Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mariam Ulfah
Abstrak :
Studi ini bertujuan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja auditor internal pada sektor privat dan publik. Metode tinjauan literatur digunakan untuk meninjau 15 (lima belas) paper (Q1-Q4 dan SINTA 1-SINTA 4) yang diambil dari periode tahun 2018-2023. Hasil tinjauan literatur menemunkan bahwa seluruh paper yang ditinjau menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dengan metode analisis regresi linear berganda dan partial least squares (PLS) sebagai teknis analisis data. Menemukan sebanyak 33 (tiga puluh tiga) faktor yang berhubungan dengan kinerja auditor internal, dimana 30 (tiga puluh) faktor secara konsisten berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja auditor internal. Faktor internal diri auditor, seperti kompetensi, etika, dan faktor psikologis, dan faktor eksternal diri auditor seperti, lingkungan organisasi, dan teknologi sistem informasi memiliki pengaruh langsung yang kuat terhadap kinerja auditor internal, serta 6 (enam) faktor yang berpengaruh tidak langsung dimana masing-masing 3 (tiga) faktor yang berasal dari internal dan eksternal diri auditor. Menemukan juga 2 (dua) variabel moderasi, tetapi hanya 1 (satu) variabel yang terbukti memperkuat hubungan antara variabel dependen dan independen. Penelitian sektor privat meneliti faktor internal dan eksternal, sementara sektor publik hanya meneliti faktor internal saja. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu sebagai berikut: 1). Meneliti faktor eksternal diri auditor pada sektor publik; 2). Menggunakan metode eksperimen; 3). Meneliti variabel moderasi seperti perubahan aturan organisasi; dan 4). Meneliti lebih lanjut terkait faktor – faktor yang belum terbukti berpengaruh terhadap kinerja auditor internal. Kata kunci: Auditor internal, kinerja auditor internal. ......This study aims to discuss the factors that influence the performance of internal auditors in the private and public sectors. The literature review method was used to review 15 (fifteen) papers (Q1-Q4 and SINTA 1- SINTA 4) taken from the period 2018–2023. The results of the literature review found that all the papers reviewed used questionnaires as a data collection method with analytical methods. multiple linear regression and partial least squares (PLS) as data analysis techniques. Found as many as 33 (thirty-three) factors related to internal auditor performance, of which 30 (thirty) factors consistently had a significant positive effect on internal auditor performance. The auditor's internal factors, such as competence, ethics, and psychological factors, and the auditor's external factors, such as the organizational environment and information system technology, have a strong direct influence on the performance of the internal auditor, as well as 6 (six) factors that have an indirect influence, each of which consists of 3 (three) factors, each originating from internal and external auditors. We also found 2 (two) moderating variables, but only 1 (one) was proven to strengthen the relationship between the dependent and independent variables. Private sector research examines internal and external factors, while public sector research only examines internal factors. Suggestions for further research are as follows: 1). Examining auditors' external factors in the public sector; 2). Using experimental methods; 3). Examining moderating variables such as changes in organizational rules; and 4). Research further regarding factors that have not been proven to influence the performance of internal auditors.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Adi Upoyo
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remunerasi, kelas jabatan, budaya organisasi serta pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja auditor. Sampel penelitian ini berjumlah 117 responden yang merupakan auditor Inspektorat Jenderal. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah Explanatory Sequential Design. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial hanya budaya organisasi serta pendidikan dan pelatihan yang berpengaruh terhadap kinerja auditor, namun secara simultan remunerasi, kelas jabatan, budaya organisasi serta pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap kinerja auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. ......This study aims to determine the effect of remuneration, job class, organizational culture, education and training on the performance of auditors. Samples of this research are 117 respondents who are the auditors of the Inspectorate General. This study is mixed methods with quantitative and qualitative analysis. The approach used is Explanatory Sequential Design. The results show only partially organizational culture and education and training which affect the performance of auditors, but simultaneously remuneration, job class, organizational culture and education and training have an effect on the performance of auditors of the Inspectorate General of the Ministry of Public Works and Public Housing.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Yunita Wardhani
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah parameter penilaian untuk menilai kinerja dan kualitas auditor agar lebih optimal dan mengurangi unsur subyektivitas. Penelitian ini dilakukan pada Divisi Audit Internal pada PT Bank X sebagai obyek penelitian. Metode penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, konfirmasi dan verifikasi serta pendalaman data yang dilakukan terhadap auditor, unit quality assurance dan laporan audit tahunan serta laporan evaluasi kinerja auditor tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja dan kualitas auditor belum optimal karena hanya berdasarkan survey auditee, dan kelengkapan atribut dari hasil audit yaitu kertas kerja dan risalah temuan. Sedangkan proses audit yang dimulai dari tahap perencaan, pelaksanaan dan pelaporan audit belum dilakukan penilaian. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah parameter penilaian yang sesuai untuk di implementasikan di PT Bank X. Rata-rata Nilai hasil kinerja auditor setelah parameter penilaian pada proses audit di implementasikan, memberikan hasil lebih rendah dibandingkan dengan hasil penilaian sebelum adanya parameter. Hal ini disebabkan karena faktor subyektivitas yang lebih mendominasi pada sistem penilaian terdahulu.
ABSTRACT
The purpose of this study is to design a valuation parameter to assess the performance and quality of auditors to be more optimal and reduce the element of subjectivity. This research was conducted at Internal Audit Division at PT Bank X as research object. This research method is qualitative descriptive with data collection technique done through interview, confirmation and verification and deepening of data conducted to auditor, unit quality assurance and annual audit report and auditor performance evaluation report year 2016. The result of the research shows that the auditor 39 s performance and auditor quality is not yet optimal because it is only based on the auditee survey, and the attributes of the audit result which are the working papers and the findings. While the audit process from planning, field audit and reporting audit has not been assessed yet. So this research makes valuation parameter which is suitable to be implemented in PT Bank X. Average score after the valuation parameters has been implemented are lower than prior average score. This due to the subjectivity factor in prior evaluation system.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imelda Hotmaria
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi. Auditor sistem informasi umumnya berasal dari tiga latar belakang pendidikan yang berbeda, yaitu sistem informasi, teknologi informasi, atau akuntansi. Penelitian menggunakan sampel 71 orang auditor sistem informasi akuntansi yang bekerja di perusahaan KAP XYZ tahun 2016. Dengan menggunakan regresi linier berganda penelitian ini menemukan tidak ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi, atau perbedaan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap perbedaan kinerja auditor sistem informasi akuntansi. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelatihan dan umur, variabel kontrol dalam penelitian ini, berpengaruh positif terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi.
ABSTRACT
This study analysizes the effect of educational background on the performance of auditor of accounting information systems. Accounting information system auditors generally came from information systems, information technology, or accounting educational backgrounds. This research took sample of 71 auditors of accounting information systems who work at the public accounting firm XYZ in 2016. By using multiple linear regression, this research finds that there is no effect of educational background towards accounting information system auditor rsquo s performance, or different educational background brings no effect to different auditor rsquo s performance. This research also finds that training and age, control variables in this research, have positive effect on the performance of accounting information system auditors.
2017
S66540
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library