UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi Kebijakan untuk Meningkatkan Pelayanan dan Jumlah Pengguna Transportasi Publik Masal di Jakarta = Policy Strategies to Improve Services and Number of Mass Public Transportation Users in Jakarta

Ryanda Ganesha Away; Andri D. Setiawan, supervisor; Akhmad Hidayatno, supervisor; Dendi P. Ishak, examiner; Armand Omar Moeis, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Peningkatan kebutuhan transportasi di perkotaan didorong oleh kebutuhan mobilitas yang tinggi oleh penduduknya. Namun, di perkotaan seperti Jakarta, masyarakat cenderung menggunakan transportasi pribadi dibandingkan menggunakan transportasi publik, meskipun telah tersedianya transportasi publik modern. Akibatnya, peningkatan yang terus-menerus dalam pangsa moda kendaraan pribadi menjadi perhatian dalam konteks keberlanjutan layanan dan jumlah pengguna transportasi publik di Jakarta. Penelitian ini membahas masalah tersebut secara holistik dengan menggunakan pendekatan sistem dinamis untuk mengembangkan model konseptual agar dapat memahami kompleksitas dinamika faktor-faktor pemilihan moda transportasi di Jakarta. Model konseptual lalu dikembangkan untuk melihat hubungan kasualitas antar faktor-faktor yang menjadi kunci masyarakat dalam menentukan moda transportasi. Model ini lalu diberikan alternatif kebijakan, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan pengguna transportasi publik. Alternatif kebijakan lalu akan disimulasikan ke dalam beberapa skenario untuk menentukan kebijakan yang terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan fasilitas transportasi harus di barengi dengan pembatasan penggunaan transportasi pribadi.

The increasing need for transportation in urban areas is driven by the high mobility needs of the population. However, in urban areas like Jakarta, people tend to use private transportation rather than public transportation, despite the availability of modern public transportation. As a result, the continuous increase in the modal share of private vehicles is a concern in services sustainability and the number of public transport users in Jakarta. This study discusses this problem holistically by using a dynamic systems approach to develop a conceptual model in order to understand the complexities of the dynamics of the factors for choosing the mode of transportation in Jakarta. A conceptual model is developed to see the causal relationship between the factors that are key to society in determining the mode of transportation. This model is improved by policy alternatives, which can be done to improve services and users of public transportation. The alternative policy will then be simulated into several scenarios to determine the best policy. The result of this research is that the improvement of transportation facilities must be accompanied by restrictions on the use of private transportation.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ryanda Ganesha Away.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 27 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-28791085 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920561640
Cover