Homeschooling mcrupakan metode pengajaran yang baru di Indonesia.
Dalam Homeschooling, anak disekolahkan di rumah dengan orangiua ataupun
mendarangkan tutor ke rumah. Lernbaga Pendidikan L (LPL) merupakan lembaga
yang menerapkan metode Homeschooling di Indonesia dengan rnendalangkan
tutor ke rumah. Dengan metode ini, LPL telah rncmbantu sebagian orangtua
mengenai pendidikan anaknya.
Salah satu program yang ditawarkan LPL aclalah Program Pengenalanr
Islam (PPI). PPI menawarkan pengajaran Agama Islam dengan rnetode yang
herbeda dari metodc yang diterapkan di sekolah. Pendekatannya yang individual
membual anak rnendapal kesempatan unluk merasakan pengalaman batiniah yang
seharusnya mereka peroleh saat mempelajari Agama Islam. Namun, PPI sebagai
program yang barn tidaldah Iepas dari kekurangan, dan oleh karenanya dilakukan
evaluasiinj.
Evaluasi ini dilakukan dengan meninjau sasaran pembelajaran PPI dari
tiga teori pendidikan, yaitu teori perkembangan kognilif Piaget, Teori
Perkembangan Moral Kohlberg, dan Taksonomi Afeklif Krathwol. Sebagai
tambahan pencliti juga berusaha memperbajki format modul PPI sehingga sesuai
dengan format modul srandar. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah
unluk rnemberi masukan pada PPI LPL yang sudah ada sehingga terdapat
kesesuaian antara kondisi belajar yang diciptakan dengan kondisi yang
diharapkan.
Setelah melalui analisis mcndalam terhadap PPI, terdapat beberapa usulan
perbaikan dari aspek format modul, dan sasaran pembelajaran dari setiap
pertemuan. Umumnya, sasaran pembelajaran tcrsebut kurang sesuai dcngan teori
perkernbangan kognitif Piaget, perkembangan moral Kohlberg, dan taksonorni
Kralhwol. Saran-saran yang diberikan terhadap sasaran pembelajaran merupakan
penyelesaian sasaran pernbelajaran terhadap tahap perkembangan anak usia 3-6
tahun.