Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Eko Aditya Bagus Sulthony
"
ABSTRAKTeknologi perangkat bergerak tumbuh dan berkembang sangat pesat yang berdampak pada perubahan lingkungan masyarakat yang semakin beragam baik bagi individu maupun organisasi di lingkungan instansi atau perusahaan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Aplikasi mobile memberikan kesempatan yang baik bagi sektor swasta maupun pemerintahan untuk memberikan pelayanan publik yang baik. Halo Polisi adalah aplikasi m-government milik Kepolisian Resor Kota Depok yang diluncurkan sejak tahun 2017. Dalam perngembangan aplikasi mobile diperlukan evaluasi lanjutan untuk mengetahui sejauh mana tujuan, strategi dan rencana aksi yang telah dicanangkan oleh organisasi dapat tercapai. Evaluasi menyeluruh juga akan membantu dalam menemukan kekuatan dan kelemahan, menentukan pedoman baru dan membandingkan organisasi m-government di tingkat lokal, nasional dan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi aplikasi mobile Halo Polisi dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung kesuksesan aplikasi yang berfokus pada perspektif masyarakat. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi dari DeLone dan McLean. Dengan menggunakan metode olah data kuantitatif, kuesioner akan dibagikan secara daring kepada responden yang merupakan pengguna aplikasi Halo Polisi di kota Depok. Kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian ini dapat diketahui faktor-faktor yang mendukung kesuksesan aplikasi. Faktor-faktor tersebut adalah kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, dan kepuasan pengguna dapat memberikan manfaat yang dirasakan oleh warga.
ABSTRACTMobile technology is growing and developing very rapidly which has an impact on changing the diverse community environment for individuals and organizations within the agency or company to support daily activities. Mobile applications provide a good opportunity for the private sector and government to provide good public services. Halo Polisi is the Depok City Police m-government application which was launched in 2017. In the development of mobile applications, further evaluation is needed to find out how far the objectives, strategies and action plans of the organization can be achieved. Overall evaluation will also help to find the strengths and weaknesses, determine new guidelines and compare m-government organizations at the local, national and international levels. The purpose of this study is to evaluate the Halo Polisi as mobile application and find out the success factors that focus on the perspective of citizen. This study use the information system success model from DeLone and McLean. By using quantitative data processing method, the questionnaire was distributed online to respondents who are users of Halo Polisi application in the city of Depok. The questionnaire was analyzed using the PLS-SEM approach. The results of this study can be known what the factors that support the success of the application. These factors are system quality, service quality, use, and user satisfaction can provide benefits perceived by citizen."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Harry Noor Sukarna
"Penelitian ini mengevalusai 20 situs web pemerintah berbasis mobile di indonesia berdasarkan kerangka kerja evaluasi yang terdiri dari empat aspek, yaitu karakteristil umum, konten elektronik, layanan elektronik dan partisipasi elektronik. dari hasil evaluasi, diketahui bahwa situs web pemerintah berbasis mobile fokus pada konten elektronik dan partisipasi elektronik. konten sudah diperbarui secara reguler khususnya tentang berita dan informasi, bagaimanapun nilai layanan elektronik rendah menyediakan bukti komunikasi satu arah. implementasi pemerintah mobile di indonesia sepertinya masih berada di tahap pertama. kebanyakan juga hanya bersifat memberikan informasi saja. direkomendasikan lebih lanjut untuk memcapai tingkat transaksi dimana semua layanan sudah terintegrasi"
Kementerian Komunikasi dan Informasi Ri, 2015
384 JPPKI 6:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Devira Azzahra
"Aplikasi TIJE merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Transportasi Jakarta yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam menggunakan layanan Transjakarta melalui fitur-fitur yang dimilikinya. Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak masyarakat yang mengalami kendala saat menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan elektronik yang diberikan melalui aplikasi TIJE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuantitatif melalui metode survei. Survei dilakukan secara daring dan diberikan kepada 96 responden. Selain metode pengumpulan data kuantitatif, metode pengumpulan data kualitatif juga dilakukan melalui wawancara dan studi literatur yang kemudian digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan elektronik pada aplikasi TIJE tergolong berkualitas tinggi. Hal ini juga didukung dari seluruh dimensi pengukuran yang juga mendapat penilaian berkualitas tinggi dari pengguna aplikasi.
The TIJE application is an application developed by PT. Jakarta Transportation which is expected to provide convenience in using Transjakarta services through its features. However, in practice, there are still many people who experience problems when using the application. Therefore, this study aims to analyze the quality of electronic services provided through the TIJE application. This study uses a quantitative approach with quantitative data collection techniques through survey methods. The survey was conducted online and was given to 96 respondents. In addition to quantitative data collection methods, qualitative data collection methods are also carried out through interviews and literature studies which are then used as supporting data. The results of this study indicate that the quality of electronic services in the TIJE application is classified as high quality. This is also supported by all measurement dimensions which also receive high-quality ratings from application users."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library