Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Josephine Pinta Ruth Nevelyn
"Tesis ini bertujuan untuk mengeksplor bagaimana toilet dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam konteks wisata alam nature based tourism di Indonesia. Berbagai penelitian menyatakan pentingnya fasilitas sebagai faktor yang dipertimbangkan dalam pariwisata, namun belum banyak yang secara khusus membahas toilet sebagai bagian dari fasilitas tersebut dari perspektif wisatawan serta bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku wisatawan. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini melalui FGD dan wawancara, serta dilakukan juga observasi dalam pemilihan sampel penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari berbagai faktor, usia wisatawan dan ekspektasi terhadap destinasi wisata menjadi faktor terpenting dalam menentukan pentingnya toilet di destinasi wisata alam. Kemudian, pengalaman buruk terhadap toilet, terutama yang menyebabkan penyakit, dapat menjadi trauma yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi ulang dan merekomendasikan suatu destinasi wisata. Secara keseluruhan, toilet memiliki peranan penting dalam mempengaruhi perilaku dan pengambilan keputusan wisatawan dalam konteks wisata alam, khususnya bagi wisatawan yang mementingkan segi kenyamanan dan kesehatan.
This thesis aims to explore the importance of toilet in decision making from the tourists' perspectives in the context of nature-based tourism in Indonesia. Various studies suggest that facilities are important to consider in tourism development. However, prior research is still limited specifically discussing the toilet as part of the facilities that would affect the tourists' behavior in tourism, which includes the decision making section. The research was conducted qualitatively by FGD and in-depth interviews with several participants that were selected by purposive sampling method. The results of research indicate that among several factors, age of tourists and expectation of the tourism destinations are the top factors affecting the consideration of toilet as that important in nature-based tourism. The research also indicates that the existence of toilets can also affect tourist behavior in exploring or enjoying the nature-based tourism. Moreover, experiences related to toilet as a source of disease for tourist is significantly affecting the tourism decision. In conclusion, toilet has been a significant consideration for certain tourists in making decisions, especially for tourists which is highly concern with comfort and health. In addition, toilet has a significant role in decision making for several tourists in executing a tourism decision, either for a first visit, how to behave during the tour, revisit, and even to recommend a tourism destination."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Candrika Sagitasari
"Sebagai salah satu sektor yang paling berkontribusi dalam Produk Domestik Bruto PDB Indonesia setelah minyak dan gas, pertambangan dan batu bara, dan minyak kelapa sawit, pariwisata telah menjadi salah satu sektor yang sedang diberikan perhatian lebih. Namum, untuk meraih titik tertinggi dalam kinerja sektor pariwisata, pemerintahan Indonesia masih harus banyak melakukan beberapa hal. Sebelum menarik wisatawan mancanegara, ada baiknya untuk fokus terlebih dahulu kepada wisatawan domestik. Bandung sebagai salah satu kota yang telah memiliki kinerja yang baik, dalam riset ini, Bandung akan dianalisa berdasarkan Kepribadian Tempat Tujuan, Citra Afektif, Kualitas Tempat Tujuan, Citra Keseluhuran, Intensi untuk Menyarankan, dan Intensi untuk Mengunjungi Kembali dengan tujuan untuk dapat membuat strategi pemasaran yang paling baik untuk Kota Bandung untuk menarik wisatawan.
As the fourth biggest sector of contributor to Indonesia's Gross Domestic Product GDP after oil and gas, mining and coal, and palm oil, tourism has becoming one of the sector that Indonesian Government put more concern to. However, to reach the peakiest point of the tourism's performance, Indonesian Government still have to do a lot of things. Prior attracting foreign tourists, it is recommended to focus on the domestic tourist. Bandung as one of Indonesia's city that has been performing excellency, on this research Bandung will be analyzed based on Destination Personality, Affective Image, Destination Quality, Overall Image, Intention to Recommend, and Intention to Revisit in order to be able to make the best marketing strategy for Bandung to attract more tourists."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67215
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Elrika Dwimarsya Christina
"Skripsi ini membahas dan menganalisis tentang pengaruh electronic word-of-mouth terhadap intensi wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, dengan menerapkan Theory of Planned Behavior yaitu dengan mempertimbangkan attitude, subjective norms serta perceived behavioral control. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah membaca online review seputar Labuan Bajo namun belum pernah berkunjung ke daerah tersebut sebelumnya. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intention untuk berkunjung ke Labuan Bajo, namun berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norms serta perceived behavioral control yang berperan sebagai variabel mediasi.
This study discusses and analyzes the effect of electronic word of mouth on tourist intention to travel to Labuan Bajo and applying the Theory of Planned Behavior by considering attitude, subjective norms and perceived behavioral control. The sample of this research is tourists who have read online review about Labuan Bajo but have never visited the place before. The data were processed using Structural Equation Modeling method. The result of the research shows that electronic word of mouth does not significantly influence tourist intention to visit Labuan Bajo, but it has significant effect on attitude, subjective norms and perceived behavioral control that acts as mediation variable."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library