Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Naila Triandaya Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi E-Govqual yang terdiri dari reliability (keandalan), efficiency (efisiensi), citizen support (dukungan warga), dan trust (kepercayaan) terhadap kepuasan pengguna layanan M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif dan analisis jalur (path analysis) yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat dimensi E-Govqual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan dimensi trust (kepercayaan) yang memiliki pengaruh paling dominan. Nilai R² sebesar 0,384 menunjukkan bahwa dimensi-dimensi E-Govqual yang diuji dalam penelitian ini dapat menjelaskan sekitar 38,4% dari variasi kepuasan pengguna, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian lanjutan disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan seperti persepsi nilai atau pengalaman pengguna untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kepuasan pengguna.

This study aims to analyze the influence of E-Govqual dimensions, namely reliability, efficiency, citizen support, and trust, on user satisfaction with the M- Paspor digital service at the Immigration Office Class I Non-TPI Bogor. The research uses a quantitative approach with a descriptive design and path analysis, conducted using the SmartPLS software. The results of this study show that all four E-Govqual dimensions have a positive and significant impact on user satisfaction with Trust is the one that has the most dominant influence. The R² value of 0.384 indicates that the E-Govqual dimensions tested in this study explain 38.4% of the variation in user satisfaction, while the remaining 61.6% is influenced by other factors not covered in this study. Future research is suggested to include additional variables, such as perceived value or user experience, to gain a more comprehensive understanding of user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayyan Azka Ihsanuddin
"Bersamaan dengan evolusi zaman dan tuntutan masyarakat modern dalam melakukan perjalanan lintas negara, paspor menjadi sebuah dokumen esensial yang diperlukan oleh setiap warga negara untuk melakukan perjalanan resmi ke luar negeri. Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai instansi pemerintah yang mengurusi paspor memberikan pilihan jenis antrian paspor kepada masyarakat, yaitu antrian prioritas, antrian percepatan, dan Aplikasi M-Paspor. Namun, aplikasi M-Paspor mengalami permasalahan implementasi, terlihat dari keluhan terkait UI/UX yang buruk pada review Google Play Store. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat ketergunaan aplikasi M-Paspor dan melakukan perbaikan pada desain antarmukanya. Penelitian ini melibatkan pengguna aplikasi M-Paspor dengan menggunakan metode Design Thinking serta menerapkan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design untuk mengidentifikasi potensi perbaikan pada antarmuka pengguna. Proses evaluasi dilaksanakan dua kali, melibatkan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan wawancara ahli dan pengguna pada tahap awal. Tim peneliti menyusun solusi perbaikan desain, mencakup desain lowfidelity dan high-fidelity. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka alternatif yang memiliki nilai baik, dengan success rate 93,75%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan kegunaan aplikasi MPaspor, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih optimal.

In line with the evolution of time and the demands of modern society for cross-border travel, a passport has become an essential document required by every citizen for official international journeys. The Directorate General of Immigration, as the government institution responsible for passports, provides citizens with options for passport queues, including priority queues, expedited queues, and the M-Paspor Application. However, the M-Paspor application is experiencing implementation problems, as can be seen from complaints regarding poor UI/UX in Google Play Store reviews. The objective of this research is to evaluate the usability of the M-Paspor application and make improvements to its interface design. The study involves M-Paspor application users, utilizing the Design Thinking method and applying Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design to identify potential improvements in the user interface. The evaluation process is conducted twice, involving the System Usability Scale (SUS) questionnaire and expert and user interviews in the initial stages. This research resulted in an alternative interface design that has good value, with a success rate of 93,75%. This research is expected to contribute to enhancing the quality and usability of the M-Paspor application, ultimately providing users with a more optimal experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library