Fenomena HIV/AIDS merupakan salah satu masalah kesehatan global yang serius di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam situasi pandemi COVID-19, kegiatan edukasi dan kampanye HIV/AIDS bagi remaja tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Agar kampanye edukasi kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS tetap berjalan maka dikembangkan sarana alternatif kampanye HIV/AIDS melalui sosial media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat paparan informasi HIV/AIDS di sosial media dengan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pencegahan resiko penularan HIV/AIDS di kalangan remaja. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, teknik survey, analisis statistik deskriptif dan analisis Partial-least Square Structural Equation Model (SEM). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan SmartPls. Sampel dalam penelitian ini merupakan 375 remaja Bongas yang berusia 13-24 tahun yang mengakses akun media sosial @sobat repro. Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja mendapatkan paparan media sosial yang tinggi. Remaja Bongas memiliki tingkat pengetahuan mengenai HIV/AIDS yang baik. Remaja Bongas memiliki sikap mendukung terhadap pencegahan HIV/AIDS. Sebagian besar remaja Bongas memiliki perilaku pencegahan HIV/AIDS yang positif. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan HIV/AIDS. Namun paparan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Sikap mengenai HIV/AIDS juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi pengetahuan. Paparan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi sikap. Paparan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku pencegahan yang dimediasi pengetahuan dan sikap.
HIV/AIDS is a serious global health problem worldwide, including in Indonesia. In the situation of the COVID-19 pandemic, educational activities and HIV/AIDS campaigns for adolescents cannot be carried out optimally. To keep the education campaign on health and HIV/AIDS running, an alternative means of HIV/AIDS campaign was developed through social media. This study was conducted to determine the relationship between the level of exposure to HIV/AIDS information on social media with the level of knowledge, attitudes, and behavior in preventing the risk of HIV/AIDS transmission among adolescents. The research method was carried out using a quantitative approach, survey techniques, descriptive statistical analysis, and Partial-least Square Structural Equation Model (SEM) analysis. Data analysis was performed using SPSS and SmartPLS. The sample in this study were 375 Bongas teenagers aged 13-24 years who accessed the @sobat repro social media account. The results of the study show that most teenagers get high exposure to social media. Bongas teenagers have a good level of knowledge about HIV/AIDS. Bongas teenagers have a supportive attitude towards HIV/AIDS prevention. Most of the Bongas youths have positive HIV/AIDS prevention behaviors. Social media exposure has a significant effect on knowledge of HIV/AIDS. However, exposure to social media has no significant effect on attitudes and behavior to prevent HIV/AIDS. Knowledge has a significant effect on attitudes and behavior to prevent HIV/AIDS. Attitudes about HIV/AIDS also have a significant effect on prevention behavior. Social media exposure has a significant effect on knowledge-mediated prevention behavior. Social media exposure has no significant effect on attitude-mediated prevention behavior. Social media exposure has a significant effect on prevention behavior mediated by knowledge and attitudes.