Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Padang Mursalin
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji penerapan model evaluasi Kirkpatrick pada Lembaga
Pendidikan Musik Perguruan Cikini. Permasalahan umum pada penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi terhadap LPM Perguruan
Cikini dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Secara lebih khusus,
penelitian ini bertujuan mengetahui reaksi yang dimiliki pihak-pihak yang terlibat
dalam program pendidikan LPM Perguruan Cikini terhadap materi program
pendidikan biola, pengajar, cara penyampaian, fasilitas, jadwal, proses
pembelajaran yang terjadi, dan penerapan tingkah laku hasil pembelajaran
dalam lingkungan kerja.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dengan
jumlah subjek sebanyak enam orang. Subjek terdiri dari siswa, pengajar dan
Kepala Sekolah LPM Perguruan Cikini. Metode analisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan kualitatif. Penelitian
ini memilih subjek penelitian melalui prosedur accidental sampling.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) pelaksanaan kurikulum di LPM Perguruan
Cikini tidak berjalan dengan baik karena pelaksanaan yang dilakukan tidak
sejalan dengan perencanaan; (2) mayoritas subjek tidak memiliki respon positf
tSrhadap program yang dimiliki LPM Perguruan Cikini; (3) kemampuan pengajar
masih belum memadai; (4) LPM Perguruan Cikini tidak memiliki cara
penyampaian yang baku; (5) materi LPM Perguruan Cikini masih membutuhkan
masukan-masukan baru (6) ada masalah komunikasi antar pihak-pihak terkait;
(7) fasilitas pendukung masih belum mencukupi; (8) lama waktu belajar dan
latihan konser sudah mencukupi."
2004
S3476
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandra Sangga Dewi
"Perinasia adalah organisasi seminat di bidang perinatologi, dimana salah satu kegiatannya menyelenggarakan pelatihan konseling menyusui dengan menggunakan modul pelatihan WHO/UNICEF metode 40 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan konseling menyusui modul 40 jam oleh Perinasia periode tahun 2015-2016. Penelitian ini mengacu pada model evaluasi empat level Kirkpatrick, terfokus pada evaluasi reaksi dan pembelajaran. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen, dilanjutkan dengan survei cepat Rapid Survey Method . Evaluasi level reaksi dan pembelajaran dilakukan pada 385 data peserta yang memenuhi kriteria sampel, dilanjutkan wawancara telepon pada 60 eks peserta pelatihan untuk mengetahui pengalaman implementasi setelah pelatihan.
Hasil penelitian menunjukkan pelatihan konseling menyusui mampu memberikan kepuasan bagi sebagian besar peserta, baik pada level reaksi maupun pembelajaran. Penelitian juga membuktikan bahwa pelatihan konseling menyusui modul 40 jam sesuai untuk semua golongan karakteristik baik jenis kelamin, umur, pengalaman pelatihan dan profesi. Kepuasan dilevel reaksi dan pengetahuan berpengaruh terhadap pencapaian dilevel perilaku. Respon survei cepat mencapai 45 dari sampel, diperoleh informasi bahwa sebagian besar peserta mampu mengimplementasikan hasil pelatihannya ditempat kerja masing-masing dengan baik dan dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan kerjanya. Dampak bukan dalam bentuk finansial, melainkan peningkatan pelayanan pasien. Sarannya, agar dirancang metode evaluasi untuk dapat mengevaluasi keterampilan, kompetensi, dan komitmen peserta pelatihan.

Perinasia is an organization of interest in the field of perinatology, where one of its activities conducts breastfeeding counseling training using WHO UNICEF method of training method 40 hours. This study aims to evaluate counseling training module feeding 40 hours by Perinasia period 2015 2016. This study refers to a four level Kirkpatrick evaluation model, focused on evaluation of reactions and learning. The study design was quasi experiment, followed by rapid survey Rapid Survey Method . Evaluation of reaction and learning levels was conducted on 385 participant data that met the sample criteria, followed by telephone interviews on 60 ex trainees to find out the implementation experience after the training.
The results showed that breastfeeding counseling training can provide satisfaction for most participants, both at reaction level and learning level. The study also proved that 40 hour module feeding counseling training is appropriate for all classes of characteristics of either sex, age, training experience and profession. Satisfaction at the level of reaction and knowledge affect the attainment of behavioral level. A rapid survey response of 45 of the sample obtained information that most participants were able to properly implement their training outcomes in their workplace and could have a positive impact on their work environment. The impact is not in financial form, but rather the improvement of patient care. Suggestion, to be designed evaluation method to be able to evaluate skill, competence, and commitment of trainee."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S69836
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadja Tazkiya
"Penelitian dilakukan selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2021 hingga bulan Juni 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pelatihan “Ngompos Kuy!” menggunakan model evaluasi program pelatihan Kirkpatrick dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan eksploratif. Penelitian dilakukan pada peserta “Ngompos Kuy!” angkatan 11 dengan mengukur kepuasan peserta untuk mengetahui ketercapaian komponen input, pengetahuan tentang materi dan keterampilan pasca pelatihan untuk mengukur komponen output, serta perilaku pasca pelatihan untuk mengukur komponen outcome. Hasil pengukuran terhadap variabel-variabel tersebut menunjukan bahwa seluruh komponen dan tujuan program telah tercapai sehingga program dapat dinyatakan efektif. Dilakukan pula pengujian hubungan antara variabel bebas Pengetahuan Tentang Materi dan Keterampilan Pasca Pelatihan dengan variabel terikat Perilaku Pasca Pelatihan. Hasil uji bivariat menunjukan bahwa Pengetahuan Tentang Materi tidak berhubungan dengan Perilaku Pasca Pelatihan sedangkan Keterampilan Pasca Pelatihan berhubungan lemah dengan Perilaku Pasca Pelatihan.

This research was conducted for six months, started from January 2021 to June 2021. This research aims to evaluate the effectiveness of training program “Ngompos Kuy!” using Kirkpatrick’s training program evaluation model with descriptive and exploratory quantitative approach. The effectiveness is measured based on the achievement of input, output, and outcome components which are trainee’s satisfaction, conceptual knowledge, post-training skills, and post-training behavior of “Ngompos Kuy!” batch 11 participants. Result shows that this program is effective because each component and program objectives are achieved. Moreover, this research tries to find the relationship between Conceptual Knowledge and Post-Training Skills as independent variables with Post-Training Behavior as a dependent variabel. The results show that there is no relationship between Conceptual Knowledge and Post-Training Behavior, hence the findings also show that there is a weak relationship between Post-Training Skills and Post-Training Behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library