Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyas Latiefah Citraningrum
Abstrak :
Meningkatnya jumlah penduduk dan produksi limbah di dunia mendorong perusahaan untuk mengimplementasi ekonomi sirkular. Perusahaan perlu memperhatikan faktor pendukung dan penghambat yang mereka miliki di dalam proses implementasi ekonomi sirkular. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor pendukung dan penghambat implementasi ekonomi sirkular pada IKM sektor makanan dan minuman di Indonesia. Evaluasi tersebut berupa hubungan sebab-akibat serta tingkat prioritas antar faktor pendukung dan penghambat. Metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari metode Modified Kappa untuk mendapatkan validitas faktor, dan metode DEMATEL-based ANP untuk mendapatkan hubungan sebab-akibat dan tingkat prioritas antar faktor. Penelitian ini mengklasifikasikan faktor pendukung dan penghambat ke dalam tiga dimensi, yaitu dimensi Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa faktor pendukung Mengurangi dampak lingkungan dan faktor penghambat Kurangnya jaminan terhadap keamanan lingkungan merupakan faktor yang dianggap paling penting dalam konteks implementasi ekonomi sirkular pada IKM sektor makanan dan minuman di Indonesia. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan sebagai alat bantu untuk membangun strategi implementasi ekonomi sirkular yang efektif dan efisien pada IKM sektor makanan dan minuman di Indonesia. ......The increasing population and waste production in the world encourages companies to implement a circular economy. Companies need to pay attention to the drivers and barriers they have in the circular economy implementation process. This study aims to evaluate the drivers and barriers to the implementation of a circular economy in Indonesian food and beverage SMEs. The evaluation is in the form of causal relationships and priority levels between the drivers and barriers. The method used in this study consisted of the Modified Kappa to obtain factor validity and the DEMATEL-based ANP method to obtain causal relationships and priority levels between factors. This study classifies the drivers and barriers into three dimensions, namely the Economic, Social, and Environmental. Based on this research, it is known that the Reducing environmental impacts driver and the Lack of guarantees for environmental safety barrier are the most important factors in the context of circular economy implementation in Indonesian food and beverage SMEs. The results of this study can be used by stakeholders as a tool to help develop an effective and efficient circular economy implementation strategy for Indonesian food and beverage SMEs.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fariz Qasmal Maulana
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang studi kasus Pengendalian Persediaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di industri makanan dan minuman, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, tahun 2020. Meningkatnya jumlah UMKM yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman memiliki dampak positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi juga mengarah pada peningkatan daya saing di kalangan UMKM. Untuk bersaing dengan orang lain dalam industri makanan dan minuman yang selalu tumbuh dari tahun ke tahun, UMKM harus mampu mengelola inventaris secara profesional. Warteg ABC adalah UMKM, yang bergerak di industri makanan dan minuman, yang menjual masakan Indonesia. Warteg ABC sudah beroperasi selama kurang lebih 4 tahun di Jakarta Selatan. Data diperoleh dengan menggunakan metode pelatihan bisnis, penelitian kualitatif dari wawancara dengan pemilik dan pengamatan, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warteg ABC tidak memiliki catatan yang tepat untuk keputusan pembelian persediaan, jumlah persediaan dan perhitungan biaya persediaan dalam mengelola bisnis mereka pada kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, solusi yang diberikan adalah meningkatkan kontrol inventaris dan efisiensi biaya. Penilaian implementasi tidak dapat dilakukan untuk mendukung hasil perbaikan karena Pandemi Covid 19 yang membuat UMKM memutuskan untuk menutup sementara. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Warteg ABC meningkatkan kontrol inventaris dan efisiensi biaya. ......This thesis discusses about case study Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) inventory control which is engaged in food and beverages industry, students of the Faculty of Economics and Business of UI, of 2020. The increasing number of MSMEs which is engaged in food and beverages industry has positive impact to the economy of Indonesia, but also leads to the increases of competitiveness among MSMEs. To compete with others in the food and beverages industry which is always growing year by year, MSMEs should be able to manage the inventory professionally. Warteg ABC is a MSME, engaged in the food and beverages industry, which is sell Indonesian cuisine. Warteg ABC was already operated for more or less 4 years in South Jakarta. Data is obtained using business coaching method, a qualitative research from the interview with the owner and observation, to mapping the MSME's conditions and problems, continued with the corrective action to implement solution. The result shows that Warteg ABC did not have proper record for the inventory purchase decision, the amount of inventory and the calculation of inventory cost in managing their business on the daily activities. Thus, the solution that given is to improve the inventory control and cost efficiency. Implementation assessment can't be carried out to support the results of the improvements because of the Covid 19 Pandemic that makes the MSME decided to close temporarily. This research is aimed to help Warteg ABC to improve the inventory control and cost efficiency.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amar Rachman
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Globalization in trade and information system,the fast growth of modern markets and fast food outlets and fast invasion of food advertisements are currently accured in Indonesia.....
JUPEPEP
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Wijaya
Abstrak :
Positive Leader Identity didefinisikan sebagai evaluasi positif-negatif terhadap kategorisasi sosial sebagai pemimpin dari sebuah kelompok.Penelitian ini mengambil perspektif bahwa terbentuknya identitas pemimpin yang positif didasarkan oleh perspektif evaluasi dan mekanisme claiming-granting antara pemimpin dengan bawahan. Peneliti menduga bahwa bawahan dapat berkontribusi secara aktif dalam membentuk identitas pemimpin positif dengan mengevaluasi apakah pemimpin merupakan bagian dari kelompok leader group prototypicality , serta dapat diperkuat atau diperlemah oleh orientasi pemimpin terhadap kepentingan kelompok leader group orientedness . Untuk mengurangi dampak common method bias, peneliti menggunakan dua sumber berbeda dalam pengambilan data. Sebanyak 66 pasangan pemimpin dan bawahan dari perusahaan industri makanan dan minuman dilibakan dalam studi cross-sectional. Hasil dari analisis PROCESS menunjukkan bahwa leader group orientedness memoderasi hubungan positive leader identity dengan leader group prototypicality. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa skor positive leader identity tertinggi terjadi pada pemimpin non-protototypical dengan skor leader group orientedness tinggi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris bahwa bawahan dapat berkontribusi secara aktif dalam membentuk identitas pemimpin yang positif. ......Positive Leader Identity is positive negative evaluation of social category as leader of a group. In this research, constructing positive leader identity is explained by evaluative perspective and claiming granting mechanism between leaders and followers. Researcher assumed that followers can actively contribute in constructing positive leader identity by evaluating whether the leader is a part of the group leader group prototypicality and can be strenghtened or weakened by leader orientation to group interest leader group orientedness . In order to reduce common method bias, reseacher obtained the data needed from two different sources. 66 pairs of leader and follower were involved in this cross sectional study. The result from PROCESS analysis shows that leader group orientedness moderated the relationship between positive leader identity and leader group prototypicality. In addition, non prototypical leaders who have high leader group orientedness score, show the highest positive leader identity score. Results from this research are expected to provide empirical evidence that followers can contribute actively in constructing positive leader identity.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68990
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inriani Chlorella
Abstrak :
ABSTRAK
Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) dilakukan pada periode bulan Mei 2016 di Apotek Kimia Farma Cibubur Jakarta Timur. Hal ini bertujuan agar calon apoteker mampu memahami tugas dan tanggung jawab Apoteker Pengelola Apotek (APA) baik secara teknis farmasi maupun non teknis farmasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika yang berlaku, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan praktek kefarmasian di apotek, serta memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktek kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan perapotekan. Tugas khusus yang diberikan berjudul Pola Peresepan di Apotek Kimia Farma Cibubur Periode Bulan Mei 2016. Tugas khusus ini bertujuan untuk mendapatkan hasil gambaran pola peresepan obat terbanyak di Apotek Kimia Farma Cibubur pada Periode Bulan April 2016, mengetahui manfaat dari pola peresepan terhadap pengelolaan apotek dan pelayanan kefarmasian agar dapat diaplikasikan ke dalam pelayanan kefarmasian di apotek, serta mendapatkan gambaran jumlah penggantian Obat berdasarkan Item, Quantity, dan Item dan Quantity obat.
ABSTRACT
Work Practice Pharmacists Profession (PKPA) conducted in the period May 2016 in Kimia Farma Cibubur, East Jakarta. It is intended that the candidate the pharmacist is able to understand the duties and responsibilities of the Pharmacist business Pharmacy (APA) both technically pharmaceutical and non-technical pharmacy in accordance with the provisions of the legislation and ethics, insight, knowledge, skills and practical experience to perform the practice of pharmacy in pharmacy, as well as having a real picture about the problems of pharmacy practice and learn the strategies and activities that can be done in order to develop perapotekan. Special assignment given titled Prescribing Patterns in Kimia Farma Cibubur period on May 2016. The aim of this special task to get the highest picture prescribing patterns in Kimia Farma Cibubur on April 2016, knowing the benefits of prescribing pattern of the pharmacy management and service pharmaceuticals that are applicable to pharmaceutical services in pharmacies, as well as providing medicine reimbursement amount by Item, quantity, and Item and quantity drug.
2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Septia Bintang Kinanti
Abstrak :
Praktek Kerja Profesi Apoteker di Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Periode April 2016 bertujuan untuk mengetahui dan melihat langsung kegiatan yang dilakukan oleh bidang Farmasi Makanan dan Minuman, terlibat dalam kegiatan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian Apotek serta memahami tugas Apoteker di Suku Dinas Jakarta Pusat. Sedangkan tujuan dari tugas khusus adalah mengetahui jenis obat terbanyak yang diresepkan di Puskesmas Kecamatan di Jakarta Pusat periode Januari- Februari 2016 dan menganalisis pola penyakit berdasarkan banyaknya peresepan obat.
Apothecary Professional Practice at Health Agency of Central Jakarta Period April 2016 aims to know and see the activities carried out by the field of Pharmaceuticals Food and Beverages, involved in coaching, supervision, and control of pharmacy as well as understand the task of Pharmacists in the Health agency of Central Jakarta. The purpose of the special task was to determine the types of drugs most prescribed in the Central Jakarta District Health Clinics in the period January-February 2016 and analyze the pattern of the disease based on the number of prescription drugs.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maylsha Tiara Wiyutama
Abstrak :
Aglonera merupakan startup yang bergerak dalam bidang distribusi produk hasil pertanian kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor makanan dan minuman. Meskipun telah beroperasi selama hampir 1,5 tahun, masih belum terdapat brand awareness terhadap Aglonera bagi target konsumen secara luas. Untuk meningkatkan jangkauan serta kesadaran masyarakat terhadap keberadaan solusi digital pertanian dan UMKM yang ditawarkan oleh Aglonera, maka dirancang program komunikasi pemasaran terpadu dengan big idea Sahabat Serba Ada dan tagline Langganan Andalan Jualan.Program ini diharapkan dapat membantu Aglonera untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas serta memberikan dampak terhadap peningkatan reach dan engagement dari masing-masing saluran komunikasi Aglonera baik online ataupun offline. Program ini dirancang untuk dijalankan selama 6 bulan dengan penggunaans sejumlah elemen komunikasi pemasaran terpadu. Adapun biaya yang dibutuhkan dalam eksekusi program adalah senilai Rp 195.600.000. Selain jabaran Analisa situasi dan permasalahan, akan dijelaskan pula proses implementasi hingga monitoring dan evaluasi, guna memastikan program berjalan dengan lancar dan efektivitas masing-masing upaya komunikasi dapat diarahkan dan dievaluasi.
Aglonera is a digital-startup company with a mission to give out solution regarding the distribution of agricultural products to micro, small and medium enterprises (SMEs) within food and beverage sector. Even though Aglonera has been operating for almost 1.5 years, there is still no brand awareness of Aglonera for a broad target audience. To increase the reach and public awareness of the existence of Aglonera, an integrated marketing communication program was designed with the big idea Aglonera Sahabat Serba Ada and the tagline Langganan Andalan Jualan. This program is expected to help Aglonera to reach a wider target audience and have an impact on increasing the reach and engagement of each Aglonera communication channel both online and offline. This program is designed to run for 6 months with the use of a number of elements of integrated marketing communication. The costs required to execute the program are worth Rp 195,600,000. In addition to the description of the situation and problem analysis, the implementation process through monitoring and evaluation will also be explained, to ensure the program runs smoothly and the effectiveness of each communication effort can be directed and evaluated
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library