Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Trishanty Eka Mulyaningrat
"Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis, salah satunya e-commerce. Saat ini di Indonesia jual beli secara online terus mengalami peningkatan, khususnya dilakukan melalui empat marketplace besar Indonesia (Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak). Proses pembelian online tidak terlepas dari adanya pembelian impulsif yang dipengaruhi oleh stimulus internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rangsangan internal dan ekternal terhadap pembelian impulsif. Untuk memperoleh data, dilakukan online survei terhadap lebih dari 500 responden. Selanjutnya data diolah menggunakan aplikasi Smart PLS yang merupakan analisis SEM berbasis varians dengan tujuan pada pengujian teori model yang menitikberatkan pada studi prediksi. Studi ini menemukan bahwa trust propensity, willingness to buy, self-confidence, variety of selection, interpersonal influence, dan brand ambassador berpengaruh secara langsung pada perilaku pembelian impulsif. Mengingat hanya sedikit penelitian yang membahas topik ini, khususnya di Indonesia, maka hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang perilaku pembelian impulsif secara online dan juga dapat berkontribusi pada industri e-commerce Indonesia.

The rapid development of technology today, has given rise to various new opportunities in business, one of which is e-commerce. Currently in Indonesia buying and selling online continues to increase, especially through four major Indonesian marketplaces (Shopee, Tokopedia, Lazada and Bukalapak). The online buying process is inseparable from impulse purchases that are influenced by internal and external stimuli. This study aims to determine the effect of internal and external stimuli on impulse buying. To obtain the data, an online survey of more than 500 respondents was conducted. Furthermore, the data is processed using the Smart PLS application which is a variance-based SEM analysis with the aim of testing model theory that focuses on prediction studies. The study found that trust propensity, willingness to buy, self-confidence, variety of selection, interpersonal influence, and brand ambassadors have a direct effect on impulse buying behaviour. Given that only a few studies discuss this topic, especially in Indonesia, the results of this study are expected to provide new insights into impulse buying behaviour online and can also contribute to Indonesia's e-commerce industry."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Vandany
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana perilaku pembelian impulsif secara online terbentuk bila dipengaruhi browsing dan perceived value pada ulasan online dalam aplikasi atau situs marketplace. Data yang didapatkan berasal dari 159 responden. Model penelitian dengan enam hipotesis ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini menunjukkan  bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi nilai konsumen pada ulasan online, ulasan online terhadap browsing dan browsing terhadap impulse buying. Terakhir peneliti memberikan implikasi dan saran untuk penelitian kedepannya.

This study aims to investigate how impulsive buying when influenced by browsing and perceived value on online reviews in applications or marketplace websites. The data obtained came from 159 respondents. The research model with ten hypotheses was tested using Structural Equation Modeling (SEM). This study shows that there is a positive relationship between the perception of consumer value on online reviews, online reviews on browsing and browsing on impulse buying. Finally, researchers provide implications and suggestions for future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T55124
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewanto Triaji
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh daya tarik point of purhase terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen produk minuman berkarbonasi di Carrefour MT Haryono dengan syarat telah membeli produk tanpa perencanaan sebelumnya dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan multiple regression karena juga mengukur pengaruh dari masing-masing dimensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik point of purchase memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian impuls. Daya tarik point of purchase mempengaruhi keputusan pembelian impuls sebesar 12.7%, dan sisanya sebesar 87.3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa dimensi daya tarik pesan point of purchase dan daya tarik visual point of purchase mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra perusahaan.

The objective of this research is to analyze how the effect of point of purchase attraction toward impulse buying. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 carbonated beverage products consumers in Carrefour MT Haryono provided that have purchased a product without prior planning, collected using non-probability sampling and purposive technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with multiple regression because it also measures the effect of each dimension.
The result of this research indicate that point of purchase attractions have a significant effect toward impulse buying. Point of purchase attractions effect impulse buying equal to 12.7%, and the residue equal to 87.3% effected by some other factor. The analysis results indicate that message attractions and visual attractions have a significant effect toward impuls buying.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mufadhzil
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi
browsing mempengaruhi dorongan konsumen untuk membeli secara impulsif
selama Pandemi COVID-19. Berdasarkan kerangka Stimulus-Organism-Response
(S-O-R) dan teori motivasi, penelitian ini mengkaji bagaimana faktor situasi
(pengaruh interpersonal, daya tarik visual dan portabilitas) dan faktor reaksi dalam
m-commerce untuk menguji pembelian impulsif online. Penelitian ini juga
mengkaji ciri kepribadian kecenderungan membeli impulsif sebagai faktor
moderasi yang mempengaruhi hubungan antara motivasi browsing dan dorongan
untuk membeli secara impulsif. Model persamaan struktural dikembangkan untuk
menguji efek kausal antar variabel, mengumpulkan data dari 368 responden melalui
kuesioner online, dan melakukan analisis menggunakan SEM-AMOS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa faktor situasi mempengaruhi penjelajahan hedonis
dan penjelajahan utilitarian secara berbeda. Sedangkan utilitarian browsing
berpengaruh signifikan dan negatif terhadap dorongan konsumen untuk membeli
secara impulsif, sedangkan hedonic browsing berpengaruh signifikan dan positif
terhadap dorongan konsumen untuk membeli secara impulsif. Kecenderungan
pembelian impulsif lebih lanjut secara signifikan memoderasi hubungan antara
motivasi penelusuran (utilitarian dan hedonis) dan dorongan konsumen untuk
membeli secara impulsif. Diskusi, batasan, dan implikasi juga disajikan dalam
makalah ini

The purpose of this study is to examining how browsing motivation influence
consumer urge to buy impulsively during COVID-19 Pandemic. Based on the
stimulus-Organism-Response (S-O-R) framework and motivation theory, this study
investigated how situation factor ( interpersonal influence, visual appeal and
portability) and reaction factor in m-commerce to examine online impulsive
buying. This study also investigated personality trait impulse buying tendency as a
moderating factor that affect the relationship between browsing motivation and
urge to buy impulsively. the structural equation model was develop to test the
causal effect between variable, we collected data from 368 respondent via online
questionnaire, and carried out analysis using SEM-AMOS. The result indicates that
situation factor differently affect hedonic browsing and utilitarian browsing. While
utilitarian browsing have significant and negatively influence consumer urge to
buy impulsively, whereas hedonic browsing have significant and positively
influence consumer urge to buy impulsively. further impulsive buying tendency
significantly moderates relationship between browsing motivation (utilitarian and
hedonic) and consumer urge to buy impulsively. Discussions, limitations, and
implications are also presented in the paper
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam ekonomi modern, sistem pembayaran kartu kredit telah memnggantikan sistem pembayaran tunai. Situasi semacam ini memberi dampak dikalangan konsumen terhadap proses pembelian yang tidak matang dan tidak terencana, akibat kurangnya kendali diri. Kajian deskriptif terhadap 60 sampel yang diambil secara aksidental pada konsumen swalayan Carrefour di Bandung, menggunakan konsep Impulse Buying dari Rook dan Verplanken yang dikombinasikan dengan Locus of Control dari Rooter menghasilkan sejumlah kesimpulan. Pertama, sebagian besar sampel menunjukkan perilaku Impulse Buying rendah dengan Locus of Control internal. Kedua, meski demikian, masih ditemukan pula konsumen dengan perilaku Impulse Buying tinggi dengan Locus of Control exsternal."
Bandung: Universitas Islam Bandung (P2U LPPM Unisba),
340 MIMBAR
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Haryo Prabowo
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai dan aktivitas browsing terhadap impulse buying behaviour konsumen, dan pengaruh moderasi dari source of online review (konsumen dan influencer). Studi kasus pada penelitian ini adalah produk makanan dan minuman di Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metode convenience sampling dengan total responden sebanyak 165 orang, yang tinggal di Indonesia, memiliki akun Instagram, pernah melakukan browsing di Instagram, dan pernah melihat online review produk makanan dan minuman di Instagram. Data pada penelitian ini diolah menggunakan Smart PLS 3 dengan metode PLS-PM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi nilai konsumen, baik utilitarian maupun hedonis, memengaruhi impulse buying behaviour secara positif dengan mediasi aktivitas browsing dan urge to buy impulsively pada konsumen. Hasil dari pengujian moderasi membuktikan bahwa tidak ada pengaruh moderasi dari perbedaan sumber online review.

This study aims to analyze the effect of consumer’s perceived value and browsing activity to impulse buying behavior, and the influence of moderation from source of online review (consumers and influencers). The case study in this research is food and beverage products on Instagram. This research was conducted with convenience sampling method with a total of 165 respondents, who live in Indonesia, have an Instagram account, have browsed on Instagram, and have seen online reviews of food and beverage products on Instagram. The data in this study were processed using Smart PLS 3 with the PLS-PM method. The results of the study show that the consumer’s perceived value, both utilitarian and hedonic, positively influences impulse buying behavior on consumers, with browsing and urge to buy impulsively as mediation. The results of the moderation test prove that there is no moderation effect from the difference in online review sources."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rini Jane
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan konsumen toko kosmetik Sephora Plaza Indonesia. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan linier regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap impulse buying yaitu sebesar 51,7% dan sisanya 48,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

This study aimed to describe the effect of store atmosphere (exterior, general interior, store layout, and interior (point-of-purchase) display) on shoppers? impulse purchase behavior in Sephora Cosmetic Store at Plaza Indonesia. This study based on the quantitative research. The sample for this study comprised 100 respondent using non-probability sampling and purposive technique. The research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The analytical results of this study indicate that store atmosphere has significant impacts on impulse buying behavior. Store atmosphere effect impulse buying equal to 51,7% and the residue equal to 48,3% affected by other factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S60966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tia Austin Bachtar
"[ABSTRAK
Promosi penjualan biasanya digunakan oleh perusahaan untuk merangsang perilaku pembelian konsumen terhadap produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh promosi penjualan dalam bentuk online discount pricing terhadap online impulse buying pada produk fashion di Lazada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen dengan syarat telah mengakses situs dan membeli produk fashion tanpa perencanaan sebelumnya di Lazada dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan simple regression. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan dalam bentuk online discount pricing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap online impulse buying. Promosi penjualan dalam bentuk online discount pricing mempengaruhi online impulse buying sebesar 28.5% dan sisanya sebesar 71.5% dipengaruhi oleh faktor lain
ABSTRACT
Sales promotion are generally used by companies to stimulate consumer buying behavior of a product or service. The objective of this research is to analyze how the effect of sales promotion in the form of online discount pricing toward online impulse buying on fashion product in Lazada. This research applied quantitative approach. The sample of this research are 100 fashion products consumers in Lazada provided that have purchased a product without prior planning and collected using non-probability sampling with purposive technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research indicate that sales promotion in the form of online discount pricing have a significant effect toward online impulse buying. Sales promotion in the form online discount pricing effect online impulse buying equal to 28.5% an residue equal to 71.5% effected by some other factors.
;Sales promotion are generally used by companies to stimulate consumer buying behavior of a product or service. The objective of this research is to analyze how the effect of sales promotion in the form of online discount pricing toward online impulse buying on fashion product in Lazada. This research applied quantitative approach. The sample of this research are 100 fashion products consumers in Lazada provided that have purchased a product without prior planning and collected using non-probability sampling with purposive technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research indicate that sales promotion in the form of online discount pricing have a significant effect toward online impulse buying. Sales promotion in the form online discount pricing effect online impulse buying equal to 28.5% an residue equal to 71.5% effected by some other factors.
, Sales promotion are generally used by companies to stimulate consumer buying behavior of a product or service. The objective of this research is to analyze how the effect of sales promotion in the form of online discount pricing toward online impulse buying on fashion product in Lazada. This research applied quantitative approach. The sample of this research are 100 fashion products consumers in Lazada provided that have purchased a product without prior planning and collected using non-probability sampling with purposive technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research indicate that sales promotion in the form of online discount pricing have a significant effect toward online impulse buying. Sales promotion in the form online discount pricing effect online impulse buying equal to 28.5% an residue equal to 71.5% effected by some other factors.
]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S61908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Wibisono
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pada konsumen online di Indonesia apakah motivasi hedonik yang terdiri dari adventure, idea, value, social dan relaxation memiliki signifikansi terhadap kecendrungan pembelian impulsif pada konsumen yang melakukan pembelian online, dan juga menemukan dimensi apa dari motivasi hedonik tersebut yang memiliki signifikansi paling besar terhadap kecendrungan pembelian impulsif online. Yang dalam pengumpulan datanya dilakukan penyebaran kuesioner dan dari total 169 sampel kemudian diuji lewat regresi berganda untuk ditemukan signifikansinya. Dan hasil yang didapat adalah bahwa motivasi adventure, idea, value dan relaxation mempunyai nilai signifikansi positif terhadap online impulse buying tendency, dan ditemukan juga bahwa motivasi social tidak memiliki pengaruh signifikansi apapun terhadap online impulse buying tendency.

The purpose of this research is to explore whether hedonic motivations which consist of adventure, idea, value, social and relaxation of Indonesia consumers have any significant impact on their online impulse buying tendency. And also to find which dimentions of those hedonic motivations that have strongest effect on online impulse buying tendency. An online survey was conducted and from the 169 sampe received, multiple regression method was conducted to test the data sample. And the finding confirm that adventure, idea, value, and relaxation motivation has positive impact on online impulse buying tendency. While social motivation has no significance on online impulse buying tendency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63905
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Widiyati
"Impulse buying merupakan fenomena yang sangat menarik bagi retailer mauput marketer karena merupakan market share yang terbesar dan menduduki posisi yang sangat penting serta dapat meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah Country of Origin (COO), brand image dan ethnocentrisme berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying produk fashion lokal mahasiswa di Semarang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel COO yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying mahasiswa produk fashion lokal mahasiswa di Semarang. Perlu strategi penguatan brand image dan promosi yang mengedepankan kecintaan produk dalam negeri. Promosi produk di tingkat lokal kota Semarang perlu ditingkatkan dengan memperhatikan penekanan nilai- nilai keunggulan dan kearifan lokal"
Jakarta: FEB UIN Syarif Hidayatullah, 2018
650 ESENSI 8:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>