Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andy Wijaya
"Studi Literatur ini membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan preoperative teaching kepada pasien ataupun keluarga. Penelitian studi literatur ini menggunakan metode PICO (Population, Intervention, Comparison, Outcome). Database yang digunakan meliputi EBSCO (CINAHL), ProQuest, dan Science Direct dengan hasil akhir yang didapat berjumlah 11 literatur yang menggunakan metode studi cross-sectional dan cohort. Hasil dari 5 literatur penelitian merekomendasikan bahwa waktu edukasi preoperasi perlu diperlama atau dapat dimulai sejak rawat jalan apabila pasien adalah pasien elektif operasi; penugasan beban kerja dari 4 literatur juga pada tenaga kesehatan untuk edukasi preoperasi seharusnya disesuaikan dengan kompetensi sehingga informasi yang disampaikan sesuai kebutuhan pasien; dan pengetahuan dari 3 literatur yang berpengaruh terhadap prosesnya preoperative teaching yang dimana dalam segi pemahaman yang dapat mudah diterima apabila tingkat pendidikan yang dimiliki pasien dan jenjang pengalaman perawat yang lama.

This Literature Review discusses the factors that influence the implementation of preoperative teaching for patients or families. This literature review uses the PICO method (Population, Intervention, Comparison, Results). The database used includes EBSCO (CINAHL), ProQuest, and Science Direct with the final results obtained by collecting 11 literature using cross-sectional and cohort study methods. Research results that preoperative teaching time from 5 literatures recommended to be prolonged or can be started since the patient's outpatient is approved for elective surgery patients; assignments of workload from 4 literatures too to health care for pre-assigned education are adjusted according to competence so that the information delivered is appropriate to the patient's needs; and knowledge from 3 literatures that discuss the process of preoperative teaching which in terms of understanding can easily be accepted by the level of education required by the patient and the level of experience of long nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Pebriani
"Pembimbing praktek lapangan sangat menentukan dalam meningkatkan ketrampi]an tindakan keperawatan mahasiswa Akper Depkes Palembang di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Fungsi dari pembimbing praktek adalah memberikan bimbingan langsung selama proses belajar mengajar di lapangan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja pembimbing praktek lapangan di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Rancangan penelitiannya adalah cross sectional, dengan sampel penelitian berjumlah 60 orang pembimbing praktek. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi langsung, serta mengkaji data sekunder. Data kemudian diolah secara statistik menggunakan teknik analisis chi square dan regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36,7 % pembimbing praktek yang menunjukkan kinerja kurang baik. Berdasarkan hasil analisis bivariat diketahui terdapat hubungan yang bermakna antara variabel: supervisi (p= 0,019), pengembangan karir (1)-0,014), dan motivasi (p= 0,022) terhadap kinerja pembimbing praktek. Begitu pula dari model regresi logistik diketahui bahwa variabel yang paling dominan menentukan kinerja pembimbing praktek adalah pengembangan karir (OR= 4,00; 95% CI: 1,17-13,67).
Sebagai saran untuk tindak lanjut, maka upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen RSUP Dr. Mohammad Palembang adalah dengan memberikan kesempatan kepada pembimbing praktek untuk melanjutkan pendidikan dan mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan keperawatan agar motivasi kerja mereka meningkat. Selain itu agar meningkatkan supervisi terhadap pelaksanaan bimbingan yang dilakukan oleh pembimbing praktek.

Clinical Instructor (CI) one determinant factor to increase skill of nursing practices for student in Akper Depkes Palembang. The function of Clinical Instructor is giving the direct guidance learning process in the place of practice.
The purpose of this research is to investigate factors related to work performance Clinical Instructor in RSUP Dr, Mohammad Hoesin Palembang. The research use cross sectional design, with 60 Clinical Instructors as samples. Data are collected by using interview and direct observation besides secondary data. Data analyzed statically by using chi square and logistic regression.
The result of the research showed that there were 36, 7 % Clinical Instructors that showed low work performance. Based on bivariate analysis is known that there is significant relation between variables of supervision (p= 0, 019), career development (p=0,014) and motivation (p= 0,022) with work performance Clinical Instructors. Through logistic regression, it is known that the most dominant variable in determining the work performance Clinical Instructor is career development (OR= 4, 00; 95% CI: 1, 17-13, 67).
Referring to the result of this research, I advice that management RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang open opportunities Clinical Instructors to increase education and training that related with nursing. Another to increase supervision of guidance that does it Clinical Instructors.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T5677
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library