Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
Anugrah Cahya Ningtias
"
ABSTRACTSengketa pajak penghasilan badan PT. ABC tahun 2014 yang hingga saat ini masih dalam proses penyelesaian pada tahap banding merupakan hasil dari pemeriksaan DJP yang mengakibatkan perbedaan atas jumlah pajak yang lebih bayar yang kemudian hasil pemeriksaan tersebut tidak diterima oleh PT. ABC yang kemudian melayangkan keberatan yang akhirnya juga ditolak seluruhnya oleh DJP lalu merasa tidak puas PT. ABC mengajukan banding ke pengadilan pajak yang hingga saat ini masih berlangsung. Sengketa yang terjadi disebabkan oleh koreksi atas harga pokok penghasilan yang dilakukan oleh keduanya memiliki cara yang berbeda terkait perhitungan harga pokok tersebut dimana PT.ABC menggunakan metode full costing sebagai dasar perhitungan, sedangkan DJP menggunakan metode cost plus sebagai dasar perhitungan harga wajar dari harga pokok penjualan milik PT.ABC yang sesuai dengan peraturan PER 32/PJ/2011. Atas kasus ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi wajib pajak agar lebih memperhatikan kewajiban pajak yang harus dipenuhinya.
The 2014 PT. ABC corporate tax dispute which is still in the process of being resolved at the appeal stage is the result of the DJPs inspection which results in a difference in the amount of overpayment tax which then the results of the inspection are not received by PT. ABC, and finally the DJP was completely rejected, and felt dissatisfied with PT. ABC filing an appeal to the tax court which is still ongoing. Disputes that occur due to correction of cost of income made by both parties have different ways related to the calculation of the cost of good sold where PT. ABC used the full costing method as the basis for calculation, while DJP used the cost plus method as a basis for calculating the fair price of the cost of good sold owned by PT.ABC in accordance with regulations PER 32/PJ/ 2011. This case is expected to be a lesson for taxpayers to pay more attention to tax obligations that must be fulfilled."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S10372
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dety Ng
"Laporan ini membahas tentang kasus pajak PT CK Indonesia pada tahun pajak 2013. Pokok pembahasan dalam laporan ini adalah penggunaan metode harga transfer atas Harga Pokok Penjualan dan pembayaran royalti. Pada kasus pajak ini, PT CK Indonesia dan Direktorat Jenderal Pajak menggunakan metode harga transfer yang berbeda dalam membuktikan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha sehingga menimbulkan perbedaan hasil perhitungan harga wajar dan laba wajar. Penulis melakukan analisis atas penggunaan metode harga transfer oleh kedua belah pihak secara terpisah dengan sudut pandang masing-masing dengan menggunakan peraturan terkait yang berlaku.
This report discusses about tax dispute of PT CK Indonesia in fiscal year 2013. The main topics in this report are the usage of transfer pricing method in Cost of Goods Sold and royalty payment. In this dispute, PT CK Indonesia and Directorate General of Taxation use different transfer pricing methods in order to prove the arm's length principle, which result in different calculations of arm's length price and arm's length profit. This report also discusses the analysis of transfer pricing method by both parties separately with each party's point of view using the prevailing relevant regulations."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
David Junnio
"
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur KAP ABC atas hargapokok penjualan PT DJ. Hasil pelaksanaan prosedur audit tersebut tidak efektifdalam melakukan pengujian atas harga pokok penjualan. Hal tersebut menjadialasan utama dilakukannya evaluasi atas prosedur audit pada akun harga pokokpenjualan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur audit yangdilakukan oleh KAP ABC dengan panduan audit yang didukung oleh AICPA yaitu
CPA’s Guide to Accounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors, sertayang disyaratkan oleh ISA dan didukung dengan teori audit. Hasil dari evaluasimenunjukkan prosedur audit KAP ABC telah sesuai dengan prosedur audit yangdiisyaratkan oleh ISA, dan telah mengikuti panduan menurut CPA’s Guide toAccounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors. Akan tetapi, proseduraudit KAP ABC memerlukan modifikasi lebih lanjut untuk dapat meningkatkanefektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam pengujian atas harga pokokpendapatan. Laporan ini juga membahas refleksi diri yang merupakan perwujudanatas hal-hal yang telah dipelajari oleh penulis selama melakukan magang di KAPABC.
This internship report aims to evaluate the KAP ABC audit procedures on cost ofgoods sold of PT DJ. The deployed audit procedures seem ineffective to test theappropriateness of cost of goods sold. The ineffectiveness of the proceduresencouraged this discussion about the evaluation of audit procedures on cost ofgoods sold. The evaluation is performed by comparing KAP ABC audit procedureswith the audit procedures recommended in CPA’s Guide to Accounting, Auditing,and Tax for Construction Contractors, and audit procedures which arepredetermined by ISA also with the supporting auditing theory. According to theevaluation, the audit procedures deployed by KAP ABC is accordance with therequired procedures by ISA and following the recommendation of CPA’s Guide toAccounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors. However, the auditprocedures by KAP ABC should be modified to enhances the effectiveness of theprocedures in testing the appropriateness of cost of goods sold. This internshipreport also includes reflective essay which is written using the Gibbs’ reflectivecycle.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Jeihan Alhakim
"Tujuan kegiatan business coaching yang dilakukan adalah perbaikan logo produk, pemaksimalan kegiatan promosi online dan Perumusan Harga Pokok Penjualan yang selama ini belum ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM Pawon Fasdiin yang berkecimpung dalam industri makanan. Instrumen penelitian ini menggunakan metode Business Coaching dengan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi.
The purpose of the business coaching activities carried out was to improve the product logo, maximize online promotional activities and formulate Cost of Goods Sold that had not been available. This study uses a qualitative approach. The object of this research is UMKM Pawon Fasdiin which is involved in the food industry. This research instrument using Business Coaching method with the instrument used is interview and observation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Irene Sanjaya
"Tren penjualan produk bayi berbasis bahan alam meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu kondisi kesehatan yang sering terjadi pada bayi adalah flu. Eucalyptol dan chamomile diketahui mampu meredakan gejala flu pada bayi. Berdasarkan analisis pasar pada tahun 2018, diketahui bahwa sediaan krim memiliki perkembangan pasar yang tertinggi sehingga dipilih untuk dikembangkan di PT Pharos Indonesia. Salah satu konsep yang diterapkan dalam pengembagan produk adalah Quality by Design (QbD). QbD merupakan konsep yang menyatakan bahwa kualitas produk harus didesain sejak awal dengan membangun semua tahapan proses dengan desain yang terencana dan terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan formula krim eucalyptol dan chamomile yang terbaik serta proses pembuatan yang memenuhi Critical Quality Attribute (CQA) dengan pendekatan QbD. Pada penelitian ini, dilakukan optimasi 4 formula dengan perbedaan konsentrasi emulgator X dan Y. Evaluasi yang dilakukan adalah pemerian, viskositas, pH, stabilitas sentrifugasi, dan stabilitas Freeze Thaw. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, diketahui bahwa formula terbaik adalah formula III.
Pengelolaan sediaan farmasi di apotek harus dilakukan dengan baik untuk menjamin ketersediaan barang dan mencegah barang yang terlalu banyak. Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan salah satu analisis yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis apotek. Selain untuk menentukan harga modal suatu barang, nilai HPP dapat menggambarkan persentase keuntungan. Selain itu, nilai HPP pada tahun sebelumnya dapat dinyatakan sebagai nilai modal untuk tahun berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengelolaan persediaan di Apotek Safa dengan metode stock opname dan menentukan nilai HPP dari Obat Keras, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, diketahui bahwa metode stock opname cukup baik digunakan untuk melakukan pengontrolan stok barang yang keluar dan masuk, serta dapat mengetahui obat yang sudah kadaluarsa. Nilai HPP yang dihasilkan adalah 64,605% sehingga dapat dikatakan bahwa Apotek Safa memiliki nilai margin keuntungan yang besar."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Elsy Zahrani Deya
"This internship report evaluates the substantive audit procedure carried out by KAP MOON for PT MMM, a second-hand automobile company, regarding the cost of sales account. The evaluation examines whether the audit procedures applied by KAP MOON is in accordance with SA 315, SA 500, and audit theory stated in Arens et al. (2023). Though there are still some areas for improvement in terms of the procedure documentation, the evaluation findings indicate that the procedure applied by KAP MOON is in compliance with the applicable audit standards. This report also provides an explanation of the internship activities conducted and a self-reflection analysis of the internship experience.
Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP MOON atas PT MMM, sebuah perusahaan mobil bekas, mengenai akun biaya penjualan. Evaluasi ini menguji apakah prosedur audit yang diterapkan oleh KAP MOON telah sesuai dengan SA 315, SA 500, dan teori audit dalam buku karya Arens et al. (2023). Meskipun masih terdapat beberapa area yang perlu ditingkatkan dalam hal dokumentasi prosedur, temuan evaluasi menunjukkan bahwa prosedur yang diterapkan oleh KAP MOON telah sesuai dengan standar audit yang berlaku. Laporan ini juga memberikan penjelasan mengenai kegiatan magang yang dilakukan dan analisis refleksi diri atas pengalaman magang tersebut."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Arya Kheris Sasmita
"Di Indonesia sangat banyak UMKM yang tumbuh tiap tahunnya. Tercatat pertumbuhan sebesar 9,6% dari tahun 2017. UMKM dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertanian dan non-pertanian. Alienco Photo merupakan UMKM yang bergerak di bidang industri jasa dokumentasi. Penelitian ini dilangsungkan pada UMKM Alienco Photo dengan menggunakan metode business coaching.Pengumpulan data pada penilitian ini dilakukan dengan metode kualitatif untuk memetakan kondisi dan permasalahan di UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Alienco Photo adalah kurangnya kesadaran akan pengelolaan risiko oleh karyawan serta pemilik UMKM dan penetuan harga jual produk. Maka solusi yang dilakukan adalah dengan memetakan risiko serta memitigasi risiko dan menetapkan harga penjualan produk. Hasilnya karyawan dan pemilik usaha sadar dengan risiko dan potensi risiko yang terjadipada aktivitas bisnis UMKM dan dapat memitigasi risiko. Disamping itu UMKM dapat melakukan strategi penetapan harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Alienco Photo dalam mengelola manajemen risiko dan dapat menetapkan harga jual produk.
In Indonesia, there are many Micro Small Medium Enterprise (MSMEs) has grew each year. It recorded a growth by 9.6% from 2017. MSMEs can be devided into two groups, the agriculture and non-agricultural groups. Alienco Foto is a MSMEs that is engaged in the documentation services industry. This research is conducted at MSME Alienco Photo using business coaching method. Data collection in this study was carried out using qualitative methods for mappingcondition and problem in MSMEs. The problems addressed in Alienco Photo is the lack of risk awareness that will be borne by employees and the owners and lack of the determination of cost of sales. So the solution are for mapping risks and mitigate risks and determined cost of sales. The results are the employees and owners aware of the risks and potential risk that occur in MSMEs and they can mitigate all the risk. Besides that, MSMEs can carry out the strategy of determining of the selling price. The purpose of this research is to assist Alienco Photo in managing risk management and being able to determine product selling prices."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ompusunggu, Miryam
"
ABSTRAKTesis ini membahas mengenai kegiatan business coaching pada PT. Anugrah Bersama Sejahtera yang merupakan UMKM yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif dan produk berbahan dasar besi dan plastik yang berlokasi di Depok. Permasalahan yang dibahas adalah permasalahan dalam bidang keuangan. PT. Anugrah Bersama Sejahtera belum memiliki penghitungan harga pokok penjualan dan tidak dapat mengukur kinerja keuangan karena belum adanya laporan keuangan yang disusun sesuai standar yang berlaku. Tujuan dilakukannya kegiatan business coaching ini adalah untuk memberikan solusi bagi permasalahan keuangan yang terjadi di PT. Anugrah Bersama Sejahtera. Hasil dari kegiatan business coaching ini adalah PT. Anugrah Bersama Sejahtera memperoleh informasi harga pokok penjualan produk secara tepat sehingga dapat menjadi acuan untuk melakukan strategi terhadap produk serta mampu menyusun laporan keuangan yang disusun sesuai standar dan mengukur kinerja keuangan sehingga dapat memberi manfaat kepada pihak manajemen untuk pengambilan keputusan.
ABSTRACTThis thesis covers the business coaching activitiy in PT. Anugrah Bersama Sejahtera. PT. Anugrah Bersama Sejahtera is a SME Small Medium Enterprise in manufacturing automotive spare parts and any iron plastic based product located in Depok. The issues discussed are about financial problems. PT. Anugrah Bersama Sejahtera has difficulty in calculating cost of goods sold and the management is not able to measure the company rsquo s financial performance for the reason that there is no preparation of financial statements that is based on the prevailing standard. The purpose of this coaching activity is to provide solutions for those financial problems that happened in PT. Anugrah Bersama Sejahtera. The result of the business coaching activity is the management have the information of cost of goods sold and have the ability to prepare financial statement based on the prevailing standard. The management can also set the strategy and make decision based on the information from financial statement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library