Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ign. Hardanto Subagyo
"ABSTRAK
Hypercompertition adalah suatu lingkungan persaingan yang diakibatkan oleh keganasan dan kecepatan interaksi diantara setiap arena persaingan, sehingga keunggulan-keunggulan kompetisi tidak lagi dapat dipertahankan untuk jangka lama. D. Aveni menyusun sebuah strategi untuk menghadapi situasi ini. Strategi tersebut diberi nama New 7-S yang merupakan pengembangan dari 7-S yang pernah disusun oleh McKinsey. Dengan memetakan setiap komponen dari strategi tersebut kedalam setiap primary activity pada Porter's Value Chain Model maka dapat diperoleh daftar kemampuan dan karakteristik dari setiap aktivitas yang selanjutnya dapat digunakan untuk merumuskan kebutuhan sistem informasi yang akan digunakan untuk mendukung proses tersebut. Dengan demikian dapat disusun pula Perencanaan Strategi Sistem Informasi.bagi suatu perusahaan.
Tesis ini mengambil kasus Harian Kompas karena industri informasi, terutama surat kabar, sekarang ini sedang menghadapi situasi hypercompetition. Hal ini antara lain disebabkan oleh lahirnya kebebasan pers dan ditiadakannya SIUPP untuk menerbitkan surat kabar. Hasil akhir dari tesis ini adalah sebuah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Harian Kompas dan dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan sistem informasi yang mampu mendukung surat kabar ini dalam mengadapi situasi hypercompetition.

ABSTRACT
Hypercompetition is a competition environment where interactions among four competition arenas (cost & quality, timing & know how, strongholds and deep pocket) are fast and aggressive. Competitive advantages are rapidly created and eroded. A strategy, developed by D' Aveni, called New 7-S is an improvement of McKinsey's traditional 7-S. By mapping each component of New 7-S into each primary activity of Porter's value chain model, we define the characteristics of the activities. The result is used to identify the necessary information system to support the characteristics of each primary activities. Finally the Information System Plan then can be developed.
We take Harian Kompas as a case study because in the information industry, especially newspaper, is entering the hypercompetition era. The freedom of press and freedom to publish print media are the two of many cautions In this thesis we will develop the Information Sistem Plan for Harian Kompas based on the hypercompetition paradigm."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40242
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marentek, Filina Disa
"Banyak perusahaan besar dari berbagai bidang di Indonesia yang membuka kesempatan magang untuk para mahasiswa, salah satunya perusahaan Harian Kompas. Maka dari itu, saya mengikuti pelaksanaan kegiatan magang yang dibuka perusahaan tersebut. Saya di tempatkan di sebuah divisi yang dipimpin oleh seorang manajer Harian Kompas. Selama menjalankan kegiatan magang, muncul beragam hal yang menarik bagi saya. Sebagai seorang follower di divisi ini, saya melihat adanya pengaruh besar dari gaya leadership yang diterapkan oleh sang manajer dalam divisi tersebut yang juga berpengaruh pada pribadi saya sendiri karena manager dapat merangkul divisi. Nilai-nilai perusahaan juga diterapkan baik oleh manajer maupun seluruh anggota perusahaan termasuk karyawan magang selama proses kegiatan magang berjalan. Fenomena yang terjadi dalam kegiatan magang ini menarik perhatian saya untuk mengupas lebih dalam bagaimana gaya leadership memiliki pengaruh besar dalam suatu divisi yang dipimpin oleh seorang manajer di perusahaan Harian Kompas. Makalah karya ilmiah ini sepenuhnya memuat pengalaman pribadi dan bertujuan untuk menunjukkan pengaruh leadership dalam sebuah divisi, termasuk saya sendiri. Refleksi dari pengalaman pribadi selama menjalankan kegiatan magang ini akan dianalisis menggunakan sudut pandang antropologi secara holistik menggunakan metode partisipan observasi dengan wawancara tidak terstruktur.

Many large companies in Indonesia open internship opportunities for college students, one of them is Harian Kompas. Therefore, I participated in the internship program opened by the company. I was placed in a division led by a Harian Kompas manager. During the internship, interesting things happened to me. I, as a follower in the division, saw a big influence from the leadership style applied by the manager in the division which also affects myself personally because the manager can bring the division together. The company's values are also applied by both managers and all members of the company, including interns during the internship program. The phenomenon that occurred in this internship activity attracted my attention to explore more deeply how leadership style has a big influence in a division led by a manager at the Harian Kompas company. This scientific paper is entirely based on my personal experience and aims to demonstrate the influence of leadership in a division, including myself. Reflections from personal experiences during this internship will be analyzed using an anthropological perspective holistically using the participant observation method with unstructured interviews."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Putri Santi
"Penelitian ini membahas mengenai strategi bauran pemasaran koleksi digital terbitan Harian Kompas yang terdiri dari buku digital, surat kabar atau koran digital, dan informasi berita harian digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran koleksi digital pada aplikasi Kompas.id dan memahami nilai tambah yang menjadi pembeda antara koleksi digital berbayar pada aplikasi Kompas.id dengan koleksi digital yang dapat diakses secara gratis. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek produk dan nilai fungsional adalah aspek yang paling mendominasi. Hal ini ditunjukkan dengan koleksi digital pada aplikasi Kompas.id yang dirancang lengkap dan mendalam, serta memprioritaskan kenyamanan visibilitas, kemudahan akses, dan kemudahan pelanggan dalam memahami informasi. Namun, perizinan terhadap fitur push notification perlu diciptakan pada aplikasi Kompas.id untuk menyesuaikan preferensi pelanggan dalam menerima informasi terbaru.

This research discusses the marketing mix strategy for digital collections published by Harian Kompas which consist of digital books, digital newspaper, and digital daily news information. This research aims to analyze the marketing of the digital collections on the Kompas.id application and understand the added value that differentiates Kompas.id digital collections and other digital collections. This research adopts a qualitative approach with a case study method. The results of this study show that the product aspect and functional value are the most dominant aspects. This is showed by the digital collection on the Kompas.id application which is designed to be complete and in-depth, and prioritizes the convenience of visibility, ease of access, and ease of customers in understanding information. However, permission for the push notification feature needs to be created in the Kompas.id application to adjust customer preferences in receiving the latest information."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library