Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mega Salama
Abstrak :
ABSTRAK
Rekod personil memiliki nilai yang sangat penting bagi kelangsungan hidup organisasi dan pegawai yang bekerja pada organisasi tersebut. Namun, pengelolaan rekod personil seringkali diabaikan. Penelitian ini membahas tentang pengelolaan rekod personil dalam hal pemberkasan filing yang dilakukan oleh unit SDM FIA mulai dari penerimaan, pengklasifikasian, pengindeksan, dan penyimpanan rekod personil ke dalam map. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pemberkasan rekod personil yang dilakukan oleh unit kerja SDM FIA UI. Metode studi kasus dilakukan untuk mengumpulkan data dari enam informan yang terlibat dalam kegiatan pemberkasan rekod personil. Observasi menggambarkan proses kegiatan yang berlangsung. Kegiatan pemberkasan rekod personil, staf SDM melakukan input metadata rekod ke dalam daftar inventaris rekod personil, mengalihmediakan rekod untuk disimpan secara digital dan diupload ke Sistem Informasi Kepegawaian UI. Rekod disimpan ke dalam map dengan indeks nama pemilik rekod. Staf SDM menganggap pemberkasan rekod personil mengganggu kegiatan kerja mereka karena mereka tidak menjadikan sistem pemberkasan sebagai bagian dari kehidupan mereka.
ABSTRACT
The existence of personnel records has an essential value for the sustainability of the organization and people working in the organization. However personnel records management is often neglected. This study discusses the management of personnel management in terms of filing carried out by HR unit of Faculty of Administrative Science FAS from receiving, classification, indexing, to storing the personnel records into folders. The objective of this article composition is to illustrate the activities of personnel record filing carried out by HR work unit of FAS UI. Case study method is implemented to collect data from six informants involved in the activities of personnel record filing. In doing the personnel record filing activities, HR staff media transfers the record to be digitally stored and uploaded in UI Personnel Information System. HR staff among others does record metadata inputting to personnel record inventory list. Records are stored into a folder with index names of personnel record owner. FAS HR staffs consider personnel records filing disrupt their work activities since they do not make the filing system as part of their life.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Nabila Wardhana
Abstrak :
Pemberkasan dalam tahapan arsip dinamis aktif suatu organisasi menjadi awal dari keteraturan arsip dalam tahapan arsip selanjutnya. Kekosongan Norma, Standar, Prosedur, dan Kebijakan menjadi pemicu lahirnya arsip tidak teratur sejak tahapan penciptaan. Tujuan penelitian ini menggambarkan pemberkasan di suatu organisasi berkat pandangan pengolah terhadap pemberkasan sebagai hal yang penting bagi organisasi, mampu melakukan pengklasifikasian dan pengindeksan untuk penyimpanan dan akses temu kembali dalam mengatasi kekosongan akan NSPK arsip. Metode wawancara dan observasi terhadap tujuh orang informan pegawai divisi Human Capital PT X dilakukan untuk pengumpulan data dengan studi kasus sebagai metode analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemberkasan rekod divisi Human Capital PT X belum memiliki Norma, Standar, Prosedur, dan Kebijakan berdasarkan peraturan tertulis. Selain itu, pandangan individu mendasari praktik pemberkasan yang rutin dilakukan terus menerus setiap hari terhadap dokumen selama proses penciptaan arsip dinamis aktif. ......Filing in an organization's active dynamic archive stage becomes the beginning of the regularity of the archive in the following archive stage. The absence of Norms, Standards, Procedures, and Policies has triggered the birth of irregular archives since the creation stage. This study aimed to describe filing in an organization due to the processor's view of filing as necessary for the organization, being able to perform classification and indexing for storage and retrieval access in overcoming the absence of NSPK archives. The interview and observation method of seven employee informants of the Human Capital division of PT X was conducted for data collection with case studies as a data analysis method. The results of this study indicate that the record filing system of the Human Capital division of PT X does not have Norms, Standards, Procedures, and Policies based on written regulations. Besides that, personal views underlie the practice of routine filing, carried out continuously daily towards the document during the active dynamic archive creation process.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zulbahri
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai sistem pemberkasan arsip aktif yang berperan cukup besar bagi kegiatan kearsipan organisasi. Sistem pemberkasan yang dimiliki organisasi menentukan bagaimana penataan dan penyusunan arsip yang dimilikinya sehingga berperan penting bagi organisasi agar mudah ditemukan kembali secara efektif dan efisien oleh pengguna. Tulisan ini mengambil objek di Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), Depok. Permasalahannya adalah bagaimana sistem pemberkasan yang dimiliki oleh Mapala UI saat ini dapat mewujudkan manfaatnya dalam kegiatan kearsipan organiasi, serta rancangan sistem pemberkasan arsip aktif sebagai bahan rekomendasi bagi Mapala UI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam membuat suatu sistem pemberkasan, diperlukan analisis fungsi organisasi. Yaitu suatu cara dalam menganalisa suatu organisasi dari fungsi utamanya dalam menjalankan roda organisasi. Rancangan sistem pemberkasan yang dibuat dapat dimanfaatkan secara optimal agar masalah dalam memberkaskan arsip di Mapala UI selama ini dapat berkurang sehingga proses pemberkasan arsip dapat berjalan optimal. Jika proses tersebut berjalan dengan baik, arsip yang dimiliki mapala ui dapat menjadi sumber informasi penting yang mudah ditemukan oleh pengguna yang membutuhkan.
Filing system of active archive plays an important role in organization archive activity. Filing system owned by the organization decides how to manage the archive well, so that the archive have a complete function to organization in order to make user find it easily in an effective and efficient way. This thesis emphasizes on Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia organization. The problem was how the filing system owned by MAPALA UI could play a good role in archive activity and also the filing system active archive program as a recommendation for MAPALA UI. This research is qualitative research with descriptive analytic method. To make the filing system, organization function analysis is needed. It is a method of analyzing the organization from its main function in its activity. This filing system program can be used to solved the filing problem happen during this time. If the process run well, all the MAPALA UI archives can be a very important information source that is easy to find for user who need it
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15699
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlaila
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengajuan yang dilakukan oleh PAU Bidang II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan filing di PAU Bidang II. Ada enam kriteria yang mendasari pengarsipan arsip, yaitu sistem pengarsipan, daftar inventaris, penyediaan informasi odner/folder/file, dan jumlah serta kapasitas sarana penyimpanan arsip. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk mendapatkan data dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengarsipan arsip di PAU Bidang II yang dilakukan berdasarkan Pola Klasifikasi Arsip Universitas Indonesia belum terlaksana secara merata. Dalam pembuatan daftar pencarian arsip masih terdapat unit yang belum memiliki lokasi penyimpanan arsip pada daftar pencarian arsip. Selain itu, tidak semua unit memberikan informasi lengkap pada label fasilitas penyimpanan. Namun sarana dan prasarana pengarsipan arsip di PAU bidang II sudah memadai. Dalam pencarian arsip unit kerja ini dapat berjalan dengan baik.
ABSTRACT
This study discusses the submission made by PAU Field II. The purpose of this study is to describe the implementation of filing in PAU Field II. There are six criteria that underlie archive archiving, namely the filing system, inventory list, provision of odner/folder/file information, and the number and capacity of archive storage facilities. This research uses a qualitative approach with a case study method. To obtain data in the study, researchers used several data collection techniques through interviews, observations, and document studies. The results of this study indicate that the overall archiving of archives in PAU Sector II which is carried out based on the Archives Classification Pattern at the University of Indonesia has not been carried out evenly. In making the archive search list there are still units that do not have an archive storage location on the archive search list. In addition, not all units provide complete information on the storage facility label. However, archive archiving facilities and infrastructure in PAU field II are adequate. In searching the archives this work unit can run well.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Davin Haryono
Abstrak :
Tugas Karya Akhir ini membahas Pemberkasan Arsip Aktif Program Hibah link&match Barang Milik Negara Non-Tanah SMK Di Indonesia Pada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kemenperin telah meluncurkan pendidikan vokasi industri yang link and match antara SMK dengan industri di beberapa wilayah Indonesia. Hingga saat ini, program tersebut telah melibatkan sebanyak 855 industri dan 2.612 SMK yang menghasilkan 4.997 perjanjian kerja sama. program link&match antara lain penyelarasan kurikulum dan silabus di SMK, peningkatan kompetensi guru produktif SMK sesuai dengan kebutuhan industri, dan pemberian hibah peralatan dari BPSDMI. Dari kegiatan tersebut perlu dilakukannya  dengan mempelajari tata cara pemberkasan arsip aktif dan proses penginputan menggunakan aplikasi arsip. Secara umum, pemberkasan arsip aktif mempunyai enam proses yakni pemeriksaan berkas, penyortiran, pengindeksan, pelabelan, penginputan dan penyimpanan arsip. ......This Final Project discusses the Filing of the Active Archives of the Link & match Grant Program for Non-Land State Owned Vocational Schools in Indonesia at the Ministry of Industry of the Republic of Indonesia. The Ministry of Industry has launched an industry vocational education that links and matches between SMKs and industries in several regions of Indonesia. To date, the program has involved as many as 855 industries and 2,612 vocational schools resulting in 4,997 cooperation agreements. the link & match program includes the alignment of curriculum and syllabus in vocational schools, increasing the competency of productive vocational teachers in accordance with industry needs, and providing equipment grants from BPSDMI. From these activities it is necessary to learn the procedures for filing an active archive and the input process using the archive application. In general, active archive filing has six processes namely file checking, sorting, indexing, labeling, filing and storing archives.

Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Nur Khalisha
Abstrak :
Kementerian Keuangan RI di dalamnya memiliki instansi yang bernama Sekretariat Pengadilan Pajak (SetPP) yang bertugas memberikan layanan pengadilan profesional untuk menegakkan hukum dan keadilan sesuai peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Dari kegiatan pengadilan tersebut tentunya menghasilkan berkas arsip yang dapat digunakan kembali di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengimplementasian dari proses pemberkasan putusan pengadilan pajak di Sekretariat Pengadilan Pajak serta menelaah kendala yang dihadapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ruang penyimpanan yang tidak sesuai prosedur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh untuk penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berkas putusan berupa arsip dinamis aktif diterima dan diciptakan melalui bagian umum kemudian diolah dan disimpan oleh bidang Administrasi Peninjauan Kembali dan Dokumentasi (APKD). Sistem pemberkasan arsip di setiap instansi memiliki sistem yang berbeda-beda, di Sekretariat Pengadilan Pajak arsip diberkaskan dengan metode kronologis dan sudah sesuai dengan prosedur, yakni melalui proses pemeriksaan, pengindeksan, pemberian kode, penyortiran, pelabelan, dan penyimpanan. Tempat penyimpanan fisik berkas putusan termasuk ke dalam jenis kombinasi dari sentralisasi dan desentralisasi. Untuk peralatan dan perlengkapan untuk menyimpan arsip sudah lengkap, serta sumber daya manusia yang ada bekerja dengan profesional. ......The Ministry of Finance of the Republic of Indonesia has an agency called the Tax Court Secretariat which is tasked with providing professional court services to uphold law and justice in accordance with the laws and regulations in the field of taxation. The court activities certainly produce archive files that can be reused in the future. This research aims to understand and analyze the implementation of the tax court decision filing process at the Tax Court Secretariat and examine the obstacles faced. The formulation of the problem in this study is the storage space that is not in accordance with the procedure. This research uses a descriptive research method with a qualitative approach. The data obtained for this research comes from primary data and secondary data. The results of this study show that decision files in the form of active dynamic archives are received and created through the general section then processed and stored by the field of Administrative Review and Documentation (APKD). The archive filing system in each agency has a different system, at the Tax Court Secretariat the archives are filed using the chronological method and are in accordance with the procedure, namely through the process of inspection, indexing, coding, sorting, labeling, and storage. The physical storage of decision files is included in the combination of centralization and decentralization. The equipment and supplies for storing archives are complete, and the existing human resources work professionally.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library