Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ariefian Ghany Putra
"Dengan adanya pandemi covid-19 yang melumpuhkan situasi ekonomi global, setiap tenaga kerja dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi baru. Terutama bagi Remote Workers di Indonesia yang rentan akan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Untuk dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut, tenaga kerja akan berusaha dalam mempersiapkan karir mereka dengan menentukan perencanaan karir yang sesuai bagi dirinya. Pada situasi ini, dibutuhkan kerja sama antara perusahaan dan Remote Workers yang bersangkutan guna menentukan pilihan strategi perencanaan karir yang tepat. Untuk memahami situasi tersebut, dilakukan kajian dengan tujuan untuk menganalisis strategi perencanaan karir yang telah diterapkan perusahaan dan juga kendala yang terjadi atas strategi tersebut. Pada penelitian ini akan menggunakan studi literatur sebagai sumber analisis dengan melibatkan dua hasil wawancara berkaitan dengan pengalaman perencanaan karir di perusahaan Flip dan Bibit. Hasil dari kajian literatur ini menunjukan bahwa strategi yang menjadi kunci utama dalam perencanaan karir di perusahaan adalah kebebasan dengan tanggung jawab, sedangkan masalah paling umum saat menerapkan strategi adalah ketidakjelasan tentang perencanaan karir yang dibuat perusahaan bersama dengan Remote Workers.

With the presence of the COVID-19 pandemic that has crippled the global economic situation, every workforce is required to adapt to new environments and conditions. This is particularly challenging for remote workers in Indonesia who are susceptible to Termination of Employment. To navigate these circumstances, employees strive to prepare their careers by formulating appropriate career plans. In this context, collaboration between companies and the respective remote workers is essential to determine the right career planning strategy. To comprehend this situation, a study is conducted with the aim of analyzing the career planning strategies implemented by companies and the challenges associated with these strategies. This research utilizes literature review as an analytical source and involves two interview results related to career planning experiences at Flip and Bibit companies. The findings from this literature review indicate that the key strategy in career planning at these companies is a balance between freedom and responsibility, while the most common issue in implementing strategies is the uncertainty surrounding the career planning established by the company in collaboration with remote workers."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas ndonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahid Rasyidi Rachman
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan yang sering terjadi pada setiap perusahaan, khususnya pada perusahaan yang memiliki perencanaan karir untuk memfasilitasi karyawannya agar tetap bertahan, berkembang dan mengalami kemajuan. Dengan fokus permasalahan: bagaimana persepsi karyawan Terhadap perencanaan karir sumber daya manusia pada kantor pusat PT. Granton Marketing di jakarta. Dari rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi berdasarkan fakta dan data yang valid. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdengan desain deskriptif. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling yang berjumlah sebanyak 40 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 18 pernyataan dan. Teknik analisis data menggunakan Analisis univariat yaitu distribusi frekuensi dan hasil jawaban dari kuestioner dilakukan menggunakan skala Likert.
Data penelitian ini diambil dari dua sumber yaitu data primer, data yang diperoleh secara langsung dari responden sebagai sumber data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara di lokasi penelitian, kedua yaitu data sekunder, yaitu data pendukung atau pelengkap data primer yang diperoleh dari dokumen atau literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan pada teori Ivancevich bahwa hasil penelitian ini adalah perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap perencanaan karir di perusahaan berupa pelayanan informasi, konseling, mentoring, penilaian kerja dan pelatihan agar mampu menyesuaikan perencanaan karir individu dengan rencana karir yang ada di organisasi.
This research was formed the background by the existence of the reality that often happened to each company, especially to the company that had career planning to facilitate his employee in order to continue to remain, develop and experience the progress. With the focus of the problem: how the perception of the employee towards planning of the human resources career to the PT. Granton Marketing head office in Jakarta. From the formulation of the problem above, then this research aimed at getting information was based on the fact and the valid data. This research was the research kuantitatifdengan the descriptive design. The pulling of the sample was carried out by using the total sampling that was numbering totalling 40 respondents. The instrument of the research used the questionnaire that contained 18 statements and. Technically the analysis of the data used the Analysis univariat that is the distribution of the frequency and results of the answer of kuestioner was carried out used the Likert scale.
This research data was taken from two sources that is the primary data, the data that was received directly from the respondent as the source of the data through the spreading of the questionnaire and the interview in the location of the research, the two that is the secondary data, that is the supporting data or primary data accessories that were received from the document or literature that was connected with this research. Be based on in the Ivancevich theory that results of this research of being the company must carry out the evaluation towards career planning in the company took the form of the information service, counselling, mentoring, the assessment of the work and the training in order to be able to adapt planning of the individual career to the available career plan in the organization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianti Hadena
"Tugas akhir ini dilaksanakan pada Divisi Sales Marketing PT. EPM, yang merupakan distributor dari alat kesehatan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, diskusi, serta studi literatur. PT. EPM memiliki visi untuk menjadi distributor terdepan dalam memberikan kepuasan pelanggan dengan bersandar pada sumber daya manusia serta menggunakan kemajuan teknologi. Di bidang teknologi, PT. EPM telah berhasil mewujudkan visinya, namun untuk sumber daya manusia, PT. EPM mengalami hambatan karena tingginya turn over pada divisi ini.
Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa 45% karyawan mengalami ketidakjelasan karir sehingga memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain. Begitu pula dengan para karyawan yang memiliki concern utama terhadap karir, gaji, dan lain-lain (aturan promosi, training). Oleh karena itu, alternatif pemecahan masalah bagi divisi PT. EPM adalah dengan membuat perencanaan karir berbasis kompetensi, pengintegrasian HR System, review terhadap sistem penggajian, serta membuat employee communication program. Penulis memberikan rekomendasi pemecahan masalah berupa perencanaan karir berbasis kompetensi karena merupakan dasar bagi perubahan struktur gaji dan dapat segera dimulai sehingga dalam waktu satu semester sudah dapat dirasakan hasilnya.
Untuk membuat sistem perencanaan karir, pertama kali menentukan jabatan feeder maupun jabatan sasaran. Oleh karena itu, diadakan evaluasi terhadap jabatan yang saat ini ada untuk melihat kemungkinan membuat slot bagi jabatan baru. PT. EPM tetap menginginkan tidak adanya perubahan struktur organisasi, oleh karenanya dibuat sistem jenjang karir secara fungsional dan struktural. Langkah selanjutnya adalah membuat model kompetensi bagi setiap jabatan divisi ini sehingga didapatkan proficiency table bagi masing-masing jabatan. Selanjutnya, dilakukan assessment bagi kandidat dari tiap jabatan sehingga dapat diketahui apa yang masih harus dikembangkan, berapa lama waktu yang direncanakan bagi promosi, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan akses tiap orang serta memudahkan mencari data, maka hasil tersebut dipetakan dalam Human Resources Information System, yang kemudian diperjelas dengan career path agar dapat memudahkan melihat ke arah mana pengembangan karyawan yang paling memungkinkan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Oetari Poernamasasi
"Tesis ini membahas Perencanaan dan Pengembangan Karir Anggota Polri yang ditugaskan di Kementrian dan Lembaga Negara. Permasalahan perencanaan karir individu dan organisasi sertapengembangan karir menjadi fokus peneliti. Metode penelitian kualitatif dengan hasil bahwa anggota Polri telah membuat perencanaan karir untuk kembali ke Polri dengan alasan ingin mensinergikan pengalaman bertugas diluar struktur untuk kemajuan Polri, namun belum sinergis dengan perencanaan karir Polri dan adanya desain pengembangan karir anggota Polri guna menunjang pelaksanaan tugas. Kesimpulan: belum ada sistem perencanaan karir yang terintegrasi bagi anggota yang ditugaskan di luar struktur dengan perencanaan karir di Polri, sehingga berdampak pada pengembangan karir anggota.

The focus of this study is the career planning and development of the Police Officer on Special duties at Government Institutions. The problems are the individual and organization career planning and career development. This is qualitative research. The result are the officers as informan have designed career planning to return back to Police Institution because they will develop Police institution by their capability during at Government Institution. However it is not matched with organizational (Police) career planning. There is career development program. The conclution : no integrated career planning system that manage the officer who posted at government institutions and at Police that will effect to police career development.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45184
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Nuraeni
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi kegiatan pelatihan pada Program Menuju Puncak Manfaat berbasis daring sebagai Program Pendidikan Pengembangan Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pelatihan pada Program Menuju Puncak Manfaat serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan ruang lingkup yang difokuskan pada outcomes kegiatan serta menggunakan teknik studi literatur dan wawancara mendalam yang dilakukan secara daring pada tahun 2021. Penelitian ini melibatkan 8 orang informan yang merupakan pihak pelaksana program dan peserta kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas yang dilaksanakan dalam kegiatan pelatihan pelatihan perencanaan karir dalam Program Menuju Puncak Manfaat telah berhasil memenuhi luaran jangka pendek di mana peningkatan pengetahuan seputar tahapan-tahapan dalam perencanaan karir terjadi pada peserta kegiatan. Ketercapaian luaran dari kegiatan pelatihan ini tidak lepas dari beberapa catatan rekomendasi untuk peningkatan beberapa aspek dalam pelaksanaannya seperti pembuatan Standar Operasional Pelaksanaan, penambahan sumber daya manusia, dan platform pembelajaran yang terintegrasi. Faktor pendukung yang mempengaruhi pencapaian tujuan kegiatan ini adalah kesadaran peserta membuat perencanaan yang lebih baik dan mengikuti kegiatan yang bermanfaat, kebijakan Rumah Kepemimpinan yang mewajibkan peserta untuk mengikuti program, lingkungan yang suportif, dan kemudahan media yang digunakan. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu demotivasi peserta, preferensi peserta pada kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka, kesibukan peserta, durasi program yang terlalu cepat, dan lemahnya sistem pemantauan kehadiran dan pemantauan pengerjaan tugas.

This thesis discusses the evaluation of training activities in the online-based Program Menuju Puncak Manfaat as a Leadership Development Education Program carried out by the Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta. This study aims to describe the implementation of training activities in the Program Menuju Puncak Manfaat and to find out the supporting and inhibiting factors for the implementation of the activities. This type of research is an evaluation research with a qualitative approach and scope that is focused on the outcomes and uses literature study techniques and in-depth interviews conducted online in 2021. This study involved 8 informants who were program implementers and participants. The results of this study indicate that the activities carried out in the career planning training training activities in the Program Menuju Puncak Manfaat have succeeded in meeting short-term outcomes where increased knowledge about the stages in career planning occurs in the participants. The achievement of the outputs of this training activity cannot be separated from several recommendations in order to improve several aspects of its implementation, such as the preparation of Implementation Operational Standards, the addition of human resources, and an integrated learning platform. Supporting factors that influence the achievement of the objectives of this activity are the awareness of participants to make better plans and participate in useful activities, the Rumah Kepemimpinan’s policy that requires participants to participate in the program, a supportive environment, and the ease of use of media. Meanwhile, the inhibiting factors are participants’ demotivation, participants’ preference for activities carried out face-to-face, participants' bustle, program duration that is too fast, and weak attendance monitoring and task monitoring systems."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadi Mubarok
"Tingginya tingkat intense pekerja yang keluar dari Perusahaan (Intention to leave) dapat menyebabkan kerugian kepada Perusahaan karena mengganggu kelancaran operasi perusahaan, dan meningkatkan biaya untuk mencari pengganti pekerja yang keluar. Oleh karena itu penulis merasa penting untuk mencari tahu penyebab yang paling dominan yang menyebabkan intention to leave. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data primer dengan penyebaran kuesionerkepada para pegawaidari level kepaladivisihingga staff di kantorpusat PT ABC yang merupakan pekerja kunci Perusahaan. Daftar pertanyaan mencakup konstruk POS, Career Development, Performance Management, dan intense untuk keluar.
Berdasarkan hasil analisis statistik, Pengaruhnya negatif (b = 0.448) menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan organisasi akan semakin rendah intensi untuk keluar, dan semakin rendah dukungan organisasi semakin tinggi intensi untuk keluar, maka intervensi akan ditekankan pada perbaikan POS pekerja agar menurunkan ITL. Untuk memperbaiki POS perlu dilakukan intervensi terhadap pekerjaan karyawan, karena pekerja menganggap pekerjaan mereka kurang berkembang. Hal ini merupakan indikasi dari kurangnya dukungan organisasi.
Oleh karena itu, usulan program intervensi ini difokuskan pada perbaikan POS melalui: (1) program pengembangan program pelatihan untuk karyawan baik yang bersifat pelatihan kemampuan-kemampuan dasar, maupun pelatihan yang disiapkan untuk pekerjaan mereka selanjutnya; (2) Pengembangan Career Path yang terkstruktur serta pengomunikasiannnya kepada karyawan; (3) membuat program Manager as Idea Generator.

The high degree of intention workers out of the Company (Intention to leave) may cause harm to the Company for disrupting companyoperation , and increase costs for a successor to outgoing workers. Therefore, the authors felt it was important to find out the cause of the most dominant intention to leave. This study was conducted using a quantitative method based on primary data by distributing questionnaires to employees of the division chief level to staff at the head office of PT ABC which is the Company's key employees. The list of questions includes constructs POS, Career Development, Performance Management, and intention to quit.
Based on the results of statistical analysis, influence is negative (b = 0448) showed that the higher the support organization will lower the intention to exit, and the lower the higher the organizational support of the intention to exit, then the intervention will focus on improving POS workers to be lowered ITL. POS needs to be done to improve employee job terhada intervention, because the workers consider their jobs less developed. This is an indication of a lack of organizational support.
Therefore, the proposal of this intervention program focused on improving POS through: (1) development of training programs for employees of both basic skills training, and training prepared for their next job; (2) Development Career Path terkstruktur and pengomunikasiannnya to employees; (3) make the program as Idea Generator Manager.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library