Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bunga Indira Artha
"Perilaku membantu rekan kerja di luar uraian pekerjaan utama berdampak positif pada pencapaian organisasi. Perilaku ini dalam penelitian psikologi industri sebagai perilaku kewargaan antarpribadi. Perilaku kewargaan antarpribadi merupakan tindakan karyawan yang bukan merupakan bagian dalam uraian tugas utamanya yang difokuskan untuk membantu menyelesaikan permasalahan pribadi atau menyelesaikan tugas rekan kerja. Untuk itu dilakukan penelitian guna mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku tersebut. Kepedulian empatik merupakan salah satu faktor penting yang berhubungan dengan munculnya perilaku kewargaan antarpribadi. Kepedulian empatik adalah respons emosional belas kasih dan keprihatinan yang dialami karyawan ketika melihat rekan kerja yang sedang membutuhkan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang terdiri dari Studi 1 dan Studi 2. Studi 1 dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi pada karyawan Direktorat A Bank XYZ. Data dikumpulkan dari 40 karyawan menggunakan kuesioner yang terdiri atas Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Settoon & Mossholder, 2002) dan Empathic Concern Subscale dari Intepersonal Reactivity Index (Davis,1980). Diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi (r = 0,54, p < 0,01). Hasil Studi 1 ditindaklanjuti melalui Studi 2 dengan melaksanakan pelatihan Empathy at Work. Berdasarkan evaluasi terhadap lima peserta diketahui program ini efektif. Terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman peserta mengenai kepedulian empatik (Z = -2,03, p < 0,05). Peserta juga menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap kepedulian empatik (Z = -2,06, p < 0,05) dan perilaku kewargaan antarpribadi (Z = -2,03, p < 0,05). Berdasarkan pengamatan rekan kerja dan atasan langsung diketahui peserta mampu menunjukkan kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi dengan memenuhi lebih dari 60 persen indikator perilaku yang diharapkan.

Helping coworkers outside ones main job description has a positive impact on organizational achievement this behavior in industrial psychology research known as interpersonal citizenship behavior. Interpersonal citizenship behavior is an employees activities that are not part of their main tasks, focused on helping to solve personal problems or complete the work of colleagues. For this reason, research is conducted to determine the factors associated with these behaviors. Empathic care is an important factor related to the emergence of interpersonal citizenship behavior. Empathic care is the emotional response of compassion and concern experienced by employees when they see colleagues in need. This research is applied research consisting of Study 1 and Study 2. Study 1 was conducted to determine the relationship between empathic concern and interpersonal citizenship behavior among XYZ Bank Directorate A employees. Data were collected from 40 employees using a questionnaire consist of the Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Settoon & Mossholder, 2002) and the Empathic Concern Subscale of the International Reactivity Index (Davis, 1980). There is a significant positive relationship between empathic care and interpersonal citizenship behavior (r = 0,54, >p <0,01). Study 1 results were followed up through Study 2 by conducting Empathy at Work training. Based on the evaluation of five participants, it was found that the program was effective. There was a significant increase in participants understanding of empathic care (Z = -2.03, p <0.05). Participants also showed a more positive attitude towards empathic care (Z = -2.06, p <0.05) and interpersonal citizenship behavior (Z = -2.03, p <0.05). From the observations of coworkers and direct supervisors, the research found that participants were able to demonstrate empathic concern and interpersonal citizenship behavior by meeting more than 60 percent of expected indicators."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Dewi
"Dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, empati perawat terhadap pasien anak usia dini  belum dapat dilaksanakan secara optimal. Empati merupakan suatu pengetahuan dan keterampilan yang dapat ditingkatkan melalui edukasi dan program pelatihan. Walaupun telah banyak program pelatihan empati dalam keperawatan, akan tetapi belum ada program pelatihan yang khusus dirancang untuk meningkatkan  empati perawat terhadap pasien anak usia dini. Penelitian ini tentang sebuah program intervensi  pelatihan “Aku Sayang dan Memahami” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman empati perawat terhadap pasien anak usia dini yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan uji beda satu kelompok sebelum dan sesudah  intervensi atau one group pretest post-test design. Terdapat 18 partisipan dalam penelitian ini. Hasi Uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman empati perawat terhadap pasien anak usia dini (p- value < 0.001, p < 0.05). Hasil Uji Friedman, menunjukkan bahwa: 1) pemahaman empati perawat terhadap pasien anak usia dini meningkat secara signifikan sebelum dan setelah program intervensi dilaksanakan (p-value 0.001, p < 0.05) dan 2) peningkatan pemahaman empati secara signifikan dijumpai dalam kurun waktu dua minggu setelah program intervensi dilaksanakan (p-value 0.001, p < 0.05). Hasil ini membuktikan bahwa pelatihan “Aku Sayang dan Memahamimu” mampu meningkatkan pemahaman empati perawat terhadap pasien anak usia dini dan pelatihan tersebut memiliki efek pembelajaran yang menetap dalam kurun waktu dua minggu. Perlu dilakukan suatu penelitian lanjutan dengan jumlah partisipan yang lebih besar dan memasukkan evaluasi berdasar perspekstif orangtua dari pasien anak usia dini.

In hospitals health services, nurses' empathy for early childhood patients cannot be implemented optimally. Empathy is a knowledge and skill that can be improved through education and training programs. Although there are many empathy training programs in nursing, there are no training programs specifically designed to increase nurses' empathy towards early childhood patients. This research is about a training intervention program "I Love and Understand" which aims to increase nurses' empathetic understanding of early childhood patients. This research is a quantitative research with one group pretest post-test design. There were 18 participants in this study. The results of the Wilcoxon Signed Rank Test showed a significant increase in nurses' understanding of empathy towards early childhood patients (p-value < 0.001, p < 0.05). Based on the Friedman Test, this research shows that: 1) nurses' understanding of empathy towards early childhood patients increased significantly before and after the intervention program (p-value 0.001, p < 0.05) and 2) a significant increase in understanding of empathy was found over time two weeks after the intervention program was implemented (p-value 0.001, p < 0.05). This statistical test results prove that the "I Love and Understand" training program is able to increase nurses' empathy understanding of early childhood patients and the training has a lasting learning effect within a period of two weeks. It is necessary to carry out further research with a larger number of participants and include evaluations based on the perspective of parents of early childhood patients."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library