Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faiz Muhammad Alfatih
"ABSTRAK
Adanya fasilitas Park and Ride (P&R) di stasiun-stasiun KRL kota satelit DKI Jakarta membuat adanya potensi penggunaan kembali kendaraan pribadi di kota satelit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penggunaan kembali kendaraan pribadi di Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Tangerang akibat adanya P&R di stasiun-stasiun tersebut dan mengetahui apakah perlu dilakukan studi Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin). Analisis dilakukan menggunakan model logit yang dibangun dengan hasil survei Stated Preference terhadap pengguna KRL yang memiliki kendaran pribadi. Berdasarkan hasil uji korelasi, diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap pilihan penggunaan P&R adalah selisih waktu, selisih biaya, dan fasilitas tambahan. Fungsi utilitas didapatkan melalui berbagai uji statistik dan model logit yang dibangun terdiri dari P&R mobil dan P&R motor. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa model pada P&R motor Stasiun Bogor dan Stasiun Tangerang dapat digabung. Uji validasi menunjukkan sebagian model sesuai kondisi faktual, kemudian uji sensitifitas menunjukkan besaran penghematan waktu merupakan parameter yang paling sensitif bagi pengguna P&R. Penggunaan model untuk mengetahui potensi besaran penggunaan kembali kendaraan pribadi di stasiun-stasiun tersebut pada tahun 2019. Studi Andalalin perlu dilakukan pada lalu lintas sekitar stasiun dikarenakan adanya potensi penggunaan kembali kendaraan pribadi sebesar lebih dari 500 kendaraan per hari pada stasiun-stasiun tersebut.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryanda Ganesha Away
"Peningkatan kebutuhan transportasi di perkotaan didorong oleh kebutuhan mobilitas yang tinggi oleh penduduknya. Namun, di perkotaan seperti Jakarta, masyarakat cenderung menggunakan transportasi pribadi dibandingkan menggunakan transportasi publik, meskipun telah tersedianya transportasi publik modern. Akibatnya, peningkatan yang terus-menerus dalam pangsa moda kendaraan pribadi menjadi perhatian dalam konteks keberlanjutan layanan dan jumlah pengguna transportasi publik di Jakarta. Penelitian ini membahas masalah tersebut secara holistik dengan menggunakan pendekatan sistem dinamis untuk mengembangkan model konseptual agar dapat memahami kompleksitas dinamika faktor-faktor pemilihan moda transportasi di Jakarta. Model konseptual lalu dikembangkan untuk melihat hubungan kasualitas antar faktor-faktor yang menjadi kunci masyarakat dalam menentukan moda transportasi. Model ini lalu diberikan alternatif kebijakan, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan pengguna transportasi publik. Alternatif kebijakan lalu akan disimulasikan ke dalam beberapa skenario untuk menentukan kebijakan yang terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan fasilitas transportasi harus di barengi dengan pembatasan penggunaan transportasi pribadi.

The increasing need for transportation in urban areas is driven by the high mobility needs of the population. However, in urban areas like Jakarta, people tend to use private transportation rather than public transportation, despite the availability of modern public transportation. As a result, the continuous increase in the modal share of private vehicles is a concern in services sustainability and the number of public transport users in Jakarta. This study discusses this problem holistically by using a dynamic systems approach to develop a conceptual model in order to understand the complexities of the dynamics of the factors for choosing the mode of transportation in Jakarta. A conceptual model is developed to see the causal relationship between the factors that are key to society in determining the mode of transportation. This model is improved by policy alternatives, which can be done to improve services and users of public transportation. The alternative policy will then be simulated into several scenarios to determine the best policy. The result of this research is that the improvement of transportation facilities must be accompanied by restrictions on the use of private transportation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library