Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jesslyn Metta Santi
"Fast food adalah jenis makanan yang sudah diolah atau dimasak dalam waktu singkat dan disajikan cepat atas dasar pesanan, dalam kondisi yang masih panas, dan dapat dibawa pergi untuk dikonsumsi di jalan. Fast food ditandai dengan kandungan gizi yang tidak seimbang, dimana sebagian besar mengandung kalori, lemak, gula dan garam yang relatif tinggi, tetapi kandungan serat rendah. Saat ini, industri fast food telah berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini dapat mempengaruhi pola makan remaja akibat peningkatan frekuensi konsumsi fast food. Remaja sedang mengalami perubahan dalam pola gaya hidup, seperti perilaku makan yang berubah dan pilihan makanan yang dikonsumsi cenderung tidak sehat, yaitu makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Dibuktikan dari WHO (2020) yang menyatakan bahwa 80% remaja di seluruh dunia sering mengonsumsi fast food dan Nilsen (2009) menyatakan 69% masyarakat Indonesia sering mengonsumsi fast food. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi fast food pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia angkatan 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode cross-sectional yang melibatkan 151 responden. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret – April 2024 dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa 76,2% responden mengonsumsi fast food dengan frekuensi sering (≥ 3 kali/minggu). Hasil analisis uji bivariat menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara uang saku untuk membeli fast food (p-value 0,007; OR 3,111), emotional eating (p-value 0,025; OR 3,821), jarak kampus ke gerai fast food (p-value 0,002; OR 3,600), promosi fast food (p-value 0,042; OR 2,445), dan paparan media sosial instagram (p-value <0,001; OR 28,8) dengan konsumsi fast food. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan antara jenis kelamin (p-value 0,370), uang saku keseluruhan (p-value 0,331), pengetahuan gizi dan fast food (p-value 1,000), peer group (p-value 0,344), online food delivery (p-value 1,000), dan jarak tempat tinggal ke gerai fast food (p-value 0,685). Setelah mengetahui hasil penelitian, diharapkan mahasiswa dapat mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan membatasi penggunaan media sosial dan pengaruh iklan serta promosi fast food.

Fast food is a type of food that has been processed or cooked in a short time and that is served quickly on order basis, in a still hot condition, and can be taken away to be eaten in the street. Fast food is characterized by unbalanced nutritional intake, which is mostly high in calories, fat, sugar and salt, but low in fiber. Currently, the fast food industry has grown rapidly around the world, including in Indonesia. This may affect adolescents' diet due to increased frequency of fast food consumption. Adolescents are experiencing changes in lifestyle patterns such as changing dietary behavior and food choices that are consumed which are often unhealthy, such as foods that contain high amounts of sugar, salt, and fat. Evidenced by WHO (2020) which states that 80% of adolescents around the world often consume fast food and Nilsen (2009) states that 69% of people in Indonesia often consume fast food. This study aims to determine factors related to fast food consumption among students of the Faculty of Public Health, University of Indonesia class of 2023. This research was conducted using a cross-sectional method involving 151 respondents. Data collection was carried out from Maret – April 2024 using the simple random sampling. The results showed that 76,2% of respondents consumed fast food frequently (≥ 3 times/week). The results of the bivariate test analysis showed that there is a significant difference between pocket money to buy fast food (p-value 0,007; OR 3,111), emotional eating (p-value 0,025; OR 3,821), campus distance to fast food outlets (p-value 0,002; OR 3,600), fast food promotion (p-value 0,042; OR 2,445), dan of social media instagram exposure (p-value <0,001; OR 28,8) dengan konsumsi fast. However, it is no significant difference between gender (p-value 0,370), total pocket money (p-value 0,331), nutrition and fast food knowledge (p-value 1,000), peer group (p-value 0,344), online food delivery (p-value 1,000), dan residential distance to fast food outlets (p-value 0,685). After knowing the research results, it is hoped that college students can eat healthier foods and limit the use of social media and the influence of advertisements and fast food promotions."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Yusnita
"Fenomena HIV/AIDS merupakan salah satu masalah kesehatan global yang serius di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam situasi pandemi COVID-19, kegiatan edukasi dan kampanye HIV/AIDS bagi remaja tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Agar kampanye edukasi kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS tetap berjalan maka dikembangkan sarana alternatif kampanye HIV/AIDS melalui sosial media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat paparan informasi HIV/AIDS di sosial media dengan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pencegahan resiko penularan HIV/AIDS di kalangan remaja. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, teknik survey, analisis statistik deskriptif dan analisis Partial-least Square Structural Equation Model (SEM). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan SmartPls. Sampel dalam penelitian ini merupakan 375 remaja Bongas yang berusia 13-24 tahun yang mengakses akun media sosial @sobat repro. Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja mendapatkan paparan media sosial yang tinggi. Remaja Bongas memiliki tingkat pengetahuan mengenai HIV/AIDS yang baik. Remaja Bongas memiliki sikap mendukung terhadap pencegahan HIV/AIDS. Sebagian besar remaja Bongas memiliki perilaku pencegahan HIV/AIDS yang positif. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan HIV/AIDS. Namun paparan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Sikap mengenai HIV/AIDS juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi pengetahuan. Paparan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi sikap. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi pengetahuan dan sikap.

HIV/AIDS is a serious global health problem worldwide, including in Indonesia. In the situation of the COVID-19 pandemic, educational activities and HIV/AIDS campaigns for adolescents cannot be carried out optimally. To keep the education campaign on health and HIV/AIDS running, an alternative means of HIV/AIDS campaign was developed through social media.  This study was conducted to determine the relationship between the level of exposure to HIV/AIDS information on social media with the level of knowledge, attitudes, and behavior in preventing the risk of HIV/AIDS transmission among adolescents. The research method was carried out using a quantitative approach, survey techniques, descriptive statistical analysis, and Partial-least Square Structural Equation Model (SEM) analysis. Data analysis was performed using SPSS and SmartPLS. The sample in this study were 375 Bongas teenagers aged 13-24 years who accessed the @sobat repro social media account. The results of the study show that most teenagers get high exposure to social media. Bongas teenagers have a good level of knowledge about HIV/AIDS. Bongas teenagers have a supportive attitude towards HIV/AIDS prevention. Most of the Bongas youths have positive HIV/AIDS prevention behaviors. Social media exposure has a significant effect on knowledge of HIV/AIDS. However, exposure to social media has no significant effect on attitudes and behavior to prevent HIV/AIDS. Knowledge has a significant effect on attitudes and behavior to prevent HIV/AIDS. Attitudes about HIV/AIDS also have a significant effect on prevention behavior. Social media exposure has a significant effect on knowledge-mediated prevention behavior. Social media exposure has no significant effect on attitude-mediated prevention behavior. Social media exposure has a significant effect on prevention behavior mediated by knowledge and attitudes. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library