Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frans Natalius
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak sebagai developer yang memiliki proyek-proyek di DKI Jakarta pada tahap konstruksi dengan karakteristik proyek berskala besar, kompleksitas yang tinggi, schedule proyek yang pendek dan ukuran tim yang besar. Manajer proyek dituntut memiliki kepemimpinan yang mampu menciptakan kerjasama tim yang efektif dalam mencapai kesuksesan waktu proyek. Model kepemimpinan diwakili oleh kepemimpinan transaksional dan transformasional yang mempengaruhi komunikasi, kolaborasi dan keutuhan tim (kerjasama tim) dan kinerja waktu proyek.
Abstract
This research was conducted in a company engaged as developers who have projects in Jakarta during the construction phase with the characteristics of large scale projects, high complexity, short project schedule and large team size. The project manager has to have leadership that is able to create effective teamwork in achieving project success. Leadership model represented by transactional and transformational leadership that affects communication, collaboration and cohesiveness of the team (teamwork) and project time performance.
2011
T29931
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elia Sumarli
Abstrak :
Keterampilan kerja tim didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja di dalam sebuah kelompok/tim. Pengembangan keterampilan kerja tim pada pendidikan tingkat tinggi merupakan sebuah keharusan oleh banyak perusahaan dan dianggap sebagai kompetensi yang paling dituntut dari seorang lulusan pendidikan tingkat tinggi. Namun, ada kesenjangan dalam bagaimana keterampilan kerja tim diajarkan pada bidang tertentu dalam disiplin ilmu teknik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor dan masalah yang berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan kerja tim dalam disiplin ilmu teknik. Studi dilakukan dengan melakukan scoping jenis tinjauan pustaka. Penilaian awal dari tinjauan pustaka pada lingkup tertentu sangat diperlukan karena topik yang dibahas dalam tulisan belum ditinjau secara komprehensif. Beberapa kajian pustaka yang berhasil ditelaah oleh penulis menyimpulkan bahwa Teamwork Experience, Course Progression, Interactive Dynamics, dan Sistem Kurikulum Pendidikan Teknik adalah komponen utama untuk meningkatkan keterampilan kerja tim dalam bidang pendidikan teknik. Di sisi lain, tantangan yang menghambat keterampilan kerja sama tim adalah Perilaku Sosial-Kognitif Rendah, Kemalasan Sosial, Kurangnya Pengetahuan Kerja Tim, Motivasi Rendah, Frustrasi dan Pengabaian. Faktor-faktor yang ditemukan mempunyai pengaruh besar dalam pengembangan keterampilan kerja tim dalam proyek-proyek teknik antara lain Teknologi, Pelatihan, dan Intervensi, Intervensi Membangun Tim, Profesionalisme Pendidik, Diagnosis Kekuatan dan Kelemahan, dan Desain Program Pelatihan Kerja Tim. Kesimpulannya, temuan ini menyoroti bagaimana keterampilan kerja tim dikembangkan dan tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam pendidikan teknik. Atribut yang diperoleh dari tinjauan pustaka ini dapat memberikan pedoman instruktur dan pendidik mengenai hal apa yang diperlukan untuk merancang kerangka kerja untuk mengajar dan mengembangkan keterampilan kerja tim pada lulusan teknik. ......Teamwork skills are defined as the ability to perform teamwork. The development of teamwork skills in higher education is emphasized by employers and regarded as the most demanded competency by graduates. However, there are gaps in how teamwork skills are being taught within the engineering education domain. Therefore, this study investigates the contributing factors and problems of developing teamwork skills in the engineering discipline. Studies are conducted by doing a scoping type of literature review. A preliminary assessment of a scoping review is required due to the broadly defined topic that has not been comprehensively reviewed. The review has concluded that Teamwork Experience, Course Progression, Interactive Dynamics, and Engineering Education Curriculum System are components to improve engineering education teamwork skills. On the other hand, challenges that hinder teamwork skills are Low Socio-Cognitive Behavior, Social Loafing, Lack of Teamwork Knowledge, Low Motivation, and Frustration and Neglect. Finally, the factors initiating teamwork skills development in engineering projects are Technology, Training, And Intervention, Team Building Interventions, Educator Professionalism, Strength and Weakness Diagnosis, and Teamwork Training Program Design. In conclusion, these findings highlight how teamwork skills are developed and the challenges faced by students in engineering education. The attributes acquired from this scoping review can provide instructors and educators the necessary guidelines to design a framework for teaching and developing teamwork skills in engineering graduates.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Soleha
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah di SDN Pancoran 08 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Adapun proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah dilihat dari beberapa tahapan pengembangan tim berdasarkan teori Tuckman., yaitu forming, storming, norming, performing dan adjourning. Tahapan pengembangan tim tersebut diteliti untuk mengidentifikasi bagaimana pelaksanaan kegiatan dan kendala yang dihadapi oleh tim kerja dalam melakukan pengambangan perpustakaan di SDN Pancoran 08. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan pengembangan perpustakaan sekolah harus terus dilakukan, karena pengambangan perpustakaan sekolah dengan melibatkan partisipasi siswa-siswi sekolah dalam beberapa kegiatan pengembangan yang dilakukan, akan menumbuhkan rasa kepemilikan mereka terhadapa manfaat dan fungsi perpustakaan sekolah.
Abstract
The Focus of this study is the process of school library development by collaborative teamwork at SDN Pancoran 08 Jakarta. The research that is used is qualitative research with case study method. The colaborative teamwork of the school library development that are analized are based on the Tuckman_s theory of development team; forming, storming, norming, performing and adjourning. Those prosess are analized to understand how the team are formed and some obstacles that are faced by the team in carried out school library development actifity. The research concludes that the school library development activities must continue to be done, because the development of school libraries by involving school students in several development activities, will develop their sense of ownership of the benefits and fuctions of school libraries.
2010
S14954
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fanyanur Indah Putri
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dan mengetahui soft skill apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja di Kantor Akuntan Publik KAP sebagai masukan untuk sarjana akuntansi dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini juga menguji perbedaan persepsi antara mahasiswa dan alumni akuntansi Universitas Indonesia mengenai soft skill yang dibutuhkan untuk bekerja di KAP. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa angkatan 2014 dan alumni angkatan 2012 dan 2013 jurusan akuntansi Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peringkat tertinggi adalah soft skill bekerja sama dengan tim dalam hal bertanggung jawab kepada tim. Terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa dan alumni akuntansi Universitas Indonesia dalam soft skill pengalaman, kepemimpinan dan pengelolaan diri dimana mahasiswa akuntansi Universitas Indonesia menganggap item-item yang berbeda tersebut lebih penting daripada alumni akuntansi Universitas Indonesia.
ABSTRACT
This study aims to explore soft skills needed to work in Public Accounting Firm KAP as an input for accounting scholars in preparing theirselves for professional career as an auditor. This study also examines differences in perceptions between students and alumni of Accounting major at Universitas Indonesia regarding soft skills needed to work in KAP. The survey was conducted by distributing online questionnaires to students of class of 2014 and alumni of class of 2012 and 2013 majoring in Accounting at Universitas Indonesia. The methodology used is descriptive statistics and Mann Whitney test. The results show that the highest ranking is have a good teamwork especially be responsible to the team. However, there is a significant difference between students and alumni of Accounting major of Universitas Indonesia in the soft skills of experience, leadership and self management, in which the Universitas Indonesia Accounting students consider the different items are more important than the Accounting major alumni of the Universitas Indonesia.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library