Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muchamad Ridho Hidayat
"Ketika para orang tua memilih HS (homeschooling), sering kali mempunyai banyak pertanyaan di dalam dirinya. Pertanyaan-pertanyaan ini adalah wujud dari kebutuhan informasi yang ada pada diri seseorang. Adanya kebutuhan ini mengakibatkan munculnya jurang kognitif yang perlu dijembatani. Penelitian ini berusaha menggambarkan persoalan pencarian dan pemaknaan informasi dikalangan para orangtua homeschoolers. Informan dalam penelitian ini diambil dari Komunitas HS, dan individu-individu yang penulis kenal. Subyek penelitian ini adalah individu-individu dan pengalamannya pada proses pencarian dan pemaknaan informasi dalam memilih HS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model operasional penelitian mengadaptasi dari Teori Sense-Making.

When parents decide to chose HS (homeschooling), they often have many questions within themselves. Those questions reflect a need of information that occurs among them. This condition creates a cognitive gap which must be bridge. Though this research, the writer tries to describes the problems of seeking and making-sense of information among the homeschoolers? parents. The informants of this research taken from the HS Community, and individuals that the writer know well. The subject of this research was individuals and his experience in the process of the seeking and making-sense of information in choosing HS. It uses qualitative method and applies the operational model the research adapted from the Theory of Sense-Making."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15372
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Prawitasari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas rancang bangun dan analisis performa adaptive learning untuk homeschooling tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan metode VAK Learning Style. Skripsi ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan menganalisa performa sistem homeschooling adaptive e-learning berbasiskan PHP dan MySQL. Pengujian performa sistem terdiri dari pengukuran kecepatan dan survei. Hasil pengukuran dengan 50 users pada JMeter menunjukkan kecepatan yang baik yaitu rata-rata akses log in 138.3ms, kuis VAK 158.36ms, pre-test 114ms, materi video 143.72ms. Hasil survei
menggunakan kuesioner menunjukkan bahwa sistem masuk ke dalam grade 3 (skala 1-4), yaitu ?baik?, dengan nilai rata-rata kuesioner teacher dan kuesioner student sebesar 3.34.

ABSTRACT
This thesis discusses development and performance analysis of adaptive learning for homeschooling elementary school (SD) using VAK learning style method. This thesis aims to design, implement, and analyze system performance of homeschooling adaptive e-learning based on PHP and MySQL . Performance testing is consisted of speed measurement and survey. Measurement results with 50 users on JMeter showed good speed with average access of log in 138.3ms,
VAK quiz 158.36ms, pre-test 114ms, video material 143.72ms. Survey results using questionnaire showed that system goes into grade 3 (scale 1-4), which is 'good', with average value of teacher and student questionnaire at 3.34.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1700
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Michelia Puspaseruni Ramadiati
"Pendidikan sekolah rumah memiliki keunikan karena proses belajar dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, melalui berbagai cara. Kemampuan literasi informasi yang baik harus dimiliki siswa sekolah rumah di tengah membanjirnya informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan literasi informasi siswa sekolah rumah SAnDi KerLiP, serta memaparkan hambatan dan keberhasilan yang telah dicapai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan SAnDi KerLiP telah menerapkan literasi informasi melalui model belajar yang dikembangkannya yaitu Cara Asyik Cari Tahu (CACT). Melalui proses identifikasi dan analisis, CACT identik dengan model literasi informasi Big6 dan Empowering 8. CACT menjadi sarana belajar sepanjang hayat yang merupakan tujuan dari literasi informasi karena didalam CACT terdapat konsep-konsep dasar yang sistematis dalam mengakses, menggunakan, mengorganisasi dan mengomunikasikan informasi.

Homeschooling education is a unique learning process. In which learning can be conducted in various ways, anytime and anywhere. Good information literacy skills is a must for homeschooling students in dealing with the information overload nowadays. This research aimed to know the application of information literacy to SAnDi KerLiP homeschooling students and to explain the barriers as well as the success that have been achieved. This research is a qualitative one using a case study approach. The results of this research showed that SAnDi KerLiP has applied information literacy using a study model that has been developed known as Cara Asyik Cari Tahu (CACT). By identification and analysis processes, CACT is identical with information literacy models, ig6 and Empowering 8. CACT becomes a medium for lifelong learning in line with the aim of information literacy, CACT has systematic basic concepts to access, use, organize, and communicate the information."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15528
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Uji Arum Ismartini
"Homeschooling merupakan metode pengajaran yang baru di Indonesia. Dalam homeschooling, anak disekolahkan di rumah dengan orang tua atau dengan mendatangkan tutor ke rumah. Lembaga Pendidikan L (LPL) merupakan lembaga yang menerapkan metode homeschooling di Indonesia dengan mendatangkan tutor ke rumah. Dengan metode ini, LPL telah membantu sebagian orang tua mengenai pendidikan anaknya.
Salah satu program yang ditawarkan LPL adalah Program Pengenalan Islam (PPI). PPI menawarkan pengajaran agama Islam dengan metode yang berbeda dari metode yang diterapkan di sekolah. Pendekatannya yang individual membuat anak mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman batiniah yang seharusnya mereka peroleh saat mempelajari agama Islam. Namun, PPI sebagai program yang baru tidaklah lepas dari kekurangan, dan oleh karenanya dilakukan evaluasi ini.
Evaluasi ini dilakukan dengan meninjau sasaran pembelajaran PPI dari tiga teori pendidikan, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget, teori perkembangan moral Kohlberg, dan taksonomi afektif Krathwohl. Sebagai tambahan, peneliti juga berusaha memperbaiki format modul PPI sehingga sesuai dengan format modul standar. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah untuk memberi masukan pada PPI LPL yang sudah ada sehingga terdapat kesesuaian antara kondisi belajar yang diciptakan dengan kondisi yang diharapkan.
Setelah melalui analisis mendalam terhadap PPI, terdapat beberapa usulan perbaikan dari aspek format modul, dan sasaran pembelajaran dari setiap pertemuan. Umumnya, sasaran pembelajaran tersebut kurang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget, perkembangan moral Kohlberg, dan taksonomi Krathwohl. Saran-saran yang diberikan terhadap sasaran pembelajaran merupakan penyelarasan sasaran pembelajaran terhadap tahap perkembangan anak usia 3-6 tahun."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library