Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andriyana Puspitasari
Abstrak :
Penelitlan ini dilakukan terhadap pars pustakawan di lingkungan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Cabang Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai tingkat kepuasan kerja pustakawan, khususnya pustakawan dalam lingkup penelitian ini, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan kerja tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan, yaitu dari bulan Januarl hingga Mei 1996. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui cara penelitian kepustakaan yaitu mengkaji bahan-bahan tertulis atau literatur _literatur yang memuat masalah kepuasan kerja dalam profesi kepustakawanan atau yang relevan dengan topik yang dibahas dalam penelitian ini. Cara yang kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada para pustakawan, yang merupakan alat pengumpul data utama dalam penelitian ini. Kuesioner yang disebarkan merupakan kuesioner hasil modifikasi dari Job Descriptive Index (JDI), yaitu suatu instrumen yang sudah baku dalam penelitian kepuasan kerja yang dapat diterapkan dalam jenis pekerjaan apa saja. Instrumen ini memuat 72 butir pernyataan yang mencakup lima aspek.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S14928
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stanley Dethan
Abstrak :
Makalah proyek akhir ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Manajemen Pengetahuan (MP) terhadap kepuasan kerja pustakawan perguruan tinggi. Metode penelitian ini adalah survei dengan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Data penelitian dianalisis dengan PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modelling). Jumlah responden adalah 86 pustakawan perguruan tinggi di Kota dan Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian yang didapatkan MP berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pustakawan perguruan tinggi, pengaruh positif ini berada pada tingkat moderat dengan nilai R-square sebesar 0.519. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa bahwa dari 4 variabel MP, hanya satu variabel yang tidak mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja pustakawan. Variabel manajemen pengetahuan yang berpengaruh positif adalah knowledge creation, knowledge retention dan knowledge sharing. Knowledge acquisition adalah satu-satunya variabel yang tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pustakawan. Diantara variabel yang berpengaruh positif, knowledge sharing adalah satu-satunya variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pustakawan perguruan tinggi. Penelitian ini menyarankan agar pustakawan sebagai agen informasi terus mempromosikan praktik MP. Saran berikutnya untuk perguruan tinggi agar meninjau kembali standar-standar perancangan dan pembangunan perpustakaan perguruan tinggi. ......This final paper aims to measure the impact of Knowledge Management (KM) on the job satisfaction of university librarians. The method in this research is a survey using a questionnaire for data collection. Research data were analyzed using PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling). The number of respondents was 86 university librarians in City and Regency of Tangerang. The results show that KM has a positive impact on the job satisfaction of university librarians, this positive impact classified as moderate level with an R-square value of 0.519. The conclusion of this study proves that of the 4 KM variables, only one variable does not have a positive impact on librarian job satisfaction. Knowledge management variables that have a positive effect are knowledge creation, knowledge retention and knowledge sharing. Knowledge acquisition is the only variable that has no positive impact on librarian job satisfaction. Among the variables that have a positive effect, knowledge sharing is the only variable that has a significant effect on the job satisfaction of university librarians. This study suggests that librarians as information agents should continue to promote KM practices. The next suggestion is for universities to review the standards for designing and building university libraries.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Purnomowati
Abstrak :
INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kepuasan kerja antara pustakawan pengolahan, pustakawan pelayanan dan pustakawan struktural di perpustakaan khusus instansi pemerintah di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini mengukur kepuasan pustakawan terhadap enam belas aspek kerja, yaitu: variasi pekerjaan, penggunaan kemampuan, pentingnya pekerjaan, layanan sosial, status sosial, prestasi, otonomi, gaji, promosi, peningkatan diri, pengakuan, keamanan, pengawasan, wewenang dan tanggung jawab, kondisi kerja dan rekan kerja. Penelitian ini juga menyelidiki tingkat pentingnya tiap aspek kerja tersebut, bagi pustakawan di perpustakaan khusus instansi pemerintah di wilayah DKI Jakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) tidak ada perbedaan kepuasan kerja secara keseluruhan antara pustakawan pengolahan, pustakawan pelayanan dan pustakawan struktural; (2) tidak ada perbedaan kepuasan kerja secara keseluruhan di antara pustakawan yang berbeda masa kerjanya; (3) tidak ada perbedaan kepuasan kerja secara keseluruhan di antara pustakawan yang berbeda tingkat pendidikannya. Populasi penelitian ini terdiri dari 120 orang pustakawan dari 18 perpustakaan khusus instansi pemerintah di wilayah DKI Jakarta. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang merupakan modifikasi dari Minnesota Satisfaction Questionnaire IMSO). Data yang dikumpulkan dari lembar kuesioner diolah dengan program komputer GraphPAD InStat versi 1.10. Perbedaan kepuasan kerja pada ketiga hipotesis dianalisa menggunaaan ANAVA (Analisa Ragam Satu Arah Analysis of variance of one-way classification). Sedangkan terhadap data yang ditemukan berbeda secara nyata dengan ANAVA, dilakukan uji statistik lanjutan dengan metoda Bonferroni. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: (1) Tidak ada perbedaan kepuasan kerja yang nyata di antara pustakawan yang berbeda jenis pekerjaannya, masa kerjanya, dan tingkat pendidikannya dalam hal kepuasan kerja secara keseluruhan. (2) Pustakawan berpendidikan sarjana nyata lebih puas terhadap aspek penggunaaan kemampuan, gaji, dan pengawasan. (3) Aspek penggunaaan kemampuan nyata lebih penting bagi pustakawan struktural daripada pustakawan pengolahan. (4) Pustakawan dalam penelitian ini merasa puas sampai sangat puas terhadap aspek layanan sosial dan pentingnya pekerjaannya; merasa tidak puas sampai agak puas terhadap gajinya. (5) Pustakawan dalam penelitian ini menganggap bahwa kebutuhan fisiologis, keamanan, dan sosial relatif lebih penting daripada pengakuan, prestasi dan kesempatan promosi.
ABSTRACT The purpose of this study is to investigate the differences of job satisfaction between technical services librarians, public services librarians and management librarians, in government special libraries in DKI Jakarta. This study measures a librarian's satisfaction on sixteen aspects of the job, i.e. variety, ability utilization, task significance, social service, social status, achievement, autonomy, salary, promotion, advancement, recognition, security, supervision, authority/responsibility, working conditions, and co-workers. This study also investigates the importance of each aspect of the job to librarians in government special libraries in DKI Jakarta. It is hypothesized that there are: (1) no significant differences in overall job satisfaction between technical services librarians, public services librarians and management librarians; (2) no significant differences in overall job satisfaction among librarians with different time in current job; (3) no significant differences in overall job satisfaction among librarians with different education. The population in the study consisted of 120 librarians from 18 government special libraries in DRI Jakarta. The data were obtained by using a modified Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). Data gathered from questionnaire sheets were analyzed using GraphPAD InStat version 1.10 computer's program. An Analysis of variance of one-way classification (ANOVA) was employed to analyze job satisfaction differences in the three hypotheses. A Bonferroni test was used to further analyze data which have significant differences. The study concludes that there are: (1) No significant differences of satisfaction about overall job satisfaction among librarians with different kind of job, time served in current job, and education. (2) Librarians with graduate education show significantly higher satisfaction with ability utilization, salary, and supervision. (3) Ability utilization aspect is significantly more importance for management librarians than for technical services librarians. (4). Satisfaction among librarians in this study vary from "satisfied" to "very satisfied" with regard to aspect of social services, and task significance; "dissatisfied" to "little satisfied" with regard to their salary. (5) Librarians in this study thought that physiological, security, and social need, are relatively more important than recognition, achievement, or promotion opportunities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cita Pujiono
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai kepuasan kerja pustakawan di Perpustakaan Organisasi Putra Rakyat Jakarta Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan kerja pustakawan di Perpustakaan Organisasi Putra Rakyat Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kepuasan kerja dibagi ke dalam 7 indikator, yaitu: isi pekerjaan, supervisi, organisasi dan manajemen, pengembangan karir, gaji, rekan kerja, serta kondisi pekerjaan. Kepuasan kerja pustakawan di Perpustakaan Organisasi Putra Rakyat Jakarta Pusat masih dirasakan kurang pada aspek isi pekerjaan, pengembangan karir, gaji,serta kondisi pekerjaan.
ABSTRACT
This paper discusses job satisfaction of librarians of Organisasi Putra Rakyat Library, Central Jakarta. The purpose of this research is to describe the level of job satisfaction of librarians of Organisasi Putra Rakyat Library, Central Jakarta. The result shows that librarian of Library Organisasi Putra Rakyat Jakarta Pusat were not satisfied enough with their job. The data were collected through observation and interviews. The final result of this research is that job satisfaction is divided into 7 indicators, they are: job content, supervision, organization and management, career development, salary, co-workers, as well as conditions of employment.
2016
S65363
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nelza Aprilinanita
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan kerja pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja, pustakawan, the Job Descriptive Index (JDI), kepuasan kerja pustakawan perpustakaan khusus, dan kepuasan kerja pustakawan berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama masa kerja. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software Microsoft Excel untuk menghitung persentase dan hasil JDI. Secara keseluruhan, pustakawan dalam penelitian ini memiliki tingkat kepuasan kerja yang rata-rata tinggi untuk aspek pekerjaan itu sendiri, aspek atasan, aspek rekan kerja, dan aspek gaji. Sedangkan untuk aspek kesempatan untuk maju, tingkat kepuasan pustakawan adalah sedang.
ABSTRACT
This thesis describes about the level of librarian?s job satisfaction at the Central Library and Dissemination of Agricultural Technology, Bogor. This research is a quantitative research using a survey method with questionnaire as an instrument of research. Indicators in this study is the job satisfaction, the librarian, the Job Descriptive Index (JDI), a special library librarian?s job satisfaction, and librarian?s job satisfaction based on gender, age, educational background and length of service. Assisted analysis of the data used by the software Microsoft Excel to calculate the percentage and the results of JDI. Overall, the librarians in this study have high levels of job satisfaction in average for the aspects of the job itself, the aspect of supervision, aspects of coworkers, and aspects of the salary. As for the aspects of the opportunities for promotions, the level of satisfaction of librarians is moderate.;
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library