Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cinta Callissta Anggraeni
"Upaya membangun kesadaran terhadap budaya keselamatan pasien merupakan langkah pertama menuju keselamatan pasien sehingga budaya tersebut menjadi dasar dalam menerapkan dan mencapai keselamatan pasien di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh hasil analisis gambaran budaya keselamatan pasien sebagai langkah untuk meningkatkan mutu kesehatan dan keselamatan pasien di Puskesmas Duren Sawit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan kuesioner hasil adaptasi dari Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSOPSC) 2.0 dari AHRQ sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pembelajaran organisasi dan perbaikan berkelanjutan memperoleh persentase tertinggi (88,3%), dengan 2 dimensi lainnya dalam kategori baik, yaitu komunikasi tentang kesalahan (87,8%) dan kerja sama tim (87,3%). Dimensi pelaporan kejadian keselamatan pasien memperoleh persentase terendah (57,7%), dengan 6 dimensi lainnya dalam kategori cukup baik, yaitu kepegawaian dan kecepatan kerja (62,0%), supervisor, manajemen, atau pemimpin klinis yang mendukung keselamatan pasien (66,2%), respons terhadap kesalahan (70,8%), serah terima dan pertukaran informasi (70,9%), keterbukaan komunikasi (73,6%), dan dukungan manajemen untuk keselamatan pasien (74,6%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah budaya keselamatan pasien di Puskesmas Duren Sawit termasuk dalam kategori cukup baik (73,9%) sehingga Puskesmas perlu meningkatkan pendidikan, pelatihan, dan sosialisasi kepada tenaga kesehatan, meningkatkan sumber daya, memberikan reward kepada tenaga kesehatan yang melaporkan kejadian keselamatan pasien, serta melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala.

An attempt to construct awareness of patient safety culture is the first phase towards patient safety, thus that culture becomes the basis for implementing and achieving patient safety in Public Health Center. The purpose of this study was to obtain the results of the analysis on the patient safety culture overview as a step to increase health quality and patient safety at the Duren Sawit Public Health Center. This study is a quantitative research with a cross-sectional approach using questionnaires adapted from AHRQ's Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSOPSC) 2.0 as a research instrument. The result showed that the dimension of organizational learning and continuous improvement had the highest percentage (88,3%), while the other 2 dimensions are in the good category, namely communication about error (87,8%) and teamwork (87,3%). The dimension of reporting patient safety events had the lowest percentage (57,7%), with the other 6 dimensions are in the relatively good category, which are staffing and work pace (62,0%), supervisor, manager, or clinical leader support for patient safety (66,2%), response to error (70,8%), handoffs and information exchange (70,9%), communication openness (73,6%), and hospital management support for patient safety (74,6%). The conclusion of this study is that patient safety culture at the Duren Sawit Public Health Center is considered to be in a relatively good category (73,9%). Therefore, the Public Health Center needs to increase education, coaching, and socialization for healthcare workers, increase resources, give rewards for healthcare workers who has reported patient safety events, and implement monitoring and evaluation periodically."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Fauziyyah
"Pendahuluan: Terjadinya insiden keselamatan dalam pelayanan kesehatan masih menjadi isu global yang perlu diselesaikan. Diperkirakan sekitar 42,7 juta insiden di dunia setiap tahun yang mengakibatkan 23 juta DALYs hilang, dan 83% dari insiden dapat dicegah. Insiden keselamatan berhubungan dengan budaya keselamatan, dimana budaya keselamatan yang diterapkan dalam sebuah rumah sakit dapat meningkatkan atau menurunkan insiden keselamatan yang mungkin terjadi dalam pelayanan kesehatan. Rumah sakit harus menciptakan dan menerapkan budaya keselamatan pada setiap tingkat demi terciptanya pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas, dan untuk menjaga keselamatan pasien maupun staf rumah sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan penelusuran studi melalui database Pubmed, Scopus, ScienceDirect, Google Scholar, serta Garuda dan ditemukan 17 artikel dari tahun 2011-2021 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa budaya keselamatan pasien di rumah sakit umum milik pemerintah masih rendah dan persepsi staf rumah sakit terkait budaya keselamatan masih perlu ditingkatkan. Dimensi budaya keselamatan dengan persepsi positif tertinggi adalah “teamwork within hospital units” dan “organizational learning–continuous improvement”, sedangkan “non punitive response to error” dan “staffing” memiliki respons positif terendah. Sebagian besar staf rumah sakit menilai tingkat keselamatan pasien di unit kerja “excellent/very good/acceptable” dan tidak melaporkan insiden sama sekali dalam satu tahun terakhir. Karakteristik staf serta karakteristik rumah sakit juga ditemukan memiliki hubungan dengan budaya keselamatan pasien.

Introduction: The occurrence of adverse events in healthcare services is still a global issue that needs to be resolved. It is estimated that around 42.7 million incidents worldwide each year result in 23 million lost DALYs, and 83% of incidents are preventable. Adverse events are related to safety culture, where the safety culture applied in a hospital can increase or decrease adverse events that may occur in healthcare services. Hospitals must develop and maintain a safety culture at all levels in order to provide safe and high-quality health care while also ensuring the safety of patients and hospital staffs. Methods: This study use a literature review method with study searches through Pubmed, Scopus, ScienceDirect, Google Scholar, and Garuda databases and found 17 articles from 2011-2021 that met the inclusion criteria. Results: This study found that the patient safety culture in public general hospitals is still low and the perception of hospital staff regarding safety still needs to be improved. The dimensions of safety culture with the highest positive perceptions are “teamwork in hospital units” and “organizational learning–continuous improvement”, while “non-punitive response to error” and “staffing” have the lowest positive responses. Most of the staffs rated patient safety in their work unit as “excellent/very good/acceptable” and did not report any events in the past year. Staff characteristics as well as hospital characteristics were also found linked with patient safety culture."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Fauziyyah
"Pendahuluan: Terjadinya insiden keselamatan dalam pelayanan kesehatan masih menjadi isu global yang perlu diselesaikan. Diperkirakan sekitar 42,7 juta insiden di dunia setiap tahun yang mengakibatkan 23 juta DALYs hilang, dan 83% dari insiden dapat dicegah. Insiden keselamatan berhubungan dengan budaya keselamatan, dimana budaya keselamatan yang diterapkan dalam sebuah rumah sakit dapat meningkatkan atau menurunkan insiden keselamatan yang mungkin terjadi dalam pelayanan kesehatan. Rumah sakit harus menciptakan dan menerapkan budaya keselamatan pada setiap tingkat demi terciptanya pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas, dan untuk menjaga keselamatan pasien maupun staf rumah sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan penelusuran studi melalui database Pubmed, Scopus, ScienceDirect, Google Scholar, serta Garuda dan ditemukan 17 artikel dari tahun 2011-2021 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa budaya keselamatan pasien di rumah sakit umum milik pemerintah masih rendah dan persepsi staf rumah sakit terkait budaya keselamatan masih perlu ditingkatkan. Dimensi budaya keselamatan dengan persepsi positif tertinggi adalah “teamwork within hospital units” dan “organizational learning–continuous improvement”, sedangkan “non punitive response to error” dan “staffing” memiliki respons positif terendah. Sebagian besar staf rumah sakit menilai tingkat keselamatan pasien di unit kerja “excellent/very good/acceptable” dan tidak melaporkan insiden sama sekali dalam satu tahun terakhir. Karakteristik staf serta karakteristik rumah sakit juga ditemukan memiliki hubungan dengan budaya keselamatan pasien.

Introduction: The occurrence of adverse events in healthcare services is still a global issue that needs to be resolved. It is estimated that around 42.7 million incidents worldwide each year result in 23 million lost DALYs, and 83% of incidents are preventable. Adverse events are related to safety culture, where the safety culture applied in a hospital can increase or decrease adverse events that may occur in healthcare services. Hospitals must develop and maintain a safety culture at all levels in order to provide safe and high-quality health care while also ensuring the safety of patients and hospital staffs. Methods: This study use a literature review method with study searches through Pubmed, Scopus, ScienceDirect, Google Scholar, and Garuda databases and found 17 articles from 2011-2021 that met the inclusion criteria. Results: This study found that the patient safety culture in public general hospitals is still low and the perception of hospital staff regarding safety still needs to be improved. The dimensions of safety culture with the highest positive perceptions are “teamwork in hospital units” and “organizational learning–continuous improvement”, while “non-punitive response to error” and “staffing” have the lowest positive responses. Most of the staffs rated patient safety in their work unit as “excellent/very good/acceptable” and did not report any events in the past year. Staff characteristics as well as hospital characteristics were also found linked with patient safety culture."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deka Hardiyan
"Praktik klinik residensi keperawatan medikal bedah pada pasien gangguan sistem kardiovaskular bertujuan untuk mengimplementasikan peran perawat spesialis sebagai pemberi asuhan keperawatan, edukator, peneliti, dan inovator. Peran pemberi asuhan keperawatan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Teori Model Adaptasi Roy pada pasien ADHF Acute Decompensated Heart Failure dan 30 pasien lainnya dengan berbagai gangguan sistem kardiovaskular. Peran sebagai edukator dilakukan oleh perawat spesialis terhadap pasien dan juga rekan sejawat di tatanan pelayanan rumah sakit. Penerapan EBN Evidence Based Nursing yaitu pemberian Ice Bag di area femoralis untuk nyeri pada pasien yang menjalani PCI Percutaneous Coronary Intervention dilakukan untuk mengaplikasikan peran sebagai peneliti. Proyek inovasi juga dilakukan sebagai perwujudan peran sebagai inovator yaitu melalui pelaksanaan proyek inovasi berupa penyusunan panduan budaya keselamatan pasien menggunakan kuisioner.

The clinical practice of medical surgical nursing residency in patients with cardiovascular system disorders aims to implement the role of specialist nurse as care provider, educator, researcher, and innovator. The role of nursing care providers is have been done using the Roy Adaptation Model Theory approach in ADHF Acute Decompensated Heart Failure patients as well as 30 other patients with various other cardiovascular system disorders. The role of educator is performed by specialist nurses on patients as well as colleagues in hospital service arrangements. The implementation of EBN Evidence Based Nursing is the application of Ice Bag in the femoral region for pain in patients undergoing PCI Percutaneous Coronary Intervention performed to apply the role as a researcher. The innovation project is also carried out as a manifestation of the role of innovator through the implementation of innovation projects in the formulation of patient safety culture guidance using HSOPSC Hospital Survey On Patient Safety Culture questionnaire.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library