Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizky Haekal Eslam Rananda
"Kecemasan adalah suatu kondisi ketika tubuh mengalami ketakutan, atau perasaan yang memburuk yang akan ditanggapi oleh tubuh untuk mengantisipasi suatu ancaman. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kecemasan. Oleh karena itu, dapat dialami oleh siapa saja kapan saja, terutama dalam situasi yang penuh tekanan seperti pandemi yang telah menyebabkan perubahan besar dalam interaksi sosial dan bahkan menyulitkan orang untuk bekerja, membuat banyak dari mereka kesulitan tinggal di rumah tanpa atau sedikit uang. Tipe orang ini mudah diserang oleh perasaan cemas. Namun kecemasan itu tidak pandang bulu, sehingga pekerja juga bisa mengalaminya, termasuk para pengemudi ojek online. Faktor-faktor karakteristik seperti jenis kelamin, status pernikahan, pengalaman kerja, pendidikan terakhir, durasi kerja, dan status ekonomi mempengaruhi perasaan cemas pada pengemudi ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik dan kecemasan pengemudi ojek online selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan metode cross-sectional dengan pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 107 responden pengemudi ojek online di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan Hamilton Anxiety Rating Scale Versi Indonesia (r = 0,944) yang diuji menggunakan analisis bivariat korelasi Pearson. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan p-value (signifikansi) usia dan kecemasan p = 0,008; jenis kelamin dan kecemasan p = 0,008; status pernikahan dan kecemasan p = 0,273; tingkat pendidikan dan kecemasan p = 0,292; pengalaman bekerja dan kecemasan p = 0,015; durasi kerja dan kecemasan p = 0,174; dan status ekonomi dan kecemasan p = 0,149. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara karakteristik usia, jenis kelamin, dan pengalaman bekerja terhadap kecemasan. Hasil penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelayanan kesehatan psikososial yang masih belum menjadi perhatian bagi pekerja sektor informal khususnya pengemudi ojek online.

Anxiety is a condition when the body experiences fear, or worsening feelings that the body will respond to in anticipation of a threat. There are many factors that can cause anxiety. Therefore, it can be experienced by anyone at anytime, especially in a stressful situation such as pandemic that have caused massive changes in social interaction and even made it hard for people to work, leaving lots of them desperately stay at home with no or little money. These type of people are easily attacked by the feeling of anxiety. However, anxiety is indiscriminate, so worker can also experience it, including the ojek online drivers. Characteristics factors, such as genders, marital status, work experiences, and the latest education, work duration, and economic status are influenced the feeling of anxiety in online ojek drivers. This study aims to determine the relationship between characteristics and anxiety of online ojek drivers during the COVID-19 pandemic. This study uses a descriptive design with a cross-sectional method with data collection using a purposive sampling technique totaling 107 respondents of online ojek drivers in Depok City. This study used the Hamilton Anxiety Rating Scale Indonesian Version (r = 0.944) which was tested using a bivariate analysis of Pearson correlation. The results of the Pearson correlation test showed the p-value (significance) of age and anxiety p = 0.008; gender and anxiety p = 0.008; marital status and anxiety p = 0.273; level of education and anxiety p = 0.292; work experience and anxiety p = 0.015; work duration and anxiety p = 0.174; and economic status and anxiety p = 0.149. The conclusion obtained is that there is a relationship between the characteristics of age, gender, and work experience on anxiety. The results of this study recommend improving psychosocial health services which are still not a concern for informal sector workers, especially online ojek drivers. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Ratna Julia
"Penelitian ini membahas analisis risiko keselamatan pengemudi ojek online layanan jemput antar penumpang di Jalan Margonda Raya, Kota Depok tahun 2019. Peningkatan jumlah pengemudi ojek online diiringi dengan pentingnya isu keselamatan. Jalan Margonda Raya merupakan jalan dengan titik kecelakaan tertinggi di Kota Depok pada semester pertama tahun 2018 (Kanit Laka Lantas Polresta Depok Iptu Djoko Irwanto dalam Arifin, 2018). Penelitian ini mengacu pada ISO 31000:2009 dengan menggunakan analisis risiko semikuantitatif. Identifikasi risiko menggunakan Job Hazard Analysis dan mengacu pada Matriks Haddon mengenai kecelakaan lalu lintas. Penilaian risiko menggunakan kriteria ISO 31000:2009 yaitu nilai risiko sama dengan hasil kali probabilitas dan konsekuensi. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko keselamatan pada tahapan kegiatan kerja pengemudi ojek online di Jalan Margonda Raya, Kota Depok tahun 2019. Hasil penelitian adalah tingkat risiko keselamatan kerja pada setiap tahapan kerja pengemudi ojek online. Hasil penelitian risiko tertinggi pada tahap menjemput/mengantar penumpang. Faktor yang paling berisiko adalah faktor lingkungan dan manusia. Hasil penelitian menyarankan untuk meningkatkan komitmen perusahaan, pengemudi ojek online, serta penumpang dalam menjaga keselamatan serta untuk meningkatkan pengawasan pada perilaku berkendara, kondisi jalan, serta kondisi motor.

This research describes risk analysis of occupational safety of online motorcycle transportation drivers on pick up and deliver passenger service at Jalan Margonda Raya, Kota Depok, 2019. The increase in the number of online motorcycle transportation drivers is followed by the importance of safety issues. Jalan Margonda Raya is a road with the highest number of accident in Kota Depok term 1 2018 (Kanit Laka Lantas Polresta Depok Iptu Djoko Irwanto dalam Arifin, 2018). This study reffered to ISO 31000:2009 standard and used semi-quantitative risk analysis. Risk identification used Job Hazard Analysis and reffered to Haddon Matrix of Traffic Accident. Risk analysis used ISO 31000:2009 criteria; risk as multiplication of probability and consequence. The objective of this study is to get safety level of risk in every work process of online motorcycle transportation driver at Jalan Margonda Raya, Kota Depok, 2019. The result is the safety level of risk in every work process of online motorcycle transportation driver at Jalan Margonda Raya, Kota Depok, 2019. The most risky stage is pick up and deliver passenger stage. The most risky factors are environment and human. The researcher suggests that the commitment of safety needs to be strengthened for the company, the drivers, and the customers and also to improve the monitoring system for riding behavior, traffic condition, and motorcycle condition."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauziah Adli
"Tesis ini menganalisis peran organizational identification, work-life conflict and work addiction terhadap work engagement pada pengemudi ojek online.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif dengan menggunakan metode survei dengan memberikan kuesioner dalam pertanyaan tertutup kepada 261 responden. Dalam mengolah data, penulis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menganalisa profil responden dan menggunakan lisrel untuk menguji model penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan organizational identification
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work addiction, work-life conflict memiliki pengaruh negative signifikan terhadap work engagement, work addiction
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Untuk organizational identification memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap work-life conflict.
The focus of this research are to analyze the effect of organizational identification, work-life conflict and work addiction toward work engagement. The study conducted by having drivers of online transportation servis. This research is quantitative research using survey method with questionnaire in enclosed questions
to 261 respondents. To running data author using SPSS software to analyze the respondents profile and using Lisrel to analyze the research model. From this research, it is known organizational identification has a positive significant effect on work addiction, work-life conflict has a negative significant effect on work engagement and work addiction has a positive significant effect on work
engagement. For organizational identifica8notion to work-life conflict has a positive effect but not significant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52066
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudolf, George
"Penghasilan yang diterima oleh pengemudi ojek online merupakan potensi bagi sektor perpajakan khususnya pajak penghasilan pasal 21. Penelitian ini menganalisis perlakuan pajak penghasilan atas penghasilan pengemudi ojek online di PT. X. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menunjukan PT. X memberikan tambahan penghasilan yang disebut sebagai bonus yang merupakan objek pajak penghasilan pasal 21 namun PT. X belum melakukan pemotongan atas penghasilan tersebut karena pengemudi ojek merupakan mitra perusahaan. Berdasarkan penelitian terlihat bahwa pengemudi ojek merupakan pegawai tidak tetap berdasarkan kriteria peraturan yang berlaku, sehingga perlakuan pajak penghasilan yang tepat pada pengemudi ojek online PT. X ialah dengan menggunakan aspek perpajakan pegawai tidak tetap yang diatur dalam Peraturan Direktur Jendral Pajak No. PER - 16/PJ/2016.

The earnings generated by ride sourcing ojek drivers presents an opportunity for taxation, especially by referring to the Income Tax Article 21. This study seeks to analyze this potential tax imposition by employing a qualitative approach based on in depth interviews as a method to collect data. This study illustrates that PT X hands out additional incomes to its drivers in the form of bonuses. While these bonuses are subject to the Income Tax Article 21, the company has not withheld any taxes from the drivers as the latter are considered as partners of the company. Using the criteria mentioned in prevailing regulations, this study concludes that ojek drivers can be considered as temporary employees. Therefore, the appropriate tax accounting for the earnings made by these drivers should be based on the tax practice for temporary employees which is formally set out in the Regulation of the Directorate General of Taxes No. PER mdash 16 PJ 2016."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Raihan Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan yang diproksikan dengan pendapatan dan kondisi decent work pengemudi ojek online sebagai pekerja mitra di wilayah Jabodetabek. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan Data Primer dengan kuesioner dan wawancara kepada pengemudi ojek online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi berganda cross section. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi pengemudi ojek online belum memenuhi indikator decent work. Selain itu, kesejahteraan pengemudi ojek online dipengaruhi oleh status pekerjaan, jarak tempuh, pengeluaran, order yang diselesaikan, dan hari kerja. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan tiga poin seperti kemudahan bonus, menaikkan tarif, dan mendorong adanya dialog bersama antara pemerintah, pengemudi dan aplikator untuk mengambil keputusan bersama.

This study aims to determine the welfare proxied by income and decent work conditions of online ojek drivers as partner workers in the Jabodetabek area. The data used in this study are Primary Data with questionnaires and interviews to online ojek drivers. The method used in this research is the cross section multiple regression method. The results of this study indicate that the condition of online ojek drivers has not met the decent work indicators. In addition, the welfare of online ojek drivers is influenced by employment status, mileage, expenses, completed orders, and working days. From the results of this study, researchers suggest three points such as ease of bonuses, raising tariffs, and encouraging joint dialog between the government, drivers and applicators to make joint decisions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathih Nawarfikri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap niat kerja sambilan melalui mediasi dari komitmen organisasi dan juga ketidakamanan kerja. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner serta dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk memeriksa kecocokan keseluruhan model serta menguji kausalitas antar konstruk. Sebanyak 102 pengemudi ojek online se-Jabodetabek berpartisipasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kepuasan kerja mempunyai pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan terhadap niat kerja sambilan melalui komitmen organisasi, sehingga komitmen organisasi tidak memediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap niat kerja sambilan. Namun kepuasan kerja mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap niat kerja sambilan melalui ketidakamanan kerja, sehingga ketidakamanan kerja memediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap niat kerja sambilan. Studi ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja yang dirasakan pengemudi ojek online cenderung meningkatkan niat kerja sambilan sebab rasa komitmen organisasi yang rendah. Pengemudi ojek online perlu mengurangi rasa ketidakamanan kerja agar tidak timbul adanya niat kerja sambilan. Oleh sebab itu, penyedia jasa perlu untuk memperhatikan apa yang dibutuhkan para pengemudi ojek online guna meningkatkan rasa komitmen dan tanggung jawab terhadap organisasinya.

This study aims to determine the effect of job satisfaction on moonlighting intention through mediation of organizational commitment and job insecurity. Data was collected using a questionnaire and analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) to check the overall fit of the model and test causality between constructs. A total of 102 online ojek drivers in Jabodetabek participated as the research sample. The results of this study reveal that job satisfaction has an indirect and insignificant effect on the intention of part time work through organizational commitment, so organizational commitment does not mediate the effect of job satisfaction on moonlighting intention. However, job satisfaction has an indirect effect on the moonlighting intention through job insecurity, so that job insecurity mediates the effect of job satisfaction on moonlighting intention. This study shows that job satisfaction felet by online ojek drivers tends to increase moonlighting intention because of a low sense of organizational commitment. Online ojek Drivers need to reduce the feeling of job insecurity so that there is no moonlightin intention. Therefore, service providers need to pay attention to what online ojek drivers need in order to increase their sense of commitment and responsibility towards their organization."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angie Prabhata Putri
"Safety riding merupakan sesuatu yang penting bagi para pengguna kendaraan bermotor, salah satunya adalah para pengemudi ojek online. Kurangnya pengetahuan mengenai safety riding bukan merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang dialami oleh para pengemudi ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pengetahuan mengenai safety riding pada pengemudi ojek online dengan kejadian kecelakaan di Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan metode cross sectional dengan pengambilan data menggunakan teknik non-probability sampling berjumlah 107 responden pengemudi ojek online di Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan mengenai safety riding pada pengemudi ojek online dengan kejadian kecelakaan di Jakarta Utara (p = 0,507; α = 0,05).

Safety riding has been something important for motor vehicle users, one of the examples are online taxi bike driver. The lack of their knowledge about safety riding is not the only cause of accident of some drivers. This research aims to observe about the relationship between safety riding knowledge on online driver with accident event in North Jakarta. The research uses descriptive design with cross sectional method, collecting data using non-probability sampling technique from 107 total respondents of online taxi bike driver. The result shows that there is no meaningful relationship between safety riding knowledge on online taxi bike driver with accident event in North Jakarta (p = 0.507; α: 0.05)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Azkia
"Ojek online adalah pekerjaan yang bergerak dalam jasa transportasi yang saat ini berkembang pesat di Indonersia. Ketidakterikatan waktu kerja bagi pengemudi menyebabkan kerentanan terhadap pengaturan kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang tidak tercukupi dapat meningkatkan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan kelelahan kerja pada pengemudi ojek online. Kualitas tidur diukur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index. Sedangkan, kelelahan kerja diukur menggunakan kuesioner Fatigue Scale Subjective Symptom Test. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan potong lintang terhadap 105 pengemudi ojek online di Kota Depok yang dipilih menggunakan metode non-random sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil analisis uji Pearsons Correlation didapatkan ada hubungan bermakna antara kualitas tidur dengan kelelahan kerja pada pengemudi ojek online (p=0,001). Semakin buruk kualitas tidur pengemudi, maka semakin tinggi kelelahan kerjanya (r=0,551). Hasil penelitian ini sebagai dasar bagi perawat kesehatan kerja untuk dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam pelaksanaan program promotif, terkait dengan perilaku kebiasaan tidur sehat sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas tidur pekerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Profession as driver of online motorcycle is type of work that is engaged in transportation services and is currently growing rapidly in Indonesia. Regulation on the working time of driver which prevails to online motorcycle drivers is not binding, it making them vulnerable to poor quality sleep management. The insufficient need of sleeping can increase fatigue. This study aims to determine the relationship between sleep quality and work fatigue among online motorcycle drivers. Sleep quality was measured by using the Pittsburgh Sleep Quality Index questionnaire. Meanwhile, work fatigue was measured by using the Fatigue Scale Subjective Symptom Test questionnaire. The research design used was descriptive correlation with a cross-sectional approach to 105 online motorcycle drivers in Depok City who were selected using a non-random sampling method with accidental sampling technique. The results of the Pearsons Correlation analysis found that there is a significant relationship between sleep quality and work fatigue among online motorcycle drivers (p = 0.001). The worse the quality of the drivers sleep, the higher the fatigue of his work (r = 0.551). The results of this study as a basis for occupational health nurses in order to increase the knowledge and skills in implementing promotive programs, related to the behavior of healthy sleep habits in the effort to improve drivers sleep quality to prevent work accidents due to fatigue."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library