Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratu Devi
Abstrak :
PT.X is a company which business is packaging sugar, salt, creamer, toothpicks, etc into a mini sachet for hotels and restaurants all over Indonesia. At PT.X, there was no inventory of finish goods dedicated to a customer who has his own brand. Production starts only if there is an order which has already come suddenly. This is all because customers are not willing to give PT.X a schedule of ordering every month and there was no command hom management of PT.X to make a sum of inventory of finished goods so that production line does not want to take the risk if the inventory of tinished goods (which has created by own initiative) is not ordered by the customer. Therefore, when a lot of orders come suddenly in the same time for instance on fasting month, production line will chaos and can not deliver order on time. Concerning this situation, the writer gives an advice to make an inventory planning, a plan of producing a sum of inventory of tinished goods every month by using idle times. This inventory planning is dedicated to anticipate a situation when a lot of orders come suddenly in the same time and can not be fulfilled fully in a limit time of 2 days as promised by order receiver of PT.X, After having a discussion with the owner of PT.X, inventory planning will only dedicated to top 50 customers who gave a big profit for PT.X in the year 2003. This inventory will be useful when a lot of orders come suddenly in the same time and ca.n not be tiiltillcd fully in a limit time. The writer also designs a database to ease some activities at PT.X like cross checking, inputting order, evaluating the comparison between demand and capacity and searching a data of worker who did an order when a customer complain.
PT. X adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan produk-produk antara lain gula, garam, tusuk gigi, merica dan lain lain dalarn bentuk kmasan mini (sooner) yang biasa digunakan di restoran atau hotel dan memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada PT.X tidak pcmah ada invenrmy (persediaan) barang jadi untuk pelanggan tertentu (yang mempunyai logo kemasan sendiri), produksi baru benar-benar dilakukan sctelah pesanan datang Secara mendadak. Hal ini selain disebabkan karena para pclanggan tidak mau mcmbuat jadwal permintaan bulanan (supaya bisa dibuat stock) juga dikarenakan pihak manajemen PT.X tidak pernah memberikan perintah untuk rnembuat inventory barang jadi untuk pelanggan (yang mempunyai logo sendiri) pada saat mesin sedang idle sehingga bagian produksi PT.X tidak mau menanggung rcsiko dimana inventory yang telah dibuat (dengan inisiatif sendiri) tcmyata Lidak dipesan oleh pelanggan yang bersangkutan. Sehingga pada saat permintaan sedang merlumpuk dalam Waktu yang bersamaan terutama pada blllan puasa, PT.X akan kcsulitan dalam mcngirimkan barang sccara tepat waktu scsuai tanggal yang telah dijanjikan bagian penerima order. Oleh karena itu, penulis mengusulkan untuk membuat inventory planning yaitu program perencanaan persediaan pada masing-masing bulan dengan cara memanfaatkan waktu idle mesin pada saat order sedang Stidikit. Inventofy planning ini ditujukan untuk mengantisipasi jumlah pem1inIaan yang memuncak dan datang bersamaan secara mendadak pada suatu hari di suatu bulan dan tidak bisa dipennhi dalam batas waktu 2 hari ke1ja seperti yang telah dijanjikan bagian penerima order. Scsuai kesepakatan dengan pihak PT.X, inventory planning hanya ditujukan untuk 50 pelanggan teratas yang tclah memberikan profit terbesar untuk PT.X. Jika invenroiy planning ini dijalankan maka di awal setiap bulan akan tersedia persediaan barang jadi untuk 50 pelanggan teratas yang diharapkan dapat rnengurangi beban produksi di bulan yang bersanglcutan saat terjadi permintaan yang menumpuk dan datang bersamaan sccara mendadak- Selain itu, pcnulis juga merancang database untuk PT.X yang bisa mempermudah aktivitas-aktivitas yang dijalankan pada PT.X antara lain cross checking, input order, evaluasi perbandingan antara kapasitagdengan pcrmintaan clan pencarian data pekexja pesanan pclanggan saat pelanggan komplain.
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S50033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Battersby, Albert
Jakarta: Erlangga, 1976
658.787 BAT gt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Sirman
1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Jusuf
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1977
S16401
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Nur Ilmi
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP WTR atas provisi persediaan yang ditetapkan PT DNI. PT DNI merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi ban motor. Prosedur audit dilakukan berdasarkan DEF Audit Guide yang telah diselaraskan dengan ISA. Selama proses audit berlangsung, auditor menilai kesesuaian kebijakan PT DNI atas provisi persediaan dengan PSAK 14 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hasil audit, secara keseluruhan kebijakan yang ditetapkan oleh PT DNI dalam menetapkan provisi persediaan telah tepat dan sesuai dengan PSAK 14, serta provisi persediaan telah disajikan secara wajar atas seluruh hal yang bersifat material. ......This report aims to discuss the audit procedures of provision for inventory of the PT DNI. PT DNI is a company that manufactures motorcycle tires. The audit process is implemented based on DEF Audit Guide which is approriate with ISA standard. During the performances of audit, the auditor assessed the accounting policy conformity of provision for inventory with PSAK 14 as the applicable accounting standard in Indonesia. The results of the audit showed that the policy formed by PT DNI in determining the provision of inventory is appropriate and in accordance with PSAK 1, and this account is declared as reasonably presented in all material respects.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarto
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juanita Nataadmadja
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang peranan Notaris dalam pembuatan Akta Jaminan Fidusia atas Persediaan Barang. Pembahasan tersebut meliputi perlindungan hukum yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia terhadap Kreditur selaku Penerima Fidusia dalam Akta Jaminan Fidusia serta kedudukan Jaminan Fidusia atas Persediaan Barang dalam suatu Perjanjian Kredit. Pokok permasalahan dalam penelitian ini dijawab dengan menggunakan metode penelitian Eksplanatoris Normatif dengan Analisa Kualitatif dengan cara mempelajari data-data sekunder yang relevan dengan pembahasan penelitian ini. Hasil penelitian menyarankan bahwa walaupun Jaminan Fidusia merupakan Lembaga Jaminan yang memiliki kekuatan yuridis dan eksekusi yang sama dengan Hak Tanggungan, namun Jaminan Fidusia atas Persediaan Barang tidak dapat dijadikan sebagai Jaminan Utama/Primer dalam suatu Perjanjian Kredit
ABSTRACT
This thesis discuss on the Notary role on making Fiduciary Deed on Inventory. Discussion shall surface on the legal protection given by the enforced law in Indonesia to the Creditor as the Fiduciary Recipient in the Fiduciary Deed and also the position of Fiduciary Deed on Inventory on a Credit Agreement. This research is using Normative Explanatory research method with Qualitative Analysis done by studying secondary data which supports the discussion. Given arguments and reasons, the researcher concludes and suggests that Fiduciary Deed on Inventories shall not be made as the primary collateral on a Credit Agreement given by the fact Inventories have certain characteristics which may escalate the collateral risk however Fiduciary Deed has the same juridical and execution force as Security Right on land.
2016
T46549
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucia Rizka Andalusia
Abstrak :
Upaya untuk melakukan efisiensi harus dilakukan oleh setiap rumah sakit saat ini. Efisensi dapat diperoleh jifca dilakukan pengelolaaii sumber daya yang ada secara tepat. Salah satu sumber daya yang harus dikelola dengan baik adalah perbekalan farmasi, karena menggunakan anggaran rumah sakit yang besar. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya jumlah persediaan yang tinggi digudang farmasi jika dibandingkan dengan rata-rata pemakaian perbulan, serta adanya tingkat pelayanan yang belum optimum. Hal tersebut disebabkan karena perencanaan pengadaan yang tidak tepat. Selain masalah tersebut juga terdapat barang-barang yang non moving di gudang dalam jumlah yang besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi barang farmasi dan alat kesehatan habis pakai berdasarkan tingkat pemakaian, nilai investasi dan tingkat kekritisannya. Kemudian dicari pula suatu model perencanaan pengadaan dan pengendalian persediaan dengan menggunakan barang - barang kelompok A dalam Analtsis ABC Indeks Kritis. Untuk memperoleh model dilakukan penyusunan indeks harga dan indeks pemakaian dengan periode waktu bulanan dan tiga bulanan. Kemudian dilakukan uji dengan kondisi yang ada dan dibandingkan antara kedua periode waktu, mana yang paling mendekati dengan kenyataan yang ada. Nilai yang paling mendekati diptlih sebagai model perencanaan pengadaan. Kepustakaan : 13 ( 1982 - 1996 )
Analysis of Consumable Pharmaceutical and health Appliance for Planning and Controlling at National Cancer Center Hospital "Dharmais" Every hospital has to exercise efficient of its resources. This should be achieved through good and accurate resources management practices. Two of the most important resources in hospital are pharmaceuticals and health appliences, which consumes a big proportion of hospital budget. Problem in this research is the large amount of stock in pharmacy warehouse comparing to the monthly use, and less optimum service rate. Preliminary finding show it could happen due to inefficient stock planning and management. In addition, there are large number of non moving item stock in warehouse. The objective of this research is to identify item pharmaceutical item and consumable health appliance according to the degree of usage, investment value, and its critical index.This research is also intend to develop a model of stock planning and controlling of the A catagory of pharmaceuticals and health appliances in analysis ABC Critical Index. The model uses both of price index and usage index of all A catagory items, either in monthly or quarterly period. The approach of choice was selected by comparing the resultto the existing condition and the average usage rate which the last 9 months.
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Doddy Rizky
Abstrak :
Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang. ......Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Gunadi
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini menguji pengaruh manajemen modal kerja melalui cash conversion cycle dan komponenenya (hari piutang dagang, hari persediaan barang, dan hari hutang dagang) terhadap profitabilitas hasil operasi perusahaan. Penelitian menggunakan regresi berganda data panel dengan metode random effect dengan sampel 129 perusahaan yang ada pada sektor industri manufaktur di Bursa Efek Indonesia dengan data tahun 2008-2011. Digunakan juga variabel kontrol pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, tingkat hutang, dan likuiditas perusahaan untuk dilihat pengaruhnya pada profitabilitas. Hasil penelitian menujukan bahwa cash conversion cycle tidak secara langsung mempengaruhi profitabilitas melainkan melalui hari piutang dagang, variabel kontrol yang mempengaruhi profitabilitas adalah ukuran perusahaan dan tingkat hutang perusahaan. Penelitian ini juga melakukan regresi pada 3 sub-sektor yang ada pada sektor industri manufaktur yang menunjukan bahwa profitabilitas tidak dipengaruhi langsung cash conversion cycle. Pada sub-sektor aneka industri profitabilitas dipengaruhi oleh hari piutang dagang dan hari persediaan barang, sedangkan pada sub-sektor barang konsumsi profitabilitas dipengaruhi oleh hari piutang dagang dan dari hutang dagang. Variabel kontrol yang mempengaruhi profitabilitas pada ke 3 sub-sektor tidak sama persis dengan sektor industri manufaktur, namun beragam.
ABSTRAK This study examined the effect of working capital management on profitability from operating activities through cash conversion cycle and its compnent days of accounts receivable days of nventory and days of accounts payable This study used panel data regression with random effects method used sample of 129 firms that exist in the manufacturing sector in Indonesia Stock Exchange over the 2008 2011 period This study used sales growth firm size debt level and liquidity as control variable see its effect on profitability The results addressing the cash conversion cycle that does not directly affect profitability but through the days of accounts receivables the control variables that affect the profitability of the company and is firm size and levelof corporate debt This study also perform regression on 3 sub sectors that exist in the manufacturing sub sector the regression shows that profitability is not affected directly by cash conversion cycle In the various industry sub sector profitability is affected by the days of accounts receivable and days of inventory while in the consumer goods sub sector profitability is affected by days of accounts receivable and days of accounts payable Control variables that affect profitability in the 3 subsector is not exactly the same with the manufacturing sector however diverse.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library