Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Uweisha Eraz Puteri
"Bunuh diri termasuk penyebab kematian ketiga pada remaja usia 10 hingga 19 tahun. Pada tahun 2016, angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia diestimasikan sebesar 3,4 per 100.000 penduduk. Kematian akibat bunuh diri adalah sebuah fenomena gunung es, dimana besarnya masalah akan terlihat lebih jelas jika perilaku bunuh diri dimasukkan dalam perhitungan. Salah satu faktor utama perilaku bunuh diri remaja usia sekolah adalah bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara bullying dengan perilaku bunuh diri ada pelajar SMP dan SMA di Indonesia setelah dikontrol oleh variabel confounding. Desain studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder Global School Based Health Survey Indonesia 2015. Sampel penelitian ini adalah pelajar SMP dan SMA yang berusia 12-17 tahun (n = 8733). Analisis yang digunakan adalah analiss univariat, bivariat dan multivariabel dengan level kepercayaan 95%. Hasil analisis multivariabel dengan regresi logistik berganda, menunjukkan rasio odds terjadinya perilaku bunuh diri pada pelajar SMP dan SMA di Indonesia yang pernah mengalami bullying dibandingkan dengan pelajar yang tidak pernah mengalami bullying adalah 2,27 (95% CI: 1,92-3,53). Selain itu, hasil analisis multivariabel juga mununjukan adanya variabel interaksi (variabel moderator/effect modifier) yaitu perilaku berkelahi dan kekerasan seksual. Strategi pencegahan bullying dan perilaku bunuh diri berbasis sekolah sangat diperlukan untuk mengurangi risiko perilaku bunuh diri pada pelajar.

Suicide is the third leading cause of death in adolescents aged 10 to 19 years old. In 2016, the death rate due to suicide in Indonesia was estimated at 3.4 per 100,000 population. Complete suicide is an iceberg phenomenon, where the problem will be seen more clearly if suicidal behavior was involved. One of the main factors that could intensify suicidal behavior risk among high school students is bullying. This study examined the association between bullying and suicide among high school student in Indonesia after adjusting for confounder variables. It was a secondary analysis of Global School Based Health Survey Indonesia 2015 which used cross sectional study design. Univariate, bivariate, and multivariable analyses were performed at 95% confidence level. Multivariable regression logistic model showed that students who had been bullied had 2.27 times greater odds of having suicidal behavior compared to students who had never experienced bullying (OR: 2,27; 95% CI: 1,92-3,53). Besides, we indicated that physical fighting, and sexual abuse as effect modifiers (moderator or interaction variables) that affect the association between bullying and suicidal behavior. School-based bullying and suicidal behavior prevention strategies are needed to reduce the risk of suicidal behavior among students."
Depok: Fakultas Kesehatan masyarkat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrian Nur Pamungkas
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku bunuh diri yang terdapat dalam film Koe no Katachi (2016) karya Yamada Naoko. Penulis menggunakan teori interpersonal bunuh diri Joiner dalam Van Orden (2010) dan Three-Step Theory of Suicide Klonsky dan May (2015) untuk menganalisis perilaku bunuh diri dalam film Koe no Katachi dengan metode mise en scene Monaco (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bunuh diri yang digambarkan oleh film Koe no Katachi berupa pemikiran bunuh diri sebanyak empat kali (aktif dan pasif) dan percobaan bunuh diri yang digagalkan sebanyak satu kali. Selain itu, film ini tidak menampilkan pengetahuan bunuh diri yang dapat memicu fenomena suicide copycat. Film Koe no Katachi dapat dilihat sebagai refleksi situasi masyarakat Jepang dengan terus meningkatnya kasus bunuh diri remaja akibat perundungan. Peran orang-orang terdekat dari individu yang memiliki perilaku bunuh diri digambarkan menjadi solusi paling efektif dalam pencegahan bunuh diri. Sementara itu, partisipasi pihak-pihak seperti, pemerintah, sekolah, dan komunitas masyarakat yang seharusnya aktif dalam penanganan masalah ini terlihat minim. Oleh karena itu, film ini dapat dilihat sebagai kritik sosial kurangnya kepedulian institusi formal seperti sekolah dan negara terhadap perilaku bunuh diri dan perundungan remaja.

This study aims to analyze the suicidal behavior contained in the film Koe no Katachi (2016) by Yamada Naoko. The author uses Joiner's interpersonal theory of suicide in Van Orden (2010) and Klonsky and May's Three-Step Theory of Suicide (2015) to analyze suicidal behavior in Koe no Katachi film with Monaco’s (2000) mise en scene method. The results showed that the suicidal behavior described in Koe no Katachi consists of four suicidal thoughts (active and passive) and one failed suicide attempt. In addition, this film does not feature any suicide knowledge which can trigger the phenomenon of copycat suicide. Koe no Katachi can be seen as a reflection of current Japanese society, in which the number of adolescent suicides is increasing due to act of bullying. People who are closest to the suicidal individuals are described to be having a major role and are most effective in preventing the act of suicide. Meanwhile, participation of parties such as the government, schools, and communities in dealing with this matter are considered to be minimal. Therefore, this film can be seen as a social critique of formal institutions such as schools and the state due to their ignorance towards adolescent suicidal behavior and bullying."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library