Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nafila
Abstrak :
ABSTRAK
Menurut data dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), saat ini komunitas banyak muncul di perkotaan. Hal ini dapat dilihat dari munculnya beberapa komunitas dengan fokus yang berbeda-beda. Salah satu komunitas muncul adalah Komunitas Historia Indonesia (KHI) yang ada sejak tahun 2003. Berdasarkan wawancara dengan Asep Kambali, Founder KHI, menyatakan bahwa saat ini KHI sedang mengalami masalah yaitu relawan yang tidak aktif dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini menunjukan bahwa kurang maksimalnya pengelolaan dari KHI terhadap para relawan. Penulisan karya akhir ini bertujuan untuk merancang serangkaian kegiatan yang dapat meningkatkan penghargaan dan kecintaan masyarakat, terutama para relawan, terhadap sejarah dan budaya Indonesia. Menurut data dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), saat ini komunitas banyak muncul di perkotaan. Hal ini dapat dilihat dari munculnya beberapa komunitas dengan fokus yang berbeda-beda. Salah satu komunitas muncul adalah Komunitas Historia Indonesia (KHI) yang ada sejak tahun 2003. Berdasarkan wawancara dengan Asep Kambali, Founder KHI, menyatakan bahwa saat ini KHI sedang mengalami masalah yaitu relawan yang tidak aktif dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini menunjukan bahwa kurang maksimalnya pengelolaan dari KHI terhadap para relawan.

Penulisan karya akhir ini bertujuan untuk merancang serangkaian kegiatan yang dapat meningkatkan penghargaan dan kecintaan masyarakat, terutama para relawan, terhadap sejarah dan budaya Indonesia.
ABSTRACT
According to the data from Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), now many communities are appearing in urban. It can be seen from the emergence of some communities have a different focus. One of the communities is Komunitas Historia Indonesia (KHI), which exixted sinced 2003. Based on interviews with Asep Kambali, Founder of KHI, that now KHI was having a problems about the volunteers are not active in recent months. This problem shows that management of KHI about the volunteers less maximal. This final assignment aims to design a series of special event that can promote respect and affection of the people, especially the volunteers, to the history and culture of Indonesia.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aji Bhaskara
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dimensi employer branding terhadap intention to quit karyawan generasi Y dengan moderasi dari selfesteem. Penelitian ini menggunakan kuesioner employer branding milik Alniacik&Alniacik (2012), self-esteem milik Rosenberg (1965), dan intention to quit milik Hussain, Yunus, Ishak dan Daud (2013). Responden berasal dari karyawan full-time yang bekerja pada industri Jasa Keuangan dan Asuransi dan Informasi dan Komunikasi, data dianalisis lebih lanjut menggunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini adalah employer brandingberpengaruh secara signifikan terhadap intention to quit dan interaksi antara employer branding dengan self-esteem memperkuat hubungan tersebut. Nilai sosial dan pasar dari employer branding merupakan dimensi yang signifikan mempengaruhi intention to quit, dan interaksi keduanya turut memperkuat dan memperlemah hubungan antara employer branding terhadap intention to quit generasi Y tersebut. ...... This study aims to examine the impact of the dimensions of employer branding to employee intention to quit for the Y generation with the moderation of self-esteem. This study uses employer branding belonging to Alniacik & Alniacik (2012), selfesteem, belonging to Rosenberg (1965), and intention to quit belongs to Hussain, Jonah, Isaac and David (2013). Measuring instruments used in this study was a questionnaire distributed to respondents from full-time employees who work in the Insurance and Financial Services and Information and Communication industries, the data were analyzed further using moderated regression analysis (MRA). The results of this study are employer branding proved significantly impact the intention to quit and the interaction between employer branding with self-esteem strengthen the relationship. sosial and market value of employer branding are the dimensions that significantly affect the intention to quit, and interactions between them both help strengthen and also weaken the relationship between employer branding to the intention to quit the Y generation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Husni Nurrohman
Abstrak :
[ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai seberapa besar sikap dan brand romance dari konsumen untuk membentuk loyalitas terhadap merek smartphone yang pelanggan miliki saat ini. Responden berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Brand Romance terbentuk dari tiga dimensi yaitu kesenangan, gairah dan dominasi yang mempengaruhi emosional pelanggan terhadap merek smarphone yang mereka miliki saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand attitude dan brand romance dalam memprediksi loyalitas pelanggan terhadap merek smartphone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dengan program Analysis of Moment Structural (AMOS) 22. Hasil dari penelitian ini menyarankan perusahaan untuk lebih meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan terutama Gen Y agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk mereka.
ABSTRACT
This thesis discussed about how consumer?s attitude and brand romance can establish brand loyalty towards any smartphone?s brand. Respondents lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. Brand Romance consists of three dimensions there are pleasure, arousal, and dominance that affect the emotional of customer?s smartphone to the brand that they have this day. The purpose of this study was to determine how much the influence of brand attitude and brand romance can predict customer?s brand loyalty. This research was a quantitative research using a questionnaire and analyzed using descriptive statistical method of Moment Structural Analysis program (AMOS) 22. The results of this study suggest the company to improve the emotional connection toward the customers espescially Gen Y that will enhance their loyalty to the brand;This thesis discussed about how consumer?s attitude and brand romance can establish brand loyalty towards any smartphone?s brand. Respondents lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. Brand Romance consists of three dimensions there are pleasure, arousal, and dominance that affect the emotional of customer?s smartphone to the brand that they have this day. The purpose of this study was to determine how much the influence of brand attitude and brand romance can predict customer?s brand loyalty. This research was a quantitative research using a questionnaire and analyzed using descriptive statistical method of Moment Structural Analysis program (AMOS) 22. The results of this study suggest the company to improve the emotional connection toward the customers espescially Gen Y that will enhance their loyalty to the brand;This thesis discussed about how consumer?s attitude and brand romance can establish brand loyalty towards any smartphone?s brand. Respondents lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. Brand Romance consists of three dimensions there are pleasure, arousal, and dominance that affect the emotional of customer?s smartphone to the brand that they have this day. The purpose of this study was to determine how much the influence of brand attitude and brand romance can predict customer?s brand loyalty. This research was a quantitative research using a questionnaire and analyzed using descriptive statistical method of Moment Structural Analysis program (AMOS) 22. The results of this study suggest the company to improve the emotional connection toward the customers espescially Gen Y that will enhance their loyalty to the brand, This thesis discussed about how consumer’s attitude and brand romance can establish brand loyalty towards any smartphone’s brand. Respondents lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. Brand Romance consists of three dimensions there are pleasure, arousal, and dominance that affect the emotional of customer’s smartphone to the brand that they have this day. The purpose of this study was to determine how much the influence of brand attitude and brand romance can predict customer’s brand loyalty. This research was a quantitative research using a questionnaire and analyzed using descriptive statistical method of Moment Structural Analysis program (AMOS) 22. The results of this study suggest the company to improve the emotional connection toward the customers espescially Gen Y that will enhance their loyalty to the brand]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Andalucia Malia
Abstrak :
[ABSTRAK
Kesinambungan suatu perusahaan merupakan suatu tantangan yang sedang di hadapi oleh hampir semua perusahaan. Topik ini menjadi bahan diskusi bagi perusahaan untuk dapat membuat suatu strategi agar dapat menghadapai tantangan di pasar industri. Mengelola sumber daya manusia merupakan salah satu strategi yang penting bagi perusahaan untuk dapat mendukung kelangsungan perusahaan dan juga mempertahankan posisi kedudukan di dalam kompetisi pasar. Tesis ini akan membahas topik Flexibility, Team Work dan Sustaninability dalam mempengaruhi Need of Achievement. Dalam studi kasus ini, Gen Y di Bank ABC merupakan target responden dengan total 100 respondent. Setelah melakukan analisa, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Flexibility, Team Work, Sustainability dan Need of Achievement yang nantinya dapat memberikan masukan untuk perusahaan dalam mengatur strategi sumber daya yang untuk mendukung keberlangsungan strategi dari perusahaan.
ABSTRACT
Sustainability becomes one of topics that many companies faces and creates many strategies to face the challenge in market. Managing human capital as part of strategies also becomes important in order to support the company growth and keep the position in the market. This thesis will discuss about Flexibility, Team Work and Sustainability affect towards Need of Achievement. In this research, Gen Y at Bank ABC is the target respondent with total of 100 survey respondents. After the analysis test, it shows that Flexibility, Team Work and Sustainability show significant and positive affect and relations with Need of Achievement that can help company to provide strategy for maintaining their human capital in a way to support the sustainability strategy of company., Kesinambungan suatu perusahaan merupakan suatu tantangan yang sedang di hadapi oleh hampir semua perusahaan. Topik ini menjadi bahan diskusi bagi perusahaan untuk dapat membuat suatu strategi agar dapat menghadapai tantangan di pasar industri. Mengelola sumber daya manusia merupakan salah satu strategi yang penting bagi perusahaan untuk dapat mendukung kelangsungan perusahaan dan juga mempertahankan posisi kedudukan di dalam kompetisi pasar. Tesis ini akan membahas topik Flexibility, Team Work dan Sustaninability dalam mempengaruhi Need of Achievement. Dalam studi kasus ini, Gen Y di Bank ABC merupakan target responden dengan total 100 respondent. Setelah melakukan analisa, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Flexibility, Team Work, Sustainability dan Need of Achievement yang nantinya dapat memberikan masukan untuk perusahaan dalam mengatur strategi sumber daya yang untuk mendukung keberlangsungan strategi dari perusahaan.]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Dyah Paramita
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh fun at work terhadap turnover intention dengan employee engagement sebagai variabel mediasi pada pegawai Gen Y di PT XYZ. Responden penelitian adalah pegawai Gen Y dan berlokasi di kantor pusat. Jumlah total responden adalah 62 responden. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan teknik SEM dengan aplikasi LISREL 8.51. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa fun at work berpengaruh signifikan terhadap employee engagement dan turnover intention. Selain itu penelitian ini juga menyatakan employee engagement memediasi secara parsial pengaruh fun at work terhadap turnover intention. ...... Employee engagement as a mediating variable in the Gen Y employees at PT XYZ. Respondents are Gen Y employees located at the headquarters with total number of respondents was 62 respondents. The research method used quantitative methods and data collection is done by using a questionnaires. Data analysis is done using SEM technique with LISREL 8:51 applications. The results obtained from this study indicate that fun at work have a significant effect on employee engagement and turnover intention. Furthermore stated employee engagement partially mediates the effect of fun at work on turnover intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Akmal Farraz
Abstrak :
Gen Y merupakan kelompok usia dengan rentang 20-39 tahun dan merupakan generasi terbesar pada wilayah perkotaan di Indonesia. Dengan jumlah penduduk terbesar, pasar perumahan mulai melirik generasi ini dengan menghadirkan rumah yang sesuai preferensi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya hidup Gen Y terhadap preferensi perumahan dengan ruang lingkup penelitian di Kota Depok. Dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif, hasil penelitian menemukan bahwa Gen Y yang telah berkeluarga dan memiliki anak adalah kelompok yang paling dipengaruhi oleh gaya hidup saat menentukan preferensi rumah. Hasil penelitian ini turut menunjukkan bahwa terdapat paradoks gaya hidup antara dua kelompok, yakni Gen Y junior dan Gen Y senior karena dipengaruhi oleh lokasi perumahan dan aksesibilitas terhadap fasilitas pendidikan. ......Gen Y is the age group with a range of 20-39 years and now is the largest generation in urban areas in Indonesia. As a result of their proportion to the urban population structure, the housing market has started to provide housing based on their preferences. This study aims to analyze the Gen Y lifestyle towards housing preferences with the scope of research in Depok City. Conducted with mixed methods, quantitative and qualitative research, the results of the study found that Gen Y who are married and are parents were the groups most affected by lifestyle when determining their housing preferences. The results of this study also showed that there is a lifestyle paradox between the two groups,Gen Y junior and Gen Y senior which affected by housing location and accessibility to educational facilities.
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T53522
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rafiki
Abstrak :
Salah satu tantangan terbesar yang akan dihadapi oleh berbagai organisasi di tahun-tahun mendatang adalah keragaman generasi di tempat kerja. Ketidaksesuaian work values karyawan dengan organisasi dapat menyebabkan ketidakpuasan, penurunan komitmen, dan peningkatan turnover intention. Penelitian ini mengkaji perbedaan nilai kerja Gen X (karyawan yang lahir tahun 1965 sampai 1979), Gen Y (karyawan yang lahir tahun 1980 sampai 1994), dan Gen Z (karyawan yang lahir tahun 1995 sampai 2012) dan pengaruhnya terhadap turnover intention. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan extrinsic, intrinsic, dan social work values antara Gen X dan Gen Z, dan leisure work values antara Gen X, Y, dan Z. Juga, terdapat pengaruh leisure work values terhadap turnover intention pada Gen X, Y, dan Z. Namun, responden dalam penelitian ini relatif sedikit, sehingga agak sulit untuk menggeneralisasi penelitian ini di seluruh tingkat industri dan pendidikan. ......One of the biggest challenges that will be faced by various organizations in the coming years will be the generation diversity in the workplace. A mismatch of an employee’s work values to the organization can lead to dissatisfaction, decreased in commitment, and increased in turnover intention. This study examines the differences in work values of Gen X (people born in 1965 to 1979), Gen Y (people born in 1980 to 1994), and Gen Z (people born in 1995 to 2012) and its effect on turnover intention. From the results of this study, it can be concluded that there are differences in extrinsic, intrinsic, and social work values between Gen X and Gen Z, and leisure work values between Gen X, Y, and Z. Also, there is a significant effect of leisure work values on turnover intention in Gen X, Y, and Z. However, the participants in this study were relatively few, so it's a bit difficult to generalize this research across industrial and educational level.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhsin Muamar
Abstrak :
Tujuan penetian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang untuk berpindah ke perbankan syariah di kalangan Gen Y dan Gen Z. Sejumlah laporan menunjukkan kedua generasi tersebut mendominasi populasi Indonesia dan menjadi target potensial bagi industri perbankan syariah. Penelitian ini menguji pengaruh dari Sikap (Attitude), Norma Subyektif (Subjective Norms), Kontrol Perilaku (Perceived Behavioral Control), Relijiusitas (Religiosity), dan Kepercayaan pada Hari Akhir (Afterlife Beliefs) terhadap Niat (Intention) untuk berpindah ke perbankan syariah dalam konteks Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behavior). Relijiusitas dan Kepercayaan pada Hari Akhir merupakan menjadi variabel tambahan ke dalam teori terkait sejumlah laporan bahwa generasi muda Indonesia sangat menaruh perhatian terhadap agama, mementingkan agama, dan hal ini jauh di atas tren global pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan melibatkan 371 responden dari kalangan Gen Y dan Gen Z yang memiliki rekening bank konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kontrol Perilaku (Perceived Behavioral Control) menjadi faktor terkuat yang mempengaruhi niat untuk berpindah ke perbankan syariah. Penelitian ini diharapkan dapat membantu industri perbankan syariah untuk memahami karakter generasi muda Indonesia agar mampu memberikan solusi keuangan syariah yang terbaik bagi mereka ......The aim of this research is to explore the determinants that influence people’s intention to migrate to Islamic banking, especially among Gen-Y and Gen-Z in Indonesia. Reports show both generations have dominated the Indonesia’s population and become a potential market for Islamic banking industry. This research mainly focuses to examine the influence of Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, and Religiosity, and Afterlife Beliefs toward Intention to migrate to Islamic banking service in the context of the Theory of Planned Behavior (TPB). Religiosity and Afterlife Beliefs are proposed as additional variables on the TPB because reports show Indonesian youths are very concern about religion and faith compared to the global trend. This research used Structural Equation Modelling (SEM) and involves 371 respondents from Gen-Y and Gen-Z who have conventional bank account. The result shows Perceived Behavioral Control is the strongest predictor towards Intention to migrate to Islamic banking both for Gen-Y and Gen-Z. This result is expected to help Islamic banking industry practitioners to understand about the Indonesian youth’s mindset and in turn provide them the best Islamic financial solution.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Claudia Silvina Widyaningtias
Abstrak :
ABSTRAK
Bonus demografi yang mencapai puncaknya pada tahun 2020 mendatang menjadikan melonjaknya jumlah generasi millennials di pasar tenaga kerja. Kecenderungan generasi millennials menjadi menjadi lsquo;kutu loncat rsquo; dalam bekerja disebabkan oleh preferensi yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Kepedulian generasi millennials terhadap isu lingkungan dan sosial bersinggungan dengan praktik CSR yang dilakukan perusahaan. Survey online dilakukan pada pegawai bank untuk melihat perbedaan tingkat Engagement saat terekspos Coporate Social Responsibility yang berbeda. IBM Statistical Package for The Social Science SPSS versi 20 digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara CSR Internal dan Eksternal terhadap variabel Job Engagement namun tidak ada perbedaan pada Organizational Engagement. Secara umum CSR eksternal dinilai lebih tinggi oleh karyawan terhadap tingkat Engagement mereka.
ABSTRACT
Demographic bonus that will reach its peak in 2020 increases the number of millennials in the labor market. The difference in tendency towards career preference of millennials when compared to the previous generation is the main attribute causing them to become rsquo job hopper rsquo . Millennials interest on social and environmental issue is in line with the practices of CSR. Online survey was conducted on bankers to see different level of millennials rsquo engagement when exposed to different categories of CSR practice. IBM Statistical Package for The Social Science SPSS version 20 used to test the hypotheses. This research found that internal and external CSR have more significant influence on job engagement rather than in organizational engagement. Generally, eksternal CSR is perceived higher by employees in terms of influencing engagement level.
2017
S68441
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Listiani
Abstrak :
Tesis ini meneliti efek mediasi dari workplace spirituality dan well-being at work dalam hubungan antara work overload dan intention to stay. Penelitian dilakukan pada 550 orang guru milenial yang bekerja di Sekolah Islam Terpadu di Indonesia. Kuesioner diberikan secara daring kepada responden, yang dipilih melalui metode purposive sampling. Studi ini menguji model teoretis yang menghubungkan work overload, workplace spirituality, well-being at work, dan intention to stay, khususnya pada guru milenial. Pemodelan persamaan struktural (SEM) kemudian dilakukan untuk menguji hipotesis, yang menunjukkan bahwa workplace spirituality dan well-being at work terbukti memediasi hubungan antara work overload dan intention to stay. Temuan ini membuktikan bagaimana pengalaman guru terkait spiritualitas dan kesejahteraan di tempat kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat mereka untuk tinggal. Meskipun demikian, terdapat kemungkinan munculnya bias karena penggunaan data laporan sendiri dari responden. Batasan lainnya adalah penelitian yang bersifat cross-sectional, sehingga memungkinkan adanya sejumlah efek yang luput dari pengamatan. Penelitian ini menguraikan implikasi dari pengalaman spiritualitas dan kesejahteraan mereka di tempat kerja dalam konteks keinginan untuk tetap tinggal di organisasi, dan pada akhirnya berusaha untuk mengisi celah dalam literatur ilmu pengetahuan yang ada. ......This thesis examines the mediating effects of workplace spirituality and well-being at work in the relationship between work overload and intention to stay. The research was conducted on 550 millennial teachers who work in private Islamic schools in Indonesia. Online questionnaires were given to respondents, who were selected through purposive sampling method. This study examines a theoretical model that connects work overload, workplace spirituality, well-being at work, and intention to stay, especially in the context of millennial teachers. Structural Equation Modeling (SEM) is then carried out to test the hypothesis, in which workplace spirituality and well-being at work have been shown to mediate the relationship between work overload and intention to stay. These findings suggest that teachers' experiences of workplace spirituality and well-being at work have a significant positive effect on their intention to stay. Nonetheless, the results of this study may lead to bias due to the use of respondents' self-reported data. Another potential limitation is the cross-sectional nature of the data, which does not control for unobserved effects. This study outlines the implications of experiences of spirituality and their well-being at work in the context of a desire to remain in organizations, and ultimately seeks to fill gaps in the existing scientific literature.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>