Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marbun, Rindang Manola
Abstrak :
ABSTRAK Skripsi ini membahas penggambaran puri dalam roman Liebe und Tod auf Bali karya Vicki Baum. Analisis dilakukan berdasarkan teori semantik dengan bantuan antropologi linguistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan kesesuaian penggambaran puri dalam roman dan dengan puri dalam kehidupan masyarakat Bali sebelum abad ke-20. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vicki Baum mampu menggambarkan puri sesuai dengan kenyataannya pada saat itu. Akan tetapi, terdapat ketidaktepatan penggunaan kata puri, yaitu Baum menggeneralisasi jero sebagai puri. Padahal keduanya memiliki perbedaan.
[, ], 2014
S53816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novarina
Abstrak :

Tulisan ini adalah satu hasil kajian naskah Nusantara yang menggunakan sumber teks sejarah Madura. Objek penelitian yang digunakan yaitu manuskrip koleksi Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia berjudul Sajarah Proza Begin Brawijaya (SPBB) kode SJ.230. Dalam mengkaji naskah tersebut digunakan metode filologi dan kerangka teori sastra. Metode filologi yang digunakan untuk menyusun suntingan teks adalah metode landasan. Untuk mengkaji isi teksnya, digunakan digunakan teori struktural Jan van Luxemburg dan konsep representasi sastra. Dari kajian struktural diperoleh gambaran bahwa bangunan teks SPBB tersusun atas struktur sastra dan struktur isi (sejarah) yang secara keseluruhan berfungsi untuk melegitimasi kekuasaan raja Madura abad 17-18. Sementara itu, hasil telaah struktur isi teks menunjukkan representasi Cakraningrat sebagai tokoh utama dalam sejarah Jawa, Madura, dan VOC yang didasari oleh pandangan hidup pengarang untuk mengangkat salah satu nilai dari falsafah hidup Jawa dalam teks ini. Falsafah yang tampak dari persamaan maupun perbedaan citra tokoh Cakraningrat bersifat representatif terhadap budaya penciptanya, yaitu budaya mikul dhuwur mendhem jero dalam pandangan hidup orang Jawa.

 


This thesis is one of Nusantara manuscript studies that used a source of historical text from Madura. Object of the research used is manuscript collected at Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia titld Sejarah Proza Begin Brawijaya (SPBB) code SJ.230. In studying the manuscript, the researcher used method of philology and literary theoritical framework. Method of philology used in reviewing the text is foundational method. To study the content of the text, the research used structural theory by Jan van Luxemburg and literary representation by Teeuw. From structural theory, the researcher found that the construction of text SPBB consists of literary structure and historical content structure that functions as legitimacy of King Madura in the 17th18th century. Other than that the historical content of SPBB text show the representing Cakraningrat as the main character in the history of Java, Madura, and VOC based on the authors way of life, which is by valuing a lesson from Javanese philosophy written in the text. From the connection between elements, it is concluded that text of SPBB, as a work of Javanese traditional historiography in the 20th century, is considered innovative towards earlier hipogram text which was presented in the critical history book mentioned. The philosophy is seen from the similarities and differences of the image of Cakraningrat that represented the authors culture and way of life, which is called mikul dhuwur mendhem jero in Javanese philosophy.

 

Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Ayu Desiari
Abstrak :
Arja merupakan salah satu jenis dramatari Bali yang memadukan unsur drama, tari, tembang, dan musik. Di dalam sebuah pementasan dramatari Arja terdapat tokoh-tokoh yang memiliki karakter tersendiri baik itu karakter keras maupun halus atau manis. Salah satu karakter yang dikaji dalam penelitian ini adalah karakter Galuh gaya Jero Ratna dalam sebuah pertunjukan dramatari Arja dengan Lakon Pajang Mataram yang dipentaskan di Banjar Kebon Singapadu. Kajian tentang Galuh dalam dramatari Arja sangat mendesak dilakukan sebab sampai saat ini belum ada studi yang mendalam tentang tokoh Galuh dalam dramatari Arja khususnya Gaya Jero Ratna. Studi ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan seni pertunjukan. Ada dua rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah bentuk pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu, Gianyar?; dan (2) Bagaimanakah karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram tersebut?. Sebagai pisau analisis digunakan tiga buah teori yaitu teori Fungsional-Struktural, teori Estetika, dan teori Semiotika. Data-data dari penelitian ini, baik data primer maupun data sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dan ditulis secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu dapat dilihat dari lakon, struktur pertunjukan, tokoh-tokoh, musik iringan, dan tempat pertunjukan. (2) Karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram adalah sebuah karakter putri manis atau halus. Hal itu dapat ditinjau dari tembang pada igel penglembar dan igel pagunem, gerak tari, dan tata rias busana yang digunakannya.
Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
700 KJSP 3 : 1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library