Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amalya Adyanissa
"
Penelitian ini membahas faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas pengguna aplikasi Mobile JKN yang pernah berkunjung ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bekasi Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner pada bulan April 2018. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kualitas pengguna aplikasi Mobile JKN baik sebanyak 63,6, dan persepsi kualitas pengguna aplikasi Mobile JKN yang tidak baik sebanyak 36,4. Analisis bivariat menunjukkan bahwa sikap, motivasi, tampilan aplikasi, keunikan, dan promosi memiliki hubungan yang bermakna terhadap persepsi kualitas pengguna aplikasi Mobile JKN. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah menambah jumlah media promosi, menambah dekorasi berupa banner flag bernuansa aplikasi Mobile JKN, meningkatkan motivasi pengguna dengan memberikan keuntungan eksklusif, dan memperbaiki gangguan teknis yang sering terjadi seperti forced close.

ABSTRACT
This study discusses the perceived quality of the users of Mobile JKN application that has visited the branch office of Bekasi of BPJS Kesehatan. This study is a quantitative study with the use of cross sectional study design. The data used for the sake of the study was primary data that was taken by the use of questionnaire as a research instrument in April 2018. Based on the results of statistical tests, it is known that the user of Mobile JKN application with good perceived quality of the said service are 63,6 , and the user of Mobile JKN application with bad perceived quality of the said service are 36,4 . Bivariate analysis showed that attitude, motivation, user interface, uniqueness, and promotion have significant relation to the perceived quality of the users of Mobile JKN. The researcher suggests that the company should enhance the number of media for promotion, make addition of banner flags of Mobile JKN as decoration, build up motivation by proffering any exclusive benefit for the user, and to fix the technical issue such as forced close. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nola Radhiah Kusumawati
"Penelitian ini membahas faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi kualitas aplikasi mobile JKN pada peserta JKN yang berkunjung ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong tahun 2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional menggunakan data primer melalui kuesioner dengan 102 responden. BPJS Kesehatan menetapkan target pencapaian peserta BPJS Kesehatan yang mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN sebanyak 20.000.000 pengguna sejak tahun 2021 di seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini didapatkan peserta aplikasi Mobile JKN yang berkunjung ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong mengatakan bahwa kualitas aplikasi Mobile JKN baik dengan persentase (77.5%). Analisis bivariat menunjukkan terdapat tujuh variabel yang memiliki hubungan signifikan dengan persepsi kualitas aplikasi Mobile JKN pada peserta JKN yang berkunjung ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong yaitu variabel sikap, motivasi, kebutuhan, pengetahuan, tampilan aplikasi, keunikan dan promosi. Selain itu terdapat satu variabel yang tidak memiliki hubungan signifikan dengan persepsi kualitas aplikasi Mobile JKN pada peserta yang berkunjung ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong yaitu variabel pengalaman. Saran yang dapat diberikan adalah sosialisasi untuk mempromosikan Mobile JKN secara merata dan terus mengembangkan serta memanfaatkan kemajuan teknologi agar aplikasi Mobile JKN selalu update, banyak fitur-fitur yang dapat mempermudah akses peserta JKN di semua segmen kepesertaannya

This study discusses factors related to the perceived quality of the JKN mobile application among JKN participants visiting the BPJS Kesehatan Cibinong Branch Office in 2024. This study is a quantitative study with a cross-sectional design using primary data through questionnaires with 102 respondents. BPJS Kesehatan has set a target of achieving 20,000,000 participants who download and use the Mobile JKN application since 2021 throughout Indonesia. The results of this study showed that participants of the Mobile JKN application who visited the BPJS Kesehatan Cibinong Branch said that the quality of the Mobile JKN application was good with a percentage of (77.5%). Bivariate analysis shows that there are seven variables that have a significant relationship with the perception of the quality of the Mobile JKN application among JKN participants who visit the BPJS Kesehatan Cibinong Branch, namely the variables of attitude, motivation, needs, knowledge, appearance of the application, uniqueness and promotion. Apart from that, there is one variable that does not have a significant relationship with the perception of the quality of the Mobile JKN application among participants who visit the BPJS Kesehatan Cibinong Branch, its is the experience variable. Suggestions that can be given are outreach to promote Mobile JKN evenly and continue to develop and utilize technological advances so that the Mobile JKN application is always updated, there are many features that can facilitate access for JKN participants in all membership segments."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Condro Kartiko
"ABSTRAK
Setiap pengguna menginginkan aplikasi web yang berkualitas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pimpinan perusahaan dan tim pengembang perangkat lunak, pada PT XYZ belum memiliki acuan baku evaluasi kualitas dari aplikasi web yang dimiliki. Oleh karena itu, PT XYZ juga belum dapat menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web. Berdasarkan fakta tersebut terjadi gap antara ekspektasi pimpinan untuk memenuhi keinginan pengguna yang menginginkan produk aplikasi web berkualitas dengan belum adanya acuan baku dan kegiatan evaluasi aplikasi web pada PT XYZ. Evaluasi kualitas aplikasi web dilakukan untuk menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web.
Evaluasi ini berfokus pada empat karakteristik yaitu usability, functionality, reliability, dan efficiency. Metode evaluasi kualitas aplikasi web ini menggunakan Web Quality Evaluation Method (WebQEM) karena bersifat obyektif. Hasil akhir dari analisis ini adalah rekomendasi strategi evaluasi kualitas produk perangkat lunak yang berguna untuk melakukan evaluasi kualitas dari aplikasi web serta dapat menjamin kualitas aplikasi web pada PT XYZ. Rekomendasi strategi yang berfokus pada empat karakteristik tersebut sudah dijalankan. Evaluasi pertama dilakukan pada empat karakteristik dan diberikan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan pada semua karakteristik untuk meningkatkan kualitas aplikasi web. Iterasi evaluasi dilakukan kembali pada empat karakteristik tersebut. Hasil yang diperoleh berdasarkan iterasi evaluasi yang dilakukan bahwa aplikasi web tersebut memperoleh peningkatan kualitas pada tiga karakteristik yaitu usability, functionality, dan efficiency.

ABSTRACT
Every user expects the qualified web application. Based on the observation results and interview with the company leader and software developer team of PT XYZ, the firm does not have the standardized reference of evaluation of the web application used. Therefore, the firm can not assess the quality of the web application. This condition leads to the discrepancy between the expectations of the board of directors to meet the expectations of users to get the qualified web applications due to unavailability of standardized reference to evaluate the web. The evaluation is considered essentials to assess the level of quality of the web application.
The evaluation is mainly focused on four characteristics. They are usability, functionality, reliability and efficiency. The evaluation method of web application uses the Web Quality Evaluation Method (WebQEM) for the objectivity nature of the method. The final results of the analysis are in the form of strategic recommendations of software quality evaluation which are useful to evaluate the quality of the web application, and also to assure the quality of the web application of PT XYZ. The strategic recommendations of these four characteristics have been implemented. The first evaluation had been done to these four characteristics and resulted on recommendations to make adjustment and improvements in all characteristics to enhance the quality of web application. The frequent evaluation was conducted as well. It found that the web application has developed the quality in three characteristics, they are usability, functionality and efficiency."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kayla Clarisella
"Perkembangan aplikasi Online Food Delivery (OFD) telah mengubah perilaku mahasiswa, khususnya terhadap preferensi dan konsumsi mahasiswa, termasuk di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas aplikasi OFD terhadap preferensi, kepuasan, dan niat penggunaan berulang mahasiswa FIB UI, dengan fokus pada faktor-faktor seperti kualitas konten, konektivitas di mana saja, penawaran kontekstual, dan ketepatan transaksi. Menggunakan metode kuantitatif dan analisis statistik dengan perolehan data berjumlah 203 responden. Hasil menunjukkan bahwa kualitas konten memiliki pengaruh paling signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan terbukti meningkatkan niat penggunaan berulang, dengan harga, kecepatan layanan, dan visual makanan sebagai pertimbangan utama dalam preferensi aplikasi. Kontribusi penelitian ini adalah menyediakan pengetahuan bagi pengembang aplikasi OFD untuk memprioritaskan kualitas konten dan aksesibilitas guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna di kalangan mahasiswa.

The rise of Online Food Delivery (OFD) applications has changed student behavior, especially towards student preferences and consumption among university students, including those at the Faculty of Humanities, Universitas Indonesia (FIB UI). This study aims to examine the influence of OFD application quality on FIB UI students’ preferences, satisfaction, and repeat usage intentions, focusing on factors such as content quality, ubiquitous connectivity, contextual offers, and transaction accuracy. Using a quantitative method and statistical analysis, data were collected from 203 respondents. Results indicate that content quality has the most significant effect on satisfaction. Satisfaction was shown to increase repeat usage intentions, with price, service speed, and visual appeal of food being primary considerations in application preference. This study 2 provides insights for OFD application developers to prioritize content quality and accessibility to enhance satisfaction and user loyalty among students."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Julia Hasna
"Perkembangan teknologi mampu memenuhi berbagai aspek kebutuhan konsumen. Membuat konsumen lebih peka terhadap tingkat kecepatan dan layanan instan. Aplikasi food delivery menjadi salah satu solusi bagi konsumen yang butuh servis dalam waktu cepat. Sktipsi ini membahas tentang atribut kualitas aplikasi pengiriman makanan (kenyamanan, desain, kebenaran, harga, berbagai pilihan makanan) dan pengaruhnya terhadap nilai-nilai yang dirasakan, sikap, dan niat untuk terus digunakan pada pengguna milenial di Indonesia dengan jumlah anggota rumah tangga rumah tangga satu orang dan rumah tangga multi-orang sebagai variabel moderasi. Rancangan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif konklusif dan single cross sectional.
Pengolahan data menggunakan Partial Least Square - Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) dan metode Analisis PLS-MultiGroup menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga merupakan atribut dari kualitas aplikasi perpesanan di antara makanan terpenting bagi konsumen di Indonesia dan jumlah anggotanya rumah (rumah tangga single-person dan multi-person) tidak memberikan pengaruh moderat.

Technological developments are able to meet various aspects of consumer needs. Make consumers more sensitive to the level of speed and instant service. The food delivery application is one solution for consumers who need fast service. This thesis discusses the quality attributes of food delivery applications (convenience, design, correctness, price, various food choices) and their effect on perceived values, attitudes, and intentions to continue to be used by millennial users in Indonesia with the number of household members. single person and multi-person households as moderating variables. Design The type of research used is conclusive descriptive and single cross sectional.
Data processing uses Partial Least Square - Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) and the PLS-MultiGroup analysis method using SmartPLS 3.The results show that price is an attribute of the quality of the messaging application among the most important foods for consumers in Indonesia and the number of members of the house (house). single-person and multi-person charts) did not exert moderate influence.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library