Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajrin Zulmi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai transparansi dalam pengadaan barang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik, khususnya pengadaan barang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah e-Procurement dalam pengadaan barang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan dapat dikatakan transparan. Namun masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penyedia yang mengikuti proses pengadaan seperti kurangnya sosialisasi dan pelatihan terkait dengan sistem e Procurement serta perlunya peningkatan dalam hal aplikasi dan jaringan pada sistem pengadaan secara elektronik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan agar menjadi acuan ke depan dalam pelaksanaan pengadaan barang pemerintah melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan informasi bagi penyedia barang dalam mempersiapkan perusahaan ketika akan mengikuti pengadaan barang pemerintah secara elektronik. ......This study aims to provide an overview of the transparency in the procurement of goods in Electronic Procurement Service, particularly in the procurement of Population and Civil Registration Agency, South Tangerang City. This study uses quantitative research methods with descriptive analysis techniques. The results of this research is e-Procurement in the procurement of goods at the Population and Civil Registration Agency South Tangerang City can be said transparent. However there are some problems faced by providers who follow the procurement process such as lack of socialization and training related to e-Procurement system and the need for improvement in terms of applications and network on the electronic procurement system. This study is expected to be an input for the South Tangerang City Local Government in order to be a reference for the implementation of government procurement through the Procurement Service. This study is also expected to be a reference for the goods providers in preparing their companies to follows the electronic government procurement.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Alexia Jaury
Abstrak :
Pemerintah Indonesia membuat sistem lelang secara elektronik untuk meningkatkan transparansi, termasuk mencegah korupsi dan kolusi. Akan tetapi, beberapa penelitian sebelumnya mengenai e-procurement di Indonesia masih menunjukkan bahwa terdapat pihak-pihak tertentu yang melakukan persaingan usaha tidak sehat. Penelitian ini pun mencoba melakukan analisis terhadap salah satu indikasi dari persekongkolannya itu melalui interaksi antarpeserta lelang di mana perusahaan-perusahaan yang melakukan persaingan usaha tidak sehat dapat cenderung mengikuti proyek bersama-sama untuk menjatuhkan perusahaan lain di luar kelompok mereka. Penilitian ini memfokuskan pada cara pendeteksian komunitas dalam jaringan interaksi peserta-peserta LPSE di mana anggota-anggota dalam satu kelompok dinilai berpotensi melakukan persaingan usaha tidak sehat. Cara melakukan pendeteksian dan analisis komunitas peserta-peserta lelang pada sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah dengan melakukan data acquisition, graph representation, descriptive analysis, community detection, dan community analysis. Kelompok-kelompok yang terbentuk sebagai hasil deteksi komunitas merupakan kelompok-kelompok yang cukup sering terlibat dalam proyek secara bersama, namun belum pasti merupakan kelompok persekongkolan. ......The Indonesian government created an electronic auction system to increase transparency, including preventing corruption and collusion. However, some previous research on e-procurement in Indonesia still shows that there are certain parties who conduct unfair business competition. This research also tries to analyze one of the indications of conspiracy, namely through interaction between auction participants where companies that engage in unfair business competition can tend to join projects together to bring down other companies outside their groups. This research focuses on how to detect communities in the interaction network of LPSE participants where members in one group are considered to have the potential to carry out unfair business competition. The way to detect and analyze the community of bidders in the Electronic Procurement Services system is to do data acquisition, graph representation, descriptive analysis, community detection, and community analysis. The groups or communities that are formed as a result of community detection are groups that are quite often involved in the project together, but are not yet certain to be a conspiracy group.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitohang, Efrael Tunggul
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan pengadaan secara elektronik di Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun 2014 dengan mengukur tingkat kepuasan penyedia barang dan jasa sebagai pengguna layanan. Pengukuran tingkat kepuasan pengguna layanan menggunakan indikator-indikator kualitas layanan yang dikembangkan berdasarkan aspek-aspek pelaksanaan pengadaan secara elektronik yang baik sesuai pasal 107 Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010. Metode Gap Analysis dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna layanan. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa kinerja layanan yang diterima oleh pengguna layanan masih lebih rendah dari yang diharapkan. Penulis memberikan beberapa pilihan prioritas perbaikan kinerja dengan menggunakan metode Important Performance Analysis
ABSTRACT
This study aims to analyze the quality of an electronic procurement service in the Ministry of Finance of Republic of Indonesia in 2014 by measuring the level of satisfaction of the user of e-procurement. Level of satisfaction of service users is measured by using the service quality indicators developed based on good eprocurement aspects stipulated in Clause 107 of Presidential Regulation No. 54 Year 2010. Gap Analysis method is used to analyze the level of user satisfaction. Research showed that the service quality performances perceived by service users are still lower than expected. The author gives some priority selection to improve the performance by using Important Performance Analysis method.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42262
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library