Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dheska Kunwardani
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh person organization fit terhadap organizational citizenship behavior. Person organization fit mengindikasikan bahwa individu meyakini bahwa nilai-nilai mereka sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Organizational citizenship behavior merupakan perilaku sukarela yang menguntungkan organisasi tetapi tidak secara langsung diakui oleh sistem formal reward.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei dengan sampel berjumlah 81 karyawan tetap kantor pusat PT Angkasa Pura II (Persero). Analisis korelasi dan regresi digunakan untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekuatan hubungan antar variabel pada penelitian ini adalah kuat dengan angka koefisien sebesar 0,715. Person organization fit karyawan ditemukan mempengaruhi organizational citizenship behavior sebesar 51,2% dan 48.8% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam pembahasan juga terdapat implikasi serta saran untuk penelitian selanjutnya.

The aim of this study was to analyze the effect of person organization fit on organizational citizenship behavior. Person organization fit indicates that individuals believe their values are compatible with values of the organization. Organizational citizenship behavior is individual voluntary behaviors that are beneficial to the organization but not directly recognized by the formal reward system.
This research applied quantitative approach and data were collected through conducting a survey on 81 permanent employees at PT Angkasa Pura II (Persero) head office. Correlation and regression analyses were used to analyse data.
The result revealed strong relationship between variables with coefficient of 0.715. Person organization fit found to affect organizational citizenship behavior equal to 51.2% and the residual equal to 48.8% affected by other factors. The result and implications of the study are discussed and recommendations for future research are addressed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64574
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rakha Pramadika
"Turnover menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi perusahaan apabila turnover tersebut memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan. Apabila tidak dikelola dengan baik maka turnover sendiri akan semakin merugikan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh person-organization fit yang diterapkan oleh PT. PPA terhadap turnover intention dengan di mediasi oleh kepuasan kerja. PT. PPA ini merupakan perusahaan BUMN yang mana merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang bertugas untuk melakukan restrukturisasi terhadap infrastruktur negara maupun swasta. Penelitian ini juga mendapatkan hasil yang signifikan antara person-organization fit dengan turnover intention dengan dimediasi kepuasan kerja.

Turnover is one of the big problems companies face when turnover has a negative impact on the company. Person Organization Fit is the most important variable for a company, because it has impact towards employee's intention to stay and to a job satisfaction. Person organization itself is employee's suitability with adopted company values. PT. PPA is the only BUMN company that responsible to do restructure for country and private infrastructure. This reseach also used path analysis and causal step to determine the effect of person organization fit on turnover intention through job satisfaction. This study also gained significant results between person organization fit with turnover intention with mediated job satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S66914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginanti Ida Pola
"Skripsi ini membahas analisa hubungan antara corporate ethical values, organizational commitment, dan person-organization fit pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan PT Promexx Pusat Stationary. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Lisrel 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate ethical values mempunyai hubungan secara positif terhadap person-organization fit pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan PT Promexx Pusat Stationary. Hubungan secara negatif ditunjukkan antara corporate ethical values dan organizational commitment pada PT Promexx Pusat Stationary sedangkan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk hasilnya positif. Hubungan secara positif ditunjukkan antara organizational commitment dan person-organization fit pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan PT Promexx Pusat Stationary.

This thesis discusses the analysis of the relationship between corporate ethical values, organizational commitment, and person-organization fit on PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. and PT Promexx Pusat Stationary. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) with Lisrel?s software 8.51. The results showed that corporate ethical values have a positive relationship to the person-organization fit on PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. and PT Promexx Pusat Stationary. A negative relationship between corporate ethical values and organizational commitment are shown on PT Promexx Pusat Stationary while on PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. positive results. A positive relationship between organizational commitment and person-organization fit are shown on PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. and PT Promexx Pusat Stationary."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Khalida
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh person-organization fit (P-O fit) terhadap turnover intention dengan mempertimbangkan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. P-O fit diukur menggunakan konsep multidimensi P-O fit yaitu supplementary fit, complementary fit, needs-supplies fit and demands-abilities fit (Piasentin, 2007); kepuasan kerja diukur dengan Michigan Organizational Assessment Questionnaire (Camman et al. 1979) dan turnover intention diukur dengan model revisi Mobley, Horner and Hollingsworth (1978). Data penelitian dikumpulkan melalui survei kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang karyawan tetap di PT Bank Syariah Mandiri, yang diambil menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi, regresi bertingkat dan bootstrap untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh mediasi di antara variabel-variabel kunci.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang negatif dan moderat antara P-O fit dan turnover intention, korelasi yang positif dan kuat antara P-O fit dan kepuasan kerja, serta korelasi yang negatif dan moderat antara P-O fit dan turnover intention. Analisis regresi sederhana mengindikasikan bahwa P-O fit merupakan prediktor kepuasan kerja yang signifikan, serta P-O fit dan kepuasan kerja masing-masing merupakan prediktor turnover intentionyang signifikan.
Hasil Bootstrapping memberi bukti bahwa pengaruh tidak langsung P-O fit terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja signifikan secara statistik. Sejalan dengan penelitian terdahulu, hasil analisis regresi bertingkat mengkonfirmasi bahwa kepuasan kerja memediasi hubungan P-O fit dan turnover intention sebagai mediator penuh. Dalam pembahasannya juga didiskusikan hasil dan implikasi serta rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

This study aims to examine the effect of person-organization-fit (P-O fit) on employee turnover intention by considering job satisfaction as a mediating variable. Multidimensional P-O fit, namely supplementary fit, complementary fit, needs-supplies fit and demands-abilities fit (Piasentin, 2007), Michigan Organizational Assessment Questionnaire (Camman et al. 1979) and Mobley, Horner and Hollingsworth’s (1978) revised model were used to measure P-O fit, job satisfaction and turnover intention. A quantitative survey was conducted on a non-probability (purposive) sample of 100 permanent employees working at PT Bank Syariah Mandiri.
Correlation, multistage regression and bootstrap were used to test the direct and mediating relationship between key variables. The results uncovered that there was a moderate negative correlation between P-O fit and turnover intention, a strong positive correlation between P-O fit and job satisfaction, and a moderate negative correlation between job satisfaction and turnover intention. The simple regression analysis showed that P-O fit was a significant predictor of job satisfaction and both P-O fit and job satisfaction were significant predictors to turnover intention.
Bootstrapping test revealed a statistical support for the indirect effect of P-O fit on turnover intention through job satisfaction. Moreover, the results of multistage regression analysis confirmed that job satisfaction significantly mediated the relationship between P-O fit and turnover intention as a full mediator. The results and implications of the study were discussed and recommendations for future research were addressed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54820
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuwo
"Followership mulai popular untuk diteliti sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran bahwa kesuksesan sebuah organisasi tidak hanya ditentukan oleh pemimpin yang berkualitas (leadership), tetapi juga pengikut yang berkualitas (followership). Pada penelitian ini, beberapa faktor diteliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap followersip style pada sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Faktor-faktor tersebut adalah participative leadership, follower self determination, dan person organization fit.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa ketiga faktor tersebut mempengaruhi secara positif terhadap pembentukan exemplary follower yaitu followership style yang paling baik menurut Kelley (1992). Selain itu, dari hasil penelitian ini diketahui kecenderungan followership style yang ada pada perusahaan yang diteliti. Hubungan antara followership style yang diperoleh dari hasil penelitian dan level job satisfaction diuji.
Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa exemplary follower menunjukkan level job satisfaction yang lebih tinggi dibandingkan followership style yang lain (pragmatist dan conformist).

Followership gaining popularity for research in line with the growing awareness that the success of an organization is not only determined by the quality of leader (leadership), but also determined by quality of followers (followership). In this study, several factors were examined to determine its effect on followersip styles in a state-owned company engaged in the field of telecommunications. These factors are participative leadership, follower selfdetermination, and the person organization fit.
From the research, it is known that these three factors positively influence on the formation of exemplary followership style, the best style of followership by Kelley (1992). In addition, the results of this research note followership style tendencies that exist in the company being investigated. Then, the relationship between followership style derived from the results of research and job satisfaction levels are tested.
It is concluded that level of job satisfaction of exemplary follower is higher than level of job satisfaction of other followership style (pragmatist and conformist).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43474
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adji Pradana
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self-directed dan value-driven yang dimoderasi oleh person-organization fit terhadap komitmen afektif karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Protean Career Attitude Scale untuk mengukur self-directed dan value-driven, Affective Commitment Scale untuk mengukur komitmen afektif, dan Person-Organization Scale untuk mengukur person-organization fit. Penelitian ini dilakukan pada 158 karyawan Generasi Y di berbagai sektor pekerjaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-directed B = .08, SE B = .06, 95 BCa CI [-.04, .20], p > .05 tidak memiliki hubungan pada komitmen afektif. Ditemukan juga bahwa person-organization fit memoderasi hubungan value-driven pada komitmen afektif B = -.08, SE B = .04, 95 BCa CI [-.15, .00], p < .05 . Hasil penelitian ini dapat berkontribusi dalam membantu organisasi dalam merangkul karyawan Generasi Y untuk lebih berkomitmen dengan tempat bekerjanya. Sikap karier protean, komitmen afektif, person-organization fit.

This research aimed to examine the effects of self directed and value driven which moderated by person organization fit towards employees rsquo affective commitement. Additionally, this was a quantitave research that used Protean Career Attitude Scale to measure self directed and value driven, Affective Commitemnt Scale to measure affective commitement, and Person Organization Fit Scale to measure person organization fit. Participants of this research were 158 Generation Y employees in various work sectors. The results of this research showed that self directed B .08, SE B .06, 95 BCa CI .04, .20 , p .05 had no significant effect to affective commitment. Whilst this research also showed that person organization moderated the effect of value driven to affective commitment B .08, SE B .04, 95 BCa CI .15, .00 , p .05 . The results of this research can give some understanding to companies on how to make Generation Y employees more affectively commited with the place they work for.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S66961
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Mayadewi Istyawardhani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supportive learning environment terhadap retensi karyawan dengan dimediasi oleh psychological capital dan person – organization fit. Penelitian ini menggunakan data yang didapatkan dari responden (n = 166) yang bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi, diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital memediasi secara parsial pengaruh supportive learning environment terhadap retensi karyawan dengan arah hubungan negatif. Artinya lingkungan kerja yang mendukung pembelajaran karyawan menyebabkan meningkatnya psychological capital namun mengakibatkan menurunnya retensi karyawan. Hasil lainnya mengungkapkan person – organization fit memediasi secara parsial pengaruh positif supportive learning environment terhadap retensi karyawan. Disimpulkan bahwa adanya supportive learning environment mempengaruhi peningkatan person-organization fit dan kemudian meningkatkan retensi karyawan.

This research aims to analyze the effect of supportive learning environment on employee retention through person-organization fit and psychological capital as mediators. This research is using data obtained from 166 employees who work in a telecommunication company. The data processed and analyzed using the structural equation modeling method. The results demonstrate that psychological capital partially mediates the influence of supportive learning environment toward employee retention in negative direction. This means that the supportive learning environment causing the increasing psychological capital but later resulted in a decrease in employee retention. Another result reveals that the person – organization fit partially mediates the positive influence of supportive learning environment against the retention of employees. It is concluded that the provision of supportive learning environment affects the increase of person-organization fit and then increase the retention of employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53715
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bapen dwi Krisna Winata
"Membangun dan memetakan karier profesional membutuhkan keterlibatan terus
menerus dan aktif dalam proses konstruksinya. Manajemen karier ini terus
berkembang seiring diperolehnya pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan baru
yang melibatkan dimensi yang saling berhubungan, yaitu individu dan organisasi.
Makalah non-ilmiah ini berisi refleksi saya sebagai mahasiswa Antropologi dalam
membangun internal karier pribadi melalui kerangka Product-Led Growth (PLG) dan
penerapan prinsip 3DNA Tokopedia, serta menggambarkan bentuk
person-organization fit dalam proses manajemen karier pribadi selama menjalani
kegiatan magang di sektor formal. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah
observasi partisipan dengan menganalisa setiap fenomena dan pengalaman selama
menjalani kegiatan magang di lingkup non-antropologis menggunakan cara berpikir
dan perspektif Antropologi di berbagai latar dan pola normatif. Selain itu, saya juga
menggunakan metode wawancara tidak struktur untuk memperdalam informasi. Hasil
analisis menunjukkan bahwa penerapan kerangka PLG dan korelasi personal value
yang dimiliki diri saya pribadi dengan organizational culture Tokopedia membantu
dan mempermudah saya dalam membangun karier profesional yang baik. Studi ini
mendukung bahwa kerangka PLG menjadi salah satu kerangka pemetaan karier yang
tepat dan organisasi turut mendukung proses manajemen karier individu.

Building and charting a professional career requires continuous and active
involvement in its construction process. This career management continues to develop
as new experiences, knowledge, and abilities are gained that involve interrelated
dimensions, namely individuals and organizations. This non-scientific paper contains my reflection as an Anthropology student in building an internal personal career through the Product-Led Growth (PLG) framework and the application of
Tokopedia's 3DNA principles, as well as describing the form of person-organization
fit in the personal career management process during internships in the formal sector.
. The method used in this study is participant observation by analyzing every
phenomenon and experience during an internship in a non-anthropological sphere
using anthropological ways of thinking and perspectives in various backgrounds and
normative patterns. In addition, I also used an unstructured interview method to
deepen the information. The results of the analysis show that the application of the
PLG framework and the correlation of personal values that I49personally have with
Tokopedia's organizational culture have helped and made it easier for me to build a
good professional career. This study supports that the PLG framework is one of the
right career mapping frameworks and the organization also supports the individual
career management process.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yessi Ines
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi person-organization fit terhadap organizational attractiveness baik secara langsung maupun dimediasi oleh employer branding dan use of social media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan cross-sectional design dan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data primer. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari 311 Mahasiswa Strata 1 dan Strata 2 di Indonesia dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi person-organization fit memiliki pengaruh negatif terhadap organizational attractiveness, namun persepsi person-organization fit memiliki pengaruh positif terhadap employer branding dan use of social media. Kemudian employer branding dan use of social media ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap organizational attractiveness. Sehingga employer branding dan use of social media memediasi pengaruh persepsi person-organization fit terhadap organizational attractiveness secara penuh. Selain itu, employer branding juga ditemukan memiliki pengaruh negatif terhadap use of social media.

he study aim to discover the effects of perceived person-organization fit on organizational attractiveness both directly and mediated by employer branding dan use of social media. This study uses a quantitative approach with cross-sectional design and purposive sampling method to collect primary data. Sample was obtained from 311 Undergraduate and Graduate Students in Indonesia while data is analyzed using Structural Equation Modelling (SEM). Result indicates that perceived person-organization fit has a negative effect on organizational attractiveness, but perceived person organization fit has a positive effect on employer branding and use of social media. Afterward employer branding and use of social media was found to have a positive effect on organizational attractiveness. Which means employer branding and use of social media fully mediate the effect of perceived person-organization fit on organizational attractiveness. In addition, employer branding was also found to have a negative effect on use of social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aliya Izet Adrianto
"ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Leader-member Exchange sebagai mediator dalam hubungan antara taktik sosialisasi atasan dengan newcomer attitudes. Penelitian ini dilakukan pada Bank XYZ dengan jumlah responden sebesar 107 orang yang merupakan newcomer pada bank tersebut. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi newcomer tentang LMX memediasi hubungan antara Taktik Sosialisasi Atasan ke dua newcomer attitudes yakni, Occupational Identification dan Person-organization Fit, namun tidak halnya ke Job Satisfaction.

ABSTRACT:
The purpose of this research is to examine the role of leader-member exchange (LMX) as a mediator of supervisory socialization tactics and newcomer attitudes. By using purposive sampling technique, this research was conducted in Bank XYZ with 107 respondents who are newcomers. Data analysis used Structural Equation Model (SEM) technique with Partial Least Square (PLS) method. This research found that newcomer perception of LMX mediates the relationship between supervisory socialization tactics and two newcomer attitudes, which are Occupational Identification and Person-organization Fit. The mediating role does not apply to another newcomer attitude, Job Satisfaction. "
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>