational costs shows a significant negative effect towards product adoption. On the hand, relative advantage and compatibility did not show a significant and positive relationship towards product adoption while procedural costs, financial costs and complexity did not show significant and negative influence towards product adoption of E-toll Card.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ismi Tamara
Abstrak :
Banyak perusahaan besar yang berangsur tenggelam dalam industri karena tersandung masalah inovasi dan adaptasi seperti Blockbuster, Dell, Motorola, Sony, dan Yahoo. Teori consumer innovativeness dan disruptive innovation mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan karakteristik pada early adopter dalam jenis inovasi yang berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa early adopter inovasi disruptive memiliki product knowledge lebih besar daripada early adopter inovasi sustaining. Selain itu monetary resource terbukti memberi pengaruh moderasi antara hubungan intention terhadap actual adoption. Dengan memahami pengaruh jenis inovasi pada tingkat pembelian produk baru, diharapkan manajer dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dalam proses pengembangan produk baru.
......
Many of big company such as Blockbuster, Dell, Motorola, Sony, and Yahoo move toward the end of their business. Such phenomenon happens because they cannot adapt and follow the disruptive changes in the market. Consumer innovativeness and disruptive innovation theories implied that each early adopter of different types of innovation have different characteristics. This research found that early adopters of disruptive innovation possess deeper knowledge in related product domain. Moreover, monetary resource proved to moderates the relationship of intention to adoption. Understanding the effect of innovation types towards actual adoption of new product provides manager better information during the product development decision making.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60595
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library