Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
PATRA 7(3-4) 2006
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tjan, Tjoe Siem
Bandung: A.C. Nix, 1941
795.4 TJA j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Janwar
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S8205
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
O`Hara, John
Kensington,: New South Wales University Press, 1988
795.099.4 OHA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Peggy Melati Sukma, Author
Jakarta Selatan: Noura, 2017
297.74 PEG k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fabian Nathanael
Abstrak :
Di dalam lingkungan akademik, terdapat sebuah kecenderungan untuk menempatkan fenomena kecanduan judi sebagai sebuah fenomena klinis yang berakar dari permasalahan biokimiawi maupun psikologis ataupun sebagai sebuah permasalahan kultural yang mengikat proses judi kompulsif ke dalam ranah nilai-nilai kolektif suatu masyarakat. Artikel ini akan memberikan sebuah penjelasan alternatif terhadap kecanduan judi dengan mengacu pada pemikiran filosofis Nassim Taleb mengenai ketidakpastian, keberuntungan, dan probabilitas, khususya yang tertera di dalam Fooled by Randomness. Taleb memandang bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk tidak memperhatikan peran dari keberuntungan dan ketidakpastian yang sesungguhnya memiliki andil besar di dalam kehidupan manusia dan bahwa kecenderungan ini terjadi melalui sejumlah mekanisme sesat pikir. Di dalam artikel ini, penulis melihat subjek di dalam fenomena kecanduan judi sebagai sebuah agen epistemis yang berhadapan—dan gagal—dalam menjalankan peran epistemisnya karena ketidakpahaman akan konsep-konsep abstrak seperti probabilitas dan ketidakpastian yang memiliki peran besar di dalam perjudian. Penulis juga akan memanfaatkan Epistemologi Kebajikan dalam mensistematisasi pemikiran Taleb menjadi sejumlah kebajikan intelektual yang dapat dipraktikan dalam menghadapi fenomena kecanduan judi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa fenomena kecanduan judi terjadi karena kesalahpahaman akan probabilitas yang melibatkan pemahaman yang keliru terhadap kausalitas dan konsep asimetri dalam probabilitas. Penulis kemudian menyatakan bahwa kebajikan-kebajikan intelektual seperti gaya berpikir probabilistik, kerendah-hatian, dan kewaspadaan empiris dapat berperan dalam menghadapi fenomena kecanduan judi. Terlebih lagi, penulis menyatakan bahwa kebajikan- kebajikan tersebut dapat ditanamkan melalui pendidikan.  ......In academic circles, there is a tendency to explain problem gambling as a clinical phenomenon or a cultural one. This article seeks to give an alternative explanation of problem gambling by utilizing Nassim Taleb’s thought on unceetainty, luck, and probability, especially as laid out in Fooled by Randomness. Taleb sees that humans have the tendency to overlook the role of luck and uncertainty that in actuality plays a significant role in daily life. Moreover, he argues that this overlook is a result of a number of cognitive errors. In this article, the writer sees problem gamblers as flawed epistemic agents due to their failure to realize the crucial role of uncertainty in gambling. The writer also utilizes Virtue Epistemology in systematizing Taleb’s thought into a number of intellectual virtues in facing problem gambling. This research concludes with the statement that problem gambling occurs due to a misunderstanding of probability that includes a poor conceptualization of causality and asymmetry in probability. The writer then states that intellectual virtues such as probabilistic thinking, humility, and empirical prudence can play a significant role in facing the phenomenon of problem gambling. Moreover, the writer argues the potentiality of education in instilling such virtues. 
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sinambela, Yenny Siti Yanti
Abstrak :
Saat ini belum ditemukan angka prevalensi gambling disorder di Indonesia namun dalam praktik klinis kunjungan pasien yang mengalami GD semakin meningkat sehingga diperlukan instrumrn yang sahih dan andal yaitu South Oaks Gambling Screen (SOGS) versi Indonesia. Penelitian dilakukan dengan penyebaran googleform ke seluruh Indonesia melalui jejaring Internet dan media sosial pada 18 April hingga 15 Mei 2021 ( N= 5810, usia 18 hingga 59 tahun) dengan cara non propbability sampling, sampling insidental, melakukan penerjemahan yang disesuaikan dengan budaya Indonesia, penerjemahan balik, uji validitas isi, kontruksi dan uji reliabilitas instrumen SOGS versi Indoensia. Pada uji EFA seluruh butir yang ada di dalam SOGS versi Indonesia memiliki faktor muatan yang baik yaitu > 0.4. Nilai Kaise – Meyer- Olkin ( KMO) 0,913 dan nilai p Bartlett Test of Sphericity (BTS) < 0.001 sehingga jumlah sampel dan korelasi antar item dipastikan adekuat.Berdasarkan hasil uji EFA didapatkan hasil 4 domain yang memiliki eigenvalue lebih dari satu dan secara kumulatif dapat menjelaskan 62,42% varian. Hasil CFA model 3 yang dipilih menunujukkan keadaan goodness of fit yang baik ( Chi-square = 1270 ; df=166 ; p-value= 0,0000 ; RMSEA = 0,048 ; CFI= 0,99 ; AIC= 1358,72; TLI= 0,99; SRMR= 0,031). Pada uji reliabilitas didapat satu butir pertanyaan SOGS yang memiliki nilai corrected item total correlation < 0,3 yaitu 0,261. Nilai alpha cronbach dari SOGS versi Indonesia adalah sebesar 0.879 dengan atau tanpa penghapusan item SOGS 4. Prevalensi gambling disorder (GD) ditentukan dengan menggunakan SOGS versi Indonesia dengan N= 5810 dengan poin 8 didapat 57 subjek alami GD sehingga dapat disimpulkan prevalensi GD di Indonesia 1 %. SOGS versi Indonesia memiliki 20 pertanyaan dan terdapat 4 domain yang memenuhi kriteria DSM. SOGS versi Indonesia memiliki validasi dan reliabilitasi yang baik sehingga dapat dipastikan baik untuk menskriining permasalahan judi di Indonesia ......To date, the prevalence of gambling disorder (GD) is Indonesia remains unknown. However, the number of patients with GD has been increasing in clinical practice. There is a need for a valid and reliable instrument to assess gambling disorders, namely the Indonesian version of South Oaks Gambling Screen (SOGS). We distributed Google forms nationwide through the internet and social media from April 18 to May 15, 2021 to subjects (n = 5810, age 18 to 59 years) selected using non-probability sampling and incidental sampling. We performed forward translation, back translation, and cultural adaptation to suit the questionnaire to the Indonesian culture. We also performed content validity, construct validity, and reliability tests to the Indonesian version of SOGS. Exploratory factor analysis (EFA) showed that all items in the Indonesian version of SOGS were found to have good content factor of > 0.4. The Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) value was 0.913 dan and the p value of Bartlett Test of Sphericity (BTS) was less than 0.001, indicating adequate sample size and inter-item correlation. The EFA conducted revealed 4 domains with an eigenvalue of >1, cumulatively contributing to a variance of 62.42%. Confirmatory factor analysis of the chosen model showed goodness of fit (chi-square = 1270 ; df=166 ; p-value= 0.0000 ; RMSEA = 0.048 ; CFI= 0.99 ; AIC= 1358.72; TLI= 0.99; SRMR= 0.031). The reliability test showed one corrected item in the Indonesian version of SOGS with a total correlation of less than 0.3 (0.261). The Cronbach’s alpha value of the Indonesian version of SOGS was 0.879 with or without omitting item SOGS 4. The prevalence of gambling disorder (GD) was determined using the Indonesian version of SOGS. With a sample size of 5810, with point 8 included, 57 subjects suffered from GD. Therefore, we concluded that the prevalence of GD in Indonesia was 1%. The Indonesian version of SOGS consists of 20 questions with 4 domains corresponding to the DSM criteria for gambling disorder. The Indonesian version of SOGS has good validity and reliability, indicating good performance for gambling disorder screening in Indonesia.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessy Augusdin
Abstrak :
Tjeritera jang ditugaskan kepada saja untuk ditranskripsi kedalam huruf latin, untuk diselidiki dan dibahas, adalah episode pertama dari naskah _Hikajat Pandawa Djaja_, ditulis dengan huruf Arab-Melaju. Tjeritera dimulai pada halaman 1 dan berachir pada halaman 8, pada baris ke-8. Tiap halaman memuat 19 baris, tapi kadang2 hanja memuat 18 baris, seperti halnja pada halaman 2 dan 3. Naskah adalah kepunjaan Lembaga Kebudajaan Indonesia, dan tertjatat dalam "Catalogus der Maleische Handschriften" dari Dr. Ph. S. van Ronke 1, sebagai nomor XI, dengan nama "Hikajat Pandawa Djaja" dan termasuk dalam kumpulan Dr. J.L. A. Brandes nomor 2. Besar naskah adalah 25 X 20 cM., terdiri dari 274 lembar. Naskah sangat kotor dan banjak noda2-nja. Transkripsi dengan huruf Latin disesuaikan dengan "Edjaan Suwandi" berdasarkan Surat Keputusan Menteri P.P. & K. tertanggal 15-4-1947, nomor 345/bhg A. Apakah naskah merupakan terdjemahan ataukah salinan, tak dapat saja ketahui, karena naskah tidak didahului atau diachiri oleh keterangan2. Halaman 1 sudah memuat tjeritera tentang Pandawa.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1962
S10883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutama Rafif
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat sosialisasi peer group, sosialisasi media massa, dan pola asuh orangtua yang permisif dalam perilaku judi online remaja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei terhadap 172 orang siswa/siswi kelas X, XI, dan XII di SMAN "X" yang bermain judi online. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dimensi modeling dalam sosialisasi peer group merupakan dimensi yang paling mengarahkan remaja pada judi online jika dibandingkan dengan dimensi terpaan selektif, reward, dan punishment. Selain itu, media massa internet paling mendukung berlangsungnya praktik-praktik judi online dibandingkan dengan media cetak dan elektronik. Pola asuh orangtua permisif juga mendorong remaja untuk gemar bermain judi online. Temuan lain adalah kesamaan tujuan dalam bermain judi baik siswa laki-laki dan perempuan yaitu sebagai hiburan pada judi online jenis olahraga dan untuk mencari keuntungan pada judi jenis online poker. Demikian pula kesamaan tujuan bermain judi pada kelas X, XI, XII yang mencari hiburan pada judi online jenis olahraga dan mencari keuntungan pada judi online jenis poker.
ABSTRACT
The purpose of this study was to see an overview of the three terms in the teenager"s online gambling behavior including peer group socialization, mass media socialization and permissive parenting style. The approach used in this study is a quantitative survey of 172 students in grade X, XI, and XII at SMAN "X" who play online gambling. The study concluded that modelling in peer group socialization is the most underlying dimension of online gambling when compared with the other three dimensions, namely the selective exposure, reward and punishment. Furthermore, internet is also the most underlied cause of teenager's online gambling behavior compared with print and electronic media. Permissive parenting style also underlie teenagers to play online gambling. Another findings is a same purpose both boys and girls address in online gambling which is as an entertainment on the type of sport and to make profit on the type of poker online gambling. Similarly, there is a same purpose of gambling on the class X, XI, XII who seek entertainment on online gambling type of sport and profit-oriented on online gambling types of poker.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S62377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faiz Khanza
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relasi antara mahasiswa dan aktan dibalik kecanduan judi slot online yang terjadi pada mahasiswa. Studi-studi terdahulu yang membahas tentang kecanduan judi online dapat dipetakan menjadi dua, yaitu berdasarkan aspek intrapersonal dan aspek interpersonal. Berdasarkan aspek intrapersonal, kecanduan judi online disebabkan adanya impulsivitas dalam urgensi negatif dan positif serta adanya depresi yang dirasakan oleh penjudi. Kemudian berdasarkan aspek interpersonal, kecanduan judi online disebabkan adanya norma di dalam kelompok judi online di ruang digital. Studi-studi terdahulu tersebut belum mengeksplorasi lebih dalam mengenai aspek sosiologis terkait relasi mahasiswa dengan aktan lain, baik itu aktan manusia ataupun non-manusia yang dapat mendorong mereka menjadi kecanduan terhadap judi slot online. Melalui penerapan Actor-Network Theory (ANT), peneliti berargumen bahwa kehadiran berbagai aktan seperti kerabat, kemenangan, uang, kekalahan, waktu luang, fitur visual, suara, dan free spin memberikan kontribusi baik itu sebagai perantara ataupun mediator yang memberikan terjemahan kepada mahasiswa dalam membentuk dan menguatkan jaringan kecanduan judi slot online. Selain itu, penciptaan jaringan kecanduan judi slot online yang stabil terjadi karena proses adaptasi yang dilakukan oleh para aktan melalui empat tahapan translasi, yaitu problematisasi, interessement, pendaftaran, dan mobilisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang dilakukan terhadap mahasiswa yang mengalami kecanduan judi slot online dan observasi digital terhadap situs judi slot online. ......This study aims to explain the relationship between students and actant behind online slot gambling addiction what happened to students. Previous studies discussing online gambling addiction can be mapped into two, namely based on intrapersonal aspects and interpersonal aspects. Based on the intrapersonal aspect, online gambling addiction due to impulsivity in negative and positive urgency as well as the presence of depression felt by gamblers. Then based on the interpersonal aspect, online gambling addiction due to norms in the gambling group online in the digital space. These previous studies have not explored more deeply the sociological aspects related to student relations with other actants, both human and non-human actant that can encourage them to become addicted to online slot gambling. Through the application of Actor-Network Theory (ANT), the author argues that the presence of various actants such as relatives, wins, money, losses, free time, visual features, sound, and free spins contribute either as intermediaries or mediators who provide translations to students in forming and strengthening the online slot gambling addiction network. In addition, the creation of a stable online slot gambling addiction network occurs due to the adaptation process carried out by actants through four stages of translation, namely problematization, interessement, enrollment, and mobilization. This study uses a qualitative approach by collecting data through in-depth interviews conducted with students who are addicted to online slot gambling and digital observation of online slot gambling sites.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>