Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta: Perpustakaan Nasional Indonesa,
570 BBB
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Superman
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai strategi penyediaan produk kemas ulang informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk memberikan pelayanan kebutuhan informasi melalui produk kemas ulang informasisebagai produkunggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan informan berdasarkan metode pusposive sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi utama yang telah diterapkan adalah pengembangan produk, pengembangan pasar dan inovasi. Namun, dalam implementasi strategi masih terkendala dengan kompetensi Sumber Daya Manusia. Selain itu evaluasi strategi belum terstruktur.
......This undergraduate thesis discusses strategy of supplying information repackaging product. This research aims to know Center for Scientific Documentation and Information Indonesian Institute of Science strategy to supplying information repackaging product as competitive product. This research uses qualitative approach with case study method. The selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through interviews and document analysis. The result of this research shows that main strategies that have been implemented are product development, market development and innovation. But, in the strategy implementation still constrained with human resources competence. In addition, strategy evaluation not structured yet.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69074
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mulni A. Bachtar
Abstrak :
Pembinaan pegawai perlu diperhatikan karena pegawai merupakan tulang punggung organisasi. Pegawai yang terampil secara langsung maupun tidak langsung .dapat membantu atasan dalam mengemban tugasnya. Menyadari akan pentingnya peranan pegawai dalam mengelola informasi, kami memilih sebagai topik skripsi ini' PEMBINAAN PEGAWAI dengan mengambil kasus pelaksanaannya di Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional (PDIN-LIPI). Meskipun sejak 13 Januari 1986 PDIN telah berganti nama menjadi PDII (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah) namun dalam skripsi ini kami memakai nama PDIN, karena pada saat skripsi ini mulai dikerjakan, namanya masih PDIN. Skripsi ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan pembinaan pegawai melalui pendidikan dan pelatihan di PDIN. Untuk itu yang dikaji adalah :1. Pelayanan jasa informasi di PDIN. 2. Pengadaan pegawai untuk memenuhi tujuan PDIN. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan sebagai unsur pembinaan pegawai.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987
S15313
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andi Saputra
Abstrak :
Digitalisasi sumber refernsi ilmiah telah memindahkan koleksi perpustakaan dari ranah fisik ke ranah virtual, dalam bentuk database online. Sehingga memunculkan kajian baru dalam bidang literasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun konsep literasi referensi ilmiah berdasarkan persepsi pengguna di perguruan tinggi,dan mengukur kebutuhan dan manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa. Konsep tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan kepada mahasiswa pascasarjana Universitas
Andalas. Untuk melihat pengaruhnya sebelum dan sesudah pelatihan peserta diminta mengisi kuesioner, terkait dengan pemahaman mereka tentang sumber referensi ilmiah, dan persepsi mereka tentang materi pelatihan, serta manfaat yang mereka rasakan. Hasil penelitian menunjukkan, sebelum pelatihan mereka masih kesulitan dalam mencari dan memperoleh sumber referensi untuk penulisan tugas akhir. Konsep literasi referensi online yang diberikan kepada mereka ternyata sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang sumber referensi ilmiah dalam mendukung penelitian atau penulisan dan publikasi karya ilmiah. Kesimpulannya, walaupun mahasiswa saat ini tergolong ke dalam generasi digital native, yang sudah akrab dan mahir menggunakan teknologi infrmasi. Akan
tetapi mereka masih membutuhkan bimbingan dalam memanfaatkan sumber referensi ilmiah. Mereka harus dibimbing sejak tahun pertama perkuliahan. Perguruan tinggi harus menyediakan alokasi waktu khusus untuk pelatihan ini, yang diikuti dengan bimbingan penulisan karya ilmiah oleh pustakawan secara berkala untuk memastikan bahwasanya materi yang disampaikan pada saat pelatihan bisa dipahami dengan baik oleh peserta.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2020
020 VIS 22:1 (2020)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library