Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan jaringan kewirausahaan dengan persepsi kesuksesan usahawan kecil dan kesan "moderating" jenis pembelajaran terhadap hubungan tersebut ...
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Agustiawan Fuad
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh aktiva dan modal terhadap penerima lingkage program BMT. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan pendamping program, yakni mengolah data yang didapatkan dari Baitulmaal Muamalat, lembaga yang diberikan kewenangan oleh Bank Muamalat untuk melakukan pendampingan progam. Mengelompokan data keuangan pada BMT atas data Aktiva, Total Modal. Dengan jumlah BMT yang cukup besar dan tersebar di seluruh wilayah, sesungguhnya BMT memiliki potensi pembiayaan dan pengelolaan Jana yang cukup besar, khususnya dalam melakukan pembiayaan kepada UKM. BMI pada tahun 2004 memiliki kebijakan untuk menyalurkan dana lingkage sebesar 200 milyar dengan pola executing dan akad mudharabah. Dalam penyaluran dana lingkage program, jumlah dana yang diterima oleh BMT tidak merata. Secara teoritis besamya lingkage program dapat dikaitkan dengan besarnya modal dan aktiva yang dimiliki BMT. Artinya BMT yang memiliki modal dan aktiva yang besar tidak selalu mendapatkan dana lingkage yang besar, demikian pula sebaliknya bahwa BMT yang memiliki modal dan aktiva kecil mendapatkan dana lingkage yang kecil pula. Penelitian yang dilakukan adalah melakukan analisa pengaruh aktiva dan modal BMT terhadap penerimaan dana lingkage program BMT (Studi kasus penyaluran dana lingkage di BMI). Dari penelitian diperoleh bahwa jika nilai variabel aktiva dan modal sama dengan nol, maka Dana Lingkage adalah 7.060.844.5 rupiah. maka setiap kenaikan 1 rupiah Aktiva akan mengakibatkan kenaikan Dana Lingkage sebesar 0,184 % dan setiap kenaikan 1 rupiah Modal akan mengakibatkan naiknya Dana Lingkage sebesar 0,011%. Dengan demikian apabila kedua variabel diregresi secara bersamaan, maka variabel Aktiva paling kuat pengaruhnya terhadap perubahan dana lingkage.
ABSTRACT
The purpose of the research is to analyze the potential of the linkage program for BMI in the assets side and liabilities directly as well as indirectly to make the fund 100% effective. The goals are (a) to know the influence of fund to the assets and liabilities (as moderating variable) in the linkage program; (b) to find out how the fund can influence the liabilities (intervening variable); (c) to find out how far the fund can influence the linkage program. We use the data that we got from Baitulmaal Muamalat, an institution given by Muamalat Bank to assist and guide the program. Then, we group the financial data in BMT on liabilities and total assets. With the big number of BMT in all over Indonesia, BMT has good potential to finance and manage the fund especially to subsidize micro and small enterprises. Having seen the investment possibilities. Bank Muamalat Indonesia (BMI) in 2004 has policy to give the linkage fund with the amount of 200 billions with executing fund and `akad mudharabah'. But the program linkage is only effective 3 billions. To make it more effective, we do further research towards BMT financial structure abilities to to run linkage fund in Bank Muamalat Indonesia.
2007
T20672
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Syafira Efrial
Abstrak :
Tingkat turnover yang tinggi merupakan salah satu tantangan dalam manajemen terutama untuk meningkatkan retensi dari karyawan sehingga diperlukannya pencegahan akan peningkatan turnover intentions. Keadaan di lingkungan kerja yang penuh tuntutan pekerjaan dapat mempengaruhi tingkat stres dan kepuasan dari karyawan yang bekerja di bank yang mampu berdampak akan turnover intentions. Salah satu sumber daya yang dapat mengatasi tuntutan di dalam pekerjaan dapat berupa job embeddedness yang berasal dari dalam maupun luar faktor pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari job satisfaction dan job stress terhadap turnover intentions yang dimoderasi oleh job embeddedness kemudian juga moderasi dari job satisfaction pada pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Data diperoleh dari 183 karyawan yang bekerja di bank yang ada di Indonesia melalui kuesioner daring. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan Lisrel 8.80. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara negatif dari job satisfaction dan secara positf dari job stress terhadap turnover intentions. Juga job stress berpengaruh negatif terhadap job satisfaction. Job satisfaction selain berpengaruh langsung, juga mampu melemahkan pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Job embeddedness memoderasi secara positif pengaruh job satisfaction pada turnover intentions. Sementara moderasi positif moderasi job embeddedness pada pengaruh job stress dan turnover intentions tidak terbukti secara signifikan. ......A high turnover rate is one of the challenges in human resources management, especially to increase employee retention, so it is necessary to do prevention of high turnover intentions rate. Conditions in a work environment which is full of job demands can affect the employees’s stress and satisfaction level which can have an impact on turnover intentions. One of the resources that can overcome the high job demands is job embeddedness which comes from within or outside the job factor. The purpose of this study is to analyze the effect of job satisfaction and job stress on turnover intentions which are moderated by job embeddedness and then also the moderation of job satisfaction on the effect of job stress on turnover intentions. Data were obtained from 183 employees who work at banks in Indonesia through an online questionnaire. This research uses SEM method with Lisrel 8.80. The results show that there is a significant negative effect of job satisfaction and a positive effect of job stress on turnover intentions. Also job stress has a negative effect on job satisfaction. Besides having a direct effect, job satisfaction is also able to buffer the effect of job stress on turnover intentions. Job embeddedness positively moderates the effect of job satisfaction on turnover intentions. Meanwhile, positive moderation of job embeddedness on the effect of job stress and turnover intentions is not significantly proven.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meliala, Christian Valentino S.
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh penerapan konservatisme akuntansi terhadap nilai perusahaan dan bagaimana penerapan lindung nilai instrumen derivatif memperkuat pengaruh positif konservatisme terhadap nilai perusahaan. Untuk membedakan karakteristik masing-masing lindung nilai instrumen derivatif, maka digunakan pembedaan berdasarkan risiko yang dilindungi yakni risiko nilai tukar, suku bunga dan harga komoditas. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi data panel pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif konservatisme terhadap nilai perusahaan. Untuk hasil dari variabel pemoderasi penerapan lindung nilai instrumen derivatif atas keseluruhan risiko yang dilakukan perusahaan tidak berperngaruh terhadap hubungan positif konservatisme terhadap nilai perusahaan. Namun dari hasil pengujian untuk masing-masing risiko, lindung nilai atas risiko suku bunga terbukti berpengaruh negatif terhadap hubungan positif konservatisme terhadap nilai perusahaan sedangkan lindung nilai atas risiko nilai tukar dan harga komoditas tidak mempengaruhi hubungan positif konservatisme terhadap nilai perusahaan.
ABSTRACT
This study aims to investigate empirical evidence about the effect of accounting conservatism on firm value and furthermore how hedging with derivative instrument strengthen the positive effect of conservatism on firm value. In order to distinguish any hedging with derivative instrument characteristic, then hedging with derivative instrument utilized by the risk its hedge, particularly foreign exchange risk, interest rate risk, and commodity price risk. This research use panel data regression testing at non financial company data listed on the Indonesia Stock Exchange during 2012 to 2015. Based on empirical test results, we conclude that there is positive effect of conservatism in firm value. For the moderation variable results, hedging with derivative instrument to all kind of risk have no effect to conservatism positive effect on firm value. However, from the tests result for each risk, hedging on interest rate risk has effect negatively to conservatism positive effect on firm value, while hedging on foreign exchange risk and commodity price risk has no effect to conservatism positive effect on firm value.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Agus Hendra Harjaya
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh leverage sebagari moderasi pengaruh komponen corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Komite audit, jumlah dewan komisaris, rasio komisaris independen, auditor big four, dan konsentrasi kepemilikan adalah proksi untuk komponen corporate governance. Sementara proksi yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan adalah ROE. Hasil penelitian menemukan komponen corporate governance tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan sementara leverage berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Interaksi leverage dengan komponen corporate governance menunjukkan efek moderasi kecuali pada interaksi variabel leverage auditor big four terhadap kinerja perusahaan.
This study discusses the moderating effect of leverage towards corporate governance and firm performance. Audit comitee, board size, independent board member, big four auditor, and ownership concentration are used as corporate governance proxy meanwhile ROE is used to predict firm performance. This study found that corporate governance has no significant effect towards firm performance. Therefore leverage bring significant effect to firm performance. For moderating effect, this study found evidence that interaction between leverage and corporate governance component shown moderating effect to firm performance except interaction between leverage*big four auditor that shown no moderating effect.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rismanti Amalia Nurahmawati
Abstrak :
E-grocery merupakan sistem penjualan yang diterapkan oleh ritel atau supermarket untuk memasarkan produk secara online. Dukungan dari teknologi yang semakin meningkat dan anggaran untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang besar menyebabkan aplikasi e-grocery semakin banyak dikembangkan dan diperkenalkan di masyarakat. Walaupun demikian, minat masyarakat dalam menggunakan e-grocery di Indonesia masih cukup kurang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat beralih konsumen dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari secara langsung menjadi daring dengan menggunakan efek moderasi jenis kelamin. Kemudian, dari hasil pengumpulan data terkumpul sebanyak 522 responden valid. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan software AMOS 21.0. Hasil pengolahan data dan analisis data menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi niat beralih konsumen dari berbelanja secara langsung menjadi daring di Indonesia adalah perceived in channel-risk, perceived in price-search intentions, mobilty, perceived in delivery. Selain itu, efek moderasi jenis kelamin secara signifikan memoderasi faktor yang memengaruhi niat beralih konsumen.
ABSTRACT
E-grocery is a system applied by retail or brick-and-mortar supermarket to sell their products online. The advancement of technology and budget to meet daily needs has caused e-grocery applications to be more developed and introduced to consumers. However, there is a low consumer's intention to use e-grocery in Indonesia. Therefore, this study is conducted to find out factors that affect consumer's intention to switch from offline grocery shopping to online grocery shopping using the moderating effect of gender. From the results of data collection, has managed to collect 522 valid respondents. The data is then analyzed using the Covariance Based Structural Equation Modeling (CB- SEM) method with the help of AMOS 21.0 software. The results of data processing and data analysis show that the factors that influence consumers' intention to switch from shopping offline to online in Indonesia are perceived in channel-risk, perceived in price- search intentions, mobility, and perceived in delivery. In addition, the moderating effect of gender significantly affect the factors that influence consumers` intention to switch.

Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mario Yehuda
Abstrak :
Dunia pemasaran memasuki era baru Marketing 4.0, dimana adanya perubahan fokus kepada penciptaan dan pengelolaan interaksi dengan konsumen dan dengan demikian menciptakan proses komunikasi tingkat tinggi antara brand dan konsumen (Kotler et al., 2017). Penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas Marketing 4.0 dalam industri otomotif dan fast moving consumer goods (FMCG). Penelitian ini menganalisis hubungan elemen Marketing 4.0, product category, customer satisfaction, dan purchase intention. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 660 responden melalui metode random sampling, terdiri dari 395 responden dari kategori produk FMCG dan 265 responden dari konsumen produk otomotif. Responden disaring melalui beberapa pertanyaan terkait domisili dan periode pembelian produk. PLS-SEM digunakan sebagai metode untuk menganalisis hubungan antara elemen Marketing 4.0 & purchase intention. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dan Brand Integrity secara signifikan mempengaruhi kepuasan konsumen secara positif. Brand Integrity, Brand Interaction, dan Customer Satisfaction juga secara signifikan mempengaruhi Purchase Intention. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara hubungan elemen Marketing 4.0 dan Purchase Intention pada product category yang berbeda dalam level signifikansi 95%. Namun, penelitian ini menemukan bukti empiris perbedaan signifikan antara dua produk kategori pada hubungan Brand Identity terhadap Purchase Intention pada level signifikansi 90 %. ......The marketing world has entered a new era called Marketing 4.0, where the focus shifts towards the creation and management of interactions with consumers, thereby establishing high-level communication processes between brands and consumers (Kotler et al., 2017). This study aims to understand the effectiveness of Marketing 4.0 in the automotive and fast-moving consumer goods (FMCG) industries. The research analyzes the relationships between Marketing 4.0 elements, product category, customer satisfaction, and purchase intention using PLS-SEM. A sample of 660 respondents was obtained using random sampling, consisting of 395 respondents from the FMCG product category and 265 respondents from automotive product consumers. Respondents were filtered based on questions related to their domicile and purchase period. This study’s result indicate that Brand Image and Brand Integrity significantly influence customer satisfaction in a positive manner. Brand Integrity, Brand Interaction, and Customer Satisfaction also significantly affect Purchase Intention. Furthermore, this research shows there is no significant difference in the relationships between Marketing 4.0 elements and Purchase Intention across different product categories at 95% significance level. However, the study found empirical evidence of a significant difference between two product categories in the relationship between Brand Identity and Purchase Intention at a significance level of 90%.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanya Permata Azzura
Abstrak :
Makanan sehat merupakan kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi setiap hari. Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan tubuh. Kenyataan nya banyak masyarakat Jakarta yang masih rendah dalam mengonsumsi makan sehat. Hal ini menyebabkan tingginya jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia. Tingginya angka penderita PTM merupakan beban baik bagi masyarakat maupun negara. Hal ini dikarenakan PTM merupakan penyakit yang tidak menular tapi dapat menyebabkan kematian, proses penyembuhan membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar. Untuk itu menjaga kesehatan tubuh dengan memastikan konsumsi makanan yang sehat penting untuk ditingkatkan khususnya bagi masyarakat Jakarta. Kebiasaan mengonsumsi makanan kekinian yang tidak sehat adalah salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki oleh kebanyakan orang Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kebiasaan mengonsumsi makanan sehat menggunkakan model perluasan dari Theory of Planned Behavior dengan menambahkan faktor Health Conciousness dan Knowledge of Heathy Food. Analisis terhadap mediating and moderating effect dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi consumption of healthy food dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Setelah itu rekomendasi strategi berdasarkan hasil analisa disusun dan diprioritaskan menggunakan Relationship Matrix. ......Healthy food is a basic human need that need to be fulfilled every day. Eating healthy food is an effort to maintain a healthy body. In fact, many people still have a poor eating diet. Poor eating diet can cause a non-contagious disease. The high number of patient that suffer with diseases will be a burden for both the community and the state. This is because a non-contagious disease is a disease that are not contagious but have a high risk of death. A non-contagious disease patient will take a long time to be healed and the medication itself cost a lot of money. To maintain a healthy body consumption of healthy food is important, especially for people of Jakarta that have a poor eating diet. This study was conducted to identify the factors that influence the habit of eating healthy foods using an extended model of Theory of Planned behavior (TPB) by adding the factors of Health Consciousness and Knowledge of Healthy Food. Analysis of the mediation and moderation effect of the factors was carried out using Structural Equation Modelling (SEM). After gaining the result form the analysis, this study will create strategy based on it and prioritized them using Relationship Matrix.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Sekarwangi
Abstrak :
Tujuan - Tujuan dari penelitian yang disajikan dalam makalah ini adalah untuk mengisi kesenjangan dalam studi sebelumnya dan melihat apakah pilihan kata-kata yang digunakan oleh pemberontak moral akan mengurangi atau meningkatkan keinginan seseorang untuk memutuskan untuk membeli produk hijau. Selain itu, bagaimana budaya individualis dan kolektivis memoderasi hubungan antara dua variabel. Metodologi - Proses pengumpulan data akan dilakukan melalui survei Qualtrics, yang nantinya didistribusikan kepada responden Indonesia dan Belanda. Setelah mengumpulkan data, saya berhasil mengumpulkan 147 responden dan menjalankan regresi untuk menguji hipotesis. Temuan - Dalam makalah penelitian ini, saya tidak dapat menemukan dukungan untuk kedua hipotesis. Namun, saya menemukan bahwa ada beberapa alasan mengapa orang akan bereaksi berbeda ketika mereka dihadapkan dengan pemberontak moral yang menggunakan pernyataan bermuatan moral. Saya juga menemukan pembenaran terhadap fakta bahwa meskipun seseorang berasal dari budaya kolektivis, mereka masih memikirkan kepentingan mereka sendiri daripada pendapat kelompok. Orisinalitas – Tulisan ini mencoba mengisi kekosongan yang ada dalam literatur masa lalu dengan melihat bagaimana pemberontak moral dapat mempengaruhi niat seseorang untuk membeli produk hijau dan juga dengan menambahkan budaya kolektivis vs individualis sebagai moderator. ......Purpose - The objective of the study presented in this paper is to fill the gap in the past studies and see whether the choice of words used by moral rebels will decrease or increase one's desire to decide to purchase green products. Moreover, how individualist and collectivist cultures moderate the relation between the two variables. Methodology - The process of data collection will be conducted through a Qualtrics survey, which later on distributed to Indonesian and Dutch respondents. After collecting the data, I managed to gather 147 respondents and run a regression to test the hypothesis. Findings - In this research paper, I wasn’t able to find support for both hypotheses. However, I found that there are several reasons why people would react differently when they are faced with moral rebels that use morally charged statements. Also, I found a justification for the fact that even though someone comes from a collectivist culture, they still think about their own interest instead of the group’s opinion. Originality - This paper tried to fill in the gap that exists in the past literature by looking at how moral rebels can affect someone's intention to purchase green products and also by adding the collectivist vs individualist culture as the moderator.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library