Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Sutanto Soehodho
Abstrak :
Makalah ini mencoba mengembangkan suatu konsep yang memanfaatkan proses penalaran manusia pada komputer dalam penentuan rute terpendek dari suatu jaringan transportasi. Proses ini diilustrasikan pada contoh dimana seseorang pemakai kendaraan umum (misal kereta api, bus) yang akan melakukan perjalanan dari suatu titik asal ke suatu titik tujuan. Dengan mempelajari peta akan melakukan perjalanan dari suatu titik asal ke suatu titik tujuan. Dengan mempelajari peta jaringan angkutan umum, maka biasanya ia akan dapat menentukan rute terpendek dalam menempuh perjalanana tersebut, Dengan aplikasi tersebut hasil rute terpendek yang terpilih cukup mendekati rute yang optimal dengan waktu penentuan yang cukkup singkat. Konsep penalaran yang demikian dapat dipilah menjadi 4 tahapan : a) pengenalan jaringan transportasi b) penyederhanaan bentuk jaringan c) pelacakan rute terpendek pada jaringan sederhana d) pelacakan rute terpendek pada jaringan sebenarnya dengan memanfaatkan rute sementara pada tahap. Sejalan dengan penalaran untuk dapat diimplementasikan ke dalam bentuk program komputer dan algoritma yang dikembangkan untuk menentukan rute dari satu simpul asal ke banyajk simpul tujuan, bila diimplementasikan pada komputer berbasis paralel prosessor. Juga perlu dikembangkan suatu tahapan yang dapat mentransformasikan suatu bentuk jaringan yang direpresentasikan oleh simpul ruas dan kinerja ruas ke bentuk jaringan dengan besaran koordinat.
1998
JUTE-XII-4-Des1998-302
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Edi Priyanto
Abstrak :
Skripsi ini membahas pola arus keberangkatan dan kedatangan penerbangan domestik di bandar udara Indonesia berdasarkan arus penumpang, frekuensi dan potensi. Arus penumpang dan frekuensi diolah sesuai model geografi transportasi untuk melihat jaringan penerbangan. Arus potensi menggunakan model gravitasi yang dibandingkan secara deskriptif dengan arus penumpang dan frekuensi, sehingga menggambarkan perbedaan dan persamaan besarnya arus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola arus kedatangan dan keberangkatan penumpang penerbangan domestik di bandar udara Indonesia membentuk jaringan penerbangan hub-and-spoke, dimana Bandara Soekarno-Hatta dan Juanda menjadi hub atau pusat persebaran penerbangan, sehingga jalur penerbangan antara Bandara Soekarno-Hatta dengan Juanda menjadi jalur utama karena memiliki arus penumpang, frekuensi dan potensi penerbangan domestik di Indonesia.
......This research discuss about arrival flow the and departure of domestic flight in the Indonesian airports based on passengers? flow, frequention, and its potention. Passengers? flow and frequention prossesed in accordance with the model of transport geography to see the network of the flight. The potential flow used the gravitation model that was compared descriptively with the passenger flow and the frequency, so as to depict the difference and the equality of the flow size. The result of this research shows that the pattern of the arrival flow and the departure of domestic flight passengers in the Indonesian airports formed the network of the flight hub and spoke, where the Soekarno Hatta and Juanda airport became the hub or centre of the spread of the flight, so that the flight route between Soekarno-Hatta with Juanda became the main route because they have passengers? flow, frequention, and domestic flight potention in Indonesia.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S34105
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library