Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Sekar Puspita Ayu Setiyaviani
"Penelitian ini membahas lingkungan pengendalian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pesanggrahan yang dipimpin oleh seorang perempuan. Lingkungan pengendalian berperan penting dalam pembentukan nilai, etika, dan kompetensi, dengan Kepala Kantor sebagai pemimpin utama dan Unit Kepatuhan Internal sebagai pengawas. Penelitian ini juga mengeksplorasi peran Unit Kepatuhan Internal dan gaya kepemimpinan perempuan yang diterapkan oleh Kepala Kantor. Karena keterbatasan jumlahnya, penelitian ini penting untuk dikembangkan mengingat hanya 16,45% perempuan yang menduduki jabatan Eselon III di Direktorat Jenderal Pajak pada tahun 2021. Dalam penelitian ini, Peneliti menganalisis kondisi lingkungan pengendalian, peran Unit Kepatuhan Internal, dan gaya kepemimpinan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur terhadap 20 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pesanggrahan telah memenuhi prinsip keempat lingkungan pengendalian, sementara Unit Kepatuhan Internal berperan optimal dalam prinsip ketiga dan kelima, tetapi masih perlu perbaikan pada prinsip lainnya. Gaya kepemimpinan Kepala Kantor cenderung mirip dengan kepemimpinan transformasional, yang mampu menciptakan lingkungan pengendalian yang kondusif. Kepala Kantor berperan baik dalam prinsip kedua, keempat, dan kelima lingkungan pengendalian, tetapi masih perlu perbaikan pada prinsip lainnya.
This research discusses the control environment at the Jakarta Pesanggrahan Tax Office, which a woman leads. The control environment shapes values, ethics, and competencies, with the Head of Office as the primary leader and the Internal Compliance Unit as the supervisor. This research also explores the role of the Internal Compliance Unit, and the female leadership style the Head of Office applies. Due to limited numbers, this research is vital to develop, considering that only 16.45% of women held Echelon III positions at the Directorate General of Taxes in 2021. In this study, researchers analyzed the condition of the control environment, the role of the Internal Compliance Unit, and women's leadership style. The research method used was semi-structured interviews with 20 informants. The results showed that the Jakarta Pesanggrahan Tax Office had fulfilled the fourth principle of the control environment. At the same time, the Internal Compliance Unit plays an optimal role in the third and fifth principles but still needs improvement in other principles. The leadership style of the Head of Office tends to be similar to transformational leadership, which can create a conducive control environment. The Head of Office plays a good role in the second, fourth, and fifth principles of the control environment but still needs improvement in other principles."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Erica Virginia
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) pada PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. dari tahun 2012 sampai 2020, dan apakah permasalahan terjadi di disebabkan oleh pengendalian internal. Adanya pelanggaran atas pengakuan pendapatan pada laporan keuangan tahun buku 2018 yang tidak sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan penyajian kembali atas laporan keuangan tahun 2012 dan 2013 karena melakukan transaksi akuisisi atas PT Angkasa Pura I per akhir 2013. Untuk mencegah pelaporan keuangan yang kurang baik, maka motivasi peneliti ingin mengetahui pengendalian internal perusahaan berdasarkan element pada Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). Metode mengunakan analisis data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan selama periode 2012 – 2020. Analisis mengunakan metode manual content analysis, dimana memberikan skor atas perngendalian internal yang dimiliki berdasarkan kerangka Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) yang diterbitkan oleh COSO. Dari hasil analisis implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) di PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Menunjukkan bahwa Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) telah diimplementasikan, namun belum dalam implementasi yang sempurna. Elemen pengendalian risiko dan informasi dan komunikasi memiliki tren meningkat dari tahun 2012-2020 yang artinya PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. secara konsisten mengungkapkan bahwa informasi diproses dan didistribusikan secara tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku, perusahaan konsisten dalam hal memiliki unit kerja yang mengimplementasikan majemen risiko, dan manajemenn sudah mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi.
This study aims to find out how the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk from 2012 to 2020, and whether problems occur because of internal control. There is a violation of revenue recognition in the financial statements of PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk for the 2018 financial year which is not in accordance with Accounting Standards and restatements of 2012 and 2013 book because PT Garuda Indonesia (Persero) acquired transaction of PT Angkasa Pura I at the end of 2013. To prevent poor financial reporting, the motivation of the researcher is to know the company's internal control based on the elements in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). The method uses secondary data analysis taken from the company's annual report for the period 2012 – 2020. The analysis uses the manual content analysis method, which provides a score for internal control based on the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) framework published by COSO. The analysis of implementation Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Indicates that has been implemented but is not yet fully implemented. Elements of risk control and information and communication have an increasing trend from 2012-2020 which means PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. consistently discloses that information is processed and distributed in a timely manner and in accordance with applicable regulations, the company is consistent in terms of having a work unit that implements risk management, and the management has considered effectiveness and efficiency. Cases at PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk can be caused by lack of control environment, activities control, and supervision which causes weak internal controls on these elements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sonya Christel
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal pada kebijakan pengeluaran biaya umum dan modal di Bank XYZ. Pembahasan dalam laporan magang ini terfokus pada proses permintaan dan pengeluaran barang/ jasa. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan setiap proses yang ada dengan Kerangka Pengendalian Internal COSO tahun 2013 yang mencakup tiga komponen pengendalian yang relevan yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, dan aktivitas pengendalian. Dalam komponen lingkungan pengendalian, Bank XYZ sudah menerapkan hampir seluruh prinsip yang ada dengan baik. Namun, terdapat satu prinsip yang tidak dapat diterapkan dan dievaluasi lebih lanjut oleh penulis. Selanjutnya, dalam komponen penilaian risiko, hasil evaluasi yang didapat adalah Bank XYZ telah memiliki tiga dari empat prinsip yang terdapat dalam Kerangka Pengendalian Internal COSO. Komponen terakhir, hasil evaluasi dari aktivitas pengendalian adalah perusahaan telah menerapkan prinsip-prinsip yang ada dengan baik. Terdapat satu prinsip yang tidak ada dalam kebijakan pengeluaran biaya umum dan modal Bank XYZ dikarenakan kontrol pengendalian untuk prinsip tersebut dijalankan oleh unit lain. Maka dari itu, berdasarkan hasil evaluasi yang sudah dilakukan, Bank XYZ telah menerapkan ketiga komponen pengendalian internal COSO dalam proses permintaan dan pengeluaran barang/ jasa. Selain evaluasi terhadap sistem pengendalian internal Bank XYZ, laporan magang ini juga memuat hasil refleksi diri penulis selama aktivitas magang berlangsung.
This internship report aims to evaluate internal controls on operating expenses and capital expenditures policy at XYZ Bank. The discussion in this internship report focuses on the process of requesting and issuing goods/services. Evaluation is carried out by comparing each existing process with the COSO Internal Control Framework 2013 edition which includes three relevant control components, namely the control environment, risk assessment, and control activities. In the control environment component, XYZ Bank has implemented almost all existing principles well. However, there is one principle that cannot be applied and further evaluated by the author. Furthermore, in the risk assessment component, the evaluation results obtained are that XYZ Bank already has three of the four principles contained in the COSO Internal Control Framework. The last component, the evaluation result of control activities is that the company has implemented the existing principles well. There is one principle that is not included in the operating expenses and capital expenditures policy of XYZ Bank because the controls for this principle are executed by other units. Therefore, based on the evaluation results that have been carried out, XYZ Bank has implemented the three COSO internal control components in the process of requesting and issuing goods/services. In addition to an evaluation of the XYZ Bank's internal control system, this internship report also contains the results of the author's self-reflection during the internship activity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library