Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratih S. Ali
"Dalam konsep kerangka kerja suatu perusahaan dikenal suatu asumsi dasar yang bernama "Going Concern" dimana perusahaan yang didirikan diharapkan keadaannya dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu salah satu yang dibutuhkan adalah strategi bisnis perusahaan untuk menjadikan perusahaan tetap eksis di dunia bisnis.
Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat suatu perencanaan strategis bisnis yang akan memberikan arahan kebijakan perusahaan di masa yang akan datang. Perencanaan strategis haruslah mempertimbangkan kondisi lingkungan dimana perusahaan tersebut berada. Maka diperlukan perencanaan yang integratif antar semua bagian dalam perusahaan, terutama dalam menyusun perencanaan di sektor keuangan.
Untuk mengintegrasikan rencana strategis perusahaan baik operasional dan keuangan sehingga dapat terlihat apakah langkah yang dilakukan perusahaan tepat bagi kemajuan dan tujuan yang diinginkan, maka penulis dalam karya akhir ini menggunakan perangkat analisis simulasi bisnis. Simulasi bisnis memerlukan data historis perusahaan minimal satu tahun terakhir untuk dijadikan acuan dalam pembuatan spreadsheet yang akan memasukan rencana strategis perusahaan.
Hasil simulasi bisnis pada karya akhir ini akan menunjukan bagaimana dampak tindakan strategis yang dilakukan o!eh PT XYZ, sebagai sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di industri kosmetika Indonesia, selama periode 5 (lima) tahun kedepan berdasarkan prediksi atas segala kemungkinan kondisi yang akan dihadapi perusahaan (hasil penciptaan set kondisi dalam simulasi bisnis). Hasil ini akan terlihat dari proyeksi neraca, laporan rugi-laba, rasio keuangan, dan break-event point.
Dalam melakukan simulasi bisnis, penulis membuat 3 (tiga) skenario kondisi yang akan dihadapi perusahaan, yaitu kondisi most likely, optimis, dan pesimis. Pembuatan skenario ini didasarkan pada prediksi atas perekonomian makro Indonesia.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat karya akhir ini adalah :
1. Membuat analisis kondisi makro ekonomi, sosial, politik, dan keamanan
2. Membuat analisis industri dari industri kosmetika Indonesia dimana PT XYZ
menjadi salah satu pemainnya.
3. Membuat analisis posisi bersaing PT XYZ saat m1 di indsutri kosmetika
Indonesia
4. Melakukan simulasi bisnis atas rencana strategis yang dilakukan PT XYZ
untuk lima tahun kedepan
5. Melakukan penilaian atas hasil simulasi bisnis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendy Marojahan
"ABSTRAK
STIE Wiyatamandala yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia ingin menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi dengan memanfaatkan Information and Communication Technology ICT . Demi mencapai tujuan tersebut manajemen STIE Wiyatamandala menargetkan pembuatan perencanaan strategis SI/TI sebagai salah satu strategi jangka pendek organisasi. Kebutuhan perencanaan strategis SI/TI ini juga berdasarkan fakta yang mengungkapkan bahwa infrastruktur TI belum memadai, SI belum terintegrasi, tidak ada prioritas SI, implementasi SI sering berubah, jumlah SDM TI tidak mencukupi, dan masih ada layanan yang dilakukan secara manual. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka perlu diteliti penyusunan dengan menggunakan metodologi perencanaan strategis SI/TI menurut Peppard dan Ward. Metodologi ini terdiri dari 2 tahapan, pertama adalah tahapan masukan yang menganalisis lingkungan eksternal bisnis dengan menggunakan metode Five Forces Model, PESTEL dan SWOT OT Analysis , menganalisis lingkungan eksternal SI/TI dengan menggunakan tren SI/TI, menganalisis lingkungan internal bisnis dengan menggunakan metode Value Chain dan SWOT SW Analysis , dan menganalisis lingkungan internal SI/TI dengan menggunakan metode Mc Farlan Strategic Grid, sementara yang kedua adalah tahapan keluaran yang menghasilkan strategi bisnis untuk menentukan strategi SI, strategi manajemen SI/TI dan strategi TI. Data yang diperlukan sebagai bahan penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dokumen dan proses kegiatan, mewawancarai Ketua STIE Wiyatamandala, Wakil Ketua I Bidang Akademik, dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta melakukan kuesioner dengan responden dosen dan staf. Perencanaan strategis SI/TI ini diformulasikan menggunakan IT Balance Scorecard dan Critical Success Factors untuk menghasilkan strategi bisnis yaitu realisasi manfaat bisnis, keunggulan kompetitif, menciptakan diferensiasi program, meningkatkan penggunaan SI, meningkatkan kepuasan pengguna, meningkatkan pengetahuan pengguna, meningkatkan layanan TI, meningkatkan keakuratan data dan informasi, mengoptimalkan pihak ketiga, meningkatkan pengetahuan dan kompetensi SDM, membangun budaya adaptif dan kreatif, dan mengadopsi teknologi bernilai tambah. Program kerja untuk menjalankan strategi yang telah ditentukan disusun ke dalam roadmap program kerja selama 3 tahun yang memiliki 5 program quick wins yang menjadi program prioritas, diantaranya adalah implementasi Sistem Informasi Penjaminan Mutu SIPM , implementasi Business Intelligence BI , integrasi database, implementasi sistem storage, dan optimalisasi pihak ketiga.

ABSTRACT
STIE Wiyatamandala is one of the private college in Indonesia wants to operate Tridharma by utilizing Information and Communication Technology ICT . To achieve this goal, STIE Wiyatamandala management aims making strategic planning of IS/IT as one of the organization 39;s short-term strategy. The need for strategic planning of IS/IT is also based on the fact that IT infrastructure is not adequate, IS are not integrated, there is no priority of IS, implementation of IS often change, the number of IT personel is insufficient, and there is still service done manually. To bridge the gap, it is necessary to study the planning using strategic planning methodology of IS/IT according to Peppard and Ward. This methodology consists of 2 stages, first is the input stage that analyzing the external environment of business using the Five Forces Model, PESTEL and SWOT OT Analysis methods, analyzing the external environment of IS/IT using IS/IT trends, analyzing the internal environment of the business using Value Chain and SWOT SW Analysis methods, and analyzing internal environment of IS/IT using Mc Farlan Strategic Grid method, while second is the output stage that generates business strategy for determining IS strategy, IS/IT management strategy and IT strategy. Data required for the study were collected using document and activity process observation method, interviewing the Chairman of STIE Wiyatamandala, Vice Chairman I Academic Affair, and Vice Chairman III for Student and Alumni Affairs, and conducted questionnaires with lecturers and staff respondents. This IS/IT strategic plan is formulated using IT Balance Scorecard and Critical Success Factors to generate business strategy that is the realization of business value, competitive advantage, create program differentiation, increase IS usage, increase user satisfaction, improve user knowledge, improve IT services, improve accuracy of data and information, optimizing third parties, improving human knowledge and competencies, building adaptive and creative cultures, and adopting added value technologies. The work program for implementing the predetermined strategy is structured into 3 year roadmap program that has 5 quick win programs that become priority programs, including the implementation of Quality Assurance Information System SIPM , Business Intelligence BI implementation, database integration, implementation of storage systems, and third party optimization."
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sitompul, Rodrick M.K.
"Saat ini bisnis logistik merupakan salah satu sektor bisnis yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi, hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Perusahaan X merupakan cucu perusahaan dari grup Pertamina dan merupakan anak perusahaan dari Pertamina Patra Niaga sebagai sub holding Commercial and Trading. Saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh X masih kurang baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan tidak adanya pendapatan lain dan hanya bergantung pada operasional perusahaan induk. Tidak adanya strategi pemasaran khusus yang secara langsung dapat menarik pelanggan di luar perusahaan induk PT. Pertamina menjadi salah satu penyebab tidak adanya pemasukan lain selain dari perusahaan induk. Dalam memecahkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menganalisis strategi pemasaran dengan menggunakan analisis eksternal dan internal. Berdasarkan hasil analisis SWOT, perusahaan membutuhkan strategi dalam kategori Pertahanan (Kombinasi W-T) dimana strateginya adalah periklanan, promosi penjualan, meningkatkan fokus pada saluran proyek dan merevitalisasi peran Departemen SDM.

Currently, the logistics business is one of the business sectors that has a high growth rate, this is in line with the increasing needs of people's lives accompanied by increasingly sophisticated technological developments. X Company is the grandson of the Pertamina group and is a subsidiary of Pertamina Patra Niaga as a Commercial and Trading sub-holding. Currently, the marketing strategy carried out by X is still not good. This can be proven by the fact that there is no other income and only depends on the operations of the parent company. There is no specific marketing strategy that can directly attract customers outside of the parent company PT. Pertamina is one of the reasons for the lack of income other than the parent company. In solving this problem, this study aims to formulate and analyze marketing strategies using external and internal analysis. Based on the results of the SWOT analysis, the company needs a strategy in the Defense category (W-T Combination) where the strategy is advertising, sales promotion, increasing focus on project channels and revitalizing the role of the HR Department.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shena Melia Rosalita
"Tujuan dari laporan ini adalah untuk menentukan strategi internasionalisasi terbaik dalam melakukan ekspansi pasar di dalam pasar Amerika Serikat untuk cokelat Vollenweider menggunakan mode entri Joint Venture. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan situasi terkini negara asal serta implikasinya terhadap perbedaan budaya, dan daya tarik dengan negara tuan rumah. Analisis risiko dalam tesis ini akan menggunakan menggunakan Porter’s five forces model dengan tujuan untuk menghasilkan rekomendasi yang dirancang untuk mempersiapkan ekspansi pasar.

The purpose of this report is to determine the best internationalisation strategies in doing the market expansion within the United States market for the Vollenweider Chocolate using the entry mode of Joint Venture. The analysis was undertaken by considering the existing home country situation and its implications to cultural differences with the proposed host country, and the host country attractiveness, as well as the host country, risks using Porter’s five forces model with the aim of generating recommendations designed to prepare for the market expansion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shania Amalia Putri
"Laporan ini bertujuan untuk menganalisis bisnis model yang diterapkan oleh PT AGD di bandara Soekarno-Hatta. Analisis dilakukan dengan mengacu pada Porter’s Five Forces Model. Riset pasar yang dilakukan selama proses magang merupakan sumber dari analisis. PT AGD melakukan riset pasar dengan tujuan mengetahui permintaan pasar dan kompetitor di wilayah bandara Soekarno-Hatta. Analisis bisinis model di lakukan untuk mengetahui posisi layanan cargo service lini satu dari PT AGD. Hasil analisis dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam pengembangan bisnis agar dapat bersaing dengan pesaing yang ada.

This report aims to analyze the business model applied by PT AGD at Soekarno-Hatta international airport. The analysis is carried out by referring to Porter's Five Forces Model. The source of the analysis is the market research carried out during the internship. PT AGD conducts market research with the aim of knowing market demand and competitors in the Soekarno-Hatta international airport area. The business model analysis was carried out to determine the position of the line 1 cargo service from PT AGD. The results of the analysis can be used to assist decision-making in business development in order to compete with existing competitors."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk, Kezia Agnesia
"Ekonomi Australia, terbesar ke-12 di dunia, memiliki PDB nominal sebesar $1,553 triliun pada tahun 2021. Industri makanan, minuman, dan bahan makanan memberikan kontribusi signifikan, membentuk lebih dari sepertiga sektor manufaktur negara ini. Analisis sektor ini menggunakan Lima Kekuatan Porter menunjukkan pasar yang kompetitif yang didominasi oleh perusahaan seperti Woolworths Group Ltd., pemain utama di ritel. Woolworths beroperasi melalui segmen Australian Food dan BIG W dan terdaftar di ASX 200 dengan kapitalisasi pasar sebesar AUD$47,69 miliar. Analisis keuangan menunjukkan tren pendapatan yang meningkat pasca 2020, tetapi kenaikan COGS dan beban operasional mempengaruhi pendapatan bersih. EBIT Woolworths mencapai puncaknya pada tahun 2022, dengan perkiraan masa depan menunjukkan pertumbuhan moderat. Penilaian melalui arus kas bebas mengungkapkan FCFF negatif yang diproyeksikan pada tahun 2025 karena peningkatan utang dan beban operasional, namun nilai terminal tetap positif. Analisis sensitivitas menyoroti dampak tingkat pertumbuhan terminal dan WACC pada nilai intrinsik, menyoroti bahwa nilai ekuitas optimal muncul dari keseimbangan pertumbuhan dan biaya modal yang rendah. Prospek jangka panjang Woolworths tampak menjanjikan, didorong oleh posisi pasar yang kuat, investasi strategis, dan penciptaan nilai yang berkelanjutan, menjadikannya investasi yang menarik meskipun ada tantangan keuangan jangka pendek.

Australia's economy, the world's 12th largest, had a nominal GDP of $1.553 trillion in 2021. The food, beverage, and grocery industries significantly contribute to this, making up over one-third of the country's manufacturing sector. Analyzing this sector using Porter’s Five Forces shows a competitive market dominated by firms like Woolworths Group Ltd., a major player in retail. Woolworths operates through Australian Food and BIG W segments and is listed on the ASX 200 with a market capitalization of AUD$47.69 billion. Financial analysis indicates an upward revenue trend post-2020 but rising COGS and operating expenses impact net income. Woolworths' EBIT peaked in 2022, with future forecasts showing moderate growth. Valuation through free cash flow reveals a projected negative FCFF in 2025 due to increased debt and operating expenses, yet the terminal value remains positive. The sensitivity analysis underscores the impact of terminal growth rates and WACC on intrinsic value, highlighting that optimal equity value arises from a balance of growth and low capital costs. Woolworths' long-term prospects appear promising, driven by strong market positioning, strategic investments, and sustained value creation, making it a compelling investment despite short-term financial challenges."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
William Yohanes
"ABSTRAK
Membuat rencana pemasaran dalam membangun bisnis sangatlah penting agar pemilik usaha dapat membangun produk dan servis yang memenuhi kebutuhan dari target pasar. Tesis ini membahas tentang perencanaan yang dibutuhkan dalam membangun situs web bernama SportMate yang merupakan situs web untuk pemesanan tempat berolah raga di kota Melbourne. Strategi pemasaran untuk SportMate dibutuhkan agar situs web SportMate dapat memenuhi kebutuhan dari target pasar. Tesis ini menggunakan analisis marketing seperti Porters five forces, analisis kompetitif, SWOT analisis, kekuatan dan kelemahan objektif, segmentasi pasar, strategi penempatan, dan strategi marketing di situs web untuk membangun rencana pemasaran untuk SportMate.

ABSTRACT
Creating a marketing plan in building a business is very important so business owners can build products and services that meet the needs of the target market. This thesis discusses the planning needed in building a website called SportMate which is a website for booking sports venues in the city of Melbourne. A marketing strategy for SportMate is needed so that the SportMate website can meet the needs of the target market. This thesis uses marketing analysis such as Porters five forces, competitive analysis, SWOT analysis, objective strengths and weaknesses, market segmentation, positioning strategies, and marketing strategies on the website to develop marketing plan for SportMate."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Martina
"Tujuan dibuatnya business plan untuk memberikan kerangka bagaimana sebuah bisnis akan dibentuk dan strategi-strategi yang dibuat untuk mengatasi tantangantantangan yang akan dihadapi. Tesis ini pada intinya tentang pembentukan sebuah perusahaan yang membagikan koran gratis. Analisa dimulai dari identifikasi masalah, pembentukan struktur perusahaan dan analisa industri, strategi yang digambarkan dalam bentuk business model dan juga studi kelayakan untuk memahami apakah rencana bisnis tersebut memungkinkan atau tidak. Analisa industri dilakukan dengan menggunakan Porter Five Forces dan pembentukan business model menggunakan Nine Building Blocks sedangkan studi kelayakan dilakukan dengan menggunakan NPV, IRR dan payback period.

The purpose of business plan is to provide a framework on how the business will be created along with the strategies to overcome the potential challenges. This thesis is basically about forming a company that will distribute free newspaper. The analysis begin with problem identification, the company structure and the industry analysis, the strategy which is described in the business model and also feasibility analysis to understand whether the business is doable or not. The industry analysis is done using Porter Five Forces and the creation of the business model is based on Nine Building Blocks while the feasibility analysis is done using NPV, IRR and payback period.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jung Yun
"XXX Chemical Corporation adalah perusahaan Korea yang memproduksi dan menjual berbagai macam produk yang terbuat dari bahan kimia. Penelitian ini berfokus pada film Polyamide (PA) dan Polyethylene Terephthalate (PET) yang merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari Nylon, juga dikenal sebagai Polyamide (PA), dan Polyester, atau Polyethylene Terephthalate (PET), film adalah bahan kimia yang banyak digunakan untuk kemasan makanan dan juga untuk bahan industri. Film PA banyak digunakan sebagai kemasan makanan dan bahan kemasan lainnya untuk berbagai barang rumah tangga, sedangkan film PET digunakan untuk bahan kemasan, optik, listrik dan industri. XXX Chemical Corporation yang berkantor pusat di Seoul telah melakukan studi tentang peluang masuknya film plastik ke Indonesia dalam waktu dekat. Laporan studi kasus ini didasarkan pada penelitian kualitatif, dan studi ini mencakup Model Lima Kekuatan Porter dan Analisis PESTEL yang menyimpulkan bahwa industri film plastik Indonesia memiliki potensi untuk dalam jangka waktu dekat.

XXX Chemical Corporation is a Korean company which produces and sells a variety of products made of chemical materials. Among them, the study only focused on the Polyamide (PA) and Polyethylene Terephthalate (PET) films which are one of the most used materials in daily life. Nylon, also known as Polyamide (PA), and Polyester, or Polyethylene Terephthalate (PET), films are chemical materials largely used for food packaging and for industrial materials. PA films are widely used as food packaging and other packaging materials for various household goods, while PET films are used for packaging, optics, electrical and industrial materials. XXX Chemical Corporation, headquartered in Seoul, has done a study on the opportunity to enter plastic films in Indonesia in the near future. The case study report was based on qualitative research, and the study includes Porter’s Five Forces Model and PESTEL Analysis which conclude that Indonesian plastic films industry has potentials to invest in the near future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Angeline
"Terbitnya PMK 48 pada bulan Mei 2023 tentang pajak atas penjualan/penyerahan emas perhiasan, menimbulkan perubahan di pasar emas perhiasan di Indonesia. Perusahaan emas perhiasan harus mencari alternatif strategi untuk mengatasi dampak dari perubahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alternatif usulan strategi yang dapat digunakan oleh PT ABC, sebagai perusahaan emas perhiasan di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara semi terstruktur dan informasi dari laporan PT ABC. Analisis kerangka kerja 5 kekuatan Porter untuk industri emas perhiasan, analisis rantai nilai, analisis VRIN dan SWOT untuk PT ABC digunakan dalam menganalisis strategi baru untuk menghadapi perubahan akibat faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan perusahaan. Hasil dari penelitian ini memberikan usulan strategi baru yang disarankan untuk PT ABC berdasarkan sumber daya yang dimiliki, yaitu menurunkan harga jual produk emas perhiasan.

This study aims to evaluate the implementation of sustainable finance at Regional The issuance of PMK 48 in May 2023 concerning taxes on the sale/delivery of gold jewelry, has caused changes in the gold jewelry market in Indonesia. Gold jewelry companies must look for alternative strategies to overcome the impact of these changes. This study aims to analyze alternative proposed strategies that can be used by PT ABC, as a gold jewelry company in Indonesia. In this study, primary data was used in the form of semi-structured interviews and information from PT ABC reports. Porter's 5 Forces Framework analysis is used for the gold jewelry industry, value chain analysis, VRIN and SWOT analysis for PT ABC are used in analyzing new strategies to deal with changes due to external factors that the company cannot control. The results of this study provide a proposed new strategy for PT ABC based on the resources it has, that is by reducing the selling selling price and production cost of the gold jewelry."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>