Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Washington: National Academy, 1991
338.973 NAT n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Triana Nugraheni
Abstrak :
Thesis ini mempelajari bagaimana suatu Perusahaan Multinasional (MNC) mengatur kegiatan finansialnya dalam skala internasional dimana dalam transaksinya menggunakan mata uang beberapa negara dalam hal keragaman mata uangnya. Tujuan riset adalah (1) mempelajari dan menganalisa bagaimana resiko yang berhubungan dengan mata uang pada alur kas bisa berkurang dengan menggunakan alat hedging lindung nilai yang dipilih dalam menangani operating exposure selama 5 (lima) tahun periode keuangan (2) untuk mengumpulkan seluruh komponen literature yang berhubungan dengan topik tesis dan menyajikan suatu analisa yang komprehensif mengenai operating exposure. Pada perdagangan internasional, segala bentuk mata uang bergerak dengan cepat. Karena nilai pada aset, kewajiban, pendapatan dan biaya sensitif terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang asing, terdapat berbagai kemungkinan exposure dalam kegiatan keuangan contohnya currency esxposure. Apabila terjadi fluktuasi yang tidak terduga, perusahaan bisa mengalami kerugian atau bisa sebaliknya memperoleh keuntungan. Keputusan untuk mengurangi resiko exposure bisa berbeda setiap tahunnya. Apabila pada tahun ini perusahaan mampu mengurangi resiko dengan suatu alat lindung nilai hedging, cara yang sama dapat dilakukan ditahun berikutnya atau melakukan penelitian lebih lanjut untuk memilih strategi hedging yang lebih baik. Suatu MNC yang berbasis di Australia, Amcor Limited (AL), dipilih sebagai obyek studi karena beroperasi secara global dan merupakan perusahaan manufaktur kemasan dengan produknya yang beragam yang memperoleh bahan baku diimpor dari negara lain dan melakukan penjualan produknya ke luar negeri. Tesis ini pada akhirnya memberikan rekomendasi kepada Amcor dalam hal melindungi perusahaan dari resiko mata uang di tahun mendatang serta meningkatkan kualitas pengambilan keputusan eksekutif dalam manajemen resiko. Langkah-langkah analisa yaitu membandingkan kurs aktual AL dengan kurs pasar yang diperoleh dari RBA. Hasil perbandingan menunjukkan bagaimana AL mengeluarkan uangnya untuk membeli mata uang asing. Selain itu analisa sensitifitas terhadap cash dan analisa prediksi nilai tukar dengan menggunakan rumus absolute forecast error as a percentage of the realised value. Amcor sudah menetapkan kebijakan menggunakan fixed price swaps, options and futures dalam lindung nilai. Selain itu juga membuat perjanjian interest rate dan cross currency swaps, forward rate, serta interest rate options dalam hal lindung nilai suku bunga dan exposure mata uang asing. Analisa studi kasus AL pada periode analisa 2004 sampai 2008 menunjukkan bahwa cash flow AL sensitive terhadap fluktuasi. AL merubah kebijakan lindung nilai pada tahun 2008 setelah diadakan peninjauan kembali mengenai jumlah dan volume exposure mata uang asing. Rekomendasi diberikan untuk AL bahwa mereka dapat menggunakan forward contract jangka panjang dan money market hedging sebagai strategi alternative mengingat kondisi krisis global saat ini. Saran lain adalah ekspansi usaha kenegara lain dan difersifikasi produk untuk mendapatkan matching currency cash flow yang lebih baik sehingga operating exposure dapat diperkecil. ......This thesis examines how a Multinational Corporation (MNC) manages their international financial activities in terms of diversity of currencies. The research purpose is thus aiming (1) to study and analyse whether the currency risk in MNC?s cash flows can be reduced with the hedging instruments they have used during the period of 5 (five) financial years in order to manage the operating exposure (2) to pull together all relevant strands of the literature and to present a comprehensive analysis on operating exposure. In international trading, currencies move rapidly amongst countries. Since value of assets, liabilities, revenues and costs are sensitive to fluctuation of foreign exchange rates, there are always possibilities of exposure in the financial activities, for example, currency exposure. Should there be an unexpected fluctuation of exchange rate, company suffers loss or in reverse gain profit. The decisions to reduce risk on exposure may vary year to year. If the Company is able to reduce risk this year by using a hedging instrument, they may apply the same one in the following year or do a further research to select better hedging instrument. An Australian based MNC, Amcor Limited (AL), was selected to be the object study as it is operating globally and a manufacturing company with diversified products on packaging which its raw material imported from more than one country and sell their products abroad. This thesis gives recommendation to Amcor in order to protect firm?s value from currency risk in the following years and improve their executive decision-making in risk management. Steps of data analysis consist of comparison between actual rate of AL and market rate from RBA. The variance of this comparison showing how AL spent their cash to buy the foreign currencies. Analysis of sensitivity to the cash flow and analysis on forecasted exchange rates using the formula of absolute forecast error as a percentage of the realised value. AL has set up to use the fixed price swaps, options and futures. AL enters into interest rate and cross currency swaps, forward rate agreements and interest rate options to hedge interest rate and foreign currency exposures. Analysis on case study of AL in the period of 2004 to 2008 showing that cash flow of AL is sensitive to fluctuation. AL has changed its hedging policy in 2008 after a reassessment of amounts and volume of foreign currency exposures. Recommendation provided is AL can also use a long term forward contract and money market hedging as an alternative hedging strategy considering to the company and market condition especially during current economic crisis. Other suggestion is business expansion to other country and product diversification to get higher matching currency cash flow, therefore, the operating exposure can be minimized.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25658
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fachrudin
Abstrak :
One of nowadays paradigm shift in business is to realize that community surrounding is one of the prominent factors that may affect the sustainability of the business organization. So, community development program as corporate social responsibility became so important in international scale business organizations. But, what is actually the advantages of the company if the company concerns to the community surrounding ? This research is qualitative research with the field observation as primary data and supported by previous research as secondary data. And to answer the question, researcher took PT. RAPP at Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau province as the research case. The depth interview and field observation based on the several concepts such as corporate social responsibility, community development, and the corporate sustainability. The field observation implemented by doing some inspection about the real condition of research object and indepth interview to several villagers surrounding the company, the staffs on the forestry sector areas, and the management of CD department located on three of ten PT. RAPP's concession areas, namely Pelalawan, Langgam, and Ukui. PT. RAPP CD program already reached about 14.000 people from about 200 villages surrounding the company. The impact to the community is the shift of resource income, the improvement of education, health, and social infrastructure of community surrounding the company. But still, the dependencies of the community to the program's support will become another problem in the future if it didn't anticipate immediately. Beside obstructed the self-reliance progress of the community, the dependencies will allocate the support of the program to certain location which might interrupt the improvement of program coverage. However, the changes of community condition brought the advantages to the company as well. Decreasing interruption to the resource input process and cooperative attitude of the community in solving their problem with the company are the impacts of PT. RAPP CD program implementation. The other impact of the CD program is the international recognitions such as ISO 14001 in 2000 and 2001 that might affect the company image in international market. From the coverage point of view, this research might need improvement in the future. But the social concerns of business organization should paid attention by the' government. Then, from what researcher discovered, the implementation of CD concept by PT. RAPP could be an alternative model for other multinational corporation in creating and maintaining the good relation between the company and the community surrounding.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T13737
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
India's increasing population has attracted a host of multinational corporations (MNCs) to enter the country to tap its market. Because of their enthusiasm and the favorable market conditions, these MNCs get carried away and sometimes regulations are flouted. The absence of clear regulations leads to problems when government agencies find fault with MNCs products.
[s.l]: [s.n], 2006
300 APS 6:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rusdiansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini berisi analisis tentang perilaku perusahaan multinasional (MNC) di sektor manufaktur dengan memanfaatkan data Surat Pemberitahuan periode 2009-2016. Penelitian ini menemukan bahwa perbedaan tarif pajak antara Indonesia dan negara asal MNC secara signifikan mempengaruhi laba sebelum pajak yang dilaporkan oleh MNC. MNC yang dimiliki penuh dan MNC yang mempunyai keterkaitan dengan tax haven lebih responsif terhadap perbedaan tarif pajak dibanding jenis MNC lainnya. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan thin capitalisation rule menurunkan respon MNC terhadap perbedaan tarif pajak. Selain itu, MNC di Indonesia secara dominan menggunakan skema transfer pricing untuk mengalihkan laba.
ABSTRACT
This paper analyses the profit shifting behaviour of Indonesian manufacturing multinational corporations (MNCs) using tax return data over the period 2009-2016. This paper finds that the tax rate differentials between Indonesia and MNCs home countries significantly affect the pre-tax profits reported by MNCs. Wholly-owned MNCs and MNCs with links to tax havens are more responsive to tax rate differentials than other types of MNCs. Further, this study also finds that the responsiveness of MNCs to tax rate differentials decreases when thin capitalisation rules exist. Moreover, the results show that Indonesian MNCs predominantly use transfer pricing schemes to shift their profits
2019
T55260
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stiglitz, Joseph E.
New York: W.W. Norton, 2006
337 STI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This volume of Research in Global Strategic Management, the first under the new editorship of William Newburry, provides new perspectives on headquarters-subsidiary relationships in the context of the contemporary multinational corporation.
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469360
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Mahrudi
Abstrak :
ABTRAK
Dalam tesis ini saya akan menunjukkan bahwa achievement, success, dan adaptive sebagai nilai-nilai budaya Amerika merupakan tindakan dalam pandangan hidup (world view) bangsa Amerika yang berorientasi kepada berfikir kedepan (thinking ahead), menjadi pedoman dalam menilai dan untuk menjadi lebih baik yang interinsik dalam kehidupan sehari-hari bangsa Amerika. Kemudian dengan nilai-nilai budaya tersebut yang tercermin dalam General Electric (GE) dapat melahirkan transformasi manajemen korporasi multinasional GE. Hal tersebut yang akhirnya dapat memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu manajemen serta keberhasilan korporasi (multinasional) Amerika di akhir penghujung abad ke 20 ini dan abad ke 21 nantinya, khususnya setelah mengalami krisis kemunduran di tahun 1970-GO an karena persaingan pasar di dalam dan di luar negeri yang mematikan perusahaan-perusahaan besar Amerika.

General Electric didirikan oleh Thomas Edison di tahun 1887. Di tahun 1919 GE pernah membantu mendirikan Radio Corporation Amerika (RCA) yang akhirnya tujuh tahun kemudian berubah namanya menjadi NBC radio network dan GE menjadi sebagian pemiliknya. Namun persekutuan ini berakhir di tahun 1933 karena Federal Court memaksa GE untuk melepaskannya. Di tahun 1950-60 an kedua perusahaan ini pernah menjadi buah bibir pembicaraan rumah tangga karena produk yang dihasilkannya. Konsumen mengenal GE (yang bergerak dibidang communication, space technology, dan electronic industry) dengan produk light bulbs dan refrigeratornya. Sedangkan RCA (yang bergerak dalam bidang bisnis defense electronics, consumer electronics, satellites) terkenal dengan program TV dan Rekaman Elvis Presley. Di pertengahan tahun 1980-an kedua perusahaan raksasa ini kembali bergabung dan menjadi merger. GE dengan 300 ribu orang karyawan dengan omset penjualannya sebesar $ 275 billion dan tergolong sebagai perusahaan industri besar nomor tujuh di Amerika Serikat waktu itu. Sedangkan RCA dengan 106 ribu karyawannya memiliki omset penjualan sebesar $ 10.11 billion dan merupakan perusahaan jasa nomor dua di Amerika Serikat. Maka dengan demikian bertambah kuatlah GE dengan adanya marger ini.


Jack Welch meraih PhD degree dalamh chemical Engineer tahun 1960 dari University of Illonois. Dan sebelumnya master degree dalam engineering dari universitas yang sama pula, di tahun 1960 sebagai process chemical engineering di bidang Polyphenolin Oxide (PPO). Beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang Process Development Project Leader yang mengembangkan PPO menjadi Noryl yang menjadi bisnis komersial dan akhirnya menjadi manajer Polymer Products Manufacturing di tahun 1963. Tabun 1977 ia menjadi Sector Executive.

Sejak Jack Welch memasuki dan menjadi CEO (Chief Executive Officer) di GE di tahun 1981 ia adalah seorang CEO yang paling berhasil dari sejak berdirinya GE?
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meico Hendra
Abstrak :
Dasawarsa terakhir di Indonesia telah menjadi suatu cerminan globalisasi industri yang kian dramatis, ditunjukan dalam hal liberalisasi kebijakan perdagangan, peningkatan transaksi moneter, peredaran barang-barang yang kian cepat, kemajuan dalam transportasi, komunikasi dan teknologi informatika. Salah satunya yang paling menonjol adalah bisnis ritel di Indonesia yang mengalami pergeseran dramatis sejak masuknya perusahaan multinasional ke pasar nasional. DimuIai dari masuknya Carrefour pada Juni 1998 di Jakarta, hingga kini banyak retailer dalam dan luar negeri terns berkompetisi dalam industri ritel. Lingkungan dalam industri yang mendesak tersebut memaksa pihak akademisi dan praktisi pemasaran, terutama pihak ritel nasional, untuk meneliti beragam faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas terhadap gerai di Jakarta. Walaupun pada dasarnya, membangun dan me-maintain gerai yang telah berada dalam lingkungan pasar yang jenuh merupakan hal yang sulit, namun beberapa penelitian tetap diupayakan untuk dilakukan, berkaitan dengan dimensi-dimensi citra gerai yang relevan dengan lingkungan bisnis ritel di Jakarta dan pengaruh secara hirarki antara citra gerai dan sikap terhadap gerai pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini mencoba menguji apakah karakteristik lingkungan ritel, yang dianggap sebagai citra secara global dan abstrak, dan sikap yang terbentuk terhadap suatu gerai, dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan bagaimana kepuasan tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 180 sampel di 2 lokasi gerai Giant Hypermarket dalam area Jabotabek, diperoleh indikasi bahwa (1) citra gerai memiliki hubungan dalam pembentukan sikap terhadap gerai, (2) kepuasan pelanggan dapat dibentuk melalui citra gerai dan sikap terhadap gerai, (3) kepuasan pelanggan dan citra gerai secara signifikan berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, (4) loyalitas pelanggan tidak dipengaruhi secara langsung oleh sikap terhadap gerai. Dengan meneliti urutan pengaruh pada beragam hal yang berkaitan dengan pola belanja di suatu gerai, penelitian ini berupaya memberikan pandangan tepat bagi retailer nasional dan multinasional dalam menerapkan kebijakan yang lebih efektif dalam lingkungan bisnis ritel di Jakarta, terutama bagi retailer nasional dalam merencanakan dan menerapkan kebijakan yang terstandarisasi dalam beroperasi. Penelitian ini juga memberikan tinjauan literatur terhadap teori dan dalil yang berhubungan dengan citra gerai, selain pengajuan dugaan-dugaan awal atau hipotesis dalam hubungannya antara citra gerai, sikap terhadap gerai, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Hasil pengujian secara empiris terhadap hipotesis yang diajukan dan pembahasannya juga disediakan pada akhir penelitian. Dan sebagai penutup, penelitian ini memberikan implikasi manajerial dan kesimpulan penelitian serta saran-saran untuk penelitian yang lebih lanjut.
Indonesia last decade has witnessed a dramatic globalization of industries, mainly due to increasing liberalization of trade policies, growing in monetary transactions, and uninterrupted flow of goods, advances in transportation, communication, and information technologies. Especially, the retail business in Indonesia has experienced dramatic changes with multinational corporations entering the market. Since Carrefour first opened its retail store at Jakarta on June 1998, both domestic and international retailers have confronted fierce competition in Jakarta. Urgent market environment forces both marketing academicians and practitioners, especially of national retail entities, to delve into the various factors affecting retail store satisfaction and loyalty in Jakarta. Building and maintaining store associations in the mature market are more difficult than the stores in the early stage. But relatively little research has directed its focus on the various dimensions of retail images relevant to the retail environment in Jakarta and the hierarchical effects of store images and the overall store attitude on customer satisfaction and loyalty. This research examines how various characteristics of retail environment, considered to be an abstract and global image component, and the overall attitude towards a retail store influence customers' satisfaction and how consumers' satisfaction, in turn, affects customers' loyalty. The data, collected from 180 samples of 2 stores of Giant Hypermarket in Jabotabek area, indicate that (1) forming the overall attitude is closely related to store images on characteristic of the store; (2) customer satisfaction is formed through perceived store image and overall attitude toward the store, (3) customer loyalty is directly affected by most significantly customer satisfaction, and store image, (4) customer loyalty is not related to customers' attitude toward the store. By delving into the sequential influences among various related to the retail store patronage, this research could provide valuable insights to both domestic and foreign retail entities on what policies in Jakarta retail market are more effective. This research is insightful especially for national retailers in devising store management policies on whether to standardize or adapt their operation in Jakarta. This research provides literature review on theories related to store image. And the hypotheses on relationships among store images, the overall store attitude, and customer satisfaction, and customer loyalty will be proposed the empirical tests of hypotheses and discussion of the results will follow. The research will conclude by addressing the theoretical and managerial implications of the findings.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T18447
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Devina Mandayani
Abstrak :
Beberapa studi sebelumnya yang mengevaluasi efek FDI terhadap upah pekerja perusahaan lokal menunjukkan hasil yang beragam. Penelitian ini mengevaluasi dampak FDI yang dipresentasikan oleh wage spillovers MNC terhadap upah pekerja perusahaan manufaktur domestik di Indonesia. Kami menggunakan panel data mikro dari tahun 2007 sampai 2013 dan analisis data mengacu pada model empiris yang digunakan pada literatur dengan hipotesis key-industry. Kami juga mengevaluasi efek jangka panjang menggunakan delta method. Analisis menunjukkan bahwa keberadaan MNC memberikan efek positif terhadap upah pekerja di perusahaan domestik. Efek yang dihasilkan jangka panjang lebih rendah dibandingkan jangka pendek.
Prior studies observing the impact of FDI on local wages showed inconsistent results. This study examines the impact of FDI presenting by MNCs wage spillovers on labour wages in local manufacture firms in Indonesia. We used micro panel data from 2007 to 2013 and the analysis utilizes empirical models used in the literature on the key-industry hypothesis. We also observed the long term effect using delta method. The analysis shows that the existance of MNCs give positive effect on labour wages in local firms. The effect inflicted on long term is lower than it is on short term.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T46201
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>