Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Rossalia Marine Andanni
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai pengaruh kualitas informasi dan sistem dari berita online terhadap terhadap kepuasan pengguna hingga niat revisit dan niat berbagi berita online generasi z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner online dari 400 orang generasi z. Metode analisis data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural Equation Modelling (SEM) untuk membuktikan hipotesis penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi kualitas informasi yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan generasi z dalam mengkonsumsi berita online adalah kekinian (currency), sedangkan dimensi dominan dari kualitas sistem adalah waktu respon. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas informasi dan sistem berita online terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan terhadap niat revisit dan niat berbagi.
......This thesis discusses the effects of information and system quality of online news on user satisfaction to revisit intentions and news sharing intentions of generation z. This quantitative research data were collected using online questionnaire, from 400 people who responded to the survey focuses on 400 respondents of generation z. Researcher used descriptive statistical and Structural Equation Modeling (SEM) to analyze the data to prove the research hypothesis. This research shows that the most dominant dimension of information quality that influencing satisfaction in consuming online news is currency, while the most dominant dimension of system quality is response time. There is a significant positive effect between information and system quality of online news on user satisfaction, also between satisfaction with revisit intentions and sharing intentions.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nadia Humaira
Abstrak :
Fenomena Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) menyebabkan tingginya infodemi yang meningkatkan ketidakpastian di masyarakat. Media sosial menjadi saluran komunikasi terkait COVID-19 karena menjadi sumber utama masyarakat untuk menyebarkan semua hal tentang COVID-19 saat kekhawatiran dan pemberitaan semakin intensif (Nielsen, Maret 2020). Penelitian Apuke & Omar (2020) mengenai faktor-faktor berbagi berita palsu COVID-19 pada pengguna media sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat berbagi berita COVID-19 di media sosial. Metode pengumpulan data menggunakan survei online dengan total responden sampel terkumpul 159 responden. Analisis data menggunakan analisis structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian yaitu faktor pencarian informasi, bersosialisasi, hiburan, menghabiskan waktu, dan pengalaman berbagi berita melalui media sosial sebelumnya signifikan mempengaruhi niat pengguna untuk berbagi berita terkait COVID-19 di media sosial. Pengincaran status menjadi faktor tidak signifikan. Pencarian informasi signifikan mempengaruhi pengalaman berbagi berita melalui media sosial sebelumnya terkait COVID-19. Pengincaran status dan menghabiskan waktu menjadi faktor tidak signifikan mempengaruhi pengalaman berbagi berita melalui media sosial sebelumnya terkait COVID-19. Penyedia berita berbasis online khususnya melalui media sosial dapat meningkatkan aspek interaktivitas dengan pembaca dan penyebar berita mereka dengan mencantumkan fitur frekuensi berita tersebut disebar. Pembaca dapat menjaga interkonektivitas dengan berbagi berita valid yang bersumber dari referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.
......
The phenomenon of the Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) pandemic that attacks the world has caused a high infodemic which has increased uncertainty in society. Social media is a communication communication related to COVID-19 because it is the main source of society for all things about COVID-19 at this time and the news is getting more intensive (Nielsen, March 2020). Apuke & Omar's (2020) research on the predictors of sharing fake COVID-19 news with social media users. The purpose of this study is to find the factors of the intention to share COVID-19 news on social media. The method of filling in data using an online survey with a total sample of respondents collected as many as 159 respondents. Data analysis used structural equation modeling (SEM) analysis. The results showed that the factors of information seeking, socializing, entertainment, pass time, and prior social media sharing experience significantly affect the user's intention to share news related to COVID-19 on social media. Status-seeking is not a significant factor. In addition, information seeking significantly affects prior social media sharing experience related to COVID-19, while status-seeking and pass time are not a significant factor affecting prior social media news sharing experience related to COVID-19. Online-based news providers can increase the aspect of interactivity with their readers and news spreaders with a feature feature how many times the news is spread. Readers can also maintain interconnectivity by sharing true and valid news that comes from reliable references.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library