Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aswalmi Gusmita
"Studi ini menguji dampak kapabilitas manajerial dinamis sebagai aspek manajerial yang bersifat individual dan proses manajemen pengetahuan yang merupakan bagian dari operasional organisasi terhadap kinerja layanan pada organisasi publik melalui kelincahan organisasi. Kelincahan organisasi sendiri telah dibuktikan secara empiris berdampak positif terhadap kinerja organisasi (Lu & Ramamurthy, 2011)namun perlu dibuktikan apakah hal tersebut juga relevan pada konteks organisasi publik. Hasil penunjukan bahwa kapabilitas manajerial dinamis sama sekali tidak berpengaruh pada kinerja lain baik secara langsung maupun melalui kelincahan organisasi. Hal sebaliknya ditunjukan oleg proses manajemen pengetahuan yang signifikan berpengaruh pada kinerja layanan maupun melalui kelincahan organisasi. Studi ini dilakukan pada unit-unit layanan pada satu organisasi publik skala nasional dengan yang berjumal 104 unit layanan sebagai sampel dari total 127 unit layanan yang ada. Hasil penelitian menunjukan pentingnya peran proses manajemen pengetahuan pada organisasi publik.

This study examined the impact of dynamic managerial capability as an individual managerial aspect and knowledge management process that is part of the organizations operations on service performance in public organizations through role of organizational agility. Organizational agility  has been empirically proven to have a positive impact on organizational performance (Lu & Ramamurthy, 2011) but it needs to be proven whether it is also relevant in the context of public organizations. The results indicate that dynamic managerial capabilities have absolutely no effect on service performance either directly or through role of organizational agility as mediator. The opposite is shown by the knowledge management process that significantly influences service performance as well as through organizational agility. The study was carried out at service units in a national scale public organization with  104 service units as a sample from 127 existing service units population. The results showed the important role of knowledge management process in public organizations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Wahyuni Wijayanti
"Studi ini mengeksplorasi dampak orientasi strategis terhadap transformasi digital melalui kapabilitas manajemen dinamis dan kesiapan organisasi. Fokusnya adalah pada transformasi digital sektor UMKM. Kami menggunakan kantor cabang bank UMKM
terkemuka di Indonesia sebagai unit analisis. Rumus Slovin dan teknik pengambilan
sampel non-probabilitas menentukan ukuran sampel. Pemimpin Cabang, Pemimpin
Cabang Pembantu, dan Manajer fungsional melengkapi kuesioner skala Likert untuk
mengumpulkan data. Kami mengumpulkan 4.964 tanggapan dari responden, menentukan
2.212 (80%) sebagai duplikat dan memperlakukan 2.752 tanggapan yang tersisa sebagai data rata-rata dari 422 kantor cabang bank. Studi ini menggunakan pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM) untuk menganalisis data. Studi ini menemukan bahwa orientasi pasar, orientasi digital, dan orientasi kewirausahaan berdampak positif terhadap transformasi digital melalui kapabilitas manajemen dinamis
atau kesiapan organisasi. Orientasi pemasaran berdampak negatif pada kesiapan
organisasi, tetapi dapat ditingkatkan secara tidak langsung melalui orientasi digital ataukapabilitas manajerial dinamis. Orientasi pemasaran berdampak positif terhadap
transformasi digital karena mediasi orientasi digital atau kapabilitas manajerial dinamis.
Kemampuan manajemen yang dinamis dan kesiapan organisasi diperlukan untuk
menghubungkan transformasi digital. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya kepemimpinan, inovasi, dan penyelarasan strategi untuk proyek digital yang sukses.

This study explores the impact of strategic orientation on digital transformation through dynamic management capabilities and organizational readiness. The focus is on the digital transformation of the MSME sector. We use the branch offices of leading MSME banks in Indonesia as unit analysis. Slovin's formula and non-probability sampling techniques determine the sample size. Branch, sub-branch, and functional managers complete a Likert-scale questionnaire to collect data. We collected 4,964 responses from
the respondents, determining 2,212 (80%) as duplicated and treating the remaining 2,752 responses as the average data of the bank's 422 branch offices. The study used partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) to analyze data. The study found that market orientation, digital orientation, and entrepreneurial orientation positively
impact digital transformation through dynamic management capabilities or organizational readiness. Marketing orientation has a negative impact on organizational readiness, but it can indirectly be improved through digital orientation or dynamic managerial capabilities.
Marketing orientation positively impacts digital transformation due to the mediation of
digital orientation or dynamic managerial capabilities. Dynamic management capabilities and organization readiness are necessary for connecting digital transformation. This study shows how essential leadership, innovation, and strategy alignment are for successful digital projects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library