Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manurung, Maria Indah Sri Rejeki
"Industri Gadai maupun gadai swasta terus bertambah serta menunjukkan pertumbuhan bisnis gadai yang semakin diminati dan prospektif. Meski menguasai 98% market share industri pergadaian nasional, PT Pegadaian tetap harus siap menghadapi disrupsi industri keuangan di tanah air. Disrupsi yang terjadi menjadi tantangan dan peluang untuk pertumbuhan bisnis. Untuk itu dibutuhkan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan daya saing dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hubungan antara faktor-faktor penting yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, analisis data dilakukan melalui persamaan struktural menggunakan Smart-PLS. Data dikumpulkan dari sejumlah Kepala Cabang PT. Pegadaian seluruh indonesia yang menunjukkan bagaimana Strategic Agility, Innovation Capability dan Organizational Readiness mempengaruhi Kinerja PT. Pegadaian. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat membantu pemangku kepentingan dalam mengarahkan sumber daya dan strategi organisasi secara lebih efektif.

The number of licensed private pawn or pawn shop companies continues to increase, indicating that the pawn business is increasingly in demand and prospective. Even though it controls 98% of the market share in the national pawnshop industry, PT Pegadaian still has to be ready to face disruption in the financial industry in the country. The disruption that occurs is a challenge and opportunity for business growth. For this reason, the right strategy is needed to improve performance and competitiveness in facing competition. The aim of this research is to see the relationship between important factors that influence company performance. By using data collection methods through questionnaires, data analysis was carried out through structural equations using Smart-PLS. Data was collected from a number of Branch Heads of PT. Pegadaian throughout Indonesia which shows how Strategic Agility, Innovation Capability and Organizational Readiness influencing PT Pegadaian performance. The results of this research can later help stakeholders direct organizational resources and strategies more effectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Anis Hadiyati
"ABSTRAK
Industri batik memiliki peran penting bagi perekonomian Kota Pekalongan. Industri yang berstruktur monopolistic competition seperti industri batik harus memiliki daya saing yang kuat agar dapat tetap eksis dalam era globalisasi seperti saat ini. Daya saing kuat dapat tercapai ketika perusahaan memiliki kemamapuan inovasi yang tinggi. Faktor utama yang mempengaruhi kemampuan inovasi adalah modal intelektual yang terdiri dari tiga komponen yaitu human capital, organizational/structural capital, dan social capital. Penelitian ini mengukur kemampuan inovasi dan komponen modal intelektual seperti apa yang mempengaruhi kemampuan inovasi Industri Batik Kota Pekalongan pada tahun 2012-2014. Data yang digunakan adalah data primer dari 75 sampel pengusaha batik. Berdasarkan hasil penelitian ini, organizational/structural capital dan social capital berpengaruh positif terhadap kemampuan inovasi, sedangkan human capital tidak berpengaruh. Sehingga, dalam rangka meningkatkan daya saing, perlu dilakukan revitalisasi paguyuban untuk memperkuat social capital dan edukasi tentang inovasi.

ABSTRACT
Batik industry has an important role in the economy of Pekalongan City Industry that has monopolistic competition structure such as in the batik industry has forced the industry to have a strong competitiveness in order to exist in the globalization era High competitiveness can be achived when the company has a strong innovation capability Intellectual capital that consist of human capital organizational structural capital and social capital is the main factor that affect innovation capability This study measures the innovation capability and how intellectual capital affect on Batik Micro and SME rsquo s of Pekalongan City during 2012 2014 It is used primary data from 75 samples of batik rsquo s enterpreneur The result find out that organizational structural capital and social capital have positive effect on innovation capability However human capital has no significant effect In order to increas competitiveness it nesessary to revitalize the industri association paguyuban to strengthen social capital and educate them about innovation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T45471
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Guna Mandhasiya
"UKM Distro mulai berkembang pesat dengan banyaknya clothing brand yang baru mulai merintis maupun yang sudah lama merintis hadir dan dapat dijumpai secara online. Bertambahnya jumlah pelaku UKM Distro membuat persaingan antar pelaku menjadi semakin ketat. Untuk dapat bersaing dalam mendapatkan pelanggan, UKM Distro diharuskan untuk unggul secara kompetitif. Meningkatkan keunggulan kompetitif dengan melakukan inovasi pada semua komponen yang dimiliki para pelaku UKM Distro. Komponen ini merupakan faktor-faktor inovasi yang dimiliki oleh para pelaku UKM Distro seperti faktor inovasi Produk, Proses, Organisasi, dan Pemasaran.  Dilakukan penelitian terhadap beberapa UKM Distro untuk memprioritaskan faktor-faktor inovasi tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan data yang kemudian diolah dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengolahan dengan metode ini ialah untuk menentukan bobot dari setiap faktor dan subfaktor inovasi UKM Distro. Bobot dari setiap faktor kemudian diperingkatkan untuk mendapatkan priorirtas inovasi setiap faktor dan sub-faktor UKM Distro. Peringkat tersebut kemudian dapat menjadi acuan oleh pelaku UKM Distro untuk melakukan lebih banyak inovasi yang efektif untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Hasil dari penelitian ini adalah prioritas dari faktor dan subfaktor inovasi UKM Distro berdasarkan besar nilai bobot. Peringkat pertama adalah inovasi Produk dengan inovasi dalam kualitas sablon atau bordir dan desain gambar. Peringkat kedua adalah Inovasi pemasaran dengan inovasi dalam metode pemasaran dan kesesuaian pelanggan.

SME Distro began to grow rapidly with the number of clothing brands that were just starting to pioneer and who had long been pioneering and could be found online. The increasing number of SME Distro actors makes competition between actors increasingly tight. To be able to compete in obtaining customers, SME Distro are required to excel competitively. Increase competitive advantage by innovating on all components owned by SME distributors. This component is an innovation factors that is owned by the SME Distro actors such as Product innovation, Process, Organization, and Marketing factors. Conducted research on several SME Distro to prioritize these innovation factors. The goal is to obtain data which is then processed using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. Processing with this method is to determine the weight of each factor and the innovation sub-factor of SME Distro. The weight of each factor is then ranked to get the priority of innovation for each factor and sub-factor of the SME Distro. The rating can then become a reference by SME Distro players to do more effective innovations to increase competitive advantage. The results of this study are the priorities of the factors and innovation sub-factors of SME Distro based on the weight values. The first rank is Product innovation with innovation in quality of screen printing or embriodery and image design. The second rank is Marketing innovation with innovation in marketing method and customer suitability."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Prihadyanti
"ABSTRAK
Di era globalisasi, keunggulan bersaing sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk tetap survive dan mampu memenangkan persaingan. Aspek penting yang berperan dalam hal ini adalah kemampuan inovasi perusahaan yang ditentukan oleh kemampuan inovasi individu-individu di dalamnya. Aspek yang dinilai berperan adalah absorptive capacity (ACAP) yang didukung oleh modal sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model hubungan antara modal sosial, ACAP, dan kemampuan inovasi karyawan pada perusahaan otomotif. Berdasarkan studi kasus, dengan analisis SEM terlihat bahwa baik perusahaan yang berperan sebagai pemasok maupun perusahaan yang dipasok memiliki model yang sama. Modal sosial memiliki terlihat memiliki peran penting dan dapat menjadi alternatif strategi untuk meningkatkan kemampuan inovasi yang turut mempengaruhi innovation maturity stage.

ABSTRACT
In this globalized era, competitive advantage becomes important for firms to keep survive and to win the competition. An important aspect for this is firm?s innovation capability which depends on individual innovation capability in the firm. Element which has important role is absorptive capacity supported by social capital. This research attempts to obtain relationship model of social capital, absorptive capacity, and innovation capability in automotive companies. Based on case studies conducted, using SEM analysis, it is found that either the supplier or supplied companies has the same model. Social capital has important role and may be considered as alternative strategy to increase innovation capability which also influence firm?s innovation maturity stage.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T41063
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Oriana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari Islamic Work Ethics terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Intensi Keluar dan Kemampuan Inovasi para karyawan dengan melakukan studi kasus pada Bank Syariah Arafah. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner ke 172 karyawan yang bekerja di Bank Syariah Arafah dan melakukan wawancara ke beberapa karyawan. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan Partial Least Square menggunakan Smart PLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Work Ethics berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi, intensi keluar, dan kemampuan inovasi. Implikasi penelitian ini berguna diterapkan di lingkungan Bank Syariah.

This study aims to determine the effect of islamic work ethics on job satisfaction, organizational commitment, turnover intention and innovation capability of employees at Bank Syariah Arafah. Data obtained from the questionnaires distributed to 172 employees who worked in Bank Syariah Arafah and interviewed several employees to strengthen the analysis. Data was performed by descriptive analysis and partial least squares using Smart PLS 3.0.
The results indicates that islamic work ethics significantly influence job satisfaction, organizational commitment, turnover intention, and innovation capability.This research can be useful for Islamic Bank Work Ethics.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aswan Satrio Baiquny
"Tren perekonomian saat ini di seluruh dunia adalah perekonomian industri yang berbasis pada aset berwujud berubah menjadi perekonomian non-wujud yang berbasis pada modal intelektual. Pemahaman tentang pengaruh modal intelektual terhadap kinerja perusahaan telah mendapat perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pandangan ini, dampak berbagai komponen modal intelektual, termasuk modal manusia, struktural, dan relasional, terhadap kinerja Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode SEM-PLS dengan penyebaran non-random sampling. Dalam penelitian ini lebih memfokuskan peran dari modal intelektual, keunggulan kompetitif, kemampuan inovasi pada usaha kecil menengah khususnya di Jabodetabek. Dengan total sampling 110 responden, yang terdiri dari para pemilik, level manajerial dan karyawan yang telah lama bekerja pada usaha kecil menengah tersebut. Dalam penelitian ini juga membahas terkait peran mediasi yaitu variable keunggulan kompetitif dan kemampuan inovasi antara modal intelektual dan kinerja usaha kecil menengah. Tujuan penelitian ini agar kedepannya para pelaku usaha kecil menengah dapat menggunakan sumber daya dengan cara mengolah dan mengeksplorasi lebih cermat dengan tujuan keberlanjutan usaha nya di tengah lingkungan bisnis yang dinamis ini.

The current economic trend throughout the world is that an industrial economy based on tangible assets is changing to an intangible economy based on intellectual capital. Understanding the influence of intellectual capital on company performance has received great attention in recent years. In this view, the impact of various components of intellectual capital, including human, structural and relational capital, on the performance of Small and Medium Enterprises in Indonesia. The research method used in this research is quantitative using the SEM-PLS method with non-random sampling distribution. This research focuses more on the role of intellectual capital, competitive advantage, innovation capabilities in small and medium enterprises, especially in Jabodetabek. With a total sampling of 110 respondents, consisting of owners, managerial level and employees who have worked for a long time in these small and medium businesses. This research also discusses the role of mediation, namely the variables of competitive advantage and innovation ability between intellectual capital and the performance of small and medium enterprises. The aim of this research is that in the future small and medium businesses can use resources by processing and exploring them more carefully with the goal of business sustainability in the midst of this dynamic business environment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manik, Grace Eunice Patricia
"Dampak kemajuan teknologi yang semakin meningkat pesat sangat berdampak bagi sektor usaha, khususnya usaha menengah. Ditengah persaingan yang semakin ketat, suatu usaha harus bisa mempertahankan eksistensinya menuju keberlanjutan bisnis mereka. Untuk mewujudkan keberlanjutan usaha bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial maka usaha harus memiliki kapabilitas untuk melakukan inovasi. Kapabilitas inovasi bisa diwujudkan melalui adanya inovasi produk, inovasi layanan, inovasi proses, dan inovasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapabilitas inovasi memberikan pengaruh positif kepada keberlanjutan bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif yang perolehan datanya dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara daring kepada 135 pemilik dan manajer usaha menengah bidang food and beverages di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi pemasaran terhadap keberlanjutan bisnis.

The impact of rapidly increasing technological advances has a huge impact on the business sector, especially medium-sized businesses. In the midst of increasingly fierce competition, businesses must be able to maintain its existence towards the sustainability of their business. To create business sustainability for the environment, economy, and social aspects, businesses must have the capability to innovate. Innovation capability can be realized through product innovation, service innovation, process innovation, and marketing innovation. This study aims to determine whether innovation capability has a positive influence on business sustainability. This research is a quantitative study with an explanatory design which the data acquisition was carried out by distributing questionnaires online to 135 owners and managers of medium-sized food and beverages businesses in DKI Jakarta. The results showed that there is a positive influence between product innovation, process innovation, and marketing innovation on business sustainability."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library