Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meysa Tiranda
Abstrak :
ABSTRAK
Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) is the second leading cause of death in adolescent groups in the world. In Indonesia, the rate of human immunodeficiency virus (HIV) infected adolescents increases annually. Yogyakarta, well known as the education city, has the highest number of HIV/AIDS cases in the productive age group of 20 29 years old, which means that they have been already infected with HIV since teen age. This study aimed to determine influential factors that affect adolescents attitude toward HIV/AIDS prevention. The study was an analytic survey research with a cross sectional design. Stratified random sampling was applied to select a sample size of 128 respondents of class XI at Muhammadiyah 3 Yogyakarta Senior High School in 2017. Data were taken by using questionnaires that had been tested for validity and reliability. Data were analyzed by chisquare test and logistic regression. The results revealed that most of the respondents received information on HIV/AIDS from media (47.7%), have a good knowledge level (82%), and support the prevention of HIV/AIDS (96.9%). The source of information and knowledge level had a statistically significant relation with adolescents attitude toward HIV/AIDS prevention. Knowledge level is the most influential factor to adolescents attitude toward HIV/AIDS prevention (p value = 0.006, PR = 1.199, 95% confidence interval = 1052 until 1367).
Depok: Universitas Indonesia, 2018
613 KESMAS 13:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maratul Arifatuddina
Abstrak :
Terdapat 11.160 kasus HIV di Indonesia pada tahun 2020 dan 1,2% di antaranya adalah kelompok Waria. Transmisi HIV secara homoseksual (21,4%) lebih berisiko dibandingkan heteroseksual (17,9%). Faktor yang mempengaruhi kejadian HIV pada Waria adalah pengetahuan pencegahan HIV dan perilaku berisiko HIV. Penelitian ini menggunakan data STBP 2018-2019 dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian yaitu seorang yang secara biologis laki-laki dan dikenali sebagai Waria berumur 15 tahun atau lebih yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi berujumlah 2.357. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Prevalensi HIV pada Waria tahun 2018-2019 di Indonesia sebesar 12,9%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan pencegahan HIV pada variabel menerima informasi HIV dan pengetahuan pencegahan (tidak melakukan seks) dengan kejadian HIV pada Waria pada tahun 2018-2019 di Indonesia. Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku berisiko HIV pada variabel usia pertama kali seks anal, pernah menjual seks, mempunyai pasangan seks tidak tetap, dan status sifilis dengan kejadian HIV pada Waria pada tahun 2018-2019 di Indonesia. ......There were 11,160 HIV cases in Indonesia in 2020 and 1.2% of them were transgender. Homosexual (21.4%) HIV transmission is more at risk than heterosexual (17.9%). Factors that influence the incidence of HIV among Waria are knowledge of HIV prevention and HIV risk behavior. This study used the 2018-2019 IBBS data with a cross sectional research design. The sample of the study was a person who was biologically male and identified as transgender aged 15 years or more who fulfilled the inclusion and exclusion criteria in total of 2,357. Data were analyzed by univariate and bivariate. The prevalence of HIV among Waria in 2018 - 2019 in Indonesia is 12.9%. There is a significant relationship between HIV prevention knowledge on the variable receiving HIV information and knowledge of prevention (not having sex) to the incidence of HIV among Waria in 2018-2019 in Indonesia. There is a significant relationship between HIV risk behavior in the variables of age at first anal sex, having sold sex, having irregular sex partners, and syphilis status to the incidence of HIV among transgender women in 2018-2019 in Indonesia.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sylvana
Abstrak :
Kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel abnormal pada mulut rahim dimana pembelahan sel menjadi tidak terkendali dan akan membentuk suatu massa jaringan yang patologis. Di Indonesia, prevalensinya cenderung meningkat mencapai 11,78% dan menempati peringkat kedua setelah kanker payudara. Penelitian dengan desain deskriptif sederhana ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku mahasiswi S1 Reguler di salah satu Fakultas Universitas di Depok terhadap pencegahan kanker serviks. Metode yang digunakan adalah metode accidental sampling pada 100 orang responden mahasiswi dengan rentang usia 17-25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswi tergolong rendah dan perilaku pencegahan kanker serviks tergolong negatif. Penelitian ini memberikan gambaran kepada institusi pendidikan keperawatan, untuk mensosialisasikan kanker serviks dan pencegahannya. ......Cervical cancer is the growth of abnormal cells on the cervix where the fission of cells become uncontrolled and will shape a mass of pathological tissue. In Indonesia, the prevalence is likely increase reached 11,78% and took the second rank after breast cancer.This research with simple descriptive desain aimed to know the description of undergraduate student?s knowledge level and behaviour of preventing cervical cancer in one of Faculty University in Depok to prevent cervical cancer. The method used a accidental sampling method to 100 respondents from Psychology students of University of Indonesia with range of age 17-25 years old. The results showed that the knowledge level of students classified as low and behaviour of preventing cervical cancer classified as negative. This study provides an overview to the nursing education institution, to socialize cervical cancer and its prevention.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43591
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Dhestiana
Abstrak :
Latar Belakang: Paparan terhadap pengalaman buruk seperti pelecehan dan pengabaian memberikan pengaruh terhadap perkembangan sosio-emosional anak. Orang dengan disabilitas intelektual memiliki kualitas kesehatan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berkebutuhan khusus. Anak dengan disabilitas intelektual rentan mengalami pengucilan sosial, diskriminasi, pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga maupun lingkungan dan kualitas kesehatan yang kurang baik. Hingga saat ini, di Indonesia, belum ada instrumen yang valid dan reliabel untuk menilai pengetahuan dan mencegah terjadinya kekerasan maupun pelecehan seksual pada remaja perempuan dengan disabilitas intelektual ringan. Hal ini membuat perlunya ada instrimen khusus yang valid dan reliabel. Dalam hal ini, dipilih instrumen “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” oleh Wen-Ying Lou. Instrumen tersebut merupakan salah satu ukur yang mempunyai validitas dan reliabilitas yang baik untuk mengetahui pengetahuan pencegahan kekerasan seksual pada siswa perempuan sekolah menengah dengan disabilitas intelektual. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” pada populasi siswi perempuan dengan disabilitas intelektual di Indonesia. Proses penelitian ini terdiri dari tahap penerjemahan instrument ke dalam Bahasa Indonesia, uji coba dengan sepuluh responden, penyempurnaan terjemahan, penilaian validitas isi oleh sepuluh pakar Kesehatan Jiwa. Hasil: Pada uji validasi, didapatkan bahwa validitas isi instrumen “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” berada pada tingkatan baik, yaitu dengan nilai I-CVI sebesar 0.70 – 1.00 dan nilai S-CVI sebesar 0.87. Hasil uji coba terhadap sepuluh orang anak dengan disabilitas intelektual ringan diperoleh bahwa instrument dapat dipahami dan diterima. Instrumen ini secara isi valid untuk digunakan oleh pemeriksa sebagai alat bantu untuk mengetahui tingkat pengetahuan anak perempuan dengan disabilitas intelektual tentang pencegahan kekerasan seksual. Kesimpulan: Dari hasil pemeriksaan validasi isi, dapat disimpulkan bahwa instrumen “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” versi Bahasa Indonesia merupakan kuesioner yang memiliki validitas isi yang baik dengan hasil uji coba yang mudah dipahami oleh sampel responden. Namun, untuk memastikan validitas, perlu dilakukan kembali uji reliabilitas serta uji validitas lainnya. Kata kunci: kekerasan seksual, remaja perempuan, disabilitas intelektual, An Illustrated Scale Measuring ......Background: Exposure toward awful events, such as abuse and neglection may produce negative influences to children’s social and emotional development. People with intellectual disabilities also possess lower quality of health compared to people without any special needs. Children with intellectual disabilities are more prone to experience social isolation, discrimination, sexual abuse, domestic / environmental violence, and loqwquality of health. To date, in Indonesia, there is no valiable and reliable instrument to assess knowledge and prevent sexual abuse in female teenager with mild intellectual disabilities. Therefore, it is necessary to have a specific, valid, and reliable instrument. In this matter, this study choose an instrument named “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” by Wen-Ying Lou. This instrument is one of the measuring tools that have good validity and reliability to obtain knowledge of sexual abuse prevention in female teenagers with intellectual disabilities. Methods: This study aimed to obtain the validity and reliability of the instrument “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” in a population of female teenagers with intellectual disabilities in Indonesia. This study process consists of translating the instrument into Bahasa Indonesia, testing with 10 respondents, finalizing the Indonesian version of the instrument, and content validity by 10 experts in Psychiatry. Results: In the validity test, it is obtained that the content validity of the instrument “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” is considered to be valid, with the score of I-CVI within the range of 0.70 – 1.00 and S-CVI score at 0.87. From the trial test ton ten girls with mild intellectual disability, it showed that this instrument can be easily understood and accepted. The instrument is valid in the content and can assist clinician to assess the knowledge about sexual abuse prevention of children with mild intellectual disability. Conclusion: From the content validity testing, “An Illustrated Scale Measuring the Sexual-abuse Prevention Knowledge” – Indonesian has acceptable content validity. The trial test also shows that the instrument is easily understandable for respondents. But, for futher usage, this instrument needs to have reliability test or other validity tests
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meivita Dewi Purnamasari
Abstrak :
ABSTRAK
Bayi baru lahir berisiko mengalami hipotermia karena ketidakstabilan sistem termoregulasi untuk menghadapi perubahan suhu lingkungan. Risiko hipotermia semakin meningkat selama periode hospitalisasi. Edukasi merupakan cara untuk meningkatkan pemahaman perawat terkait pencegahan hipotermia pada bayi baru lahir di ruang perawatan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh edukasi berbasis pencegahan kehilangan panas terhadap pengetahuan dan perilaku perawat dalam mencegah potensi hipotermia pada bayi baru lahir. Desain penelitian adalah quasi eksperimen dengan pendekatan one group pre-post test design, dengan sampel 21 perawat neonatus yang diambil secara consecutive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan perilaku perawat yang signifikan sebelum dan setelah pemberian edukasi berbasis pencegahan kehilangan panas pada bayi baru lahir (p value < 0,001; α=0,05). Penelitian ini merekomendasikan penyelenggaraan edukasi berbasis pencegahan kehilangan panas sebagai langkah meningkatkan pengetahuan dan perilaku perawat dalam pencegahan potensi hipotermia.
ABSTRACT
Newborns are at risk of developing hypothermia due to the instability of the thermoregulation system to deal with changes in ambient temperature. It increases as hospitalization. Education is a way to improve the nurse's understanding of the prevention of hypothermia in newborns in ward. The purpose of the study was to analyze the influence of heat loss prevention based education to the knowledge and behaviour of the nurse in preventing hypothermia in the newborn. The design was quasy experiment with one group pre-post test design, which sample 21 neonatal nurse taken by consecutive sampling. The result showed there was significant differences in the knowledge and behaviour of the nurses pre and post education treatment (p value < 0,001; α=0,05). This research recommended heat loss prevention based education as a step to increase the knowledge and behavior of nurses in the prevention of potential hypothermia.
2017
T48002
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library