Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Yoga Adi Pratama
"Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai salah satu lembaga pemerintah masih belum menerapakan digitalisasi arsip melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) sebagai salah satu aplikasi umum yang wajib digunakan oleh instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan SRIKANDI masih belum diterapkan secara menyeluruh di BSSN serta memberikan rekomendasi strategi peningkatan terhadap penggunaan aplikasi arsip digital di BSSN dengan mengintegrasikan model penerimaan yaitu DeLone and McLean dan dua variabel pada model Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA) yaitu Social Influence dan Commitment from Leadership. Dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) pada 138 respons valid pegawai BSSN, didapatkan hasil bahwa 7 faktor memiliki pengaruh pada penerapan SRIKANDI di BSSN yaitu manfaat bersih (dampak organisasi dan individual), komitmen dari pimpinan, pengaruh sosial, kualitas layanan, kualitas sistem, penggunaan, serta kepuasan pengguna. Penelitian dilanjutkan dengan teknik open coding untuk mendapatkan rekomendasi strategi peningkatan berdasarkan hasil uji hipotesis yang valid. Terdapat 23 rekomendasi strategi peningkatan yang dikelompokkan ke dalam aspek people, process, dan technology. Penelitian ini memberikan implikasi kepada BSSN (aspek people dan process) berupa strategi peningkatan penggunaan aplikasi arsip digital serta memberikan implikasi kepada ANRI (aspek technology) berupa rekomendasi pengembangan aplikasi SRIKANDI.
Integrated Dynamic Archival Information System (SRIKANDI) has become one of the mandatory public applications for government agencies to implement the National Electronic Government System or smart government. The National Cyber and Crypto Agency (BSSN), as a government agency, has not yet implemented digital archiving through SRIKANDI. This is based on the low value of the BSSN SPBE index in 2023, especially in the field of archiving, coupled with the policy of relocating the capital city (IKN) to be implemented in 2024. This study aims to identify the factors that cause SRIKANDI to not be implemented comprehensively at BSSN and to provide recommendations for optimizing the implementation of digital archives at BSSN by integrating the DeLone and McLean acceptance model with two variables in the Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA), namely Social Influence and Commitment from Leadership. Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) on 138 valid responses from BSSN employees, it was found that 7 factors have an influence on the implementation of SRIKANDI at BSSN, namely net benefits (organizational and individual impacts), commitment from leadership, social influence, service quality, system quality, usage, and user satisfaction. The research was continued using the open coding technique to obtain recommendations for optimization strategies based on the results of valid hypothesis tests. There are 23 recommendations for optimization strategies grouped into people, process, and technology aspects. This research has implications for BSSN (people and process aspects) in the form of strategies for optimizing the implementation of digital archives so that the BSSN SPBE index value is achieved by increasing the use of SRIKANDI and can implement smart government in IKN and provide implications for ANRI (technology aspects) in the form of recommendations for the development of the SRIKANDI application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dwi Ria Nugraha
"Dalam rangka transformasi digital untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pegawai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, perusahaan terus berupaya untuk menciptakan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi saat ini. Implementasi Learning Management System pada perusahaan merupakan salah satu terobosan baru dalam memudahkan pegawai untuk mengakses materi pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan harapan bisa meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pegawai untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan yang sudah ditetapkan. Namun implementasi Learning Management System ini belum berhasil sesuai target yang sudah ditetapkan dengan permasalahan jumlah user yang mengakses setiap tahun terus mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan implementasi learning management system di perusahaan dan diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan yang bisa diterapkan oleh PT Jasa Raharja supaya pengguna learning management system pada tahun berikutnya bisa meningkat dan tercapai sesuai target yang sudah ditetapkan. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, analisis dokumen dan kuesioner. Identifikasi faktor-faktor dilakukan dengan melakukan tinjauan pustaka untuk selanjutnya dilakukan validasi oleh subject matter expert dan pengguna system aktif. Faktor penyebab kegagalan yang diperoleh dari hasil validasi wawancara dengan pakar selanjutnya diolah menggunakan open coding analysis untuk diproses secara kuantitatif dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini didapatkan empat faktor antara lain Functional and Interface (UI/UX), Organizational, Project Management dan User/Costumer serta empat belas sub faktor yang menyebabkan kegagalan implementasi learning management system di PT Jasa Raharja.
In the context of digital transformation to develop and improve the competence of employees spread throughout Indonesia, the company continues to strive to create innovations by utilizing current information technology developments. The implementation of the Learning Management System in companies is one of the new breakthroughs in making it easier for employees to access learning materials anywhere and anytime with the hope of increasing employee knowledge and competence to realize the company's vision and mission that have been set. However, the implementation of the learning management system has not met the set target, with the result that the number of users accessing it each year continues to decline significantly. This study aims to identify the factors that cause the failure of the implementation of the learning management system in the company and is expected to provide recommendations for improvements that can be implemented by PT Jasa Raharja so that the use of the learning management system in the following year can increase and achieve the targets set. The research approach uses quantitative and qualitative methods, data collection is done through interviews, document analysis, and questionnaires. A literature review is conducted to identify factors for further validation by subject matter experts and active system users. Factors causing failure obtained from the validation results of interviews with experts are then processed using open coding analysis to be processed quantitatively using the Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study found four factors, including functional and interface (UI/UX), organizational, project management, and user/customer, as well as fourteen sub-factors, that caused the failure of the implementation of the learning management system at PT Jasa Raharja."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rizki Romodhon
"Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas dan penumpang angkutan umum, perusahaan terus berupaya melakukan inovasi dengan cara memadukan perubahan proses bisnis dengan pemanfaatan teknologi informasi. Implementasi sistem verifikasi biaya medis merupakan salah satu contoh transformasi digital yang dilakukan perusahaan untuk mencapai misi perusahaan yang telah ditetapkan. Namun implementasi sistem ini belum berhasil mencapai target dan mempengaruhi kecepatan pembayaran santunan yang merupakan salah satu Key Performance Indicator perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan implementasi sistem verifikasi biaya medis dan diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada PT Jasa Raharja agar implementasi sistem verifikasi biaya medis pada periode selanjutnya dapat berhasil. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif – kuantitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, analisis dokumen dan kuesioner. Identifikasi faktor tersebut menggunakan berbagai tinjauan pustaka untuk selanjutnya dilakukan validasi oleh pengguna sistem. Faktor penyebab kegagalan yang didapat dari hasil wawancara divalidasi dan diolah menggunakan open coding analysis untuk selanjutnya diolah secara kuantitatif dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini didapatkan empat faktor antara lain proses, personil, teknologi dan organisasi serta 15 sub faktor yang menyebabkan kegagalan implementasi sistem verifikasi biaya medis di PT Jasa Raharja.
In order to improve the quality of compensation services to victims of traffic accidents and public transport passengers, the company continues to innovate by integrating changes in business processes with the use of information technology. The implementation of the medical expense verification system is one example of the digital transformation carried out by the company to achieve the company's mission that has been set. However, the implementation of this system has not succeeded in achieving the target and affects the speed of compensation payments which is one of the company's Key Performance Indicators. This study aims to identify the factors that cause the failure of the implementation of the medical cost verification system and is expected to provide recommendations to PT Jasa Raharja so that the implementation of the medical cost verification system in the next period can be successful. The research approach uses qualitative - quantitative methods, and data collection is carried out by interviews, document analysis and questionnaires. The identification of these factors uses various literature reviews for further validation by system users. The factors causing the failure obtained from the interviews were validated and processed using open coding analysis to be further processed quantitatively using the Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study obtained four factors including process, personnel, technology and organization as well as 15 sub-factors that caused the failure of the implementation of the medical cost verification system at PT Jasa Raharja."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library